7 Tips Cepat Meningkatkan Kemampuan Teamwork untuk Karir

Kemampuan teamwork

Ketika bekerja pasti kamu akan mengalami situasi dimana membutuhkan teamwork atau kerjasama tim untuk menyelesaikan suatu tugas atau proyek perusahaan. Tanpa teamwork kamu mungkin akan kesulitan dan menghabiskan banyak waktu. Lalu, bagaimana cara untuk meningkatkan kemampuan ini? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa Itu Kemampuan Kerja Tim (Teamwork Skill)?

Berdasarkan buku Interpersonal Skills in Organization karangan Dejanaz (2006), kemampuan teamwork merupakan kemampuan melakukan kerjasama atau kolaborasi dengan sebuah tim untuk mencapai tujuan bersama. Dimana setiap anggota tim mempunyai peran dan tugas masing-masing, saling percaya, mendukung satu sama lain, serta bertanggung jawab dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Dengan kata lain, kemampuan teamwork adalah kemampuan bekerja sama dengan sekelompok orang agar dapat menyelesaikan tugas untuk mencapai tujuan bersama.

Mengapa Teamwork Skill Penting?

Dalam beberapa pekerjaan tentu kamu akan membutuhkan bantuan atau kerjasama tim. Tidak semua pekerjaan harus kamu selesaikan sendiri terutama tugas besar seperti membuat event perusahaan, mendapatkan klien dari luar negeri, dan sebagainya. Sehingga, kamu harus mempersiapkan diri dengan untuk bisa berkontribusi dengan baik dalam tim.

Dengan memiliki kemampuan teamwork, kamu bisa bekerja lebih efektif dan produktif. Hal ini karena kamu tidak perlu mengerjakan semua tugas sendirian dan bisa fokus pada pekerjaan tertentu saja. Selain itu, kamu akan mendapatkan lebih banyak ide dan sudut pandang lain dari tim. Ini dapat membantu kamu ketika sedang kehabisan ide.

Jadi, kemampuan teamwork ini sangat penting untuk dikembangkan. Tanpa teamwork beberapa pekerjaan akan menjadi lebih sulit dan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya. 

Tips Meningkatkan Kemampuan Teamwork

Jika kamu ingin bisa berkontribusi secara maksimal dalam kerja tim, maka kamu harus meningkatkan kemampuan teamwork terlebih dahulu. Berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan kemampuan teamwork:

Jadilah orang yang komunikatif

Komunikasi dalam kerja tim sangat penting agar segala informasi dapat tersampaikan dengan baik dan jelas. Komunikasi yang baik dapat meningkatkan efisiensi tim dan kualitas kerja. Maka dari itu, cobalah berlatih dengan cara mendengarkan orang lain secara seksama, menyampaikan pendapat secara jelas kepada orang lain, melakukan kontak mata, serta mengontrol emosi. Pelajari juga tentang Cara Meningkatkan Skill Komunikasi.

Ingat, jika ada ide atau informasi penting segera sampaikan kepada tim. Hal ini akan membantu tim dalam menentukan langkah selanjutnya. Akan tetapi, jangan berkecil hati jika ide atau informasi yang kamu berikan tidak digunakan oleh tim.

Belajar menghargai pendapat tim 

Ketika berdiskusi dengan anggota tim pasti akan ada perbedaan pendapat. Jika kamu mempunyai pendapat yang berbeda dengan anggota lain jangan langsung merasa pendapatmu lah yang paling benar. Hargai pendapat orang lain, dengarkan alasannya, dan coba diskusikan lebih dalam lagi bersama seluruh anggota tim untuk mendapatkan keputusan yang tepat.

Intinya, jangan egois dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Belajarlah untuk memahami pendapat serta perasaannya agar teamwork berjalan dengan baik.

Mengatur waktu dengan baik

Kamu harus pintar-pintar membagi waktu antara tugas pribadi dengan tugas kelompok. Atur waktu dengan baik agar keduanya tidak tumpang tindih atau berbenturan dan bisa selesai sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Manajemen waktu yang tepat dapat meningkatkan kemampuan teamwork kamu. 

Buatlah jadwal harian dan atur alarm reminder untuk membantu kamu lebih teratur dan efisien dalam bekerja mandiri maupun tim. Kamu bisa menggunakan berbagai tools seperti Google Calendar, Notion, dan sebagainya.

Sering terlibat dalam kerja tim

Cara ini bisa dibilang paling ampuh untuk meningkatkan kemampuan teamwork. Hal ini karena kamu bisa langsung melihat bagaimana anggota tim lain berinteraksi dan berperilaku dalam kerja tim. 

Selain itu, dengan sering terlibat dalam kerja tim kamu akan menjadi lebih paham dan terlatih bagaimana melakukan teamwork yang baik. Mulailah dengan terlibat dalam proyek kecil terlebih dahulu untuk belajar. Kemudian, jika sudah merasa mengerti step by step kerja tim kamu bisa berkontribusi dalam proyek besar.

Dapatkan mentor

Untuk meningkatkan kemampuan teamwork, kamu juga bisa belajar dari seseorang yang menurut kamu ahli atau punya keterampilan teamwork yang kuat. Cobalah untuk berkonsultasi mengenai kemampuanmu dan dapatkan beberapa insight atau saran darinya. Jangan lupa, pelajari ulang dan terapkan saat kerja tim ya!

Lakukan evaluasi diri

Setiap selesai kerja tim, lakukan evaluasi dan introspeksi diri. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apa yang harus ditingkatkan dan apa yang harus dihilangkan. Dengan begitu, kemampuan teamwork kamu akan menjadi lebih baik dan meningkat. 

Kamu juga bisa meminta feedback dari anggota tim mengenai kinerja diri kamu selama bekerja dengan mereka. Catat masukan atau kritikan dari setiap anggota tim agar kamu bisa membacanya kembali untuk menjadi bahan introspeksi diri. 

Bertanggung jawab

Cara meningkatkan kemampuan teamwork yang terakhir yaitu bertanggung jawab. Setiap anggota tim pasti memiliki tugas masing-masing dan harus diselesaikan sesuai dengan deadline yang telah ditetapkan. Jadi, kerjakan tugasmu dengan maksimal dan tepat waktu. Jika kamu mengalami kesulitan segera tanyakan atau diskusikan dengan anggota tim. Jangan lari dari tanggung jawab, hal ini akan membuatmu menjadi tidak dipercaya oleh anggota tim. 

Sikap yang Harus Kamu Hindari

Untuk menciptakan teamwork yang baik, ada beberapa sifat atau perilaku yang tidak boleh kamu lakukan ketika bekerja dengan tim yaitu:

Bossy (Bersikap seperti Bos)

Ingin terlihat paling bisa dan suka mengatur anggota tim seenaknya membuat teamwork tidak akan berjalan dengan lancar. Sebagai leader pun juga tidak boleh memerintah anggota tim sesuka hatinya apalagi di luar jobdesk. Tim yang saling mengandalkan dan membantu dapat membuat teamwork berjalan dengan baik dan efisien.

Tidak on time

Jika setiap diskusi kamu selalu datang terlambat atau mengumpulkan tugas melebihi tenggat waktu akan teamwork menjadi tidak lancar bahkan menghambat jalannya diskusi. Hargailah waktu karena setiap anggota tim memiliki kesibukan yang berbeda-beda.

Egois

Ingin mempertahankan pendapatnya dan tidak terima dengan perbedaan pendapat adalah sifat yang paling harus dihindari jika ingin teamwork berjalan dengan baik serta kondusif. Apalagi jika sampai melibatkan emosi hanya akan membuat pekerjaan selesai lebih lama. Cobalah saling memahami antar anggota tim agar tugas selesai tepat waktu.

Mengambil alih pekerjaan anggota lain

Kemampuan setiap anggota berbeda-beda. Ada yang mampu menyelesaikannya dengan cepat, namun ada juga yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menyelesaikan tugas. Jadi biarkan anggota tim mengerjakan pekerjaan masing-masing. Jangan hanya karena ingin proyek cepat selesai kamu mengambil alih tugas anggota lain tanpa izinnya.

Mementingkan diri sendiri

Jangan hanya mementingkan diri sendiri. Teamwork yang baik adalah yang saling membantu satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama dan hasil yang memuaskan.

Jika kamu sudah selesai dengan pekerjaanmu, tawarkan bantuan kepada anggota tim yang sedang kesusahan. Hal ini dapat memperkuat teamwork sehingga tugas pun juga dapat selesai dengan cepat.Nah, itulah penjelasan kemampuan teamwork salah satu kemampuan yang sering dibutuhkan dalam pekerjaan. Kamu bisa terapkan beberapa tips di atas agar ketika bekerja dengan tim kamu bisa melakukannya dengan maksimal. Yuk, pelajari skillset penunjang karir lainnya di blog MyRobin!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!