New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Pentingnya Brand Value bagi Bisnis, juga Berpengaruh pada ROI 

Brand Value

Brand value adalah nilai yang menunjukkan seberapa banyak pelanggan bersedia membayar lebih untuk produk dari merek tertentu dibanding merek serupa. Nilai merek juga mencakup seberapa sering merek tersebut diingat dan dipilih oleh pelanggan, serta kualitas hubungan yang konsumen miliki dengan merek sehingga mereka merasa nyaman membagikan pengalaman mereka kepada orang lain.

Membangun nilai merek bisa lebih kompleks dibandingkan membangun ekuitas merek. Namun, manfaatnya bagi bisnis sangat besar. Berikut adalah beberapa manfaat dan langkah-langkah untuk menciptakan nilai merek yang sukses pada bisnis Anda.

Apa itu brand value

Menurut Nettl, brand value adalah kumpulan prinsip pedoman yang membentuk identitas, pesan, dan kepribadian merek Anda. Sementara itu, definisi umum brand value adalah seberapa banyak konsumen bersedia membayar lebih untuk merek Anda dibandingkan merek serupa, serta seberapa sering mereka mengingat, memilih, dan memiliki hubungan yang baik dengan merek Anda.

Nilai merek merupakan hubungan emosional yang terjalin antara konsumen dan merek Anda. Nilai ini mempengaruhi seberapa setia konsumen pada merek Anda dan seberapa besar kemungkinan mereka untuk kembali membeli di masa depan atau beralih ke merek kompetitor.

Anda bisa menciptakan brand value dengan cara menciptakan kepribadian merek yang unik dan konsisten dengan nilai-nilai perusahaan, serta mempertahankan hubungan yang baik dengan pelanggan. Jika dilakukan dengan tepat, membangun brand value dapat memberikan keuntungan baik dari segi ROI maupun persaingan di pasar.

Pentingnya brand value bagi perkembangan bisnis?

Untuk mempertahankan eksistensi produk di pasaran, membangun brand value merupakan hal yang krusial bagi pemilik usaha. Meskipun sudah mengeluarkan banyak biaya untuk membangun kesadaran merek, namun tanpa menciptakan nilai merek, maka merek tersebut bisa cepat hilang di pasaran.

Salah satu cara untuk membangun nilai merek adalah dengan memberikan kualitas produk terbaik, pelayanan terbaik, dan harga yang kompetitif kepada pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan merasa loyal dan mempertimbangkan merek Anda setiap kali ingin membeli produk.

Brand value juga dapat diukur melalui kegiatan pemasaran, analisis keuangan, dan tingkat kepuasan konsumen terhadap merek. Oleh karena itu, sebagian orang berpendapat bahwa membangun nilai merek jauh lebih kompleks daripada membangun ekuitas merek.

Namun, dengan membangun nilai merek, bisnis Anda dapat lebih mudah menyelaraskan diri dengan target audience, membangun basis pelanggan yang solid, dan meningkatkan pendapatan. Selain itu, nilai merek juga dapat menarik investor untuk tertarik berinvestasi pada bisnis atau membeli merek Anda karena memiliki nilai yang baik.

Manfaat brand value 

Brand besar yang sudah berhasil telah melakukan brand value. Misalnya, bisnis food and beverage seperti Burger King atau Starbucks. Membangun brand value memberikan keuntungan berupa:

1. Membangun kepercayaan

Nilai merek yang berhasil dibangun dengan baik, bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan atau publik terhadap suatu brand. Kepercayaan menjadi alat yang kuat untuk mendukung kegiatan pemasaran. 

Ketika brand konsisten membuat produknya berkualitas dan menjamin pelanggan mendapatkan apa yang mereka harapkan, ini akan mencerminkan nilai dari merek tersebut. 

2. Menciptakan hubungan baik

Membangun hubungan dengan pelanggan tidak dilakukan hanya dengan semalam. Butuh waktu dan konsistensi, agar brand berhasil menjalin hubungan baik dengan konsumen. 

Jika Anda ingin dikenal sebagai brand yang andal dan mudah diingat maka ciptakan keaslian dan keunikan dalam produk. Alhasil, lebih mudah bagi audience mengenali brand. 

3. Meningkatkan pengenalan

Konsisten membangun brand value berpengaruh pada recognition atau pengenalan merek. Apabila bisnis memiliki reputasi baik karena nilai yang dimilikinya, target pelanggan bisa tertarik. Semakin merek dikenal, besar kemungkinan bagi bisnis untuk terus tumbuh dan mendapat keuntungan. 

4. Memandu aktivitas bisnis

Brand value turut berperan sebagai pedoman menjalankan bisnis. Dalam menciptakan produk atau membuat kampanye pemasaran, brand dapat berpegang teguh pada nilai-nilai yang dimiliki. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan reputasi merek di kalangan publik. 

5. Membentuk identitas brand 

Brand value mengkomunikasikan tujuan dan apa yang bisa brand berikan pada konsumen. Membentuk nilai merek sama halnya dengan menentukan identitas dari brand itu sendiri. Jika bisnis berhasil membangun brand value dengan nilai yang kuat, konsumen lebih mudah mengingat merek Anda. 

6. Meraih loyalitas pelanggan 

Ketika brand mudah diingat, lebih banyak target audience yang penasaran dengan brand Anda. Nilai merek yang tinggi juga mempengaruhi kesetiaan konsumen. 

Apabila sebuah merek konsisten memberikan kesan positif, konsumen akan bersikap loyal. Alhasil, membuka peluang terjadinya pembelian berulang. 

7. Membantu menarik talenta terbaik 

Seiring pertumbuhan bisnis, Anda perlu orang yang kompeten untuk membantu menangani operasional bisnis. Membangun nilai merek memudahkan dalam menemukan talenta terbaik yang akan berperan memajukan bisnis Anda. 

8. Meningkatkan nilai dan kinerja saham 

Salah satu penyumbang nilai perusahaan yang baik berasal dari brand value yang kuat. Brand adalah aset tidak berwujud yang berpengaruh pada nilai perusahaan dan juga kinerja saham suatu bisnis. 

Pengaplikasian brand value pada bisnis

Brand value mewakili kepribadian, tujuan, dan misi sebuah merek. Selain itu, nilai merek turut mempengaruhi konsumen memandang sebuah brand dan memberikan dukungan pada brand yang memiliki nilai selaras dengan mereka. Melansir Indeed, merek bisa memiliki banyak nilai yang berfungsi mengkomunikasikan tujuannya, yakni berupa:

Keunikan

Keunikan merek merujuk pada kualitas produk atau layanan yang istimewa. Artinya, ini membedakan produk milik Anda secara signifikan dengan pesaing. Nilai keunikan memudahkan brand membangun loyalitas dengan pelanggan serta mengidentifikasi merek. 

Kualitas

Merek membangun value untuk mengomunikasikan tujuannya, salah satunya melalui kualitas. Brand berkomitmen memberikan produk terbaik dan mempertahankan kualitasnya demi memenuhi harapan pelanggan. Umumnya, proses ini dilakukan dengan kontrol kualitas.

Konsistensi

Konsistensi merupakan value yang dibangun bertahun-tahun. Misalnya, merek selalu menjamin kualitas produknya tetap sama, memberikan pelayanan terbaik, dan memastikan kepuasan pelanggan. 

Keadilan dan kejujuran

Keadilan yaitu brand memperlakukan pelanggan dengan cara yang sama tanpa melihat jabatan atau kondisi finansial seseorang. Sementara kejujuran mengacu pada transparansi produk. Brand bersikap jujur saat melakukan promosi. Misalnya, tidak memberikan klaim yang berlebihan. 

Contoh brand value

Brand value juga didefinisikan sebagai nilai merek secara keuangan yang dilihat melalui market. Contohnya, untuk mengakuisisi suatu brand berapa biaya yang diperlukan klien? Jawabannya bisa berbeda-beda tergantung perubahan dan faktor yang dapat dikontrol. 

Brand value Starbucks

Melansir dari Benxtbrand, Starbucks, salah satu cafe terbesar, dilaporkan memiliki brand value sebesar USD$12 miliar pada tahun 2019, meningkat sekitar USD$9,5 miliar dari tahun sebelumnya. Hal ini dapat dikaitkan dengan nilai yang dibawa oleh Starbucks dalam menciptakan budaya kehangatan, di mana setiap orang dari berbagai latar belakang diterima dengan baik, baik untuk pelanggan maupun karyawan internal.

Brand value produk fashion

Contoh brand value pakaian adalah Nike yang memiliki nilai merek mencapai  US$ 34,8 miliar pada 2020. Perusahaan asal Amerika Serikat itu, juga mengalami kenaikan nilai sekitar 7,3% dari tahun sebelumnya. 

Nilai-nilai brand Nike mencakup inovasi, inspirasi, dan otentik. Brand sepatu tersebut membawa inovasi dan motivasi pada atlet di dunia untuk memajukan dunia melalui kekuatan olahraga. 

Brand value makanan 

Sebagai perusahaan makanan cepat saji terbesar, Burger King memiliki nilai yang diaplikasikan sehari-hari. Misalnya, menjunjung kerja sama tim, kekeluargaaan, keunggulan, dan rasa hormat. 

Cara menentukan brand value

Nilai-nilai yang Anda bangun memengaruhi cara brand berkomunikasi dengan pelanggan dan mengambil keputusan. Perusahaan dapat mengkomunikasikan nilai melalui penggunaan warna, slogan, atau tipografi. Value tidak hanya menjadi pembeda dari kompetitor. Namun, juga memudahkan tim pemasaran menjalankan kegiatannya. 

Melakukan brainstorming

Cara menentukan brand value yakni melalui brainstorming. Diskusikan dengan tim apa arti dari sebuah merek dan standar apa saja yang harus diterapkan pada brand Anda? Buatlah pertanyaan terbuka untuk mendorong ide dari setiap karyawan. 

Menganalisis pesaing 

Analisis pesaing berguna untuk mengidentifikasi peluang. Apakah bisnis kompetitor menjalankan nilai-nilai yang dimilikinya atau tidak. Contohnya, jika bisnis pesaing mendapat ulasan buruk akibat pengantaran barang yang lambat, Anda dapat meningkatkan di area tersebut. 

Mempelajari bisnis saat ini

Setelah melakukan analisis pesaing, lihat lah apa yang sedang bisnis jalankan. Misalnya, jika bisnis konsisten menawarkan pengiriman di hari yang sama, berarti Anda memiliki value efisiensi dan ketepatan waktu. 

Sebagai referensi, temukan brand yang Anda kagumi untuk menilai kualitas dari merek tersebut dan mulai membangun value brand bisnis sendiri. 

kekurangan 

Fokus pada keunggulan itu penting, tetapi brand juga perlu melihat pengalaman negatif dari pelanggan. Memperbaiki celah pada pelayanan atau produk bisa menguntungkan bisnis di masa mendatang. 

Mengadakan survey 

Melakukan survey mungkin diperlukan untuk memahami strategi yang dijalankan sebelumnya sudah sesuai untuk memperkuat basis pelanggan Anda atau belum. 

Cara meningkatkan brand value

Cara meningkatkan brand value bisa dimulai dengan langkah sederhana. Misalnya, menciptakan konten pemasaran yang berkualitas, menyederhanakan proses pembelian, hingga konsisten membangun branding di berbagai channel. 

Konsisten membangun branding di berbagai platform

Ketika membangun value, brand harus konsisten di berbagai platform. Misalnya, menggunakan warna, font, atau logo tertentu yang menggambarkan identitas brand. Hal ini membantu target audience mudah mengenali merek dimanapun mereka membuka sosial media. 

Manfaatkan sosial media untuk tetap terhubung dengan pelanggan

Hampir setiap orang kini memiliki sosial media. Memanfaatkan beberapa platform sekaligus, menjadi cara menjalin hubungan dengan target pelanggan. Selain itu, efektif untuk menunjukkan nilai-nilai yang mereka bawa. 

Ciptakan konten berkualitas

Konten yang Anda buat bisa merepresentasikan merek. Oleh sebab itu, ciptakan konten yang berkualitas dan relevan dengan audience. Konten yang menarik dapat meningkatkan interaksi yang bisa mengarah pada pembelian. 

Mengembangkan strategi marketing yang efektif

Strategi marketing yang kuat memudahkan proses meningkatkan brand value. Di samping itu, strategi yang baik memberikan pandangan yang lebih jelas dan mengukur tujuan bisnis. 

Aplikasikan branding tools

Penggunaan logo dan slogan mampu menarik perhatian target pelanggan, memberikan kesan pertama, hingga menjadi pembeda. 

Permudah proses pembelian 

Pengalaman berbelanja pelanggan dapat mempengaruhi mereka menilai brand. Oleh sebab itu, permudah proses pembayaran sehingga konsumen tertarik melakukan pembelian berulang. 

Itulah informasi tentang brand value yang ternyata turut berperan penting bagi perkembangan bisnis. Untuk membangun nilai merek perlu konsistensi, waktu, dan peran dari berbagai pihak. Temukan informasi menarik lainnya di blog MyRobin

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian