Pelajari Tentang Cara Menjadi Manajer Gudang

Cara Menjadi Manajer Gudang

Warehouse Manager atau Manajer gudang atau Kepala Gudang bertugas mengawasi penyimpanan dan pengiriman logistik untuk fasilitas. Mereka bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan semua aktivitas di dalam gudang, mulai dari memelihara peralatan dan menerima pengiriman hingga menangani permintaan pelanggan dan mengawasi karyawan.

Tugas Manajer Gudang

Sebagai manajer gudang, Anda dapat melakukan tugas-tugas sebagai berikut:

Terima dan kirim kiriman

Anda akan bertanggung jawab untuk mengawasi bongkar muat kiriman. Anda mungkin juga akan menangani operasi harian untuk gudang dan membuat jadwal pengiriman.

Menilai tingkat inventaris

Anda akan menggunakan program perangkat lunak untuk memantau tingkat persediaan. Ketika tingkat persediaan menjadi terlalu tinggi atau rendah, Anda dapat memulai pengiriman atau transportasi ke fasilitas lain.

Mengawasi prosedur keselamatan dan keamanan

Dalam peran kepemimpinan ini, Anda akan menegakkan keselamatan karyawan dan langkah-langkah keamanan fasilitas. Sebagian besar manajer gudang mengikuti standar Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Periksa barang dan peralatan

Saat fasilitas Anda mengirim atau menerima pengiriman, Anda biasanya memeriksa barang dan peralatan terkait untuk memeriksa kuantitas dan mengidentifikasi cacat. Anda juga dapat memeriksa peralatan dan perlengkapan untuk memastikan bahwa semuanya dalam kondisi baik.

Kelola karyawan dan bangun tim

Dalam peran manajerial ini, Anda bertanggung jawab untuk mengawasi staf dan tim. Anda dapat menetapkan jadwal staf, mengawasi pelatihan karyawan, atau mengembangkan inisiatif kerja tim.

Berkomunikasi dengan klien

Manajer gudang sering berkomunikasi dengan klien melalui telepon dan email. Anda dapat menulis atau berbicara dengan vendor dan pemasok setiap hari untuk menjadwalkan pengiriman dan mengkoordinasikan kebutuhan peralatan.

Gaji rata-rata

Sebagian besar manajer gudang adalah karyawan penuh waktu. Gaji untuk manajer gudang umumnya tergantung pada pengalaman kerja dan industri serta lokasi perusahaan.Gaji rata-rata manajer gudang di Indonesia yaitu 4.870.000. 

Persyaratan menjadi manajer gudang

Banyak daftar pekerjaan manajer gudang memerlukan keterampilan dan pengalaman pendidikan berikut ini: 

Pendidikan

Manajer gudang umumnya harus memiliki ijazah minimal yaitu diploma. Akan tetapi kembali lagi pada kebijakan perusahaan. Beberapa perusahaan di Indonesia juga mempekerjakan manajer gudang dengan lulusan SMA/SMK.

Pelatihan

Sebagian besar manajer gudang menyelesaikan pelatihan khusus melalui posisi entry-level. Oleh karena itu, biasanya seorang manajer gudang memiliki pengalaman posisi sebagai pekerja gudang atau level setaranya.

Keterampilan

Untuk menjadi manajer gudang yang efektif, Anda harus berusaha untuk menguasai soft skill utama seperti kepemimpinan dan kerja tim. Kemampuan berikut sangat penting untuk manajer gudang:

Keterampilan organisasi

Sejak manajer gudang menangani berbagai tugas dan mengawasi fasilitas, organisasi sangat penting. Anda dapat meningkatkan rasa alami organisasi Anda dengan menjadwalkan hari Anda dengan hati-hati, menyelesaikan tugas dalam kelompok dan berinvestasi di penyelenggara digital.

Kemampuan memecahkan masalah

Manajer gudang harus tahu bagaimana menyelesaikan banyak masalah yang muncul di tempat kerja agar fasilitas tetap berjalan dengan lancar. Untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah Anda, cobalah berlatih dengan permainan logika dan teka-teki yang mendorong Anda untuk menemukan pola dan resolusi.

Keterampilan layanan pelanggan

Sebagai manajer gudang, Anda memerlukan keterampilan interpersonal yang kuat, karena kebanyakan orang di posisi ini berkomunikasi dengan klien secara teratur. Untuk meningkatkan keterampilan layanan pelanggan Anda, berlatihlah mendengarkan secara aktif dan ajukan pertanyaan lanjutan saat berbicara dengan klien. Cobalah merencanakan percakapan yang rumit sebelum dimulai sehingga Anda dapat membuat poin penting dan berkomunikasi dengan jelas.

Kemampuan Kepemimpinan

Sebagian besar manajer gudang mengawasi tim pekerja, penggerak material, dan pegawai gudang. Untuk memimpin karyawan dengan sukses, berlatihlah mengambil pendekatan positif di tempat kerja, memotivasi orang lain untuk melakukan yang terbaik dan menjadi panutan bagi tim Anda.

Kemampuan Bekerja Sama

Selain memimpin tim, manajer gudang juga harus membangun rasa kerjasama tim. Untuk mendorong anggota tim untuk bekerja sama, mulailah dengan memperjelas tanggung jawab untuk setiap karyawan. Kemudian berusaha untuk membangun rasa percaya, berkomunikasi secara terbuka dan menghargai pekerjaan yang sangat baik.

Kesadaran Keselamatan dan Keamanan Kerja

Sebagai pengelola gudang, Anda memerlukan pemahaman yang lengkap tentang keamanan material dan keamanan fasilitas. Sebagian besar manajer gudang mempelajari keterampilan ini di tempat kerja karena keterampilan ini cenderung spesifik untuk jenis barang yang Anda awasi dan fasilitas yang Anda kelola. Untuk meningkatkan pemahaman Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengikuti kursus pelatihan keselamatan kerja.

Lingkungan kerja manajer gudang

Manajer gudang menangani berbagai macam barang, mulai dari persediaan dan bahan hingga produk untuk ritel. Sebagian besar manajer gudang bekerja penuh waktu dan dapat mempertahankan jam kerja yang tidak standar, menyesuaikan jadwal mereka untuk menerima atau mengirim pengiriman jika diperlukan. Manajer ini biasanya bekerja di kantor yang terletak di lingkungan gudang.

Bagaimana cara menjadi manajer gudang

Bagaimana cara menjadi manajer gudang
Bagaimana cara menjadi manajer gudang

Untuk menjadi seorang manajer gudang, pertimbangkan empat langkah berikut:

1. Dapatkan ijazah Minimal SMA/SMK/Diploma.

Sebelum melamar peran manajer gudang, selesaikan pendidikan sekolah menengah Anda. Sebagian besar pemberi kerja menerima diploma. Dengan kredensial ini, Anda dapat mengonfirmasi bahwa Anda telah menguasai dasar-dasar matematika, sains, menulis, dan komunikasi verbal. Dengan menyelesaikan pendidikan SMA atau sederajat, Anda juga dapat mempelajari dasar-dasar soft skill seperti organisasi dan pemecahan masalah.

2. Dapatkan pengalaman kerja.

Untuk menjadi seorang manajer gudang, Anda biasanya harus bekerja di lingkungan gudang selama dua tahun atau lebih. Misalnya, Anda dapat bekerja sebagai penggerak material atau pekerja gudang selama satu tahun sebelum bekerja sebagai supervisor tim selama satu tahun lagi.

3. Kembangkan keterampilan penting.

Saat Anda mendapatkan pengalaman dengan rantai pasokan dan logistik pengiriman, cari peluang untuk mengasah keterampilan yang Anda perlukan sebagai manajer gudang. Misalnya, Anda dapat mendaftar untuk sesi pelatihan untuk meningkatkan kerja tim atau keterampilan layanan pelanggan Anda. Anda juga dapat meminta lebih banyak tanggung jawab atau permintaan untuk mengelola proyek untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan Anda.

4. Menyelesaikan pelatihan manajemen.

Untuk memposisikan diri Anda sebagai kandidat teratas untuk jenis peran ini, selesaikan program pelatihan manajemen atau dapatkan pengalaman mengawasi orang dan tugas. Misalnya, Anda dapat mendaftar untuk sesi pelatihan di tempat kerja atau mendaftar untuk kelas di universitas atau pusat komunitas setempat. Untuk mendapatkan pengalaman langsung, Anda dapat mengambil peran supervisor tim yang memungkinkan Anda memimpin proyek dan mengelola staf.

Contoh deskripsi pekerjaan manajer gudang

Shipping X mencari manajer gudang yang terorganisir dan termotivasi untuk mengawasi operasi harian kami. Kandidat yang berhasil akan mengelola pengiriman dan penerimaan dan harus menjaga akurasi dalam semua tugas. Jika Anda mampu mengembangkan bakat, memotivasi tim dan memberikan layanan pelanggan yang sangat baik, kami ingin mendengar dari Anda.

Karir terkait

  • Delivery Driver:  Jika Anda lebih suka melakukan pengiriman daripada mengoordinasikan dan menerima pengiriman, karier sebagai delivery driver bisa menjadi pilihan yang cerdas. Para profesional ini mengoperasikan kendaraan komersial serta memuat dan menurunkan produk dan kargo. Banyak pengemudi pengiriman juga menjadi operator traktor-trailer, yang mengangkut material dan barang di sekitar wilayah atau lintas provinsi.
  • Purchasing Agent:  Banyak manajer gudang menganggap peran agen pembelian sebagai langkah berikutnya dalam karir mereka. Para profesional ini bertanggung jawab untuk mengevaluasi pemasok, mewawancarai vendor, menegosiasikan kontrak, dan meninjau proposal. Agen pembelian sering mengambil peran kepemimpinan, seperti manajer pembelian, di kemudian hari dalam karir mereka.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!