Kartu Prakerja: Simak Syarat, Cara Daftar, dan Tahap Pencairan Insentif di sini!

Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah berupa pemberian dana pelatihan, khusus masyarakat golongan tertentu agar bisa meningkatkan keterampilan tanpa mengeluarkan biaya.

Tingginya angka persaingan di dunia kerja menyebabkan banyak pelamar tersisih akibat kurangnya skill yang dimiliki. 

Oleh karena itu, melalui program ini setiap orang yang memenuhi persyaratan bisa mendaftar dan memilih pelatihan sesuai dengan minatnya. 

Nah, kalau Anda juga tertarik membuat akun Kartu Prakerja tapi belum tahu syaratnya, tenang. MyRobin akan kupas tuntas hingga langkah-langkah pendaftarannya. 

Sekilas tentang program Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah program yang pemerintah buat bagi pencari kerja, korban PHK, pemilik usaha, UMKM, lulusan baru, bahkan ibu rumah tangga agar bisa mengembangkan keahlian di bidang tertentu. 

Peningkatan skill merupakan salah satu kunci supaya Anda bisa memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan perusahaan atau menambah ilmu untuk mulai berwirausaha. Baca juga artikel tentang Apa itu Soft Skill dan Bagaimana Cara Meningkatkannya.

Kegunaan kartu prakerja yakni membeli pelatihan di beberapa platform sesuai keinginan Anda seperti cara membuat kue, memasarkan produk, copywriting, hingga pembuatan konten. 

Dengan adanya kartu prakerja Anda bebas menentukan pelatihan mana yang akan Anda beli tanpa memikirkan biayanya. 

Prakerja memberikan dana pelatihan khusus sebesar Rp1.000.000 yang wajib Anda habiskan untuk membeli pelatihan. 

Artinya, Anda boleh mengambil 2-3 kelas tambahan jika pelatihan pertama sudah usai. Bagi peserta yang berhasil mendapat sertifikat atau menyelesaikan kelas, insentif akan turun seminggu setelahnya. Namun, estimasi pencairan bisa berbeda-beda di tiap peserta. 

Tujuan Kartu Pekerja

Orang yang selalu meningkatkan keterampilan tentu lebih mudah diterima kerja daripada yang tidak. Kartu pekerja ini ditujukan untuk meningkatkan daya saing individu saat mencari kerja. 

Menurut Kementerian Keuangan, Kartu Prakerja tidak hanya untuk kalangan pekerja, tetapi juga buruh, karyawan, pegawai, warga yang telah berusia 18 tahun ke atas, orang yang tidak sedang menempuh pendidikan, pelaku usaha kecil bahkan ibu rumah tangga bisa mendaftar di program ini. 

Melalui prakerja, siapapun bisa belajar hal baru tanpa khawatir mengeluarkan biaya mahal. Ini karena seluruh pelatihan sudah pemerintah tanggung. 

Dana insentif Rp600.000 yang dicairkan sebanyak 4 kali bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari, transport kerja, hingga beli kelas lainnya. 

Tujuan program Kartu Prakerja yakni mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas hingga daya saing. 

Siapa saja yang boleh mendaftar 

Setiap warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas bisa mendaftar dan mengikuti seleksi Kartu Prakerja. 

Program ini juga terbuka untuk masyarakat umum tanpa mengenal batas usia. Kategori orang yang berhak bergabung ke program bantuan pelatihan yaitu sebagai berikut. 

1. Lulusan SMA atau SMK

Pelajar yang telah lulus sekolah menengah atau kejuruan berhak mengikuti program bantuan Prakerja untuk mengembangkan keterampilan agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat ini. 

Sebagai contoh mengambil kelas inkubasi Excel bagi Anda yang ingin berkarier sebagai admin atau bagian keuangan, copywriting serta SEO yang tertarik bekerja di bagian marketing. 

Lulusan baru dari SMA maupun SMK menyumbang angka pengangguran di Indonesia. Salah satu faktornya kurang keterampilan yang bisa diaplikasikan di dunia profesional. 

2. Korban PHK

Selama Covid-19 banyak pekerja dirumahkan akibat kerugian dan tingginya biaya operasional kantor. Tak peduli seberapa lama karyawan bekerja. 

Perusahaan harus memotong budget dengan memberhentikan setengah dari karyawan terbaiknya. Ini adalah dampak dari pandemi yang memengaruhi banyak sektor. 

Para pekerja ini banyak yang tidak memiliki keahlian berbisnis. Alhasil, ketika di-PHK mereka tak punya pemasukkan. 

Melalui Prakerja, karyawan PHK bisa meningkatkan keterampilan berwirausaha. Seperti mengikuti kelas berbisnis, membuka cafe, cara berjualan online, hingga mempromosikan produk.

Harapannya setelah mengikuti kelas, pekerja tersebut dapat mulai berjualan sehingga bisa menghasilkan pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari sambil mencari pekerjaan utama. 

3. Ibu rumah tangga

Belajar tidak mengenal usia. Lewat program Prakerja ibu rumah tangga bisa mengambil kelas seperti cara membuat kue yang berguna untuk konsumsi sendiri atau berjualan. 

Nantinya, dana insentif bisa jadi modal usaha kecil-kecilan. Lantaran sudah memiliki skill Anda makin percaya diri memulai berdagang online maupun offline. 

4. Buruh

Salah satu cara meningkatkan jenjang karier atau taraf hidup yakni melalui pelatihan. Anda bisa mengambil kelas atau keterampilan tertentu. 

Misalkan Anda seorang kurir atau buruh pabrik dan ingin berkarier sebagai admin. Maka bisa mengambil kelas excel dan microsoft word agar punya pengetahuan basic.

5. Pelaku UMKM

Tantangan berdagang saat ini adalah mempromosikan produk atau jasa melalui platform digital. Nyatanya, kegiatan promosi di era digital harus ada strateginya agar pesan tertuju ke audience yang tepat. 

Kartu Prakerja bisa Anda gunakan untuk mengikuti kelas SEO, copywriting, pemasaran e-mail hingga memaksimalkan sosial media sebagai media marketing. 

Anda bisa mendaftar dan bergabung ke gelombang berikutnya. Estimasi pendaftaran Prakerja gelombang 44 dibuka pada 4 September 2022. 

Persyaratan daftar gelombang kartu prakerja

Pendaftar Kartu Prakerja gelombang 18 yang belum lolos seleksi bisa bergabung ke gelombang selanjutnya. Anda bisa terus gabung hingga berhasil, berikut deretan persyaratannya. 

1. Berusia 18 tahun

Persyaratan pertama adalah harus berusia di atas 18 tahun dan merupakan  warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk. 

Peserta yang mendaftar harus sudah lulus menempuh pendidikan. Artinya, mahasiswa dan pelajar belum boleh membuat akun Prakerja. 

Apabila Anda mencoba memalsukan data, maka aksi kecurangan bisa dibawa ke pihak kepolisian. 

2. Bukan anggota dewan

Berdasarkan situs resminya, golongan orang yang dilarang mendaftar adalah anggota dewan, polisi, karyawan BUMN dan BUMD, anggota partai, pejabat negara, kepala desa, komisaris perusahaan, tentara, hingga pemilik perusahaan.  

3. Belum pernah mendapat bantuan selama pandemi

Syarat berikutnya Anda belum pernah menerima bantuan uang selama pandemi dari pemerintah. 

Persyaratan ini dibuat agar setiap orang mendapatkan kesempatan yang sama serta meminimalisir double bantuan. 

4. Anggota keluarga belum pernah mendaftar

Prakerja hanya menerima 2 orang saja dari kartu keluarga yang sama. Artinya jika orang tua dan kakak Anda sudah daftar program, Anda tidak bisa mengikutinya lagi. 

Cara mendaftar kartu prakerja

Cara daftar Kartu Prakerja dan dapat uang 600 ribu yaitu memenuhi persyaratan di atas dan mempersiapkan berkas yang Anda perlukan yakni KK dan KTP. Begini prosedur daftarnya:

  1. Kunjungi https://dashboard.prakerja.go.id/daftar.
  2. Buat akun dengan memasukkan e-mail dan password baru. 
  3. Selanjutnya, cek e-mail untuk lakukan verifikasi. 
  4. Silakan login dengan akun yang sudah Anda buat. Persiapkan pula E-KTP asli, kartu keluarga, no HP aktif untuk melanjutkan proses pendaftaran. 
  5. Masukkan 16 digit NIK, nomor kartu keluarga, dan tanggal lahir lalu klik lanjutkan. 
  6. Setelah itu, lengkapi data diri Anda sesuai KTP dan KK seperti nama lengkap dan ibu kandung, status perkawinan, jenis kelamin, status bekerja, pendidikan terakhir, serta tanggungan keluarga.
  7. Pilih topik pelatihan yang Anda minati. 
  8. Tuliskan alamat tempat tinggal yang sama dengan KTP atau mengikuti alamat baru. 
  9. Unggah foto KTP dengan jelas dan scan wajah masing-masing. 
  10. Kemudian, cantumkan nomor telepon yang aktif, klik kirim kode OTP.
  11. Verifikasi nomor telepon Anda dan masukkan kode rahasia. 

Tahapan daftar kartu prakerja

Prakerja gelombang 43 ditutup pada Rabu, 31 Agustus 2022 lalu. Kini Anda bisa menunggu pembukaan gelombang 44. Sebagai gambaran proses, perhatikan alur daftar hingga pencairan insentif berikut ini. 

1. Peserta mendaftar

Tahapan pertama peserta membuat akun Prakerja dengan e-mail, password, KK, KTP, dan nomor telepon. Setelah berhasil daftar, klik gabung gelombang selanjutnya. Data-data Anda selanjutnya masuk tahap seleksi. 

2. Seleksi

Proses seleksi bisa memakan waktu berhari-hari. Anda dapat mengecek secara berkala melalui dashboard. Peserta yang berhasil lolos tahap seleksi bisa memilih jenis pelatihan yang akan diambil. 

Anda wajib mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk ikut seleksi dan menunggu hasilnya. 

3. Memilih jenis pelatihan

Bagi peserta yang lolos, Anda bisa memilih jenis pelatihan yang diminati di beberapa platform belajar. Lakukan pembelian kelas menggunakan dana Prakerja. 

Anda wajib mengikuti setiap kelas yang sudah dibeli hingga tahap sertifikasi. Biasanya tidak ada batas waktu penyelesaian. Namun, lebih cepat makin baik. 

5. Mengisi ulasan

Setelah mengikuti semua kelas, Anda perlu mengisi ulasan dan rating di dashboard Prakerja dan aplikasi pelatihan. Anda mungkin diminta memberikan nilai pada kualitas tutor dan materi.

6. Pencairan insentif

Proses pencairan insentif biasanya berlangsung dari 5-7 hari setelah menulis ulasan. Cantumkan nomor rekening Anda agar pihak Prakerja bisa mengirim uang tersebut. 

Di samping dana insentif, ada pula uang survei yang bisa Anda dapatkan setiap mengisi survei yang muncul sebanyak 3 kali di halaman utama website Prakerja. 

Uang insentif dan survei akan masuk ke akun setelah Anda mencantumkan nomor rekening atau dompet digital. 

Cara beli pelatihan menggunakan kartu prakerja

Pembelian kelas menggunakan Kartu Prakerja bisa dilakukan melalui marketplace dengan langkah-langkah seperti ini:

  1. Buka aplikasi Tokopedia
  2. Pilih menu lihat semua.
  3. Klik pendidikan lalu Kartu Prakerja.
  4. Anda bisa memilih jenis pelatihan dari berbagai platform. 
  5. Misalkan “Merancang strategi pemasaran bisnis online” 
  6. Ketuk bayar sekarang.
  7. Lalu, pilih metode pembayaran ‘Kartu Prakerja’
  8. Lanjutkan transaksi dan masukkan 16 digit nomor yang ada di dashboard prakerja.
  9. Selanjutnya, tekan menu bayar dan input kode verifikasi. 
  10. Terakhir tinggal tunggu proses pembayaran hingga berhasil. 

Langkah selanjutnya, daftar atau masuk ke platform edutech yang sudah bekerja sama dengan prakerja. Masukkan kode voucher dari kelas yang sudah Anda beli. Jika berhasil, Anda bisa mengakses dan menyelesaikan pelatihan. 

Cara menuliskan ulasan di Kartu Prakerja dashboard

Setelah Anda menyelesaikan kelas, tunggu beberapa hari untuk menulis ulasan. Anda perlu login kartu prakerja dashboard dan menuliskan semua ulasan dari kelas yang telah Anda ambil. 

Tanpa adanya ulasan proses pencairan insentif bisa terkendala. Sementara khusus pengisian survei, biasanya ada sebanyak 3 kali saja dengan nominal uang Rp50.000 untuk tiap survey. 

Kartu Prakerja merupakan solusi bagi Anda yang ingin meningkatkan keterampilan untuk cari kerja ataupun berwirausaha. Skill dan sertifikasi yang Anda dapat bisa jadi nilai tambah di mata perekrut. 

Nah, kalau skill, sertifikat, dan CV sudah ada kini saatnya Anda cari lowongan pekerjaan di app.myrobin.id. Di sana tersedia berbagai lowongan kerja terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!