Mengenal Earned Wage Access (EWA) serta Kelebihan dan Kekurangannya

Earned wage access (EWA)

Earned wage access merupakan suatu sistem yang sedang berkembang dan menjamur di Indonesia, hal ini terjadi dan terbentuk sebagai salah satu solusi bagi para pegawai dan karyawan di perusahaan yang sedang mengalami masa krisis dalam finansial atau keuangan di tengah pandemi Covid-19. 

Lalu, sebenarnya apa itu definisi dari earned wage access? Dan bagaimana dengan sistem earned wage access itu sendiri? Mari kita bahas langsung melalui artikel di bawah ini.

Apa Itu Earned Wage Access?

Pengertian earned wage access adalah suatu konsep pembayaran gaji atau sistem pembayaran gaji di awal sebelum masa atau hari gaji terlaksana. Dalam hal ini sudah terjadi pada beberapa perusahaan yang terdapat di Indonesia, sistem ini memiliki manfaat yang baik bagi para pekerja atau karyawan yang menghadapi krisis atau kesulitan dalam mengelola uang di masa pandemi beberapa tahun terakhir yang menimpa di negara kita. 

Dilansir melalui website PatriotSoftware.com yang menjelaskan bahwa Earned Wage Access dapat memberikan akses kemudahan atau manfaat bagi para pekerja untuk mengklaim atau mengakses gaji bersih mereka dengan cepat di awal bulan atau sesuai dengan hari gaji yang telah ditentukan sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku, hal ini juga memerlukan beberapa pertimbangan seperti berapa lama bekerja dan beberapa faktor lainnya. 

Di Indonesia sendiri tercatat hampir sebagian karyawan pada awal pandemi juga terkena dampak pemutusan tenaga kerja atau biasa kita sebut dengan PHK. Adanya pandemi yang terjadi ditengah keberlangsungan hidup yang tetap harus terpenuhi oleh sebagian banyak orang yang bekerja di perusahaan saat ini adalah hal-hal terberat dan sulit untuk diatasi.

Hal ini juga tercatat pada jurnal kependudukan indonesia, Edisi Khusus Demografi dan COVID-19, Juli 2020 yang berjudul “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap PHK Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia“ bahwa selama pandemi terjadi tidak hanya PHK yang terkena dampak. Namun, terdapatnya juga penurunan pendapatan para pekerja yang tidak terkena PHK. Data tersebut dibuktikan dari beberapa responden yang diteliti langsung oleh tim peneliti, yaitu “31,0 persen pekerja yang mengaku pendapatannya menurun kurang dari 50 persen dan 8,6 persen pekerja yang pendapatannya menurun di atas 50 persen” 

Tentu dengan adanya earned wage access di beberapa perusahaan juga memberikan kesempatan baru serta manfaat bagi para pekerja atau karyawannya. Manfaat Earned wage access ini juga dapat mempertahankan para tenaga kerja atau karyawan yang memiliki prestasi atau kinerja yang baik di dalam perusahaan tempat mereka bekerja.

Lalu, bagaimana dengan kekurangan earned wage access ini? 

Dan apa saja kelebihan lain dari EWA ini? Mari kita bahas langsung dibawah ini.

Kelebihan Sistem Gaji EWA ( Earned Wage Access )

Terdapatnya beberapa benefit earned wage access atau kelebihan dari sistem gaji ini memang banyak hal yang dapat membantu urusan pekerja atau pegawai dalam aspek kesejahteraan, diantaranya :

Meningkatnya Giat Pekerja 

Dengan adanya sistem earned wage access  ini, memberikan dampak yang baik, tidak hanya untuk para pekerja tetapi juga perusahaan tempat dimana anda bekerja. Disamping itu, earned wage Access merupakan alasan pendukung motivasi para pekerja untuk bisa melakukan klaim atau mengambil gaji di luar pembayaran gaji semestinya oleh kebijakan perusahaan. 

Tentu hal ini sangat menarik bagi para pekerja yang sedang mengalami masa krisis dalam pengelolaan uang terutama di masa pandemi. Pada akhirnya manfaat inilah yang mengurangi ketidakhadiran beberapa pegawai di suatu perusahaan.

Nama Baik Perusahaan Meningkat

Terciptanya reputasi perusahaan yang baik oleh sistem earned wage access ini nyatanya merupakan sisi positif yang bisa diterima baik oleh suatu perusahaan. Mengapa bisa begitu? 

Karena earned wage acces ini memberikan kesejahteraan karyawan di perusahaan serta meningkatnya kinerja para pegawai dengan baik. 

Tidak hanya itu, nyatanya hal ini juga terjadi akibat dari sifat earned wage access ini adalah mutualisme atau saling menguntungkan antara para pekerja dan pihak perusahaan terkait. Sehingga hal inilah tercipta, yaitu memuncaknya citra perusahaan dengan baik.

Harmonisnya Hubungan Antara Pekerja Dan Perusahaan

Hal ini akan menjadikan kesempatan baik bagi kedua pihak jika berlakunya earned wage access di lingkungan perusahaan. Harmonisnya hubungan para pekerja dan pihak perusahaan ini terlihat sebagaimana hubungan erat terjalin serta terkoneksi dengan baik. 

Beberapa keunggulan inilah yang membuat karyawan menjadi senang dalam hal perhatiannya pihak perusahaan terutama pada aspek keuangan pekerja yang menggunakan sistem earned wage access ini. 

Lalu, apakah dengan menggunakan earned wage acces ini betul memudahkan karyawan atau pekerja di perusahaan? Jawabannya adalah ya.

Hal ini dikarenakan oleh sistem atau agenda yang flexible, dalam arti lain yaitu para pekerja dapat memantau atau kemungkinan mereka untuk mengakses gaji yang telah mereka kumpulkan serta dapat mencairkannya atas permintaannya.

Kekurangan Atau Kelemahan Earned Wage Access 

Earned wage access juga mempunyai kelemahan dalam sistem kerjanya serta beberapa pihak kontra dengan earned wage access ini. Lantas apa sajakah itu? Berikut akan kami paparkan dengan ringkas.

Sistem Mirip Dengan Kasbon

Beberapa beranggapan bahwa hal ini serupa dengan cara kerja dari kasbon dan ada beberapa yang menolak untuk menggunakan kesempatan earned wage access ini. Sistem earned wage access ini menyerupai pinjaman kepada karyawan untuk memenuhi kebutuhannya. 

Namun, dalam kasbon sendiri biasanya pengambilan gaji di awal hanya separuh dari keseluruhan gaji yang mana pada akhir hari gaji yang telah ditentukan itu tiba, akan dibayarkan lagi oleh perusahaan terkait hak atau gaji separuhnya.

Memicu Inefisien Finansial

Yang dimaksud dalam inefisien finansial disini adalah menimbulkan keborosan yang dilakukan oleh karyawan atau pegawai di suatu perusahaan yang memberlakukan sistem gaji earned wage access. 

Disamping itu, rentannya disalahgunakan oleh karyawan untuk membiayai kebutuhan yang tidak penting atau bukan sebagai prioritas dalam memenuhi kebutuhan hidup melainkan kebutuhan yang hanya mengedepankan keinginan atau gengsi semata. 

Tentu saja, hal ini perlu penggunaan earned wage access dengan baik dan bijak sesuatu dengan ketentuan yang berlaku di lingkungan perusahaan tempat anda bekerja .

Bagaimana Aturan Kerja Earned Wage Access?

  • Perusahaan melakukan kerjasama dengan mitra penyelenggara EWA(Earned Wage Access), dalam hal ini adalah mitra yang memiliki aplikasi penyedia earned wage access teruntuk perusahaan yang membutuhkan fitur yang dapat memudahkan dalam klaim gaji karyawan merekat.
  • Melakukan informasi terkait mitra earned wage access kepada karyawan, ini bertujuan agar seluruh pegawai dapat menggunakan earned wage access atau sistem gaji baik manual maupun digital melalui aplikasi yang mengharuskan mereka untuk mengunduhnya.
  • Melakukan proses penarikan dan mentransfer antar pihak mitra EWA dengan karyawan perusahan yang telah bekerjasama, semua ini harus berdasarkan ketentuan dan syarat yang berlaku dalam hal penarikan gaji oleh pegawai.
  • Antara kedua pihak yang bekerjasama melakukan kalkulasi, hal ini terlebih oleh mitra penyelenggara EWA untuk perusahaan. Biasanya ini akan dibuat data perhitungan pengeluaran atau penarikan gaji setiap bulan oleh karyawan atau pegawai sang perusahaan yang bekerjasama dengan mitra penyelenggara EWA ini.

Tertarik dengan seputar informasi atau blog human resource development ? Yuk, simak dan klik blog MyRobin disini.

Source Link : 

  1. https://www.patriotsoftware.com/blog/payroll/earned-wage-access/
  2. https://gajigesa.com/earned-wage-access/
  3. Jurnal kependudukan indonesia, Edisi Khusus Demografi dan COVID-19, Juli 2020 yang berjudul “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap PHK Dan Pendapatan Pekerja Di Indonesia“
  4. https://appsensi.com/apa-itu-earned-wage-access/

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!