9 Cara Menemukan Passion dalam Hidup dengan Tepat

Cara Menemukan Passion

Tahukah kamu, ternyata masih banyak lho orang yang belum mengetahui dan memahami passion mereka dalam hidup. Salah satu penyebabnya adalah karena passion ini sendiri memang tidak mudah ditemukan begitu saja, bahkan seringkali tidak disadari oleh mereka. 

Maka dari itu, untuk menemukan passion yang tepat bagi hidup kamu bisa melakukan beberapa cara. Apa saja? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Passion?

Passion dapat disebut juga sebagai gairah yang mengacu pada perasaan antusias atau kegembiraan yang kuat untuk melakukan sesuatu. Sederhananya, passion ini merupakan sesuatu yang kamu sukai dan ingin lakukan terus-menerus. 

Beberapa orang menganggap bahwa passion ini sama dengan hobi atau kesukaan terhadap sesuatu. Namun, ternyata passion memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan hobi. 

Jika hobi adalah sesuatu hal atau aktivitas yang sering kamu lakukan untuk mengisi waktu luang atau menghilangkan rasa bosan, berbeda halnya dengan passion yang memang kamu lakukan secara konsisten dan dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Selengkapnya terkait penjelasan passion.

Sebagai contoh, kamu adalah orang yang sangat suka menggambar sketsa wajah manusia dan sering membagikan informasi di media sosial mengenai tutorial cara membuatnya, peralatan yang kamu gunakan, hingga tips agar sketsa bisa terlihat realistis.  Nah, beberapa aktivitas ini tentu dapat memberikan dampak atau manfaat bagi orang lain. Sehingga menggambar sketsa wajah ini bisa disebut sebagai passion kamu.

Tidak hanya itu saja, passion juga dapat kamu jadikan sebagai pekerjaan atau karir lho. Biasanya orang yang bekerja sesuai passion akan lebih bersemangat dan senang dalam mengerjakan tugas-tugasnya. Sebab, mereka melakukannya dengan sukarela tanpa ada paksaan dalam diri atau orang lain. Jadi, tak heran bila orang yang seperti ini dapat mencapai kesuksesan karirnya lebih mudah dan cepat.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Deloitte, passion dalam bekerja dapat membuat kamu menjadi lebih termotivasi ketika menyelesaikan suatu permasalahan yang sulit serta akan membantu kamu melewati berbagai tantangan. Dengan kata lain, passion dapat memunculkan keinginan dalam menemukan sesuatu, mempelajari berbagai hal lebih cepat, serta menciptakan dampak positif bagi sekitar. Baca juga artikel tentang 5 Contoh Passion yang Bisa Diterapkan Di Dunia Kerja .

Lalu, Bagaimana Cara Menemukan Passion Itu?

Untuk menemukan passion memang memerlukan usaha dan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus mengembangkan pemahaman tertentu, mengenali sebuah permasalahan, hingga berani mengambil resiko atau tantangan. 

Maka dari itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk bisa menemukan passion dalam diri. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Temukan sesuatu yang kamu sukai

Cobalah untuk mencari sesuatu hal atau aktivitas yang kamu suka, seperti menulis cerpen, mengoleksi sepatu, fotografi, dan sebagainya. Jika kamu mempunyai satu kegiatan yang membuat kamu senang ketika melakukannya, merasa ingin menghabiskan banyak waktu untuk kegiatan tersebut, maka kamu bisa menjadikannya sebagai passion. 

Misalnya, kamu sangat suka dengan fotografi, bahkan kamu mempunyai koleksi berbagai jenis kamera. Nah, jika kamu merasa senang dan semangat ketika memotret objek, atau rela menghabiskan waktu untuk hunting dan berbelanja kamera, kamu pun bisa mengembangkannya sebagai passion. Bahkan jika bidang ini kamu tekuni pun bisa menghasilkan penghasilan untuk kamu. 

2. Cari tahu kelebihan dan bakat dalam diri

Setiap orang pasti mempunyai kelebihan atau sesuatu yang unggul pada dirinya, begitupun juga kamu. Coba tanyakan pada diri sendiri apa keahlian atau bakat yang kamu miliki dan ketika melakukannya kamu merasa senang. Kamu bisa mencari tahu dengan mempraktekkannya secara langsung keahlian yang kamu miliki tersebut.

Jika ternyata hasilnya kurang memuaskan, jangan buru-buru mencari keahlian lain. Cobalah untuk meminta pendapat dari orang lain mengenai hasil yang telah kamu peroleh. Kalau ternyata kamu mendapat pujian dan apresiasi dari mereka, maka mungkin saja itu adalah passion kamu.

3. Ingat hal yang kamu sukai waktu kecil

Saat masih kecil pasti kamu mempunyai sesuatu yang membuat kamu bahagia. Apalagi jika hal tersebut selalu kamu lakukan setiap hari tanpa henti. Namun, ketika kamu beranjak dewasa, mulai sibuk dengan hal lain yang lebih penting, atau adanya tuntutan hidup membuat kamu harus melupakan kesenangan tersebut.

Nah, jika kamu memunculkan kembali hal-hal yang kamu sukai sewaktu kecil seperti membaca komik, bermain alat musik, atau mengoleksi action figure dan mengembangkannya kembali, maka itu bisa menjadi passion lho. 

4. Ingat hal apa yang membuat kamu iri atau kesal

Perasaan iri atau kesal pada diri seseorang tidak selalu berujung pada hal negatif. Perasaan ini bisa kamu manfaatkan sebagai motivasi untuk menemukan passion yang tepat. Bahkan perasaan iri dan kesal juga bisa kamu gunakan sebagai indikator untuk melihat kesuksesan atau pencapaian orang lain serta mengetahui apa yang diri kamu inginkan dari kesuksesan mereka.

Misalnya kamu mempunyai teman kerja yang mempunyai penghasilan lain dari bisnis thrift yang dijalankannya sendiri. Omzet yang didapatkannya bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulan. Sedangkan kamu hanya mempunyai satu sumber penghasilan dan itu pun belum bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidup kamu. 

Melihat hal ini kamu tidak perlu merasa terlalu kesal maupun iri, sebab kamu pun juga bisa mencapai hal yang sama dengan temanmu. Jika temanmu mendapatkan penghasilan lain dari bisnis thrift, maka kamu juga bisa mendapatkannya melalui bakat yang kamu punya, seperti melukis, menyanyi, fotografi, dan sebagainya. Jadi, cobalah untuk mencari tahu dalam diri kira-kira apa yang bisa kamu lakukan untuk bisa merasakan hal yang sama. Secara tidak langsung apa yang kamu lakukan ini bisa menjadi sebuah passion nantinya.

5. Cari sosok panutan

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan dalam menemukan passion adalah dengan mencari seseorang yang bisa kamu jadikan panutan. Carilah orang yang mampu menginspirasi kamu untuk berkembang. 

Cari tahu lebih dalam mengenai kelebihannya dan bagaimana caranya agar bisa fokus pada bakat yang dimilikinya tersebut sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai panutan. Mungkin saja kamu akan terinspirasi karena kecerdasan, karya, kepribadian, dan hal lainnya.

6. Coba terlebih dahulu

Untuk bisa menemukan sebuah passion dalam diri, kamu harus berani untuk mencobanya terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu menjadi bisa mengetahui apakah itu benar-benar passion atau sekedar hobi saja. 

Lakukan sebagai kegiatan atau pekerjaan sampingan saja, kemudian ketika kamu sudah mulai merasa nyaman dan fokus kamu teralihkan sepenuhnya kepada kegiatan tersebut, maka kamu bisa membulatkan tekad untuk menjadikannya sebagai passion.

7. Berkumpul bersama orang dengan passion yang sama

Lingkungan menjadi salah satu faktor terpenting dalam menemukan passion dalam diri. Cobalah untuk bergabung dalam komunitas yang berisi orang-orang dengan bakat atau kesukaan yang sama dengan kamu. Dengan dikelilingi oleh mereka, maka kamu akan mendapatkan banyak inspirasi, kepercayaan diri, serta dukungan penuh. Sehingga, passion kamu pun dapat lebih mudah muncul dan berkembang.

Selain komunitas, kamu juga bisa mengikuti workshop terkait passion untuk meningkatkan kualitas kemampuan atau kelebihan yang kamu miliki. Terapkan semua materi yang diberikan serta bangun hubungan baik dengan para peserta.

8. Jangan mudah menyerah

Passion akan lebih mudah ditemukan jika kamu tidak berhenti untuk terus mencoba hal-hal baru atau mengembangkan bakat yang kamu miliki. Walaupun terkadang kamu akan dihadapkan oleh suatu masalah dan tantangan, kamu harus berusaha untuk menyelesaikannya. 

Sikap gigih dan tidak mudah menyerah seperti ini tidak hanya mampu menemukan passion saja, namun juga akan membentuk karakter baru yang nantinya juga akan berguna untuk perkembangan passion. Maka dari itu, apapun yang terjadi teruslah berusaha. Jika merasa kesulitan segera minta bantuan kepada orang lain atau cari solusinya di internet.

9. Renungkan apa yang kamu lakukan hari ini

Jangan lupa untuk melakukan evaluasi atau introspeksi atas apa yang sudah kamu kerjakan hari ini. Jika kamu merasa apa yang lakukan hari ini kurang memuaskan, maka kamu bisa meningkatkannya lagi untuk esok hari. Segera perbaiki apa yang menurut kamu mengganggu atau menghambat perkembangan diri. 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menemukan passion dalam diri. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir? Yuk, langsung kunjungi blog myrobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!