New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Mengubah Dunia Desain: Keunggulan dan Potensi Computer Aided Design (CAD)

computer aided design

Pada zaman sekarang, sudah banyak bertebaran software komputer yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan. Salah satu software yang banyak digunakan adalah Computer Aided Design atau CAD. 

CAD merupakan software yang akan membantumu dalam membuat gambar 2D dan 3D. Software yang satu ini banyak digunakan oleh arsitek, desain grafis, dan anak teknik. 

Lalu, apa sih Computer Aided Design itu? Daripada kebingungan, yuk simak ulasan berikut ini!

Pengertian Computer Aided Design

Computer Aided Design (CAD) merupakan software yang digunakan untuk mendesain produk secara digital dalam format 2D atau 3D. 

Namun, saat ini CAD memiliki peran yang lebih luas lagi, karena software CAD banyak digunakan untuk mendesain konsep dan visualisasi dalam fase pengembangan produk. 

Perkembangan software CAD yang semakin baik telah membantu memudahkan pekerjaan para penggunanya. Dampaknya, saat ini sulit untuk melakukan proses desain produk tanpa menggunakan CAD. Bahkan, beberapa sekolah arsitektur dan teknik sudah tidak lagi menyelenggarakan kelas menggambar karena penggunaan CAD yang telah menggantikan metode tradisional tersebut.

Jenis-Jenis Computer Aided Design

Computer Aided Design terdiri dari dua jenis, yaitu CAD 2D dan CAD 3D. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut

1. Computer Aided Design 2D

CAD 2D memiliki fungsi utama sebagai pengganti seni menggambar menggunakan tangan yang biasanya memakan waktu. CAD 2D mengaplikasikan desainnya pada prinsip gambar teknis. Dimana objek 3D diwakili oleh proyeksi grafis dan informasi disampaikan melalui dimensi, teks, simbol standar, sistem notasi, dan gaya visual.

Dalam pengaplikasiannya pada bidang arsitektur dan teknik sipil, pembuatan desain denah lantai, tata letak landscape, izin bangunan, dan rencana inspeksi semuanya dikerjakan oleh CAD 2D. 

2. Computer Aided Design 3D

Tiga dimensi adalah perubahan secara alami dari representasi datar berbasis proyeksi. Kemampuan pemrosesan dan grafis komputer yang terus meningkat telah memungkinkan CAD 3D terus berkembang dan menjadi sangat populer.

Jenis desain 3D bisa dilihat dari sudut mana pun, dengan gambar yang lebih realistis memberikan pemahaman yang lebih baik tentang masalah desain. Biasanya, beberapa desain 3D dapat dikonversi ke bentuk 2D untuk keperluan manufaktur.

Cara Kerja dari Computer Aided Design

Untuk membuat desain dengan software CAD, kamu membutuhkan perangkat komputer yang bagus. Secara umum ada tiga hal yang harus dimiliki oleh komputermu, yaitu prosesor yang bagus, RAM yang besar, dan GPU yang canggih. Dengan spesifikasi komputer seperti itu akan mendukung pembuatan desain menggunakan  Computer Aided Design.

Memahami cara kerja dari software CAD untuk membuat desain cukup mudah. Tombol-tombol yang ada di dalamnya seperti yang ada pada Microsoft Word. Tombolnya memiliki fungsi masing-masing, mulai dari membuat garis, menggambar lingkaran, menghapus gambar, dan sebagainya. 

Dalam proses pembuatan desain dengan CAD, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu pemodelan geometris, analisis teknik, tinjauan dan evaluasi desain, dan penyusunan otomatis.

Industri yang Menggunakan Computer Aided Design

Banyak sektor industri yang menggunakan Computer Aided Design dalam membuat desain. Lalu industri apa saja sih yang menggunakan software CAD? Yuk simak penjelasan berikut ini!

1. Arsitektur

Arsitektur menjadi salah satu industri yang sangat membutuhkan software CAD. Dalam membuat desain proyek, arsitek menggunakan berbagai elemen yang ada dalam software CAD.

Dalam upaya meningkatkan produktivitas, arsitek biasa menggabungkan beberapa alat berbeda dalam membuat desain proyek, misalnya AutoCAD, SketchUp Pro, Adobe Photoshop, dan Lightroom.

2. Desain Grafis

Pada bidang desain grafis, desainer menggunakan software CAD 2D atau 3D dalam membuat visualisasi. Dengan software CAD, desainer bisa menambahkan efek, tipografi, bentuk, maupun latar belakang untuk meningkatkan kualitas visual.

Sebagai contoh adalah ketika membuat konten grafis untuk mengembangkan interaksi dan pengalaman audiens terhadap suatu brand. Untuk mendukung pembuatan desain, biasanya seorang desainer membutuhkan Adobe Photoshop, Illustrator, dan After Effects.

3. Teknik

Software CAD juga banyak digunakan di bidang teknik. Beberapa bidang yang biasanya menggunakan software ini adalah infrastruktur, jaringan telekomunikasi, mekanik, bangunan, sirkuit, termodinamika, perangkat medis, dan manufaktur. 

Contoh Software Computer Aided Design

Software Computer Aided Design banyak dikembangkan oleh berbagai developer. Berikut adalah lima software CAD terbaik untuk kamu gunakan.

1. AutoCAD

AutoCAD menjadi salah satu software CAD pertama yang memasuki pasar. AutoCAD dikembangkan oleh Autodesk, yang memiliki reputasi kuat di beberapa industri. AutoCAD digunakan untuk penyusunan desain 2D dan 3D. AutoCAD bisa menghasilkan desain, tata letak peralatan, bidang bagian, dokumentasi model, dan banyak lagi. 

AutoCAD dirancang khusus untuk para ahli dengan latar belakang dalam pemrograman model algoritmik.

2. SolidWorks

Desainer 3D profesional sering menggunakan produk Dassault Systemes ini. Ini adalah model parametrik berbasis fitur. Perusahaan umumnya mencari kandidat yang mahir menggunakan SolidWorks karena merupakan software desain mekanik yang terkenal dengan basis pengguna yang cukup besar. 

Software CAD pemodelan 3D ini banyak digunakan di bidang teknik mesin dan desain. Hal ini karena SolidWorks memiliki fitur tools untuk validasi desain atau rekayasa balik. 

3. FreeCAD

FreeCAD adalah software bertipe open source yang cocok untuk segala industri, seperti desain produk, teknik mesin, dan arsitektur. Developer dalam membuat software ini menggunakan Python untuk membangun lapisan atas FreeCAD, yang dilengkapi dengan fitur kustomisasi program.

4. TinkerCAD

TinkerCAD merupakan tools 3D berbasis browser web yang tersedia online dan gratis untuk digunakan. Software ini mendapatkan popularitas sebagai tools untuk membuat model untuk pencetakan 3D sejak rilis pada tahun 2011. Constructive Solid Geometry (CSG), berdasarkan program CAD ini, memungkinkan kamu untuk menggabungkan lebih banyak item secara langsung untuk menghasilkan model yang rumit. Fitur tambahan TinkerCAD adalah menggabungkan sirkuit elektronik dan menulis program.

5. Inventor

Software CAD yang disediakan oleh Autodesk ini merupakan program yang dibuat khusus untuk desain mekanik, menjadikannya alat khusus untuk desain 3D, dokumentasi, dan simulasi produk. Dengan tools yang terintegrasi untuk mendesain lembaran logam, bingkai, tabung, dan daya, software Inventor menggabungkan fungsi desain parametrik, langsung, bentuk bebas, dan berbasis aturan. Selain itu, software CAD ini memfasilitasi pertukaran ide melalui layanan berbasis cloud yang aman dan menghubungkan desain dengan data klien yang masuk. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Computer Aided Design

Semua software pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan. Begitu juga dengan Computer Aided Design. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan CAD.

1. Kelebihan Computer Aided Design

  • Meningkatkan Kualitas Desain

Fleksibilitas yang dimiliki oleh CAD memungkinkan untuk membuat desain yang lebih mudah untuk dipahami, mendiagnosis, dan merekomendasikan solusi menggunakan berbagai fitur yang dibuat khusus untuk itu. Dan hal ini akan menghasilkan produk yang lebih baik secara keseluruhan.

Mendesain secara manual akan memakan banyak waktu. Software CAD  membuat semua proses itu lebih cepat, sehingga proyek juga akan lebih cepat selesai. Fitur CAD mengubah cara dan penggunaan waktu yang efisien dalam hal pengembangan produk.

Software CAD memungkinkan untuk bekerja secara kolaboratif. Produk dan rakitan yang kompleks biasanya membutuhkan tim desainer dan insinyur yang banyak, dan komunikasi yang efektif di antara mereka sangat penting. Software CAD yang berbasis cloud menjadi solusinya, karena mampu berkontribusi pada peningkatan produktivitas.

  • Merampingkan Dokumentasi

Membuat catatan akan menjadi masalah ketika dihadapkan dengan ribuan desain. Ketika hal tersebut dilakukan di atas kertas, tentu akan sangat memusingkan dan akan berpotensi terjadi kesalahan. Software CAD memungkinkan sistem otomatis untuk menyimpan secara digital dan menjaga seluruh proses desain dengan aman.

2. Kekurangan Computer Aided Design

Meskipun memiliki kekurangan, namun kelebihan software CAD jauh lebih banyak ketimbang kekurangannya.

Lisensi software itu sangat mahal dan juga membutuhkan spesifikasi komputer yang bagus, yang pastinya juga mahal harganya. Sehingga akan membutuhkan banyak waktu dan uang yang dihabiskan untuk pembelian semuanya.

Selain itu, juga dibutuhkan biaya untuk pelatihan dalam menguasai software CAD, walaupun ada opsi mempelajarinya dengan gratis di YouTube.

Namun, semua itu akan sangat berbanding dengan manfaat yang diberikan pada perusahaan.

 Nah, itulah pembahasan mengenai Computer Aided Design. Semoga pembahasan kali ini membantu kamu dalam pengerjaan dalam mendesain. 
Buat kamu yang ingin mendapatkan konten yang seperti ini, yuk kunjungi Blog MyRobin! Karena disana banyak pembahasan mengenai hal yang berkaitan dengan dunia kerja.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!