New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Cara Menentukan Gaji yang Layak Untuk Karyawan Dengan Melakukan Riset Gaji

Riset Gaji

Gaji berkontribusi pada loyalitas dan motivasi karyawan. Dengan memberikan gaji yang baik dan layak tentunya dapat membuat mereka merasa dihargai. Baik anda bekerja di departemen HR atau sedang mempertimbangkan tawaran gaji, anda mungkin ingin mengetahui faktor-faktor yang berkontribusi terhadap jumlah gaji yang diterima atau diberikan. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara komprehensif tentang faktor-faktor tersebut, sehingga Anda dapat menentukan gaji yang adil dan sesuai dengan posisi yang ditawarkan.

Mengapa penting untuk mengetahui cara menentukan gaji

Pemberi kerja menentukan gaji karyawan dengan menetapkan rentang gaji yang terdiri dari tingkat gaji minimum, kemungkinan kenaikan gaji di tengah-tengah, dan tingkat gaji maksimum. Mereka mempertimbangkan faktor seperti pengalaman, keterampilan, dan pendidikan yang dibutuhkan untuk pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan. Selain itu, mereka juga mempertimbangkan potensi peningkatan gaji yang akan diberikan untuk promosi jabatan.

Banyak perusahaan juga ikut serta dalam studi pasar terkait gaji, untuk membantu mereka menentukan jumlah gaji yang adil untuk karyawan yang melakukan pekerjaan serupa di daerah dan industri yang sama. Data dari studi tersebut digunakan oleh perusahaan untuk membuat keputusan terkait gaji karyawan mereka. Dengan menggunakan data ini, perusahaan dapat menawarkan gaji yang kompetitif dan sesuai dengan standar industri.

Faktor apa saja yang membantu menentukan gaji

Setelah mempertimbangkan dengan matang, pemberi kerja akan menentukan anggaran yang tersedia untuk posisi tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pemberi kerja dalam menentukan gaji, di antaranya:

  • Data dari survei lapangan: Perusahaan dapat memberikan informasi tentang tingkat gaji mereka untuk posisi yang sama di industri dan wilayah yang sama melalui survei gaji di pasar yang mereka ikuti
  • Faktor demografis dan pasar: Gaji dipengaruhi oleh faktor pasar dan demografis. Beberapa faktor yang mempengaruhi gaji adalah ketersediaan pekerjaan, jumlah kandidat yang tersedia untuk posisi tertentu, serta jumlah karyawan yang memiliki pendidikan dan keterampilan yang sama di daerah tersebut. Semakin besar persaingan dalam mencari pekerjaan di suatu area, semakin tinggi kemungkinan gaji yang ditawarkan akan lebih rendah. Sedangkan jika jumlah karyawan yang memiliki pendidikan dan keterampilan yang sama sangat sedikit, maka kemungkinan besar gaji yang ditawarkan akan lebih tinggi.
  • Pemberian kompensasi yang adil: Perusahaan besar harus mempertimbangkan berbagai jenis pekerjaan yang ada dalam organisasi mereka, mulai dari pekerjaan paling sederhana hingga pekerjaan paling kompleks. Setiap jenis pekerjaan memiliki persyaratan dan tanggung jawab yang berbeda, sehingga perusahaan harus memastikan bahwa mereka memberikan kompensasi yang adil kepada karyawan yang menyelesaikan tugas-tugas tersebut.
  • Ketersediaan anggaran: Perusahaan perlu menentukan anggaran yang tersedia untuk setiap peran yang ada, sehingga dapat menentukan gaji yang sesuai untuk karyawan.

Bagaimana cara HR menentukan gaji

Saat menentukan berapa anggaran yang tepat untuk sebuah lowongan pekerjaan, pertimbangkan daftar langkah berikut untuk membantu menentukan gaji:

Evaluasi posisi

Untuk menentukan gaji yang tepat untuk sebuah posisi, pertama-tama Anda harus menilai nilai posisi tersebut. Langkah pertama adalah dengan mengevaluasi tanggung jawab dan tugas pekerjaan yang diperlukan untuk posisi tersebut. Anda dapat mulai dengan membuat deskripsi pekerjaan yang mencakup jabatan dan informasi lain yang relevan. Selanjutnya, pertimbangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan serta sertifikasi dan pengalaman apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kemudian, tentukan gaji tertinggi yang Anda bersedia bayarkan untuk seseorang yang mampu memenuhi semua tuntutan yang telah Anda nilai.

Bagi posisi yang tidak menghasilkan pendapatan seperti staf administratif atau pendukung, Anda harus memperhitungkan jumlah uang yang bisa Anda hemat dengan memiliki staf tersebut. Pertimbangkan biaya yang harus dikeluarkan jika Anda tidak memiliki mereka, sebagai contoh, jika asisten eksekutif tidak bekerja untuk perusahaan, para eksekutif akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjawab permintaan dasar dan mengatur pengaturan perjalanan. Semua waktu tersebut dapat dihemat dan diinvestasikan untuk membuat keputusan strategis bagi perusahaan.

Dengan mengevaluasi permintaan dan manfaat yang diberikan oleh suatu posisi kepada perusahaan, Anda dapat menemukan karyawan yang cocok untuk mengisi jabatan tersebut dan menentukan cara terbaik untuk memberikan kompensasi kepada mereka.

Lakukan penelitian gaji

Meneliti gaji rata-rata dapat membantu perusahaan mengetahui harapan karyawan dan menawarkan gaji yang kompetitif. Dengan mengetahui gaji rata-rata untuk posisi tertentu, perusahaan dapat memperkirakan apakah mereka dapat mempertahankan gaji yang wajar untuk pekerjaan tersebut. Berikut adalah beberapa sumber informasi yang dapat membantu dalam meneliti gaji rata-rata:

  • Website khusus yang menyediakan informasi tentang gaji yang dibayarkan oleh kompetitor dapat menjadi sumber informasi yang sangat berharga bagi perusahaan yang ingin menawarkan gaji yang kompetitif. Contohnya adalah Jobstreet, dan LinkedIn yang memiliki fitur pencarian gaji rata-rata berdasarkan posisi dan lokasi.
  • Komunitas online atau forum diskusi yang membahas topik gaji untuk posisi tertentu, di mana para profesional berbagi pengalaman dan informasi terkait.
  • Pusat data Kementerian Ketenagakerjaan yang menyediakan informasi tentang gaji rata-rata di berbagai sektor dan wilayah.
  • Survei gaji yang dilakukan oleh asosiasi industri atau lembaga riset yang terkait dengan bidang pekerjaan tertentu.

Menentukan minimum dan maksimum

Setelah mengetahui nilai dari pekerjaan dan rata-rata gajinya, perusahaan dapat lebih mudah menetapkan gaji minimum dan maksimum yang sesuai. Untuk menetapkan nilai maksimum, perusahaan harus mempertimbangkan value dari posisi tersebut dan nominal tertinggi yang bersedia diberikan. Namun, perusahaan juga harus memastikan bahwa bisnis mampu menunjang gaji tersebut agar posisi tersebut dapat bertahan lama.

Sedangkan dalam menetapkan gaji minimum, perusahaan dapat mengacu pada harga pasar karena itulah yang diharapkan oleh karyawan. Namun, perusahaan juga harus memperhatikan faktor kompetitor saat menentukan gaji terendah dalam daftar gaji mereka. Sangat penting untuk memperhatikan potensi kerugian yang akan ditimbulkan pada bisnis jika calon karyawan memilih kompetitor daripada perusahaan. Jika risiko tersebut tinggi, maka gaji yang ditawarkan harus yang tertinggi. Sebaliknya, jika mudah untuk menemukan seseorang untuk mengisi posisi tersebut, maka gaji yang ditawarkan bisa menjadi yang terendah.

Dalam menetapkan margin untuk membuat penawaran, perusahaan dapat mempertimbangkan beberapa parameter seperti kualifikasi, pengalaman kerja, dan tingkat tanggung jawab yang diperlukan untuk posisi tersebut. Perusahaan juga harus memperhatikan nilai tambah dari calon karyawan seperti keterampilan khusus atau kemampuan bahasa asing yang mungkin diperlukan untuk posisi tersebut.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, perusahaan dapat menetapkan gaji yang kompetitif dan mempertahankan karyawan yang berbakat dan berpengalaman.

Menyelaraskan dengan strategi human resources

Jika strategi HR perusahaan adalah untuk mengembangkan tenaga kerja yang luar biasa dan berketerampilan tinggi, maka perusahaan sebaiknya menawarkan gaji di atas rata-rata pasar industri atau daerah untuk menarik karyawan yang berkualitas. Menawarkan gaji yang lebih rendah dari perusahaan yang sama dapat membuat misi menciptakan tenaga kerja yang unggul gagal dan merugikan perusahaan dalam jangka panjang.

Namun, jika strategi HR adalah merekrut karyawan secara cepat dengan biaya yang lebih rendah tanpa perlu mengkhawatirkan turnover karyawan, maka perusahaan kemungkinan dapat menawarkan gaji yang lebih rendah. Meskipun demikian, perusahaan harus mempertimbangkan kemampuan karyawan yang diperoleh dengan gaji yang rendah dan dampak jangka panjang terhadap produktivitas dan kualitas kerja.

Oleh karena itu, perusahaan harus mempertimbangkan strategi perekrutan yang sesuai dengan tujuan jangka panjang dan memastikan bahwa gaji yang ditawarkan cocok dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan. Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan nilai tambah yang dapat diberikan kepada karyawan selain dari gaji, seperti program pelatihan dan pengembangan, fleksibilitas kerja, dan manfaat karyawan lainnya.

Mendefinisikan budaya kerja

Sistem kompensasi membantu perusahaan menciptakan budaya kerja yang diinginkan. Ini bukan hanya tentang memberi penghargaan kepada individu atas kinerja individu. Ini adalah tentang mengembangkan lingkungan tim. Sangatlah penting untuk menetapkan budaya kerja yang ingin anda ciptakan dan memastikan bahwa gaji yang dibayarkan sesuai dengan kontribusi karyawan terhadap budaya tersebut. Sebagai contoh, anggap saja budaya kerja anda mengutamakan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi serta keluarga. Dalam hal ini, anda harus menyertakan kesepakatan cuti melahirkan dalam paket kompensasi.

Memilih metode pembayaran

Cara membayar karyawan dapat bervariasi, antara lain per jam atau berdasarkan gaji. Pembayaran per jam umumnya digunakan jika pekerjaan yang dilakukan terkait dengan waktu, sementara pembayaran gaji memberikan jumlah yang sama di setiap gaji. Ada juga pembayaran berdasarkan komisi yang diberikan kepada karyawan yang memberikan kontribusi langsung pada profit perusahaan.

Pilihan cara membayar ini tergantung pada jenis industri Anda dan Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan serikat pekerja atau pengacara untuk memastikan Anda memilih kompensasi yang tepat dan mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku. Mereka dapat membantu Anda memahami batasan-batasan potensial dan upah minimum yang telah ditentukan sebelumnya.

Menambahkan keuntungan

Tunjangan karyawan merupakan komponen penting dalam sistem kompensasi. Meskipun gaji adalah faktor yang paling penting dalam menarik dan mempertahankan karyawan, tunjangan yang menarik dapat menjadi daya tarik tambahan. Beberapa perusahaan menawarkan gaji yang tidak terlalu tinggi, tetapi memberikan tunjangan yang bermanfaat seperti asuransi kesehatan, tunjangan pendidikan, cuti yang lebih banyak, dan lain-lain.

Tunjangan bonus juga merupakan bagian dari tunjangan karyawan yang populer. Bonus biasanya diberikan sebagai insentif langsung atas kinerja individu atau keseluruhan tim dalam mencapai tujuan perusahaan. Jumlah bonus yang diberikan biasanya tergantung pada hasil kinerja individu atau tim dan tingkat kesulitan tugas yang diselesaikan. Bonus yang besar dapat menjadi motivasi bagi karyawan untuk bekerja lebih keras dan meningkatkan produktivitas mereka.

Bersikaplah terbuka untuk bernegosiasi

Karyawan yang merasa nyaman dengan value mereka tidak akan ragu untuk bernegosiasi, jadi anda perlu mempersiapkan diri untuk kemungkinan itu. Jika mereka memiliki aset profesional yang dapat memberikan dampak positif pada bisnis anda, terbukalah untuk bernegosiasi. Ketika anda menemukan kompromi selama negosiasi, akui value mereka. Karyawan akan lebih cenderung loyal dan bekerja dengan baik sebagai bentuk penghargaan.

Bagaimana cara menentukan apakah anda ditawari gaji yang adil

Untuk memastikan anda menerima penawaran yang adil, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Lakukan riset

Untuk mencari informasi tentang gaji, lihatlah situs web gaji khusus untuk melihat gaji karyawan lain dengan pendidikan, pengalaman, dan di bidang dan industri yang sama. 

Berbicara dengan relasi anda

Hubungi teman dekat dan relasi di network profesional anda untuk mengetahui berapa gaji yang mereka dapatkan di posisi yang sama. Meskipun mendiskusikan gaji adalah hal yang wajar, namun perlu diingat bahwa beberapa orang lebih suka merahasiakan informasi ini. Saat membicarakannya, beritahukan kepada mereka bahwa anda hanya melakukan riset untuk kepentingan anda sendiri. Hormatilah jika mereka memilih untuk merahasiakan gaji mereka, meskipun ada beberapa orang yang bersedia mengungkapkan informasi ini.

Tanyakan kepada departemen Human Resources

Departemen HRD harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait pekerjaan anda, dan anda dapat bertanya kepada mereka mengenai gaji anda dan kebijakan kenaikan gaji yang dimiliki perusahaan anda.

Pertimbangkan kepuasan pribadi anda

Pikirkan apa yang membuat Anda merasa puas dan apakah jumlah yang anda tawarkan dapat memenuhi kebutuhan hidup anda. Terlepas dari rata-rata gaji pasar untuk posisi anda, jika anda merasa puas dengan tawaran tersebut, hal ini dapat membantu anda memutuskan apakah anda dibayar dengan adil.

Jangan mengabaikannya

Kepuasan anda sangat penting. Luangkan waktu untuk memberi tahu diri sendiri dan diskusikan kompensasi anda dengan perusahaan jika perlu. Gaji adalah faktor motivasi yang penting. Ketika anda merasa dihargai, anda dan organisasi anda akan mendapatkan manfaat dari hal tersebut.

Memahami nilai pekerjaan anda

Jika anda telah menghabiskan waktu untuk mendapatkan pengalaman atau mendapatkan kualifikasi akademis dan profesional, penting untuk mengadvokasi gaji yang layak untuk anda. Hal ini menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa anda memiliki pengetahuan tentang harga pasar untuk posisi anda, yang mengkomunikasikan ekspektasi anda. Buatlah daftar semua gelar, pencapaian kerja, sertifikasi, atau proyek khusus untuk membantu anda mengingat semua pencapaian anda sebelum memulai riset atau menegosiasikan gaji anda.

Ketika anda berhasil berjalan di tengah-tengah antara tetap berpegang pada anggaran dan membayar karyawan sesuai dengan kemampuan mereka, hasil yang luar biasa tidak bisa dihindari. Sebagai permulaan, memberikan gaji yang ideal berarti perusahaan anda akan menjadi tempat yang menarik bagi anggota tim yang ingin upaya mereka tercermin dalam gaji mereka. Di samping itu, saat anda menganggarkan kompensasi dengan tepat, anda akan memiliki uang yang anda butuhkan untuk terus mendorong organisasi anda menuju pertumbuhan dan keberlanjutan jangka panjang. Semakin baik bisnis anda, semakin baik pula anda dapat memberikan penghargaan kepada staff anda.Ingin tahu informasi menarik lainnya seputar karir dan HRD? Yuk, kunjungi langsung blog MyRobin sekarang juga!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian