Contoh Template Job Deskripsi Relationship Manager

template job deskripsi relationship manager

Anda dapat menggunakan template Job Deskripsi Relationship Manager yang telah disediakan di bawah ini untuk memposting lowongan pekerjaan dan merekrut kandidat yang anda cari. Silakan sesuaikan template berikut ini sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan anda.

Apa itu Relationship Manager?

Relationship Manager merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan customer dan client bisnis dari perusahaan. Mereka menangani customer/client dan mencari peluang terbaik untuk mengembangkan bisnis dan menemukan jaringan client dan customer baru.

Template Job Deskripsi Relationship Manager

Kami mencari seorang Relationship Manager untuk membangun dan menjaga kepercayaan dari customer kami. Kami akan mengandalkan anda untuk menemukan cara untuk mengalahkan performa kompetitor kami dan menjaga citra baik dari perusahaan.

Untuk posisi ini kami membutuhkan orang yang mampu menjadi komunikator yang baik, dapat bekerja sama dengan tim marketing dan juga sales, dan mampu membangun hubungan dengan pelanggan. Kami juga mengharapkan anda menjadi pemikir strategis dengan pikiran analitis dan kemampuan memecahkan masalah yang baik.

Tanggung Jawab seorang Relationship Manager

Tugas dan tanggung jawab seorang Relationship Manager meliputi:

  • Memahami apa yang pelanggan butuhkan dan mencari cara untuk mengatasinya
  • Mengidentifikasi staff kunci di perusahaan client untuk mengembangkan hubungan yang menguntungkan
  • Mengatasi komplain customer dengan cepat dan efektif
  • Meneruskan peluang penjualan dan penjualan silang (Cross-Selling) kepada tim sales
  • Mempromosikan penjualan, supply, dan pelayanan customer berkualitas tinggi
  • Selalu berupaya untuk mempertahankan pelanggan
  • Mendekati customer potensial untuk membangun hubungan baik
  • Membangun pengetahuan yang solid akan kompetitor

Syarat dan Kualifikasi seorang Relationship Manager

Berikut ini merupakan syarat dan kualifikasi seorang relationship manager:

  • Memiliki pengalaman bekerja sebagai Relationship Manager
  • Memiliki pengetahuan mengenai cara kerja CRM (Customer Relationship Management)
  • Berpengalaman di bidang sales ataupun customer service diutamakan
  • Memiliki sikap untuk memecahkan masalah
  • Memiliki kemampuan untuk membina hubungan positif
  • Memiliki kemampuan memimpin dan bekerja di dalam tim
  • Memiliki customer-oriented mindset
  • D3/S1 Administrasi bisnis ataupun jurusan lain yang relevan

Perusahaan apa saja yang menggunakan jasa Relationship Manager?

Kami juga menyediakan referensi perusahaan dan bisnis yang biasanya membutuhkan jasa dari seorang Relationship Manager. Perusahaan dan bisnis yang memerlukan Relationship Manager biasanya merupakan perusahaan dengan customer atau client yang berjumlah sedikit, namun memiliki value yang sangat tinggi. Contoh dari perusahaan atau bisnis tersebut adalah, private bank, dan bisnis-bisnis yang menyediakan layanan dan barang-barang mewah.

Perbedaan Relationship Manager dengan Account Manager

Baik Relationship Manager dan Account Manager memiliki kesamaan yaitu menjaga hubungan baik antara perusahaan dengan customer atau client. Namun Relationship Manager lebih berorientasi kepada customer dan client seperti memastikan semua kebutuhan mereka terpenuhi, mereka akan menghubungkan customer dan client kepada tim sales untuk melakukan transaksi barang atau layanan tambahan yang diperlukan.

Sedangkan Account Manager berorientasi kepada sales. Mereka bertugas mengurus transaksi antara client dengan perusahaan. Mereka juga umumnya memiliki jadwal meeting mingguan dengan client untuk membahas mengenai isu pembayaran, membahas pertanyaan client, dan lain-lain. Seorang Account Manager juga akan mengurus pembaruan kontrak client, dan menawarkan produk atau layanan tambahan yang diperlukan.

Gaji seorang Relationship Manager

Berikut ini merupakan referensi gaji yang dapat anda gunakan untuk merekrut seorang Relationship Manager. Menurut Indeed, rata-rata gaji seorang Relationship Manager di Indonesia adalah 5.825.678 Rupiah per Bulan. Sedangkan di wilayah DKI Jakarta sendiri, rata-rata gaji seorang Relationship Manager adalah 9.682.810 Rupiah per Bulan.

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan oleh Relationship Manager?

Seorang relationship manager membangun dan menjaga hubungan positif dengan client, partner, ataupun member tim nya sendiri.

Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Relationship Manager

Seorang relationship manager bertanggung jawab untuk membangun dan menjaga hubungan baik dengan client, menjaga kebutuhan customer, dan mengidentifikasi kemungkinan untuk mendapatkan relasi baru.

Seperti apa seorang Relationship Manager yang baik?

Seorang Relationship Manager yang baik harus memiliki pengetahuan yang baik terhadap produk dan layanan yang ditawarkan perusahaan. Mereka juga harus memiliki skill komunikasi yang sangat baik untuk mencari cara terbaik untuk menangani kebutuhan client/customer, dan memperkuat hubungan baik antara perusahaan dan customer.

Dengan siapa saja seorang Relationship Manager bekerja bersama?

Seorang Relationship Manager bekerja bersama dengan Account Manager untuk mengetahui apa yang customer atau client inginkan demi mempertahankan hubungan baik perusahaan dengan customer atau client tersebut.

Apa perbedaan Relationship Manager dengan Account Manager?

Seorang Relationship Manager akan mengurus permasalahan dan kebutuhan dari client atau customer. Jika kebutuhan tersebut berkaitan dengan barang atau layanan tambahan dari perusahaan, maka Relationship Manager meneruskan permintaan transaksional client atau customer tersebut kepada Account Manager.

Berikut merupakan template job deskripsi Relationship Manager, Kami juga menyediakan berbagai template Job deskripsi lain yang dapat Anda akses di sini

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian