New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

TikTok Shop Kembali, Kini Merger dengan GoTo 

TikTok Shop Kembali

Platform TikTok Shop yang telah dihentikan oleh pemerintah, saat ini kembali beroperasi dengan PT Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) sebagai pasar daring atau platform e-commerce.

TikTok telah menunjukkan minat untuk menyusun solusi merger dengan GOTO (PT. Goto Gojek Tokopedia Tbk) dengan investasi yang disuntikkan mencapai lebih dari US $15 miliar atau setara Rp 23,27 triliun dengan kurs Rp 15.517. 

Kerja sama antara perusahaan e-commerce nasional ini tidak hanya menguntungkan TikTok, tetapi juga memberikan perlindungan terhadap terdilusinya saham GOTO dan memastikan kelangsungan operasionalnya.

Pada akhirnya, implementasi kerjasama ini dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023, yang bersamaan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). 

5 Aturan Baru TikTok Shop 

Pelarangan TikTok shop sebelumnya mengikuti ketentuan dalam Peraturan Menteri Perdagangan tahun 2023 yang melarang platform media sosial dengan peran ganda sebagai e-commerce, seperti TikTok Shop. 

Untuk itu, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menekankan lima aturan yang harus dipatuhi oleh TikTok dan platform e-commerce untuk mematuhi regulasi perdagangan dan memberikan prioritas pada produk UMKM Indonesia. 

Peraturan ini mengacu pada regulasi Menteri Perdagangan Nomor 31 tahun 2023 yang menyangkut izin usaha, promosi, pembinaan, serta pengawasan pelaku usaha dalam perdagangan melalui sistem elektronik (PMSE).

Dari regulasi tersebut, terdapat beberapa ketentuan yang perlu dipahami, meliputi:

  1. Kebijakan multi-kanal dalam e-commerce, yang mencakup pemisahan fungsi antara media sosial dan pasar online.
  2. Larangan memberikan ruang untuk barang dumping atau barang impor dengan harga lebih rendah dari negara asalnya (Indonesia); aturan ini juga mencakup persyaratan dokumen impor untuk mencegah penjualan barang ilegal.
  3. Barang impor harus dilengkapi dengan dokumen lengkap, termasuk izin edar BPOM, SNI, dan sertifikasi halal; jika tidak dilengkapi, barang tersebut dilarang beredar.
  4. Dilarang menjual barang dengan harga di bawah harga pokok penjualan (HPP) lokal atau dengan kerugian, dengan harapan dapat mendukung produsen dalam negeri.
  5. Goto dan TikTok dilarang menjual produk mereka sendiri untuk menghindari diskriminasi terhadap merek atau produk lokal di platform yang digunakan.

Berbagai Peluang Pekerjaan Terbuka Kembali dengan Adanya TikTok Shop

TikTok Shop memungkinkan untuk membuka sejumlah peluang pekerjaan kembali yang sebelumnya telah ada, seperti:

Content Creator

Content creator berperan penting dalam memanfaatkan potensi TikTok Shop untuk memasarkan produk atau layanan. Mereka dapat menghasilkan konten kreatif yang mencakup pengenalan produk, ulasan, dan cara penggunaan. Melalui video pendek dan menarik, mereka membantu menarik perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian langsung melalui TikTok Shop.

Operator TikTok Shop

Operator TikTok Shop memiliki tugas mengelola aspek transaksi online. Mereka memastikan bahwa penjual dapat fokus pada aspek pemasaran dan pengembangan produk tanpa harus khawatir tentang proses operasional. Hal ini mencakup pemrosesan pembayaran, pengaturan pengiriman, dan menjawab pertanyaan pengguna terkait transaksi.

Host Live TikTok

Host Live TikTok berperan dalam menciptakan pengalaman interaktif dengan audiens. Mereka dapat mengadakan sesi siaran langsung yang memperkenalkan produk secara langsung, memberikan informasi tambahan, dan merespons pertanyaan dari pengguna secara real-time. Host Live TikTok membantu menciptakan koneksi emosional antara merek dan konsumen.

Penyunting Video

Penyunting video memiliki peran dalam meningkatkan kualitas visual konten yang dihasilkan. Mereka dapat mengoptimalkan tata letak, efek visual, dan animasi untuk memberikan daya tarik tambahan pada konten TikTok Shop. Keterampilan penyuntingan yang baik dapat membantu menciptakan video yang profesional dan memikat.

Rekrut kebutuhan tenaga kerja yang Anda butuhkan untuk bisnis melalui layanan outsourcing yang disediakan oleh MyRobin. Karena telah diseleksi secara ketat, tenaga kerja yang kami salurkan berkualitas sehingga ahli pada bidangnya. Konsultasikan kebutuhan tenaga kerja Anda bersama MyRobin sekarang juga!

TikTok Shop membuka berbagai peluang baru bagi bisnis untuk mencapai audiens yang lebih luas dan terlibat. 

Keuntungan tidak hanya dirasakan oleh perusahaan besar, tetapi juga oleh pelaku usaha kecil dan content creator independen yang dapat memanfaatkan fitur-fitur unik TikTok untuk memasarkan produk mereka secara efektif. 

TikTok Shop memberikan ruang bagi kreativitas dalam pemasaran, menciptakan hubungan lebih erat antara merek dan konsumen melalui konten yang menarik. Dengan pengguna TikTok yang aktif dan terlibat, TikTok Shop tidak hanya menjadi alat penjualan, tetapi juga sarana untuk membangun komunitas dan meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Secara keseluruhan, kehadiran TikTok Shop membuktikan bahwa sinergi antara media sosial dan e-commerce dapat memberikan manfaat nyata bagi pertumbuhan dan kesuksesan bisnis di era digital ini.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID