New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Panduan Cara Melakukan Influencer Marketing yang Efektif

cara melakukan influencer marketing yang efektif

Sebagai tim pemasaran, penting mengetahui cara melakukan influencer marketing untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan bisnis perusahaan. 

Semakin berkembangnya era digital, influencer marketing menjadi pilihan untuk menjangkau lebih banyak audience yang tersebar di beberapa platform. Lihat caranya lewat artikel ini. 

Sekilas tentang influencer marketing

Influencer marketing adalah kegiatan pemasaran menggunakan tokoh berpengaruh‒bisa artis, public figure dengan bidang tertentu, pemimpin komunitas untuk mempromosikan produk, sekaligus membangun citra brand di masyarakat menggunakan media sosial. 

Penerapan influencer marketing menurut para ahli merupakan pendekatan baru di bidang pemasaran yang akan terus berkembang, seiring bermunculannya influencer di berbagai platform. 

Influencer marketing menjadi strategi yang sangat berguna saat ini, sebab banyak orang dengan basis pengikut yang banyak, turut memengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sesuatu.

Individu yang memiliki followers, dipandang sebagai orang yang ahli oleh pengikut mereka sehingga produk yang influencer promosikan lebih mungkin dibeli dan laku di pasaran. 

Tipe-tipe influencer dengan jumlah followers tertentu menawarkan exposure dan membawa pengaruh berbeda bagi brand. Seperti nano influencer, mikro, makro, dan mega influencer. 

Strategi influencer marketing 

Salah satu keunggulan menggunakan pemasaran influencer adalah tersedianya banyak konten yang bisa Anda unggah melalui sosial media atau blog. 

Semakin banyak Anda menggunakan platform tersebut peluang untuk menjangkau lebih banyak audience jadi makin besar. 

Berikut beberapa kampanye yang bisa Anda coba menggunakan pengaruh influencer. 

1. Giveaway

Strategi pemasaran satu ini yaitu dengan mengadakan kompetisi dan giveaway bersama influencer yang sudah Anda riset sebelumnya. 

Hadiah merupakan penghasil prospect dan branding hemat biaya sekaligus menarik audience untuk mengikuti kompetisi. 

Keuntungan bagi brand dapat meningkatkan engagement dan follower di media sosial secara drastis. 

Selain itu, ada peluang konsumen akan menggunakan produk tersebut jika tidak berhasil memenangkan giveaway. 

Brand membuat persyaratan agar peserta mengikuti kompetisi seperti share post, follow, like, dan komen dengan tag. Kemudian, influencer mengunggah konten giveaway tersebut. 

2. Sponsor social post

Bentuk kampanye berikutnya memanfaatkan unggahan konten bersponsor. Anda dapat memilih influencer yang sesuai dengan identitas brand untuk menarik kepercayaan audience. 

Sebagai contoh brand memproduksi makanan dan minuman sehat, sebaiknya pilih influencer yang juga mempromosikan gaya hidup sehat atau gemar olahraga. 

Dengan demikian, audience lebih merasa yakin untuk membeli produk brand karena dinilai mampu mendukung gaya hidup sehat mereka. 

3. Social media takeover

Apakah Anda pernah melihat, Instagram sebuah brand diambil alih oleh influencer? Kampanye seperti ini umum dikenal dengan social media takeover. 

Artinya brand memberikan hak pada influencer mengunggah konten tertentu di sosial media brand selama jangka waktu yang telah disepakati. Kampanye tipe ini mengekspos bisnis ke audiens baru.

Baca Juga: Memahami Social Media Marketing, dari Pengertian Hingga Strateginya

4. Blog post

Cara influencer mempromosikan produk salah satunya melalui unggahan tulisan di blog. Brand yang memiliki website, dapat menggunakan the power of influencer untuk mengulas produk atau membuat konten inspiratif, sehingga mengundang lalu lintas organik. 

Sebagai contoh brand yang memproduksi peralatan makan rotan ingin membuat konten spesial hari ibu. 

Strategi yang dilakukan yakni menggandeng influencer untuk berbagi pengalaman bagaimana dirinya menghabiskan waktu sambil menikmati suguhan kue di alas tradisional.

Blog post sangat berkaitan dengan Search Engine Optimization. Baca lebih lanjut mengenai SEO di sini

5. Kode diskon

Kode unik termasuk salah satu kampanye yang umum dilakukan bersama influencer. Pemberian unique code dianggap sebagai cara tepat meningkatkan penjualan. 

Contohnya kode unik untuk mendapatkan bonus saat pertama kali unduh aplikasi atau untuk mendapat potongan harga di marketplace. 

6. Review

Cara kerja influencer dalam mempromosikan produk maupun layanan yang efektif yakni lewat review bisa berupa video atau tulisan. 

Banyak dari audience mempertimbangkan membeli barang setelah mendapat ulasan positif dari influencer, seperti GadgetIn yang mengulas ponsel dan elektronik berbentuk video. 

7. Affiliate

Tujuan affiliate adalah mendorong penjualan langsung lewat influencer. Melalui strategi ini Anda memanfaatkan jaringan influencer yang luas dan berpotensi melakukan pembelian. 

Hasil kampanye melalui tautan juga dapat dilacak dan diukur, sehingga memudahkan brand mencapai tujuannya sekaligus mempertahankan ROI. 

8. Brand ambassador

Brand ambassador merupakan cara jitu untuk meningkatkan kesadaran merek jangka panjang. Peran influencer yaitu mengunggah konten brand selama jangka waktu tertentu. 

Dalam memilih duta merek, pastikan yang sesuai dengan citra perusahaan atau memiliki basis penggemar yang luas, seperti memanfaatkan idol k-pop atau Youtuber. 

Cara memilih influencer

Jika Anda perhatikan, beberapa media sosial memiliki influencer-nya sendiri dan terbagi dari berbagai level serta golongan. Mulai dari karier and development enthusiast hingga ahli gizi. 

Tersedianya banyak pilihan, membuat Anda harus lebih bijak dalam memilih influencer marketing Indonesia, ikuti tipsnya di bawah ini. 

1. Pertimbangkan audience sesuai target brand

Tips pertama adalah memilih influencer dengan target audience sesuai dengan brand. Misalkan bisnis perusahaan menyasar customer dari rentang usia remaja hingga awal 20-an. 

Anda bisa menyesuaikan influencer dengan audience serupa. Cara mengetahuinya menggunakan fitur demografi audience. 

Lewat fitur demografis, Anda bisa mengidentifikasi lokasi, usia, dan jenis kelamin target audience Anda, sehingga komunikasi lebih terarah dan membawa hasil. 

2. Engagement rate

Satu tak luput dari pertimbangan adalah engagement rate alias tingkat keterlibatan audiens merespon konten influencer. 

Engagement rate akan menunjukkan seberapa dekat dan aktif audiens merespon konten dari influencer. Ini dapat Anda lihat lewat jumlah like, share, dan komentar di unggahan. 

Menghitung tingkat keterlibatan yaitu dengan mengakumulasikan jumlah like dan komentar di unggahan. Kemudian membagi total dengan jumlah followers dan kalikan dengan 100. 

3. Relevansi

Bisnis real estate yang bekerja sama dengan beauty influencer akan membingungkan audience. 

Pasalnya, mereka tidak melihat adanya relevansi atas kerja sama yang keduanya lakukan. Inilah pentingnya menilai relevansi antara brand perusahaan Anda dengan si influencer. 

Misalkan produk kecantikan tentunya lebih relevan menggandeng beauty influencer daripada food influencer. 

Tujuannya agar influencer beresonansi dengan followers dengan baik dan berpotensi lebih tinggi mendorong penjualan. 

Hal ini karena audience percaya dengan keahlian influencer menilai. Jika produk direkomendasikan artinya produk tersebut memang bagus. 

4. Keaslian

Kemudahan teknologi memengaruhi banyak influencer baru bermunculan. Seringkali, cara yang dilakukan untuk mendapatkan followers ribuan menggunakan cara curang. 

Oleh karena itu, sebelum menjalin kerja sama usahakan riset background influencer. Orang berpengaruh dengan followers asli cenderung memiliki pengikut yang loyal dan berdedikasi. 

Artinya, mereka tak sekadar mendorong brand awareness saja, tetapi juga berpengaruh pada konversi. 

5. Kualitas konten

Pemasaran di sosial media menitikberatkan pada visualisasi, sehingga mampu menarik followers dan audience baru. 

Oleh sebab itu, penting mempertimbangkan kualitas konten yang influencer buat. Terutama jika Anda membebaskan influencer menyajikan konten sesuai dengan kreativitas mereka.

Pelajari lebih lanjut mengenai content marketing di sini

Contoh influencer marketing 

Contoh influencer marketing sering Anda jumpai saat scrolling social media maupun televisi. 

Pemasaran dengan influencer akhir-akhir ini melibatkan idok K-pop seperti BTS X McDonalds, Blibli X NCT, Tokopedia X Blackpink, hingga Twice dan brand kecantikan.

Deretan brand tersebut sukses memanfaatkan basis penggemar yang luas untuk menggaet pengguna dan audience baru yang lebih loyal. 

Cara menjalankan strategi marketing influencer

Jika Anda sudah menentukan strategi mana yang akan Anda terapkan pada bisnis perusahaan. Kini saatnya menjalankan langkah-langkah di bawah ini untuk memudahkan kampanye pemasaran dengan influencer. 

1. Tentukan tujuan

Langkah pertama adalah tentukan tujuan Anda dari pemasaran ini. Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek atau meningkatkan penjualan produk.

Setiap tujuan akan berbeda jenis kerjasamanya. Misalkan untuk penjualan mungkin Anda lebih cocok menerapkan affiliate influencer daripada unggahan blog. 

2. Kenali audiens Anda

Mengenali target pelanggan Anda, akan memudahkan mencari influencer dengan audiens serupa, sehingga kampanye lebih membuahkan hasil. 

Misalkan bisnis perusahaan menyasar pelanggan dari kalangan perempuan dengan usia 20-an yang sudah jadi ibu muda. Maka pilihlah influencer yang dapat mewakili dan mirip dengan target audiens Anda. 

Ini akan memudahkan penyampaian pesan dan kekhawatiran yang umum terjadi di kalangan ibu muda.

3. Temukan influencer untuk industri Anda

Ada banyak jasa influencer marketing untuk menemukan influencer yang pas dengan industri Anda. Mulai dari beauty, food and kuliner, hingga karier development. 

Selain mencocokkan audiens, pertimbangkan memilih tipe influencer sesuai tujuan kampanye seperti nano influencer, mikro, makro, dan mega untuk menjangkau lebih banyak pengunjung. 

4. Rencanakan kampanye

Langkah berikutnya merencanakan kampanye seperti apa yang akan influencer dan brand Anda jalankan. Apa target dari kerja sama ini, dan berapa lama kerja sama berlangsung.

Perencanaan kampanye yang matang akan memberikan hasil positif dan berpeluang mencapai target yang Anda inginkan. 

Cara melakukan influencer marketing tidak jauh berbeda di tiap media sosial. Langkah utama yang perlu Anda lakukan adalah menetapkan tujuan dan melakukan riset.

Nah, jika Anda sedang mencari pekerjaan kunjungi App MyRobin untuk temukan berbagai lowongan kerja dari perusahaan ternama. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!