Evaluasi Kinerja Karyawan: Pengertian, Manfaat, dan Persiapannya

Evaluasi Kinerja Karyawan

Performa pekerjaan atau kinerja seorang karyawan memiliki dampak yang signifikan pada jangka panjang dan perkembangan karir mereka dalam suatu perusahaan serta peluang prospek kerja dengan perusahaan lain. Perusahaan menggunakan evaluasi kinerja karyawan sebagai alat untuk mendokumentasikan kinerja karyawan dari waktu ke waktu.

Diinformasikan tentang manfaat potensial evaluasi membantu memastikan bahwa ini adalah sebuah proses yang positif. Pada artikel ini, akan menjelaskan apa itu evaluasi kinerja karyawan, manfaatnya, dan bagaimana mempersiapkannya.

Apa itu evaluasi kinerja karyawan?

Apa itu evaluasi kinerja karyawan?
Apa itu evaluasi kinerja karyawan?

Employee performance evaluation atau evaluasi kinerja karyawan, juga dikenal sebagai “performance review” adalah proses yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan umpan balik kepada karyawan tentang kinerja pekerjaan mereka dan secara formal mendokumentasikan kinerja itu. Meskipun perusahaan menentukan siklus evaluasi mereka sendiri, sebagian besar perusahaan melakukan evaluasi kinerja karyawan setahun sekali.

Beberapa perusahaan juga melakukan evaluasi ketika karyawan mencapai akhir masa percobaan awal mereka. Mereka yang berkinerja baik dalam evaluasi itu biasanya akan diangkat menjadi karyawan tetap. Informasi evaluasi disimpan dalam file karyawan dan dapat diminta oleh pemberi kerja.

Evaluasi kinerja sangat bervariasi dalam struktur dan format di seluruh industri dan perusahaan. Hal tersebut mungkin termasuk skala penilaian, checklist penilaian diri, observasi formal atau kinerja tugas. Biasanya, setidaknya sebagian dari evaluasi kinerja karyawan mencakup review metrik hasil atau kemajuan terhadap tujuan yang diidentifikasi sebelumnya .

Di sektor korporasi, misalnya, bagian dari evaluasi kinerja karyawan dapat mencakup review penjualan yang dihasilkan atau target pertumbuhan perusahaan. Di lingkungan sekolah, kinerja akademik siswa di kelas tertentu dimasukkan sebagai komponen evaluasi.

Manfaat evaluasi kinerja karyawan

Evaluasi kinerja karyawan memiliki banyak manfaat potensial bagi karyawan dan pemberi kerja.

Manfaat untuk pemberi kerja

Beberapa manfaat evaluasi bagi pemberi kerja meliputi:

Perlindungan terhadap proses pengadilan

Dalam situasi di mana karyawan saat ini atau mantan karyawan menempuh tindakan hukum terhadap perusahaan, memiliki dokumentasi yang jelas tentang kinerja karyawan tersebut sangatlah penting. Ini sangat relevan dalam situasi di mana seorang karyawan diberhentikan atau ditolak untuk promosi. Dalam kasus ini, evaluasi kinerja dapat berfungsi sebagai bukti objektif yang menegaskan pengambilan keputusan perusahaan.

Dorongan untuk bekerja dengan baik

Dengan kesibukan banyak perusahaan, evaluasi kinerja karyawan mungkin menjadi salah satu dari beberapa kali pemberi kerja memberikan feedback dan bantuan positif yang terstruktur kepada karyawannya. Melakukan hal itu meningkatkan moral karyawan, menunjukkan kepada mereka apa yang harus terus dilakukan dan membantu membangun hubungan positif antara pemberi kerja dan karyawan. Ini dapat membantu meminimalkan karyawan turnover karena karyawan mengidentifikasi cara yang jelas bahwa pekerjaan mereka dihargai dan bernilai.

Menginformasikan praktik perekrutan

Evaluasi kinerja karyawan, jika dipertimbangkan secara keseluruhan, dapat menawarkan wawasan berharga tentang praktik perekrutan dan/atau perekrutan masa lalu dan menginformasikan praktik masa depan. Misalnya, jika sebuah perusahaan melihat tren karyawan yang memiliki keterampilan yang kurang berkembang di area tertentu, mereka dapat menambahkan item penyaringan tambahan untuk keterampilan tersebut ke dalam proses perekrutan mereka. Menilai jumlah orang yang kemungkinan akan dipertahankan dan jumlah yang kemungkinan akan dilepas sebagai hasil evaluasi mereka menginformasikan tingkat dan dasar rekrutmen yang diperlukan untuk dipekerjakan kembali.

Manfaat untuk karyawan

Beberapa manfaat evaluasi kinerja karyawan bagi karyawan antara lain:

Tumbuh kembang

Evaluasi kinerja karyawan memberi waktu khusus bagi manajer untuk fokus pada kinerja individu dan peluang pertumbuhan dan pengembangan. Ini adalah waktu yang ideal bagi karyawan untuk mendiskusikan gaji, tujuan karir, dan mempelajari apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mengidentifikasi area kekuatan dan area untuk perbaikan, pemberi kerja dan karyawan dapat mengembangkan rencana pertumbuhan yang memperluas keterampilan karyawan dan memberi manfaat bagi perusahaan. Hal ini dapat membuka pintu untuk kemajuan dan pencapaian tujuan karir jangka panjang.

Visibilitas kepemimpinan senior

Mungkin ada anggota manajemen tingkat senior yang tidak mudah diakses dan tidak sering berinteraksi dengan karyawan. Proses evaluasi kinerja dapat memberikan wawasan kepada para pemimpin ini tentang tenaga kerja termasuk siapa yang berkinerja terbaik dan di mana harus mendukung peluang promosi.

Potensi kenaikan gaji dan/atau bonus

Di perusahaan tertentu, kenaikan gaji dan/atau bonus berdasarkan prestasi diberikan kepada karyawan yang berkinerja baik dalam evaluasi. Evaluasi kinerja yang kuat juga dapat mengarah pada peluang untuk kemajuan dalam perusahaan. Ini dapat mencakup kemajuan formal melalui promosi atau penugasan tanggung jawab kepemimpinan.

Komunikasi yang ditingkatkan

Sifat terstruktur dari evaluasi kinerja karyawan cocok untuk komunikasi yang produktif. Baik untuk penguatan positif maupun kritik membangun, ia memiliki mekanisme untuk memandu percakapan dan memberikan umpan balik yang sangat spesifik. Hal ini dapat meredakan ketegangan saat mendiskusikan sesuatu yang menantang. Dalam beberapa kasus, proses ini membuka pintu untuk komunikasi yang lebih bermakna di luar proses evaluasi juga.

Bagaimana mempersiapkan evaluasi kinerja karyawan

Mengingat potensi manfaat dan implikasi jangka panjang dari evaluasi kinerja, penting untuk mempersiapkan proses ini dengan matang. Ikuti langkah-langkah ini sebelum evaluasi kinerja Anda berikutnya:

1. Atur informasi kinerja

Sama seperti atasan Anda kemungkinan akan membawa dokumentasi atau catatan untuk mendukung penilaian evaluasi, Anda juga harus mengumpulkan informasi serupa. Ini dapat mencakup contoh pekerjaan, evaluasi sebelumnya, ulasan pelanggan atau daftar pencapaian objektif.

Meninjau ini sebelumnya membantu Anda untuk merenungkan tahun sebelumnya dan memberi Anda poin pembicaraan untuk pertanyaan kinerja yang mungkin diajukan atasan Anda. Selain itu, mungkin ada proyek atau pencapaian yang mungkin terlewatkan atau lupa disertakan oleh manajer Anda secara tidak sengaja, jadi sebaiknya Anda memiliki informasi ini untuk memastikan semua kerja keras Anda diperhitungkan.

2. Draf tujuan dan area untuk dukungan

Memikirkan apa yang Anda harapkan dari rapat dan tujuan apa yang Anda perjuangkan di tahun mendatang dapat membantu Anda mempersiapkan evaluasi kinerja Anda. Juga, pertimbangkan bagaimana majikan Anda dapat membantu Anda mencapai tujuan ini. Misalnya, mungkin ada mentor yang dapat mereka hubungkan dengan Anda atau proyek baru yang dapat Anda ikuti untuk mengembangkan keterampilan Anda.

Mempertimbangkan hal ini sebelumnya membantu Anda menjadi proaktif dalam mengadvokasi pertumbuhan dan perkembangan Anda sendiri. Pemberi kerja anda kemungkinan besar akan menghargai permintaan khusus dan kesiapan umum Anda.

3. Buatlah daftar pertanyaan

Karena Anda harus mendapatkan perhatian penuh dari atasan Anda, rapat evaluasi kinerja dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang tersisa tentang perusahaan, departemen Anda, atau peran Anda. Jika organisasi Anda baru-baru ini mengalami perubahan kepemimpinan, misalnya, Anda mungkin ingin bertanya tentang implikasi apapun terhadap posisi Anda. Menuliskan pertanyaan Anda sebelumnya dapat membantu Anda memaksimalkan waktu Anda dalam rapat evaluasi.

4. Bersiaplah untuk percakapan dua arah

Kebanyakan orang mendekati evaluasi kinerja dengan banyak kecemasan dan antisipasi tentang jenis umpan balik yang akan mereka terima. Sementara evaluasi kinerja mencakup setidaknya beberapa umpan balik tentang area untuk pertumbuhan, Anda harus ingat bahwa evaluasi kinerja adalah percakapan dua arah.

Sama seperti percakapan ini tentang memberi Anda umpan balik, ini juga tentang Anda mengungkapkan apa yang Anda butuhkan untuk menjadi sukses dan apa yang Anda cari dalam karier Anda. Anda harus siap dengan pertanyaan apa pun yang Anda miliki tentang peluang pertumbuhan karir, gaji, dan langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mencapai tujuan karir Anda.

Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk memperkuat hubungan dan komunikasi antara Anda dan manajer Anda. Pastikan untuk memanfaatkan waktu ini dan memperjelas tujuan dan harapan, berbagi tantangan apa pun yang menurut Anda mungkin Anda miliki dalam mencapai tujuan tersebut dan pelatihan apa pun yang diperlukan.

Mempraktikkan cara menanggapi umpan balik kritis juga merupakan strategi persiapan yang bermanfaat. Pertimbangkan bermain peran dengan seorang teman atau berlatih di depan cermin. Ini akan membantu memastikan bahwa bahasa tubuh dan nada bicara Anda mengkomunikasikan keterbukaan terhadap umpan balik, yang penting bagi pemberi kerja saat mempertimbangkan potensi pertumbuhan jangka panjang karyawan dalam perusahaan.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!