Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan – Hindari Kesalahan Ini biar Lolos Seleksi

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan

Menulis surat lamaran kerja sesuai dengan format penulisan yang benar, jadi salah satu kunci supaya Anda dipertimbangkan dan mendapat panggilan wawancara. 

Sebelum membaca seluruh informasi dalam lamaran, HRD tentu lebih dulu memperhatikan tampilannya. Kalau tulisannya tidak rapi dan banyak typo, bisa langsung diabaikan lho. 

Oleh sebab itu, Anda wajib tahu tata cara membuat application letter beserta contoh surat lamaran kerja tulisan tangan di sini. 

Lebih baik surat lamaran kerja tulisan tangan atau diketik? 

Surat lamaran kerja adalah berkas penting yang wajib Anda perhatikan penulisannya. Ini karena HRD biasanya melihat surat lamaran lebih dulu, dibandingkan riwayat hidup. 

Walaupun sudah serba digital, surat lamaran kerja tulisan tangan masih umum dipakai jobseeker dan seringkali menjadi alasan diterima di posisi impian. 

Menurut Indeed, surat lamaran yang ditulis manual mampu menunjukkan keseriusan seseorang dalam mencari kerja dan membedakan Anda dengan pelamar lain. 

HRD pun bisa menilai bagaimana karakter pelamar, berdasarkan tulisan tangannya. Selain itu, menunjukkan tingkat profesionalitas Anda. 

Sayangnya dalam membuat surat lamaran menggunakan cara ini, berisiko menjadi boomerang kalau Anda tidak mengetahui tips dan triknya.

Lamaran kerja tulisan tangan harus rapi dan terstruktur, agar memberikan kesan positif dan membuat HRD terkesan. Sehingga, peluang mendapat undangan wawancara terbuka lebar. 

Sementara penulisan CV sebaiknya diketik agar rapi dan menghindari kesalahan ejaan. Akan tetapi, kalau Anda ingin ditulis tangan juga bisa. 

Isi surat lamaran kerja yang benar

Surat lamaran kerja bisa Anda tulis tangan maupun menggunakan komputer. Tidak ada ketentuan baku mengenai hal ini. 

Namun, untuk lebih jelasnya Anda bisa mencari ketentuan dalam penulisan surat lamaran, melalui sosial media dan website setiap perusahaan. 

Dari segi isi surat lamaran kerja tulisan tangan dengan yang diketik tidak ada bedanya yaitu harus terdiri dari tanggal pembuatan, tujuan surat, perkenalan diri, data diri, penutup, dan tandatangan. 

1. Tempat dan tanggal penulisan surat

Tanggal dan tempat penulisan surat biasanya mengisi ruang di kanan atas. Tuliskan hari, bulan, dan tahun ketika Anda membuat surat lamaran. 

Misalkan, Jakarta, 22 Maret 2022. Penulisan keterangan tempat dan tanggal tidak boleh sampai salah ejaan dan minimalkan penggunaan corrector pen di bagian atas. 

2. Pihak tertuju

Pihak tertuju adalah HRD atau pemilik usaha. Anda bisa menuliskan “Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD PT (masukkan nama perusahaan yang dilamar).” 

Tuliskan pula alamat perusahaan dan letakkan di bawah nama pihak tertuju. Jadi seperti ini contohnya. 

“Kepada Yth. Bapak/Ibu HRD PT Anugrah Bersama

Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat. “

Apabila Anda mengetahui nama HRD-nya akan lebih bagus lagi dan menjadi nilai tambah. 

3. Salam pembuka

Contoh surat lamaran kerja 2022 tulis tangan selalu ada salam pembuka. Biasakan menyapa HRD sebelum memperkenalkan diri agar terkesan sopan dan beretika. 

Salam pembuka contohnya Dear Ms. Anita (nama HRD) atau Yth bapak/ibu (nama owner). Sapaan formal menunjukkan profesionalisme Anda sebagai pencari kerja. 

Setelah menyapa, perkenalkan nama dan jurusan kuliah atau pengalaman kerja serta tujuan surat. Mengapa Anda mengirimkan surat lamaran ini ke e-mail perusahaan?

4. Isi berupa data diri 

Bagian yang tak kalah penting adalah data diri supaya membantu HRD mengenal diri Anda. Informasinya berupa nama lengkap, tempat tanggal lahir, usia, jenis kelamin, status pernikahan, hingga latar pendidikan. 

5. Informasi tambahan

Informasi tambahan meliputi minat, pengalaman kerja, kegiatan selama kuliah, dan keahlian apa yang dimiliki, sehingga membuat Anda menjadi kandidat yang cocok untuk mengisi posisi tersebut. 

6. Penutup

Bagian penutup diisi dengan ucapan terima kasih, kesediaan untuk berdiskusi mengenai peluang ini lebih lanjut, tandatangan, dan nama lengkap Anda. 

Cara menulis surat lamaran kerja tulis tangan

Surat lamaran kerja ditulis di folio ukuran A4 dan Anda mungkin memerlukan lebih dari selembar kertas selama proses menulis.

Pasalnya, penulisan surat lamaran tulis tangan tidak seperti dengan komputer yang dapat dihapus tanpa meninggalkan bekas. 

Ketika salah menuliskan satu kalimat atau kata saja, Anda perlu mengulang dari awal supaya tampilannya tetap rapi dan minim label maupun corrector

1. Membuat draf pertama

Cara menulis surat lamaran kerja adalah membuat draft pertama. Siapkan kertas folio dan buatlah kerangka tulisan alias outline

Susun apa saja yang ingin Anda masukkan di dalam surat. Kemudian, letakan informasi tersebut berdasarkan struktur penulisan. 

Mulai dari tanggal pembuatan surat, nama pihak tertuju dan alamat perusahaan, salam pembuka, perkenalan, data diri, tujuan surat, ketertarikan dan informasi yang relevan, penutup, lalu tanda tangan. 

2. Masukkan informasi penting

Bagian selanjutnya mulai menuliskan informasi penting. Pencari kerja biasanya memasukkan data diri, latar pendidikan, sekilas tentang pengalaman kerja, ketertarikan, dan kegiatan di kampus.

3. Perkenalkan diri

Pada bagian perkenalkan diri tidak sama seperti CV yang memuat ketertarikan, pengalaman atau kepribadian (saya orang yang kreatif, bertanggung jawab, serta pendengar yang baik). 

Namun, diisi dengan nama lengkap, jurusan, asal universitas, dan tujuan surat. Biarkan HRD mengetahui bahwa Anda ingin melamar di posisi yang sedang dibuka. 

4. Jelaskan ketertarikan Anda pada posisi yang dilamar

Di dalam surat lamaran pekerjaan jelaskan pada perekrut, mengapa Anda tertarik dengan posisi ini. Jangan lupa menyebutkan keahlian dan nilai-nilai yang dimiliki, sehingga Anda dapat menjadi kandidat utama yang bakal dipertimbangkan oleh perusahaan. 

Contoh surat lamaran kerja tulisan tangan

Ada banyak contoh surat lamaran kerja simple di internet baik tulis tangan maupun hasil ketikkan. Pada dasarkan format penulisan surat sama saja, seperti yang sudah dijelaskan di atas. 

Memuat identitas diri, maksud pengiriman surat, salam pembuka, isi hingga penutup. Jika Anda masih bingung, cek contoh surat lamaran kerja umum berikut sebagai referensi pembuatan. 

1. Contoh surat lamaran kerja di PT tulis tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan

Jakarta, 22 April 2021

Lampiran: 6 lembar

Kepada Yth Bapak/Ibu HRD

PT Almamater Indonesia

Jalan Pegangsaan, Jakarta Pusat. 

Dengan hormat, 

Melalui surat lamaran ini saya bermaksud untuk mengajukan lamaran kerja sebagai admin di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Ayudia Ningsih

Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 02 Februari 2000

Agama : Islam

Alamat : Jalan Petukangan Utara, Pesanggrahan, Jakarta Selatan

E-mail : ayudia.ningsi@gmail.com

Telepon : 0892338940593

Sebagai bahan pertimbangan saya lampirkan berkas:

  1. Fotocopy ijazah yang dilegalisir
  2. Fotocopy KTP
  3. Daftar riwayat hidup
  4. Surat keterangan dari kepolisian
  5. Surat keterangan sehat
  6. Pas foto 3×4 latar belakang merah

Selanjutnya, saya berharap bapak/ibu dapat mempertimbangkan saya sebagai kandidat untuk posisi admin. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. 

Hormat saya

Ayudia Ningsih

2. Contoh surat lamaran kerja umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulisan Tangan - Hindari Kesalahan Ini biar Lolos Seleksi | MyRobin

Sumber gambar: rajaloker

Kesalahan umum membuat surat lamaran kerja tulis tangan 2022

Tahukah Anda kalau perusahaan juga mengapresiasi kandidat yang punya tampilan surat lamaran unik dan berbeda?

Surat lamaran kerja tulisan tangan, mampu membuat berkas Anda lebih menonjol daripada pelamar lain. Ini juga berarti kesalahan kecil mudah terlihat oleh HRD. 

Oleh karena itu, hindari beberapa kesalahan umum di bawah ini, agar surat lamaran Anda tampak sempurna dan berhasil menarik perhatian perekrut.

1. Langsung menulis di folio utama

Kertas folio yang belum terpakai bisa Anda gunakan untuk membuat contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Ingat, jangan langsung menuliskan di kerta utama.

Buatlah kerangka penulisan lebih dulu, sehingga Anda mudah memasukkan informasi penting dan menyusun tampilannya. 

2. Menggunakan banyak corrector pen atau label

Surat lamaran tulisan tangan harus rapi agar HRD nyaman membaca keseluruhan informasi di dalamnya. Oleh karena itu, hindari menggunakan banyak label atau korektor untuk menghapus kesalahan. Jika sudah banyak typo, sebaiknya ganti kertas dengan yang baru. 

3. Banyak coretan dan tinta menempel

Saat serius menulis, seringkali seseorang tidak sadar kalau pulpen yang digunakan bocor atau ada tinta menempel di telapak tangan. 

Alhasil, ketika melanjutkan tulisan dan tangan menyentuh kertas, tinta tersebut justru menempel kemana-mana. 

Cara ini bisa Anda hindari dengan menggunakan pena yang baik dan melapisi tangan dengan tisu sebagai tatakan. 

Tips surat lamaran kerja tulis tangan

Tata cara penulisan surat lamaran kerja sudah Anda pahami. Selanjutnya, ikuti tips di sini agar pembuatan dan pengiriman application letter makin mudah. 

1. Membuat outline lebih dulu

Tips pertama biar nggak kesulitan menyusun informasi surat lamaran adalah membuat kerangka lebih dulu. Susun lah apa saja yang ingin ditulis dan coba letakan secara asal di kertas folio latihan.

2. Susun informasi yang ingin ditulis

Informasi yang sudah Anda tuliskan, kemudian disusun di folio asli. Seperti pendidikan, alamat, tempat dan tanggal lahir, e-mail, serta nomor telepon. 

Isi surat lamaran kerja di pabrik mungkin membutuhkan informasi tinggi dan berat badan sebagai tambahan. 

3. Tulis dengan rapi dan terstruktur

Tips menarik perhatian HRD paling mudah adalah mengirimkan surat lamaran yang rapi dan terstruktur. Lengkapi pula informasi di dalamnya supaya Anda segera dipertimbangkan menempati posisi tersebut. 

4. Hindari menggunakan corrector pen

Posisikan Anda sebagai HRD, pasti sangat menyebalkan menerima surat lamaran yang banyak typo, coretan, dan bekas type X bukan? Maka dari itu, minimalkan kesalahan penulisan. 

Kalau Anda membuat outline kesalahan seperti ini bisa dihindari. 

5. Baca ulang sebelum dikirim

Tips terakhir baca surat lamaran kerja sebelum dikirim demi menghindari kesalahan penulisan nama dan ejaan. File surat lamaran kerja dikirim bersamaan dengan berkas pendukung. 

Itulah contoh surat lamaran kerja tulisan tangan, kesalahan wajib yang Anda hindari, dan tips penulisannya. 

Apapun format suratnya, tampilan yang rapi dan terstruktur merupakan prioritas utama dalam pembuatan surat lamaran kerja. 
Nah, kalau berkasnya sudah siap saatnya Anda mencari pekerjaan di app.myrobin.id. Di sana tersedia berbagai  lowongan kerja terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar sekarang.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!