New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Bagaimana Cara menjadi Digital Marketing Manager?

Digital Marketing Manager

Cara menjadi digital marketing manager wajib Anda ketahui sebelum melamar di posisi ini. Mulai dari tugas, persyaratan, dan skill untuk menunjang pekerjaan nantinya. 

Digital marketing sendiri merupakan profesi yang banyak diminati pencari kerja karena memiliki prospek dan jenjang karier yang jelas.  

Selain itu, banyak perusahaan dan brand yang kini membutuhkan pemasar daring, agar menjangkau lebih banyak customer. Mari kupas tuntas lewat artikel berikut. 

Cara menjadi digital marketing manager

Digital marketing manager merupakan orang yang memimpin tim pemasar digital untuk merencanakan dan membuat kampanye promosi brand secara daring. 

Cara menjadi seorang digital marketing manager secara umum tidak jauh berbeda dengan profesi lainnya yaitu menempuh pendidikan formal dan menguasai skill penting. 

Adapun cara menjadi digital marketing menurut dari Indeed, sebagai berikut. 

1. Menempuh pendidikan formal

Digital marketing biasanya lulusan pemasaran, ilmu komunikasi, dan manajemen. Namun, tak menutup kemungkinan pemasar digital berasal dari program studi hukum hingga pertanian. 

Apabila ingin menjadi manajer pemasaran digital, langkah pertama adalah menempuh pendidikan formal di universitas. Pasalnya, sebagian besar lowongan kini mensyaratkan jobseeker minimal memiliki gelar sarjana. 

Selain karena persyaratan, lulusan dari program studi marketing atau ilmu komunikasi dinilai memiliki pengetahuan lebih dalam terkait pemasaran. 

2. Menguasai skill penting

Cara menjadi digital marketing yang baik yaitu menguasai keahlian penting, sehingga mampu menunjang pekerjaan sehari-hari. 

Tugas manajer pemasaran digital tak lepas dari pembuatan kampanye, konten, dan pengoptimalan mesin telusur. 

Oleh karena itu, keahlian penting yang perlu Anda kuasai meliputi SEO, social media marketing, pemahaman tentang PPC, hingga pemasaran lewat e-mail. 

Manager digital marketing berada satu level di atas tim pemasaran daring, maka dari itu penguasaan keahlian lebih dalam akan memudahkan Anda ketika mengarahkan tim. 

3. Mengikuti pelatihan

Salah satu langkah yang bisa Anda coba untuk jadi manajer pemasaran digital yaitu mengikuti pelatihan dan program sertifikasi. Terutama jika Anda berasal dari program studi selain ilmu komunikasi dan marketing. 

Tujuannya agar bisa lebih mendalami pengetahuan teknis seputar pemasaran online, sehingga memudahkan Anda dalam mengemban tugas sebagai manajer. 

4. Menguasai tools digital marketing

Cara menjadi digital marketing yang baik adalah menguasai tools pemasaran digital. Tanpa kemampuan ini, Anda akan kesulitan menjalankan tugas-tugas mempromosikan produk. 

Adapun tools pemasaran digital wajib Anda kuasai yakni Google Analytics, Google Ads, Ahrefs untuk optimasi SEO, Hubspot sebagai software CRM, software desain. 

Memahami penggunaan aplikasi dan tool di atas sangat membantu pekerjaan seorang pemasar digital yang berfokus memenangkan audience secara daring. 

5. Mendapatkan pengalaman kerja

Umumnya, seorang digital marketing manager memulai karier dari level bawah kemudian baru memegang posisi tinggi setelah beberapa tahun. 

Apabila Anda ingin menjadi manajer pemasaran, bisa memulai dahulu sebagai tim pemasar digital untuk mendapatkan pengalaman. 

Semakin banyak pengalaman Anda menangani kampanye pemasaran produk dan makin ahli, banyak peluang untuk menjadi manajer nantinya. 

6. Membangun portofolio

Cara menjadi digital marketing manager adalah membangun portofolio sehingga recruiter bisa tahu pencapaian dan project apa saja yang sudah Anda jalankan. 

Pada bagian resume, soroti keahlian dan pengalaman kerja serta sertifikasi berlisensi agar menjadi petimbangan perekrut memilih Anda. 

Tugas Manager marketing

Seorang manajer pemasar digital bertanggung jawab dalam meningkatkan brand awareness, memasarkan produk, dan menjadi perantara komunikasi antara brand dan pelanggan. 

Tugas-tugas yang akan Anda pegang meliputi perencanaan konten, pelaksanaan kampanye, monitoring, mengelola strategi pemasaran, meningkatkan exposure brand ke masyarakat. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini. 

1. Planning

Manajer pemasaran digital bertanggung jawab merancang perencanaan dan pembuatan konsep kampanye sebelum dieksekusi tim. 

Tahap ini merupakan pengumpulan data meliputi perilaku audience, tren ekonomi, penawaran, dan permintaan perusahaan untuk membentuk strategi pemasaran yang tepat. 

Pemasar digital perlu mengidentifikasi KPI dan peluang untuk tumbuh, serta berkolaborasi dengan tim lain dalam pembuatan dan menentukan anggaran kampanye. 

Perencanaan termasuk mengantisipasi kebutuhan pasar sasaran di masa mendatang menggunakan tools Google Analytic, SEO generator, dan lain sebagainya demi mendapatkan banyak informasi. 

2. Eksekusi rencana

Tugas selanjutnya adalah mengeksekusi perencanaan dan strategi yang telah Anda buat. Misalnya, mengawasi ROI dan KPI campaign, memastikan kampanye berjalan sesuai rencana dan tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan. 

3. Monitoring

Tugas manager digital marketing juga memantau lalu lintas situs, mengoptimalkan pemasaran di berbagai media, dan menguji platform baru. 

Monitoring artinya memantau apakah rencana promosi telah sesuai atau perlu diperbaiki lagi, membuat laporan keberhasilan promosi, mencatat sambil mengoptimalkan hasil kampanye, evaluasi kepuasan pelanggan, menilai kinerja tim, dan memastikan anggaran pemasaran tidak melebihi rencana awal.

Menurut Career Foundry, tugas digital marketing yaitu memastikan keberhasilan pemasaran digital di seluruh platform demi mendatangkan prospect pelanggan baru, mempromosikan brand dan produk serta berkontribusi memajukan perusahaan. 

Keterampilan agar menjadi digital marketing 

Tugas manager digital marketing berbeda-beda tergantung lingkup dan kapasitas perusahaannya. 

Pada industri kecil seorang manajer pemasaran mungkin bertanggung jawab melakukan tugas perencanaan hingga monitoring kampanye. 

Sementara pada lingkup perusahaan yang lebih besar, bisa saja Anda hanya memegang peran perencanaan, dan dapat mendelegasi tugas-tugas kepada anggota tim. 

Setelah mengetahui tugas manager digital marketing yang tidak sedikit, tentunya Anda perlu menguasai keahlian yang berkaitan dengan pekerjaan nantinya. Keterampilan tersebut meliputi teknis dan soft skill diantaranya: 

1. Analisis data

Membuat perencanaan dan strategi pemasaran jauh lebih mudah jika Anda memiliki data, siapa audience yang Anda targetkan, tren apa yang sedang naik, dan apa yang mereka butuhkan. 

Keahlian analisis data yang baik membantu Anda dalam membuat perencanaan dan strategi yang tepat dalam menyampaikan pesan dan meningkatkan kesadaran merek, sehingga mampu menjangkau pelanggan serta mendorong kenaikan profit. 

2. Pemasaran e-mail

Cara menjadi digital marketing yaitu menguasai keahlian e-mail marketing. Walaupun pemasaran surel terbilang tradisional, tetapi cara ini masih efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan dan menciptakan loyalitas. 

3. SEO/SEM, dan iklan berbayar

Keterampilan berikutnya yang perlu Anda kuasai yaitu SEO, SEM, dan paid advertising. Pengetahuan tentang SEO membantu perusahaan tetap relevan dengan market dan menjaga posisinya berada di halaman pertama mesin pencari. 

Pada pemasaran melalui website, SEO berperan menarik lalu lintas organik tanpa biaya. Sementara SEM menarik pelanggan lewat situs dengan memanfaatkan iklan berbayar. 

Iklan berbayar bertujuan agar pemasaran produk digital makin optimal dan menjangkau audience yang lebih luas. 

4. Content dan social media marketing

Salah satu keterampilan utama digital marketing adalah content strategy dan social media marketing. 

Peran Anda yaitu bagaimana cara memasarkan produk melalui blog, video, dan infografis. Konten seperti apa yang akan dibuat dan bagaimana cara menyajikan konten tersebut.

Dalam membuat konten memerlukan penelitian misalnya konten apa yang kira-kira audience Anda minati dan platform apa yang bakal Anda gunakan untuk mengunggah konten tersebut.  

5. Kemampuan komunikasi yang baik

Cara menjadi digital marketer yang baik adalah memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sebagai manajer Anda lebih banyak mengawasi dan mengarahkan tim untuk membuat kampanye pemasaran yang efektif bagi brand. 

Seorang manajer pemasaran yang kurang cakap dalam hal komunikasi akan menyebabkan masalah dalam tim. Seperti miskomunikasi tentang konsep dan perencanaan pemasaran yang akan dibuat, deadline dan KPI yang tidak tercapai, hingga mempengaruhi hubungan dengan klien. 

6. Berpikir kritis dan problem solving

Kemampuan berpikir kritis dan problem solving merupakan bekal penting jika Anda ingin berkarier sebagai digital marketing manager. 

Seorang manajer harus mampu memecahkan masalah terkait kampanye dan promosi yang berjalan serta cepat mengambil keputusan mengenai langkah apa yang bisa diambil untuk mengatasi masalah tersebut. 

7. Manajemen waktu 

Seorang digital marketing manager perlu menguasai kemampuan manajemen waktu yang baik untuk menangani berbagai project dalam waktu bersamaan, menyelesaikan strategi kampanye dan promosi sesuai deadline, serta 

Kisaran gaji digital marketing 2022

Gaji untuk profesi pemasar digital bervariasi tergantung kapasitas perusahaan dan tanggung jawab yang mereka pegang. 

Sebagai contoh gaji digital marketing agency dengan perusahaan Unicorn tentu tidak akan sama. Begitu pula dengan pemasar full time dan freelance. 

Kisaran gaji digital marketing pemula wilayah DKI Jakarta sekitar Rp4.000.000, sedangkan gaji digital marketing freelance mulai dari Rp2,5 juta-di atas 8 juta, tergantung jenis dan berapa lama project berlangsung. 

Sementara untuk gaji digital marketing manager diperkirakan sekitar Rp5 jutaan. Namun, nominal ini bisa berubah tergantung skill dan pengalaman Anda. 

Itulah deretan cara menjadi digital marketing manager lengkap dengan tugas dan kisaran gajinya. Jika Anda sedang mencari pekerjaan manager digital marketing, Anda bisa mengunjungi app.myrobin.id

Di sini tersedia berbagai lowongan pekerjaan terpercaya dari perusahaan ternama di Indonesia. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!