Ketahui, 5 Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar

Sebagai seorang business owner tentu kamu akan sering melakukan transaksi bisnis dengan pihak eksternal, seperti klien atau pelanggan, vendor, supplier, perusahaan, dan lain sebagainya. Salah satu media yang bisa kamu gunakan untuk melangsungkan kegiatan bisnis ini adalah dengan surat penawaran. 

Walaupun saat ini tersedia berbagai macam media elektronik yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dan bertransaksi, namun beberapa pelaku bisnis ternyata masih ada yang menggunakan surat penawaran ini melakukan kerja sama bisnis. Nah, bagaimana sih bentuk dari surat penawaran itu? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

Apa Itu Surat Penawaran?

Surat penawaran merupakan surat yang dimaksudkan untuk menawarkan kerja sama bisnis dengan pihak lain. Bentuk kerja sama ini bisa berupa kegiatan jual beli barang atau jasa. Umumnya, surat penawaran berisi tentang penjelasan produk yang ditawarkan, termasuk harga, cara pembayaran, benefit, dan keterangan terkait lainnya. 

Sederhananya, surat penawaran ini adalah surat yang berisikan informasi mengenai produk yang akan ditawarkan kepada calon pembeli, dengan tujuan agar calon pembeli tersebut tertarik untuk membeli.

Surat penawaran tidak hanya dibuat ketika ingin menawarkan suatu barang atau jasa saja kepada konsumen, namun surat ini juga dibuat sebagai balasan dari surat permintaan penawaran yang dikirim oleh calon pembeli. 

Jika kamu mengenalkan suatu barang atau jasa melalui surat ini, maka kamu pun dapat menjangkau calon pelanggan potensial lebih mudah. Tidak hanya itu saja, melalui surat penawaran kamu juga bisa memperluas relasi atau jaringan bisnis dengan banyak pihak. Dengan begitu, bisnis kamu pun dapat berkembang dan memperoleh keuntungan. 

Contoh Surat Penawaran yang Baik dan Benar Berdasarkan Jenisnya

Surat penawaran ada banyak jenisnya berdasarkan tujuan atau maksud dari penawaran tersebut. Berikut adalah beberapa contoh suratnya:

1. Contoh surat penawaran barang

Dalam surat penawaran barang, kamu harus memberikan detail informasi terkait barang yang akan kamu tawarkan kepada calon pembeli. Bila perlu cantumkan katalog produk kamu yang sudah lengkap dengan keterangan harganya di bagian lampiran surat. Dengan begitu, calon pembeli tidak akan bingung dengan tujuan penawaran kamu.

Pada surat penawaran barang biasanya dijelaskan juga metode pembayarannya. Kamu bisa menawarkan cara tunai maupun non tunai dengan mencantumkan nomor rekening bank. Tidak hanya itu saja, proses pengiriman barang pun juga akan dijelaskan dalam surat ini.

PT. BUNGASARI GROUP

Supplier Bunga Segar

Jl. Raya Indah 1 No. 12, Kota Tangerang 

Telp. 021-98492111 | Email: contact@bungasari.com


Tangerang, 23 Maret 2022

Nomor : 89/SBS/SN/XII/2022

Lampiran : 2 lembar

Perihal : Penawaran barang

Kepada Yth,

Owner Del Luna Florist 

Jl. Kebangsaan No.10 Bogor

Dengan hormat, 

Melalui surat ini izinkan kami PT. BUNGASARI GROUP, perusahaan pemasok bunga segar, untuk memberikan penawaran berbagai jenis bunga dengan kualitas tinggi untuk dapat memenuhi atau menunjang kebutuhan bunga Del Luna Florist.

PT. BUNGASARI GROUP merupakan perusahaan pemasok bunga segar yang sudah beroperasi sejak tahun 2011 dan telah menyuplai berbagai jenis bunga ke seluruh Indonesia. Melalui perawatan yang baik serta menggunakan media tanam yang sesuai, kami dapat menyediakan bunga yang segar, subur, dan berkualitas tinggi bagi store  Anda. 

Jenis bunga yang kami tawarkan antara lain adalah sebagai berikut:

  • Mawar putri
  • Mawar mega putih
  • Tiny bee lily
  • Tulip darwin hybrid
  • Tulip single late
  • Sunflower big smile
  • Baby’s breath
  • Peony pink

Untuk pembelian lebih dari 10 ikat, Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 5% dan voucher Rp 200.000 untuk pembelian berikutnya. Pembayaran bisa dilakukan secara tunai ketika bunga diantar ke Del Luna Florist atau melalui transfer ke rekening BCA 8982399111 atas nama PT. BUNGASARI GROUP.

Bersamaan dengan surat ini, kami juga melampirkan katalog produk beserta dengan harga dan cara perawatannya. Jika Anda tertarik dengan penawaran ini, kami akan segera memproses pesanan Anda. 

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan pertimbangan Anda. 

Hormat kami,

Alisandra

Direktur Pemasaran

2. Contoh surat penawaran jasa

Tidak jauh berbeda dengan surat penawaran barang, surat penawaran jasa bertujuan untuk menawarkan suatu jasa atau layanan kepada calon pembeli. Sebagai penyedia jasa, kamu harus menuliskan surat penawaran yang berisi informasi lengkap tentang jasa yang kamu tawarkan. Hal ini tentu sudah termasuk dengan harga, cara pengiriman jasa, benefit seperti gratis ongkir, service, maupun garansi. 

Jasa yang ditawarkan biasanya dalam bentuk transportasi, komunikasi, perawatan pribadi, atau perbaikan. Berikut adalah contoh dari surat penawaran jasa:

PT. ADI ELEKTRONIKA

Jl. Garuda Satu No. 18, Jakarta

Telp. (021) 4829832 | Fax. (021) 302393

Email: marketing@elektronikadi.com


Jakarta, 2 Oktober 2012

Nomor : 101/SJK/AE/XX/2012

Lampiran : 1 bundel

Hal : Penawaran Jasa Instalasi CCTV

Kepada Yth,

Manager Keamanan PT. Setia Abadi

Di Tempat.

Dengan hormat,

Sebelum membahas lebih lanjut tentang penawaran jasa, kami akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Kami adalah PT. ADI ELEKTRONIKA yang sudah 9 tahun bergerak di bidang pemasangan instalasi atau perawatan alat keamanan. Kami sudah banyak membantu memberikan fasilitas keamanan yang canggih dan berkualitas tinggi. Kami pun sudah bersertifikat resmi dalam bidang instalasi keamanan.

Surat ini kami buat setelah membaca pengumuman di website perusahaan Anda, bahwa Anda sedang mencari perusahaan instalasi CCTV yang berpengalaman di bidang keamanan sehubungan dengan pembangunan cabang perusahaan PT. Setia Abadi yang baru di kota Semarang. 

Dengan ini, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran jasa pemasangan instalasi CCTV untuk perusahaan Anda. Berdasarkan pengumuman di website tersebut, penawaran instalasi CCTV yang kamu ajukan sudah memenuhi kualifikasi yang perusahaan Anda butuhkan. 

Selain itu, kami juga melampirkan berbagai dokumen terkait informasi mengenai jasa kami sebagai bahan pertimbangan Anda. besar harapan kami untuk bisa menjalin kerja sama dengan perusahaan Anda. 

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Direktur PT. Adi Elektronika

Huang Lee

3. Contoh Surat Penawaran Harga

Dalam surat penawaran harga, biasanya pihak penjual akan menawarkan harga tertentu dari produk yang mereka jual. Pihak penjual akan memberikan rincian harga yang kompetitif disertai dengan keunggulannya. Hal ini bertujuan agar calon pembeli tertarik untuk membeli produk tersebut. Berikut ini merupakan contoh surat penawaran harga yang bisa kamu jadikan inspirasi:

CV. GUNUNG TIARA

Penyedia jasa konstruksi, transportasi, dan alat-alat berat

Jl. Raya Agung No.87 Makassar

Telp. (0441) 481113 | Fax. (0441) 300393

Email: customer@gunungtiara.com


Makassar, 12 Juli 2019

No : 18/PP/GT/VII/2019

Lamp : 1 (satu) rangkap

Hal : Penawaran harga material bangunan

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Kuda Kencana

Jl. Bunga Matahari No. 9A

Banjarmasin

Dengan hormat,

Kami dari CV. Gunung Tiara bermaksud menawarkan harga material bangunan kepada Bapak/Ibu pimpinan PT. Kuda Kencana. Kami ingin memberikan penawaran harga yang sangat menarik untuk PT. Kuda Kencana. Berikut ini merupakan daftar harga material yang kami tawarkan:

NoNama MaterialSatuanHarga
1Batu kapur putihm3Rp 150.000
2Pasir pasangm3Rp 250.000
3Abu batum3Rp 350.000
4Pipam3Rp 150.000

Bila Bapak/Ibu berminat, ada beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih diantaranya yaitu:

  • Pembayaran cash (dibayar saat barang diantarkan ke perusahaan)
  • Pembayaran dengan kartu kredit (BCA, BNI, BRI)
  • Pembayaran dengan dicicil sebanyak 3 kali dengan uang muka (DP) sebesar 50%

Demikian surat penawaran harga ini kami sampaikan. Besar harapan kami Bapak/Ibu berminat dengan harga yang kami tawarkan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih banyak. 

Hormat Kami,

Direktur Utama

CV. Gunung Tiara

Ginanjar Putra

4. Contoh surat penawaran kerjasama

Surat penawaran tidak hanya untuk media promosi produk saja, namun surat penawaran juga dapat digunakan untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan, vendor, supplier, atau pihak eksternal lainnya.

Dalam surat ini, kamu harus menjelaskan lebih detail mengenai kelebihan dan keuntungan yang bisa pihak tersebut dapatkan jika bekerja sama dengan kamu. Berikut adalah contoh surat penawaran kerja sama:

PT. MEDIA KARYA

Jl. Emas No.17 Bandung

Telp. (022) 111113 | Email: partnership@mediakarya.com


Bandung, 1 Juni 2019

No : 17/RRP/PMK/VII/2019

Lamp : 3 (tiga) rangkap

Hal : Penawaran Kerjasama Periklanan

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Bumi Langit

Jl. Karya Barat No. 111

Bandung

Dengan Hormat,

Sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang Anda berikan kepada PT. Media Karya sebagai media informasi dan publikasi untuk perusahaan Anda. 

PT. Media Karya merupakan salah satu media online yang menyajikan informasi berita dan publikasi terupdate dan terpercaya. Berkat proses dan respon positif dari masyarakat, kini pengunjung website kami telah mencapai 34.000 pengunjung setiap harinya. Sebagai website media yang mempunyai pengaruh besar, maka kami bertekad untuk semakin menyebarkan informasi ke seluruh wilayah Indonesia. 

Dengan potensi pasar yang sangat besar dan luas ini, kami menawarkan kepada Anda yang ingin mengembangkan brand melalui media internet. Dengan ini kami menawarkan kerjasama periklanan berupa:

  • Penayangan logo/gambar/identitas perusahaan Anda di website kami.
  • Penayangan logo/gambar di media sosial PT. Media Karya seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.
  • Penayangan logo/gambar diunggah setiap hari di media sosial PT. Media Karya dalam masa kontrak.
  • Penayangan logo/gambar akan ditampilkan di 15 website media network PT. Media Karya.

Sebagai bahan pertimbangan Anda, kami melampirkan daftar jenis iklan, daftar harga, serta beberapa statistik pengunjung dan peringkat website PT. Media Karya. Demikian kami sampaikan, atas kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Sultan Ali

Kepala Media

5. Contoh Surat Penawaran Negosiasi

Beberapa perusahaan terkadang juga mengajukan negosiasi terkait produk yang mereka tawarkan kepada calon pembeli. Tentu saja negosiasi ini harus menguntungkan kedua belah pihak, sehingga transaksi pun dapat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan. Berikut adalah contoh surat penawaran negosiasi:

PT. SUMBER JAYA ABADI

Jl. Raya No.109 Bekasi

Telp. (021) 100013 | Email: contact@sumberjayaabadi.com


Bekasi, 5 April 2011

No : 21/RP/PJJ/VX/2011

Lamp : 1 (satu) rangkap

Hal : Penawaran Negosiasi

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Lancar Jaya

Jl. Ester Blok A No. 123

Bekasi

Dengan Hormat,

Kami PT. Sumber Jaya Abadi, perusahaan yang bergerak di bidang peralatan tulis dan kantor menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan PT. Lancar Jaya. Terkait detail perjanjian dan penawaran harga telah kami jelaskan pada lampiran surat. 

Dari beberapa jenis sampel yang PT. Lancar Jaya telah berikan sebelumnya, kami tertarik untuk melakukan pemesanan kertas secara bertahap. Dikarenakan jumlah pesanan kami cukup banyak, perkenankan kami untuk melakukan negosiasi harga seperti berikut:

  • Kertas ukuran A4 80 gr = Rp 195.000/dus
  • Kertas ukuran F4 75 gr = Rp 275.000/dus

Demikian surat ini saya sampaikan, semoga kerjasama yang baik tetap dapat terjalin bersama. 

Hormat saya,

Triadi S

Manager PT. Sumber Jaya Abadi
Nah, itulah beberapa contoh dari surat penawaran yang seringkali digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk maupun menjalin kerjasama dengan pihak eksternal. Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar bisnis? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!