Bagi perusahaan visi dan misi itu penting untuk menentukan arah bisnis, menetapkan tujuan jangka panjang, dan mewujudkan apa yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dilansir dari Business News Daily, visi yang baik juga bisa menginspirasi karyawan dan pihak terlibat untuk tampil menonjol di segmentasi pasar tersebut.
Ada banyak contoh visi dan misi perusahaan dunia yang bisa dipelajari untuk membuat versi bisnis Anda sendiri. Mari kupas tuntas lewat artikel ini.
Deretan contoh visi misi perusahaan berbagai Industri
Beberapa perusahaan luar maupun dalam negeri telah menyadari pentingnya visi misi bagi pertumbuhan bisnis.
Nah, sebagai referensi berikut contoh visi misi dari perusahaan di berbagai industri yang bisa diterapkan pada bisnis Anda.
1. Contoh visi misi perusahaan startup
Salah satu perusahaan startup yang bergerak di bidang Fintech adalah Akulaku. Perusahaan ini memiliki visi dan misi yang jelas serta terukur. Dilansir dari situs resmi, berikut contoh visi dan misinya.
“Memberdayakan 50 juta pengguna yang kurang mendapat pelayanan terbaik di 10 negara dengan layanan keuangan digital yang lebih baik, cepat, dan nyaman pada 2025. Serta membangun jaringan baru sistem pembayaran kredit dan debit virtual untuk non perbankan dan merchant.”
Visi:
- Menjadi perusahaan yang bergerak di bidang finance technology terpercaya dan tangguh
- Berperan meningkatkan kualitas hidup konsumen lewat layanan keuangan digital
- Percaya pada potensi kredit setiap pelanggan dan memberikan layanan finansial murah, mudah, dan tersesuaikan.
2. Contoh visi misi perusahaan makanan
Hoka-Hoka Bento merupakan perusahaan yang bergerak di industri makanan cepat saji. Di bawah ini adalah visi dan misi yang dipegang selama perusahaan itu didirikan.
Visi: “Bring goodness to nourish people’s life through creating and providing food with integrity.”
“Membawa kebaikan untuk menyehatkan kehidupan masyarakat dengan menciptakan dan menyediakan makanan dengan integritas.”
Misi:
- We make top quality and service as high priority in providing integrity food to customer
- We strive to make better ways in creating value for stakeholders through innovation and technology.
- We commit our people by providing an opportunity to grow and excel.
Melalui misi di atas, perusahaan berusaha menjadikan kualitas dan pelayanan terbaik sebagai prioritas utama dalam menyediakan makanan pada pelanggan.
Selain itu, berusaha menghadirkan cara terbaik untuk memenuhi kepentingan bagi stakeholder lewat inovasi dan teknologi.
Serta memberikan peluang untuk terus tumbuh dan unggul bagi karyawan dan keluarga Hoka-Hoka Bento.
3. Contoh visi misi perusahaan fashion
Salah satu brand fashion ternama Love Bonito memiliki visi dan misi yang inspiratif dan berfokus pada isu perempuan.
Perusahaan juga memiliki tujuan yang berdampak bagi kehidupan masyarakat dan customer, lewat komunitas perempuan yang dibuat.
Vision: We envision a world where women are confident and empowered to pursue their dreams through life’s milestones.
Misi yang dipegang:
- Creating and designing clothes that let you be you, unabashed, uninhibited, and undeniably.
- Carving a safe Eden for you to be yourself, discover your fullest potential, and connect you with our community of women to inspire each other through stories and sharing.
Sementara fokus bisnis perusahaan yaitu bergerak di segmen market perempuan Asia dengan menciptakan desain pakaian yang mengutamakan kenyamanan.
4. Contoh visi misi perusahaan konstruksi
Visi misi perusahaan konstruksi akan tampak sedikit berbeda dengan industri makanan atau fashion. Perusahaan ini lebih mengutamakan jasa yang diberikan.
Visi:
- Memberikan pelayanan berkualitas di bidang jasa pondasi mini bored pile.
- Mengambil bagian dalam pembangunan dan pengembangan aset bangsa menuju bangsa yang memiliki SDM dengan produktivitas tinggi demi mengisi kebutuhan usaha domestik maupun luar domestik.
Misi:
- Menjadi perusahaan jasa pondasi mini bored pile yang kompeten, profesional, dan dapat dipercaya.
- Menjadi perusahaan yang fokus pada jasa pondasi mini bored pile yang mampu berdaya saing global dan mendapat apresiasi secara internasional.
- Berkomitmen memberikan kepuasan pelanggan dengan menjaga kualitas, harga, dan waktu pengerjaan.
- Memberikan kesempatan lapangan pekerjaan pada SDM potensial.
5. Contoh visi misi perusahaan distributor
Visi: Menjadi perusahaan perdagangan nasional berkelas dunia terpercaya dan terkemuka.
Misi:
- Memberikan produk berkualitas dengan harga kompetitif dan bermanfaat demi memastikan kepuasan pelanggan dan membina hubungan baik dengan mitra berkelanjutan.
- Merancang ekosistem terintegrasi yang dapat menyangga bisnis utama dalam perdagangan.
- Melakukan perdagangan umum dan khusus untuk produk pangan maupun non pangan dengan sasaran pasar domestik hingga internasional.
- Meningkatkan produktivitas, ketangkasan, dan kualitas kerja SDM lewat pelatihan dan pengembangan kompetensi.
6. Contoh visi misi perusahaan teknologi Dell
Visi: Delivering a better tomorrow
Tujuan: Menciptakan teknologi yang mendorong kemajuan manusia
Misi:
- Membantu mewujudkan ide dan inovasi customer lewat penyediaan produk teknologi cerdas yang aman.
- Membantu Anda beralih ke hasil yang lebih cepat dengan laptop berbasis AI.
- Memberikan pengalaman menggunakan sistem otomatis dengan penyimpanan proaktif, dan pengalaman cloud sederhana tetapi tetap konsisten.
7. Contoh visi misi tujuan dan sasaran perusahaan otomotif
Perusahaan yang bergerak di bidang otomotif bisa melihat inspirasi visi dan misi dari Astra Honda Motor sebagai berikut.
Visi: Astra Honda Motor ingin menjadi pemimpin pasar sepeda motor di Indonesia dan menjamin pemain kelas dunia dengan mewujudkan impian, menciptakan kegembiraan pelanggan, serta berkontribusi pada masyarakat Indonesia.
Misi yang dipegang adalah menciptakan solusi mobilitas bagi masyarakat melalui produk dan layanan terbaik.
8. Contoh visi misi perbankan
Visi yang diciptakan oleh perusahaan perbankan BRI adalah menjadi The Most Valuable Banking Group di Asia Tenggara dan Champion of Financial Inclusion.
Sementara misi Bank Rakyat Indonesia yaitu
- Menjalankan kegiatan perbankan dengan baik demi menjaga kepuasan pelanggan.
- Memberikan pelayanan prima serta bekerja dengan optimal.
9. Contoh visi misi perusahaan industri Kimia Farma
Kimia Farma termasuk perusahaan Badan Usaha Milik negara yang bergerak di industri penyedia obat dan kebutuhan medis. Visi dan misi yang dipegang yaitu:
Menjadi perusahaan healthcare utama yang terintegrasi dan memberikan hasil berkesinambungan.
- Menjalankan kegiatan usaha di industri kimia dan farmasi, ritel, jaringan distribusi dan pelayanan kesehatan.
- Mengoptimalisasi aset.
- Mengelola perusahaan secara good corporate governance didukung SDM profesional
- Memberikan manfaat dan value bagi stakeholder.
Sebenarnya apa itu visi misi perusahaan?
Visi adalah pernyataan publik mengenai tujuan atau target yang ingin dicapai perusahaan. Ini menunjukkan bahwa bisnis memiliki rencana untuk terus maju.
Visi menunjukkan arti dan tujuan jangka panjang. Sementara misi adalah memberikan gambaran posisi bisnis dan alasan mengapa perusahaan dibentuk.
Misi yang dibuat biasanya dicantumkan pula dalam kegiatan promosi sebagai slogan.
Namun, visi juga bisa diartikan sebagai tujuan perusahaan di masa depan, sedangkan misi menunjukkan rencana yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.
Visi dan misi yang jelas dan tertarget mampu memotivasi karyawan maupun pengusaha untuk tampil sebaik mungkin demi bisa mewujudkan impian dan pertumbuhan bisnis.
Jadi, seberapa penting visi misi bagi perusahaan
Visi berperan sebagai petunjuk arah ke mana perusahaan ingin berkembang, sedangkan misi berperan sebagai alasan mengapa bisnis dibentuk dan dijalankan.
Adapun manfaat visi dan misi terhadap perusahaan yaitu:
- Menginspirasi dan menyatukan karyawan untuk bergerak ke satu tujuan saja.
- Bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan strategis.
- Menginformasikan pada pihak-pihak yang terlibat tentang niat Anda.
- Membantu perusahaan membuat struktur pekerjaan yang selaras dengan targetnya.
- Berkontribusi meningkatkan produktivitas bagi setiap orang yang bekerja di perusahaan.
- Memberikan makna bagi karyawan.
- Meningkatkan sense of belonging.
Perlu diketahui bahwa bisnis yang tidak memiliki tujuan dan misi cenderung sulit untuk berkembang. Bahkan mengalami kegagalan untuk terus tumbuh dibanding kompetitor.
Visi, misi, dan tujuan perusahaan menjadi faktor sebuah bisnis mencapai target dan berprogress agar semakin baik dan diminati pelanggan.
Sebagai contoh visi misi perusahaan dagang yaitu Alfaria Trijaya menjadi jaringan distribusi terkemuka, berorientasi pada pemberdayaan pengusaha kecil, memenuhi kebutuhan konsumen serta bersaing secara global.
Dengan begitu, perusahaan akan selalu termotivasi untuk memberikan inovasi dan pelayanan terbaik demi bisa mewujudkan visi bersama.
Cara membuat visi dan misi yang baik
Setelah melihat contoh visi, misi, dan tujuan perusahaan berikutnya adalah mengetahui cara membuat pernyataan visi dan misi yang baik.
1. Identifikasi kekuatan bisnis
Membuat visi akan sulit jika Anda tidak mengenal sektor dan kekuatan bisnis yang dijalankan. Setelah melakukan identifikasi pembuatan tujuan akan lebih spesifik.
Salah satu upaya yang bisa dicoba untuk mengenali kekuatan bisnis adalah menanyakan beberapa pertanyaan ini,
- Apakah bisnis penyedia produk atau layanan?
- Mengapa pelanggan memilih produk atau layanan Anda?
- Penawaran atau solusi apa yang diberikan perusahaan pada customer?
- Siapa target dari bisnis ini?
Anda juga bisa menganalisis masukan dari karyawan maupun pelanggan, melakukan peninjauan pada bisnis dan karyawan untuk pengembangan, mengidentifikasi peluang luar, serta mencocokan dengan nilai perusahaan.
2. Menentukan tujuan perusahaan
Tanpa tujuan bisnis apapun akan mudah tergerus oleh perkembangan industri yang cepat dan tak menutup kemungkinan gulung tikar.
Ini karena pengusaha tidak tahu harus bergerak ke mana untuk membawa bisnisnya dari satu titik awal. Nah, cara yang bisa Anda gunakan yaitu menjawab pertanyaan di bawah ini
- Mengapa perusahaan ini didirikan?
- Langkah apa yang akan diambil untuk mewujudkan target atau visi perusahaan?
- Bagaimana perusahaan menjalankan sesuatu yang berbeda daripada pesaing?
- Apa yang dapat diberikan perusahaan sebagai solusi atas permasalahan pelanggan?
3. Visualisasikan bisnis
Memahami tujuan perusahaan ketika membuat visi dan misi dapat memberikan Anda gambaran jelas untuk bergerak maju. Perlu diingat bahwa visi atau misi harus spesifik, terukur, realistis, dan relevan.
Anda dapat memvisualisasikan posisi perusahaan 5-10 tahun mendatang serta membayangkan langkah apa yang akan digunakan untuk mewujudkan visi.
4. Visi dan misi harus jelas
Alasan visi dan misi bisa gagal adalah tidak spesifik dan cenderung ambigu. Ingat, bahwa visi misi turut ambil andil dalam pengambilan keputusan perusahaan.
Kalau tujuan, arah, dan target yang ingin dicapai sudah ambigu maka perusahaan dan karyawan akan kesulitan menentukan langkah-langkah dan menerapkan rencana demi mewujudkan visi misi.
5. Sebaiknya melibatkan elemen ini
Pernyataan visi dan misi harus bisa diingat oleh setiap orang. Oleh sebab itu, hindari membuat kalimat panjang dan bertele-tele. Gunakan bahasa sehari-hari agar mudah dipahami.
Satu tak ketinggalan, dalam menulis visi misi sebaiknya masukkan elemen seperti kejelasan, spesifik, bisa dicapai, uni, dan inspirasi.
Itulah contoh visi misi perusahaan dari berbagai industri yang bisa Anda jadikan referensi. Ingat, membuat visi dan misi memerlukan butuh proses yang tidak singkat. Cobalah terapkan cara di atas demi memudahkan proses Anda.
Temukan informasi seputar karir, pekerjaan, informasi-informasi menarik lainnya di Blog MyRobin. Jika Anda ingin melamar pekerjaan, kunjungi App MyRobin, terdapat berbagai lowongan kerja terbaru, temukan pekerjaan impian Anda sekarang juga!