Contoh Template Job Deskripsi Data Analyst

contoh template job deskripsi data analyst

Silahkan gunakan template Job Deskripsi Data Analyst berikut ini untuk merekrut calon kandidat yang anda cari. Anda dapat menyesuaikan template Job Deskripsi ini sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan rekrutmen anda

Apa itu Data Analyst?

Di dalam suatu bisnis, Data Analyst merupakan seseorang yang bertugas mengumpulkan dan menganalisa data untuk membantu sebuah perusahaan mengambil keputusan yang tepat.

Template Job Deskripsi Data Analyst

Kami mencari seorang Data Analyst untuk menerjemahkan data menjadi informasi, informasi menjadi insight, dan menerapkan insight menjadi sebuah keputusan bisnis untuk perusahaan.

Data Analyst akan mengembangkan kapabilitas dari analisis dan pelaporan. Ia juga akan memantau performa dan quality control plan untuk mengidentifikasi perbaikan yang perlu atau dapat dilakukan.

Tanggung Jawab Seorang Data Analyst

Tanggung jawab seorang Data Analyst meliputi:

  • Menginterpretasikan dan menganalisa data menggunakan teknik statistik dan memberikan laporan berkelanjutan
  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database, sistem pengumpulan data, analisis data, dan berbagai strategi lain yang dapat meningkatkan kualitas dan efektifitas dari statistik
  • Mengumpulkan data dari sumber data primer maupun sekunder, dan memelihara database
  • Mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan tren atau pola dari sebuah kumpulan data yang kompleks
  • Menyaring dan membersihkan data dengan cara meninjau laporan komputer, printout, dan indikator performa untuk menemukan dan memperbaiki code yang bermasalah
  • Bekerja sama manajemen untuk menentukan prioritas dari bisnis dan informasi yang dibutuhkan
  • Menemukan dan menentukan peluang baru untuk meningkatkan proses bisnis

Syarat dan Kualifikasi Data Analyst

  • Memiliki pengalaman kerja sebagai Data atau Business Analyst
  • Memiliki keahlian teknis mengenai model data, penambangan data (Data Mining), pengembangan desain dari database, dan juga teknik segmentasi
  • Memiliki pengalaman dan pengetahuan yang kuat terhadap reporting packages (contoh: Business Object), database (SQL), programming (XML, ETL Frameworks, atau Javascript)
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam menggunakan statistical packages untuk menganalisis kumpulan data seperti Excel, SAS, SPSS, dan lain sebagainya
  • Memiliki kemampuan analitis yang kuat dengan kemampuan untuk mengoleksi, mengorganisasi, dan menyebarkan sejumlah besar informasi dengan detail dan akurat
  • Mahir dalam melakukan queries, menuliskan laporan, dan mempresentasikan temuan yang didapatkan
  • S1 Jurusan Matematika, Ekonomi, Ilmu Komputer, Manajemen Informatika, atau Statistik, atau jurusan lain yang relevan

Gaji seorang Data Analyst

Jika anda memerlukan referensi gaji Data Analyst, kami dapat menyediakan beberapa untuk anda. Dilansir dari Indeed, rata-rata gaji Data Analyst di Indonesia adalah 4,613,642 Rupiah. Untuk DKI Jakarta, rata-ratanya adalah 5,200,791 Rupiah. Anda dapat menyesuaikan angka tersebut sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan akan kandidat yang anda cari.

Perbedaan seorang Data Analyst dengan Data Scientist

Dari segi tugas dan tanggung jawab, perbedaan mendasar antara seorang Data Analyst dengan Data Scientist terletak pada bagaimana mereka bekerja. Seorang Data Analyst akan lebih banyak berurusan dengan analisis data-data yang telah tersedia, sementara Data Scientist lebih berfokus pada sistem pengumpulan data, seperti mencari cara baru untuk mengumpulkan data, dan lain sebagainya.

Dari segi tools yang digunakan, Data Analyst akan jauh lebih sering menggunakan software database, business intelegent program, dan software statistik. Data Scientist akan lebih sering menggunakan bahasa pemrograman Phyton, Java, dan machine learning untuk memanipulasi dan menganalisa data atau pencarian data.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan oleh Data Analyst?

Tugas dari seorang Data Analyst secara umumnya adalah mendesain sistem dan database untuk membantu mereka mengambil, memproses, dan menganalisis data dalam jumlah besar.

Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Data Analyst?

Tugas dan tanggung jawab seorang Data Analyst adalah melakukan analisis secara mendalam terhadap kumpulan data dalam jumlah besar untuk kemudian menyajikannya secara visual kepada manajer dan stakeholder terkait dalam bentuk yang dapat dimengerti.

Seperti apa seorang Data Analyst yang baik?

Seorang Data Analyst yang baik harus memiliki atensi yang sangat baik terhadap detail. Selain itu ia harus mampu mengubah dan menyajikan data tersebut ke dalam bentuk atau informasi yang sederhana dan terorganisir, dan pastinya dapat dimengerti dengan mudah.

Data Analyst juga harus memiliki kemampuan matematika, interpretasi, ketajaman bisnis, dan juga rasa ingin tahu yang sangat kuat.

Dengan siapa seorang Data Analyst bekerja bersama?

Dengan siapa seorang Data Analyst bekerja ditentukan oleh berbagai macam hal, seperti misalnya perusahaan dan industri tempat ia bekerja. Seorang Data Analyst dapat bekerja bersama dengan Manajer, VP, Direktur, dan lain sebagainya.

Apa Perbedaan Data Analyst dengan Data Scientist?

Kedua posisi ini memiliki banyak persamaan, seperti misalnya mengelola kumpulan besar data. Perbedaan terbesar keduanya terletak pada tools yang digunakan.

Data Analyst akan lebih banyak mengelola dan menganalisa data menggunakan Excel, SAS, Business Intelligence, dan lain sebagainya. Sedangkan Data Scientist akan banyak berurusan dengan coding untuk memanipulasi pengumpulan Data, seperti misalnya Phyton, Java, MatLab, dan lain sebagainya.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian