3 Cara Menulis Surat Resign Mudah dan Simple

Cara Menulis Surat Resign

Anda mungkin sedang atau akan resign dari sebuah perusahaan serta sedang mencari cara menulis surat resign? Ada banyak alasan mengapa karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan. Jika Anda telah yakin dengan keputusan Anda, artikel ini membahas apa yang perlu Anda ketahui tentang surat pengunduran diri, dan cara menulisnya. MyRobin memberikan template dan tips untuk membantu Anda menuliskan surat pengunduran diri. 

Apa Itu Surat Resign?

Surat resign atau pengunduran diri adalah dokumen resmi yang mencatat akhir masa kerja Anda di perusahaan. Dokumen ini bisa Anda kirimkan langsung atau melalui email kepada HRD atau pihak persnoalia perusahaan.

Sebagai tambahan, saat menulis surat pengunduran diri, hindari menuliskan keluhan tentang perusahaan, manjer, atau rekan kerja Anda. Agar lebih profesional, Anda bisa mengganti dengan kalimat yang lebih sopan dan tetap dengan kata-kata positif. 

Lakukan ini Sebelum Mengundurkan Diri 

Saat Anda memutuskan keluar dari pekerjaan Anda, yang harus Anda lakukan adalah berbicara langsung dengan manajer Anda, sebelum mengirim surat pengunduran diri. Anda bisa mengirimkannya secara langsung, melalui obrolan vidio, atau telepon. Ini tentang kesopanan dan memberikan kesan baik dengan semua karyawan tempat Anda pernah bekerja. 

Untuk menulis surat pengunduran diri, sertakan informasi berikut dalam urutan ini:

  • Pernyataan pengunduran diri dari perusahaan
  • Tanggal hari terakhir kerja
  • Pernyataan terima kasih
  • Langkah selanjutnya dan informasi penting lainnya
  • Tanda tangan

Kenali Alasan Resign

Meskipun tidak diharuskan untuk menyertakan alasan Anda mengundurkan diri dari perusahaan, Anda mungkin lebih suka menjelaskan alasan kepergian Anda secara lebih rinci. Berikut ini beberapa contoh alasan umum yang biasa digunakan untuk mengundurkan diri:

Mengundurkan Diri Karena Kesempatan yang Lebih Baik

“Saya menulis surat ini memberi tahu Anda bahwa saya telah menerima posisi di perusahaan yang menurut saya lebih cocok untuk karier saya ke depan. Mohon izin untuk menyampaikan surat pengunduran diri resmi saya di perusahaan ini…”

Pengunduran Diri Karena Relokasi

“Mohon izin menyampaikan surat pengunduran diri saya dari perusahaan ini. Hari terakhir saya adalah [masukkan hari terakhir kerja Anda]. Saya akan pindah ke Jakarta dalam beberapa bulan mendatang supaya lebih dekat dengan keluarga.

Pengunduran Diri Karena Alasan Pendidikan

“Tolong terima pengunduran diri saya [masukkan hari terakhir kerja Anda]. Bulan depan, saya akan mendaftar di sekolah pascasarjana dan harus mengundurkan diri dari posisi saya di perusahaan ini.

Langkah Menulis Surat Resign

Setelah mengetahui cara menyampaikan alasan resign, Anda juga harus mengkonsultasikan alasan Anda dngan atasan atau manajer SDM Anda. Mereka mungkin meminta Anda untuk memberikan informasi spesifik atau mengirim surat Anda kepada orang-orang tertentu di perusahaan.

1. Mulai Surat Resign dengan Perkenalan Diri 

Perkenalkan dir Anda dengan salam resmi, sapa penerima dengan nama. Bisa juga mneggunakan salam hormat. 

Selanjutnya, tuliskan dengan jelas maksud dan tujuan Anda menulis surat pengunduran diri, beserta posisi Anda di perusahaan. 

2. Sertakan Pernyataan Terima kasih

Ucapan terima kasih bisa menjaga hubungan profesional Anda tetap positif. Tulislah satu atau dua kalimat yang menjelaskan kelebihan perusahaan yang akan Anda tinggalkan, cara ini untuk menjaga kesopanan dan ikatan yang baik dengan perusahaan.

3. Akhiri dengan Kesimpulan

Cantumkan informasi penting apa pun yang harus diketahui penerima, lalu tutup dengan pernyataan perpisahan, seperti “Hormat kami,” atau “Terima kasih,” dan nama terang Anda. 

Contoh Template 

Di bawah ini adalah contoh templat surat pengunduran diri dengan informasi dasar yang perlu disertakan saat mengundurkan diri dari perusahaan mana pun. Template ini harus disesuaikan dengan informasi Anda dan berdasarkan keadaan Anda.

Yogyakarta, 29 Juni 2022

Kepada

Yth. Pimpinan 

PT. XXXXX

Yogyakarta

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

nama: …….

alamat: …………

jabatan: ………

Dengan adanya surat ini, saya bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di  PT. XXX terhitung pada tanggal _ /_ /_ Saya telah menerima posisi di [masukkan jenis perusahaan Anda berikutnya] dan menantikan karir baru saya, meskipun saya akan merindukan pekerjaan saya di perusahaan ini.

Terima kasih atas dukungan dan kesempatannya selama ini [masukkan waktu Anda di perusahaan]. Apabila Bpk/Ibu memerlukan bantuan selama masa transisi ini, saya bersedia membantu selama beberapa minggu ke depan. Semoga perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin dapat semakin berkembang lagi.

Demikian surat pengunduran diri kerja ini saya buat dengan penuh kesadaran serta atas keinginan sendiri dan tanpa ada paksaan dari siapa pun.

Hormat saya,

(…………………)

Nah itu tadi cara menulis surat resign , Anda bisa mempraktekkannya secara langsung. Kalau informasi ini bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman Anda yang membutuhkan.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!