New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Yuk, Ketahui Cara Membuat Landing Page Bisnis yang Menarik!

Cara Membuat Landing Page Bisnis

Dengan meningkatnya persaingan di dunia digital, memiliki landing page bisnis yang menarik dan efektif menjadi semakin penting. Landing page adalah halaman web yang dirancang secara khusus untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan atau prospek potensial. 

Dalam artikel ini, MyRobin akan membahas cara membuat landing page bisnis yang menarik dan efektif. Kami akan menyoroti elemen kunci yang harus ada dalam landing page. Apa saja itu? Simak penjelasannya di sini

Apa Itu Landing Page Bisnis?

Landing page bisnis adalah halaman web yang dirancang dengan tujuan khusus untuk mempromosikan produk, layanan, atau penawaran tertentu dalam upaya pemasaran online. 

Tujuan utama dari landing page ini adalah untuk mengonversi pengunjung menjadi prospek atau pelanggan potensial. Landing page biasanya memiliki fokus yang jelas dan terkait langsung dengan iklan atau kampanye pemasaran yang mengarahkan pengunjung ke halaman tersebut. 

Desain dan konten landing page dikemas dengan cara yang menarik perhatian dan mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti mengisi formulir, mendaftar, atau melakukan pembelian.

Karakteristik utama dari landing page adalah kesederhanaan dan kejelasan, dengan informasi yang disampaikan secara singkat dan padat. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat dengan mudah memahami penawaran dan manfaat yang diberikan tanpa harus menavigasi melalui banyak informasi. 

Selain itu, landing page juga harus dioptimalkan untuk meningkatkan tingkat konversi dengan menggunakan elemen desain yang menarik, tata letak yang efektif, serta call-to-action (CTA) yang kuat dan jelas.

Penting untuk mencatat bahwa landing page biasanya berbeda dari halaman beranda situs web utama, karena halaman beranda cenderung memiliki tujuan yang lebih umum dan mencakup berbagai informasi tentang bisnis atau organisasi. Sebaliknya, landing page sangat spesifik dan ditargetkan untuk mencapai satu tujuan pemasaran tertentu.

Dengan demikian, landing page bisnis merupakan alat pemasaran yang sangat efektif dalam mengarahkan lalu lintas dan mengoptimalkan konversi untuk mencapai kesuksesan dalam kampanye pemasaran online.

Mengapa Bisnis Perlu Memiliki Landing Page?

Bisnis perlu memiliki landing page karena landing page merupakan alat pemasaran yang sangat efektif untuk mencapai berbagai tujuan bisnis. Berikut adalah beberapa alasan mengapa bisnis perlu memiliki landing page:

Fokus yang Jelas

Landing page dirancang dengan fokus yang jelas pada satu penawaran atau tujuan tertentu. Hal ini membantu mengarahkan perhatian pengunjung ke pesan yang ingin disampaikan dan meningkatkan peluang konversi.

Meningkatkan Konversi

Dibandingkan dengan halaman beranda atau halaman situs web utama, landing page memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. Desain dan konten yang dioptimalkan untuk tujuan khususnya membuat pengunjung lebih mungkin untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti pembelian atau pendaftaran.

Pengukuran dan Analisis

Landing page memungkinkan bisnis untuk melakukan pengukuran dan analisis kinerja secara lebih terfokus. Dengan menggunakan alat analisis seperti Google Analytics, Anda dapat memantau seberapa baik landing page Anda berkinerja dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Target dan Personalisasi

Anda dapat membuat landing page yang disesuaikan dengan tujuan atau kelompok target tertentu. Dengan begitu, Anda dapat menyampaikan pesan yang lebih relevan dan membuat pengunjung merasa lebih tertarik dan terkoneksi dengan penawaran Anda.

Meningkatkan Kepercayaan

Landing page yang profesional dan informatif dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis Anda. Dengan menyediakan informasi yang jelas tentang produk atau layanan, serta testimonial dari pelanggan puas, landing page membantu membangun kredibilitas dan keyakinan bagi calon pelanggan.

Pengukuran Efektivitas Kampanye

Ketika Anda menjalankan kampanye pemasaran online, landing page dapat menjadi alat untuk mengukur efektivitas kampanye tersebut. Anda dapat melihat seberapa banyak lalu lintas yang diarahkan ke landing page dan berapa banyak dari mereka yang berkonversi.

Pengoptimalan untuk SEO dan SEM

Landing page yang dioptimalkan dengan kata kunci yang relevan dapat meningkatkan peringkat di hasil pencarian dan mendukung upaya SEO. Selain itu, landing page juga dapat digunakan untuk kampanye iklan berbayar (SEM) seperti Google Ads, untuk mendapatkan lalu lintas yang lebih terarah.

Struktur dan Komponen Landing Page 

Struktur dan komponen di atas adalah elemen penting dalam membangun landing page yang efektif. Mari jelaskan lebih detail tentang setiap elemen tersebut:

Headline yang Jelas dan Informatif

Headline adalah judul atau kalimat pertama yang muncul di landing page. Headline harus menarik perhatian pengunjung dan sekaligus menyampaikan pesan utama tentang penawaran atau nilai unik dari produk atau jasa Anda. Gunakan kalimat yang singkat, kuat, dan memikat untuk membuat pengunjung ingin terus membaca lebih lanjut.

Gambar yang Menarik dan Relevan

Gambar visual memiliki daya tarik kuat dan dapat membantu mengkomunikasikan pesan Anda dengan lebih baik. Gunakan gambar yang relevan dengan produk atau layanan Anda, menarik, dan berkesan. Pastikan gambar tersebut memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang ditawarkan dan menarik minat pengunjung untuk terus menjelajahi landing page.

Deskripsi Produk atau Jasa yang Singkat dan Padat

Deskripsi produk atau jasa harus disajikan secara singkat dan jelas. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, ringkas, tetapi informatif. Sampaikan manfaat utama dari produk atau layanan Anda dan apa yang membedakan dari pesaing.

Call-to-Action yang Jelas dan Menarik

Call-to-action (CTA) adalah elemen kunci yang mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti “Beli Sekarang,” “Daftar Sekarang,” atau “Mulai Percobaan Gratis.” Pastikan CTA menonjol dengan desain yang menarik dan warna yang kontras, sehingga mudah dikenali dan memikat pengunjung untuk melakukan tindakan.

Formulir Pendaftaran yang Simpel dan Mudah Dipahami

Jika Anda menggunakan landing page untuk mengumpulkan data pelanggan potensial, pastikan formulir pendaftaran sederhana dan mudah diisi. Tanyakan hanya informasi yang penting dan relevan dengan tujuan landing page Anda. Usahakan agar pengunjung merasa nyaman mengisi formulir dan menawarkan insentif jika diperlukan.

Testimoni Pelanggan yang Puas

Testimoni dari pelanggan yang puas dapat membantu membangun kepercayaan dan meyakinkan calon pelanggan tentang kualitas produk atau layanan Anda. Sertakan beberapa kutipan positif dari pelanggan yang telah berhasil menggunakan produk atau layanan Anda.

Contoh-contoh Landing Page Bisnis

Untuk memberikan gambaran tentang penggunaan landing page dalam bisnis, berikut adalah beberapa contohnya:

Landing Page Fashion

Landing page fashion merupakan sebuah halaman web yang dioptimalkan untuk mempromosikan berbagai produk fashion seperti pakaian, sepatu, aksesoris, dan lain-lain.

Agar efektif, landing page fashion harus menyertakan elemen-elemen menarik dan informatif, termasuk judul utama yang jelas, gambar yang menarik, deskripsi produk yang singkat dan padat, panggilan untuk tindakan yang menggugah minat, serta testimoni dari pelanggan yang puas.


Yuk, Ketahui Cara Membuat Landing Page Bisnis yang Menarik! | MyRobin

Contoh halaman web untuk fashion bisa ditemukan pada brand Erigo. Tampilan halaman web sederhana, modern, dan menarik.

Di bagian atas halaman, terdapat judul utama yang jelas dan informatif tentang produk yang ditawarkan. Selanjutnya, terdapat gambar produk yang menarik disertai dengan deskripsi produk yang singkat dan padat.

Deskripsi produk menjelaskan informasi detail produk dengan jelas dan menarik agar pengunjung dengan mudah memahami produk yang dijual.

Di bagian bawah halaman, terdapat panggilan untuk tindakan yang menarik, seperti “Buy It Now” atau “Add To Cart”. Panggilan untuk tindakan tersebut dibuat mudah dipahami dan bertujuan untuk menarik pengunjung agar terdorong untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh bisnis.

Selain itu, halaman web juga menampilkan testimoni dari pelanggan yang puas, yang menceritakan pengalaman positif mereka dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis dan meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap produk tersebut.

Halaman fashion yang baik mampu menarik perhatian pengunjung dan memotivasi mereka untuk mengambil tindakan bisnis yang diinginkan, seperti membeli produk atau mendaftar keanggotaan. 

Dengan menggabungkan elemen-elemen yang efektif, sebuah halaman web fashion dapat meningkatkan konversi pengunjung menjadi pelanggan dan memperkuat brand awareness dari bisnis fashion tersebut.

Sales Page

Sales page adalah halaman web atau situs yang dibuat dengan tujuan khusus untuk mempromosikan dan menjual produk, layanan, atau penawaran tertentu kepada calon pembeli atau pelanggan potensial. Tujuan utama dari sales page adalah untuk mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan dengan menggunakan teknik pemasaran yang persuasif dan menarik.

Sales page biasanya berfokus pada satu produk atau layanan tertentu dan memiliki konten yang dirancang sedemikian rupa untuk menggerakkan calon pembeli untuk melakukan tindakan pembelian atau langkah selanjutnya dalam proses penjualan.

Beberapa elemen penting dalam sebuah sales page adalah headline yang menarik perhatian, deskripsi produk yang jelas dan menarik, manfaat produk yang diunggulkan, bukti sosial (testimoni, ulasan), tawaran khusus atau diskon, serta call-to-action (CTA) yang mengarahkan pengunjung untuk segera melakukan tindakan, seperti membeli produk atau mengisi formulir.

Sales page sering kali dirancang dengan tampilan yang menarik secara visual dengan penggunaan gambar atau video yang relevan untuk mendukung pesan penjualan. Pemilihan kata-kata yang tepat dan penyusunan konten yang persuasif juga menjadi faktor kunci dalam kesuksesan sebuah sales page dalam mencapai tujuan penjualan.

Yuk, Ketahui Cara Membuat Landing Page Bisnis yang Menarik! | MyRobin

Contoh sales page seperti pada platform e-commerce Lazada memuat gambar produk yang jelas dan detail, deskripsi produk yang meyakinkan, dan testimonial dari pelanggan yang telah membeli produk tersebut.

Deskripsi produk yang lengkap juga menjadi hal yang penting untuk memberikan informasi yang meyakinkan tentang manfaat dan keunggulan dari produk atau jasa tersebut.

Selain itu, sales page Lazada membuat CTA. Panggilan untuk tindakan tersebut bertujuan untuk mengarahkan pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar sebagai anggota.

Landing Page Produk

Landing page produk merupakan halaman web khusus yang diciptakan khusus untuk mempromosikan suatu produk tertentu. Halaman ini memiliki struktur dan komponen yang spesifik, termasuk deskripsi produk yang informatif, gambar yang menarik, dan memiliki panggilan untuk melakukan tindakan tertentu.

Yuk, Ketahui Cara Membuat Landing Page Bisnis yang Menarik! | MyRobin

Sebagai contoh, landing page produk yang menarik dapat ditemukan pada situs Apple dengan produk iPhone mereka. Halaman tersebut memiliki gambar produk yang jelas dan berkualitas tinggi, deskripsi singkat tentang fitur utama produk, dan ajakan yang jelas untuk membeli produk.  

Desain sederhana namun elegan pada halaman tersebut berhasil menarik minat pengunjung untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang produk tersebut.

Cara Membuat Landing Page Bisnis

Membuat landing page bisnis yang efektif membutuhkan perencanaan dan eksekusi yang baik. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat landing page bisnis:

Tentukan Tujuan

Tentukan dengan jelas tujuan dari landing page Anda. Apakah Anda ingin mengumpulkan data pelanggan, meningkatkan penjualan produk, mempromosikan layanan, atau mengajak orang mendaftar ke acara atau webinar. Dengan tujuan yang jelas akan membantu Anda merancang halaman yang tepat.  

Pilih Platform atau Alat

Pilih platform atau alat untuk membuat landing page. Ada berbagai pilihan, termasuk WordPress dengan plugin khusus, Unbounce, Instapage, Leadpages, dan sebagainya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kemampuan teknis.

Pilih Tema atau Desain

Pilih tema atau desain yang sesuai dengan bisnis Anda dan tujuan landing page. Desain yang menarik dan sesuai dengan merek Anda akan membantu meningkatkan daya tarik landing page.

Buat Headline yang Menarik

Buatlah headline yang jelas, menarik, dan sesuai dengan tujuan landing page. Headline merupakan elemen pertama yang dilihat pengunjung, jadi pastikan untuk menonjolkan pesan utama Anda.

Sertakan Gambar yang Relevan

Gunakan gambar yang relevan dengan produk atau layanan Anda. Gambar yang menarik akan membantu memperkuat pesan Anda dan menarik perhatian pengunjung.

Deskripsi Singkat dan Padat

Tuliskan deskripsi produk atau layanan Anda dengan singkat dan padat. Jelaskan manfaat dan keunggulan produk Anda dengan jelas.

Call-to-Action (CTA) yang Kuat

Tambahkan CTA yang jelas dan menggugah pengunjung untuk mengambil tindakan yang Anda inginkan. Gunakan teks yang kuat dan warna yang kontras untuk menonjolkan CTA.

Buat Formulir Pendaftaran yang Sederhana

Jika Anda ingin mengumpulkan data pelanggan, buatlah formulir pendaftaran yang sederhana dan mudah diisi. Hanya minta informasi yang penting dan relevan.

Testimoni Pelanggan

Sertakan testimonial atau ulasan dari pelanggan yang puas untuk membangun kepercayaan dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda.

Responsif dan Uji Coba

Pastikan landing page Anda responsif, artinya dapat tampil dengan baik di berbagai perangkat, termasuk desktop, ponsel, dan tablet. Selain itu, lakukan uji coba untuk memastikan semua elemen berfungsi dengan baik sebelum mengaktifkan landing page.

Integrasi dengan Kampanye Pemasaran

Pastikan landing page terintegrasi dengan kampanye pemasaran Anda, seperti iklan PPC, email marketing, atau kampanye media sosial. Hal ini akan memastikan lalu lintas yang relevan diarahkan ke landing page.

Pantau dan Analisis

Setelah landing page aktif, pantau kinerjanya melalui alat analisis seperti Google Analytics. Perhatikan tingkat konversi dan efektivitas landing page, serta lakukan penyesuaian jika diperlukan.

Nah itu dia cara membuat landing page bisnis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat landing page bisnis yang efektif dan membantu mencapai tujuan pemasaran online Anda. Ikuti tips bisnis lainnya di blog MyRobin dan dapatkan insight melalui berbagai kumpulan di dalamnya.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID