New Logo MyRobin

12 Elemen Portofolio Karier yang Perlu Diketahui

Elemen Portofolio Karier

Barangkali Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah portofolio. Akan tetapi, apa saja strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemungkinan agar Anda diterima bekerja? Ada banyak strategi yang dapat diterapkan untuk yang memungkinan agar Anda diterima dalam suatu perusahaan. 

Portofolio dapat memberikan banyak informasi yang relevan kepada recruiter, apakah Anda kandidat yang memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut. Dengan mempelajari apa saja yang dapat Anda sertakan dalam portofolio karier, akan membantu meningkatkan peluang agar Anda mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari 12 elemen portofolio yang bisa menunjang karier Anda. Simak juga artikel tentang Tips Lengkap Cara Membuat Portofolio Kerja dan Contohnya.

Apa Itu Portofolio Karier?

Apa itu portofolio karier? Sebelum mulai membuat portofolio karier, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu pengertiannya. Portofolio karier adalah kumpulan materi yang menyebutkan berbagai aspek latar belakang profesional yang Anda miliki, seperti pendidikan, keterampilan, dan ringkasan karier Anda. Portofolio karier dapat membuat Anda tampak lebih menarik bagi recruiter karena memberikan mereka contoh tentang siapa Anda, pencapaian yang sudah Anda raih, dan keterampilan yang Anda miliki yang dapat menguntungkan bagi perusahaan. Anda juga dapat memberikan salinan kepada supervisor ketika membutuhkan kenaikan gaji atau promosi di tempat kerja Anda.

12 Elemen Portofolio Karier

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan portofolio karier, waktunya Anda mengetahui 12 elemen dalam portofolio karier. Berikut adalah 12 elemen karier yang dapat Anda masukkan dalam portofolio karier Anda, simak penjelasannya berikut ini..

1. Ringkasan Karier

Ringkasan karier adalah paragraf pendek yang menjelaskan pengalaman kerja, keterampilan, dan pencapaian terkait posisi yang Anda inginkan secara relevan. Ringkasan karier bertujuan untuk menarik recruiter untuk terus membaca elemen yang ada dalam portofolio Anda. Ketika disertakan di awal portofolio Anda, recruiter dapat memperoleh pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dapat Anda berikan kepada mereka dan perusahaan mereka. Saat Anda menulis ringkasan karier, cobalah untuk menyimpannya di antara dua dan empat kalimat. 

2. Pernyataan Tujuan Karier

Pernyataan tujuan karier adalah pernyataan yang menjelaskan profeionalitas Anda dan tujuan karier Anda. Cara ini memudahkan recruiter untuk memahami apa yang memotivasi Anda melamar pada posisi yang Anda inginkan. Bagian ini, biasanya hanya terdiri dari beberapa kalimat panjang. Mudahnya, simak pertanyaan ini untuk menjelaskan misi Anda.:

  • Apa pekerjaan Anda?
  • Mengapa profesi Anda penting?
  • Keterampilan apa yang membantu Anda berkembang dalam pekerjaan Anda?
  • Apa yang membuat Anda berbeda dari pekerjaan lain di industri serupa?

3. Biografi Singkat

Bila Anda menuliskan biografi singkat, Anda memiliki peluang besar untuk diterima kerja. Ini karena Anda menjelaskan informasi tentang diri Anda secara singkat dan jelas. Karena itu, saat menulis biografi, Anda bisa menuliskan hal-hal berikut ini

  • Informasi yang paling relevan: Pahami tujuan biografi, pengalaman pekerjaan, atau prestasi.
  • Elemen penceritaan: Sebutkan cara Anda mengatasi tantangan. Cara ini dapat melibatkan pembaca sehingga mereka ingin mempelajari lebih lanjut tentang kehidupan pribadi Anda.
  • Menghubungkan ke pencapaian Anda: Menghubungkan contoh pekerjaan Anda dapat memudahkan recruiter agar dengan cepat melihat beberapa pencapain Anda sebelumnya.
  • Keunikan: Pertimbangkan untuk mempersonalisasi biografi Anda kepada recruiter dengan mengubahnya sedikit untuk menyoroti informasi yang paling relevan untuk setiap posisi.
  • Humor: Anda dapat memilih untuk menambahkan beberapa informasi yang ringan dan memberikan kesan dari sisi humor Anda.

4. Resume

Meskipun Anda telah telah membuat resume dalam dokumen yang berbeda, Anda masih bisa memasukan ke dalam portofolio. Cara ini memberi Anda kemudahan recruiter untuk mengetahui riwayat hidup Anda. Sebagian besar resume mencakup hal-hal sebagai berikut.

  • Informasi kontak: Ini adalah bagian pertama dalam resume dan mencakup nama depan dan belakang Anda, alamat email profesional, nomor telepon Anda, kota, serta negara bagian tempat Anda tinggal.
  • Tujuan: menyatakan tujuan karier Anda dan biasanya terdiri dari satu atau dua kalimat.
  • Pengalaman kerja: mencakup pengalaman kerja yang relevan yang Anda miliki dalam 10 tahun terakhir. Cobalah untuk memasukkan setidaknya dua sampai tiga posisi dan daftar tugas yang terkait dengan posisi tersebut.
  • Keterampilan: berisi daftar per poin yang menentukan keterampilan Anda terkait dengan posisi tersebut. Misalnya, manajemen waktu, organisasi, dan komunikasi.
  • Pendidikan: mencakup semua pendidikan yang telah Anda selesaikan, seperti sekolah menengah atau perguruan tinggi. Cantumkan nama institusi, bulan dan tahun Anda lulus dan jenis gelar yang Anda terima.

5. Keterampilan Khusus

Keterampilan khusus memberi Anda kesempatan untuk membuat daftar kemampuan yang Anda miliki untuk memenuhi persyaratan ketika menulis portofolio. Membuat  daftar keterampilan khusus dapat membantu Anda untuk menuliskan daftar  yang secara khusus berhubungan dengan posisi yang Anda lamar. Cobalah untuk memasukkan kombinasi antara hard dan soft skill.

Keterampilan khusus ini merupakan pengetahuan yang telah Anda pelajari dari pendidikan, pekerjaan sebelumnya, atau pengalaman hidup Anda. Contoh hard skill antara lain.

  • Kemampuan bahasa asing
  • Keterampilan pengkodean
  • Pembukuan
  • Keterampilan SEO

Soft skill adalah sifat yang membentuk cara Anda bekerja sendiri dan dengan orang lain. Contoh soft skill antara lain.

  • Kerja tim
  • Berorientasi pada detail
  • Empati
  • Kemampuan interpesonal

6. Pencapain

Mencantumkan pencapain memungkinkan Anda untuk membuktikan nilai Anda kepada recruiter. Tergantung pada tingkat pengalaman Anda. Anda mungkin ingin membuat daftar pencapaian Anda dalam kategori yang berbeda, seperti pencapaian pendidikan dan pencapaian terkait pekerjaan yang telah Anda terima. Anda juga dapat mencantumkannya di satu bagian, dan memasukkannya dari pencapaian terbaru dan pencapaian sebelumnya yang telah Anda raih.

Berikut adalah daftar beberapa pencapaian yang dapat Anda sertakan:

  • Kemajuan karier
  • Uang yang Anda simpan di perusahaan
  • Prosedur yang Anda kembangkan dan implementasikan
  • Pendapatan yang Anda tingkatkan untuk perusahaan
  • Ide yang Anda perkenalkan ke tim Anda

7. Mencantumkan Sampel

Mencantumkan sampel atau contoh pekerjaan adalah kesempatan bagus untuk menyoroti beberapa karya terbaik Anda. Cobalah untuk memasukkan sampel yang menunjukkan bakat yang Anda miliki. Tergantung pada tempat Anda bekerja, contoh pekerjaan dapat mencakup presentasi, artikel, brosur, laporan, atau proyek. Misalnya, jika Anda seorang pendidik, Anda dapat menyertakan rencana pelajaran yang berjalan dengan sangat baik. Anda juga dapat memasukkan umpan balik yang Anda terima dari sampel Anda. Jika administrasi Anda meninjau pelajaran Anda dan memberi Anda ulasan positif, sertakan ulasan tersebut sehingga recruiter dapat melihat alasan mengapa orang lain menghargai sampel tersebut.

8. Penghargaan

Menunjukkan penghargaan yang telah Anda raih, dapat menunjukkan kepada recruiter bahwa mereka dapat mengharapkan tingkat kinerja kerja yang tinggi jika mereka mempekerjakan Anda. Jenis penghargaan yang mungkin dapat Anda sertakan terdiri dari beasiswa, sertifikat, penghargaan terkait pekerjaan, dan posisi kepemimpinan saat bersekolah. Berikut adalah beberapa saran yang dapat Anda pertimbangkan saat mencantumkan penghargaan Anda.

  • Sertakan penghargaan Anda yang paling relevan.
  • Sertakan judul penghargaan dan tanggal Anda menerimanya.
  • Jelaskan dampak positif penghargaan terhadap karier Anda.
  • Gunakan kata kerja tindakan seperti “mendapatkan” atau “mencapai” saat menjelaskan penghargaan Anda.

9. Transkrip, Gelar, Lisensi dan Sertifikasi

Menyertakan item seperti transkrip dan lisensi di portfolios dapat menunjukkan bukti kompetensi Anda di bidang keahlian Anda. Jika Anda mengirimkan portofolio elektronik, lampirkan PDF. Jika Anda memberi mereka portofolio fisik, sertakan salinan semua materi yang relevan.

10. Pengembangan Karier

Menambahkan pengembangan karier apa pun yang pernah Anda ikuti dapat menunjukkan kepada recruiter bahwa Anda tertarik untuk belajar dan antusias dengan kemajuan karier Anda. Pertimbangkan untuk menyertakan webinar, lokakarya, seminar, atau pelatihan profesional lainnya yang Anda hadiri yang relevan dengan posisi tersebut.

11. Pengalaman Menjadi Relawan

Beberapa recruiter di sebuah perusahaan akan tertarik ketika mengetahui bahwa kandidat pelamar kerja meluangkan waktu untuk menjadi sukarelawan atau melakukan pengabdian masyarakat. Menjadi sukarelawan dapat menunjukkan komitmen Anda terhadap profesi Anda dan menunjukkan belas kasih karena membantu orang lain. Jika Anda memiliki lebih sedikit pengalaman kerja, termasuk kegiatan sukarela yang Anda ikuti, Anda dapat menunjukkan dedikasi Anda untuk mempelajari lebih banyak keterampilan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda.

12. Referensi dan Testimoni 

Elemen penting yang mungkin ingin Anda tambahkan adalah referensi dan testimoni. Sangat penting bagi atasan untuk melihat komentar positif yang dikatakan oleh rekan kerja  Anda sebelumnya tentang Anda. Cobalah untuk menyertakan tiga hingga lima referensi dan testimoni serta  kontak mereka sehingga manajer bagian perekrutan dapat menghubungi mereka untuk memverifikasi informasi tentang Anda. Tergantung tempat  Anda bekerja, Anda juga dapat menambahkan testimoni pelanggan yang menunjukkan kepuasan mereka terkait pekerjaan yang telah Anda lakukan untuk mereka.

Dari penjelasan di atas, portofolio menunjukkan kreativitas atau potensi profesional dengan cara yang lebih ekstensif dan terperinci daripada hanya sebuah penawaran sebuah resume. Ada beberapa bagian yang perlu disertakan di dalam portofolio yang sangat tergantung pada bidang keahlian Anda, tetapi ada juga beberapa dasar yang dapat diterapkan pada hampir semua tipe.
Setelah menyiapkan portofolio dengan baik, Anda bisa menemukan berbagai lowongan pekerjaan di aplikasi MyRobin. Temukan pekerjaan impian Anda di sini, sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!