Cara Meningkatkan Skill Komunikasi Untuk Introvert

cara meningkatkan skill komunikasi untuk introvert

Apakah kamu seorang introvert yang kesulitan berkomunikasi secara efektif dengan orang lain? Apakah hanya dengan memikirkan obrolan ringan dan acara-acara networking membuat kamu berkeringat dingin? Nah, jangan takut sesama teman introvert! Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa teknik sederhana namun efektif untuk membantu meningkatkan kemampuan komunikasi kamu dan meningkatkan kemampuan kamu untuk terhubung dengan orang lain.

Baik itu di tempat kerja atau di lingkungan sosial, tips-tips ini akan memberdayakan kamu untuk keluar dari cangkang kamu dan mengekspresikan diri kamu dengan percaya diri. Jadi, mari ayo menyelam dan buka kekuatan komunikasi yang efektif untuk para introvert!

Apa Itu Introvert

Seorang introvert adalah orang yang dengan kualitas tipe kepribadian yang dikenal sebagai introversi, yang berarti bahwa mereka merasa lebih nyaman untuk fokus pada pikiran dan ide mereka sendiri, daripada apa yang terjadi secara eksternal. Beberapa orang lebih suka menghabiskan waktu sendiri, daripada dalam kelompok besar atau orang banyak.

Introvert adalah orang yang lebih nyaman dalam suasana yang lebih tenang dan cenderung lebih suka menyendiri. Meskipun hal itu mungkin benar bagi sebagian orang introvert, namun ada banyak hal lain dari tipe kepribadian ini. Apakah kamu seorang introvert atau ekstrovert, semuanya tergantung pada bagaimana kamu memproses dunia di sekitar kamu.

Tanda-Tanda Kamu Mungkin Seorang Introvert

Meskipun terlihat berbeda pada setiap orang, tetapi introvert memiliki banyak pola perilaku yang sama. Secara umum, introvert:

  • Berada di sekitar orang banyak menguras energimu
  • Kamu nyaman dengan kesendirian
  • Kamu mempunyai sedikit teman dekat
  • Orang lain mungkin sulit untuk mengerti kamu
  • Terlalu banyak kegiatan atau lingkungan sangat sibuk akan membuat kamu terganggu
  • Kamu sangat sadar diri
  • Kamu lebih suka belajar dengan cara melihat
  • Kamu tertarik dengan pekerjaan yang melibatkan kemandirian

Jenis-Jenis Introvert

Menjadi seorang introvert bukanlah sebuah cap yang mutlak pada kepribadian kamu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa introvert cenderung masuk ke dalam salah satu dari empat subtipe:

1. Introvert sosial

Ini adalah tipe introvert “klasik”. Jenis Introvert sosial ini lebih menyukai suasana tenang dan mempunyai kelompok pertemanan kecil

2. Introvert pemikir

Orang-orang dalam kelompok ini adalah pelamun. Mereka menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan cenderung memiliki imajinasi yang kreatif.

3. Introvert yang cemas

Mereka mencari waktu sendirian bukan hanya karena mereka menyukainya, tetapi juga karena mereka sering merasa canggung atau malu di sekitar orang lain.

4. Introvert yang terkendali/terhambat

Jenis introvert ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mengambil suatu tindakan, karena mereka tidak mungkin membuat keputusan dengan cepat dan selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak

Cara-cara introvert kamu dapat berubah seiring waktu, dan dalam pengaturan yang berbeda juga. Kamu tidak mungkin berubah dari introvert menjadi ekstrovert. Tapi mungkin saja kamu bisa menjadi lebih atau kurang introvert, tergantung pada apa yang terjadi dalam hidup kamu.

Panduan Introvert Untuk Berkomunikasi

Bagi banyak introvert, pemikiran tentang komunikasi bisa jadi menakutkan. Kuncinya adalah menemukan metode komunikasi yang cocok untuk kamu dan tipe kepribadian kamu. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu berkomunikasi secara efektif sebagai seorang introvert:

1. Temukan Tempat Yang Tenang Untuk Berkomunikasi 

Hal ini mungkin sulit dilakukan di dunia yang serba cepat ini, namun penting untuk menemukan tempat di mana kamu merasa nyaman untuk berkomunikasi. Tempat ini bisa di rumah, di perpustakaan, atau bahkan di alam terbuka.

2. Luangkan Waktu Kamu Saat Berkomunikasi

Terburu-buru dalam berbicara hanya akan membuat kamu merasa lebih cemas dan tertutup. Sebaliknya, luangkan waktu kamu dan pikirkan apa yang ingin kamu katakan. Ini akan membantu kamu berkomunikasi dengan lebih efektif.

3. Bersiaplah Sebelum Berkomunikasi

Jika kamu tahu sebelumnya apa yang ingin kamu katakan, akan lebih mudah untuk mengatakannya ketika saatnya tiba. Ini tidak berarti bahwa kamu harus menghafal percakapan kamu, tetapi memiliki gambaran umum tentang apa yang ingin kamu diskusikan akan sangat membantu.

4. Berlatihlah Untuk Mendengarkan Secara Aktif

Saat lawan bicara kamu berbicara, dengarkanlah apa yang mereka katakan. Hal ini tidak hanya akan menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan percakapan tersebut, tetapi juga akan memberimu waktu untuk memikirkan tanggapan kamu. Mendengarkan secara aktif adalah keterampilan kunci untuk komunikasi yang efektif.

5. Jangan Takut Untuk Bertanya

Jika ada sesuatu yang tidak kamu pahami atau ingin diklarifikasi, jangan ragu untuk bertanya.

Seni berbasa-basi

Basa-basi adalah keterampilan komunikasi yang penting, terutama bagi para introvert. Mungkin sulit untuk membuka diri dan memulai percakapan dengan orang baru, tetapi basa-basi adalah cara yang bagus untuk mencairkan suasana dan mengenal seseorang dengan lebih baik.

Ada beberapa hal penting yang perlu diingat saat melakukan obrolan ringan:

1. Bersikaplah tulus dan tertarik pada orang lain. Ajukan pertanyaan dan dengarkan jawabannya dengan penuh perhatian.

2. Jaga agar percakapan tetap ringan dan positif. Hindari topik yang kontroversial atau apa pun yang mungkin membuat orang lain merasa tidak nyaman.

3. Jangan terlalu memikirkannya! Pembicaraan ringan haruslah mudah dan alami, tidak dipaksakan atau canggung.

Dengan mengikuti tips berikut ini, kamu akan dapat menguasai seni basa-basi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan orang-orang di sekitar kamu.

Bagaimana Melakukan Percakapan

Jika kamu seorang introvert, kamu mungkin merasa sulit untuk melakukan percakapan. Ini karena kamu mungkin tidak nyaman berbicara dengan orang lain, atau kamu mungkin tidak tahu apa yang harus dikatakan. Namun, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat percakapan lebih mudah bagi kamu.

1. Cobalah Untuk Rileks Dan Menjadi Diri Sendiri

Orang akan lebih mungkin untuk terlibat dengan kamu jika mereka dapat melihat bahwa kamu merasa nyaman dengan diri kamu sendiri. 

2. Jangan Takut Untuk Bertanya

Orang-orang senang berbicara tentang diri mereka sendiri, jadi mengajukan pertanyaan tentang kehidupan mereka akan memberi mereka kesempatan untuk melakukan hal itu.

3. Cobalah Untuk Menemukan Kesamaan Dengan Orang Yang Kamu Ajak Bicara

Jika kamu dapat menemukan sesuatu yang kamu berdua minati, itu akan membuat percakapan mengalir lebih lancar.

Tips Untuk Membangun Networking

Dalam hal membangun jaringan, ada beberapa hal penting yang dapat dilakukan oleh para introvert untuk mempersiapkan diri mereka untuk sukses. 

1. Penting Untuk Memahami Kekuatan Dan Kelemahan Kamu Sendiri

Apa yang kamu kuasai? Apa yang kamu sukai? Manfaatkan kekuatan tersebut saat membangun jaringan agar kamu merasa lebih nyaman dan percaya diri.

2. Jangan Takut Untuk Menyesuaikan Diri Kamu Di Lingkungan Baru

membangun relasi bisa jadi suatu hal yang menakutkan, tetapi semakin sering kamu membangun relasi dengan banyak orang maka akan semakin mudah. semakin besar peluang kamu untuk membuat koneksi yang berarti.

3. Jangan Lupa Untuk Menindaklanjuti

Setelah bertemu dengan orang baru, pastikan untuk mengirim email singkat atau terhubung dengan mereka di media sosial. Ini adalah cara yang bagus untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka dan terus membangun hubungan.

Dengan mengikuti tips-tips ini, para introvert dapat menguasai seni membangun jaringan dan membangun hubungan profesional yang kuat yang akan menguntungkan mereka di sepanjang karier mereka.

Meningkatkan kemampuan komunikasi adalah tujuan penting bagi semua introvert. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kamu dapat mempraktikkan dasar-dasar komunikasi verbal dan non-verbal dengan cara yang nyaman yang memungkinkan kepribadian kamu bersinar.

Mempelajari cara berinteraksi dengan orang lain akan membantu kamu membangun hubungan, meningkatkan kepercayaan diri, dan membuka peluang baru untuk sukses. Dengan kesabaran dan dedikasi, meningkatkan kemampuan komunikasi Anda sebagai seorang introvert dapat dicapai!

Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir dan HRD? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!