Perkembangan marketing saat ini begitu pesat, terutama digital marketing. Hampir semua bisnis maupun perusahaan membutuhkan pekerjaan ini untuk meningkatkan citra dan reputasinya serta penjualan. Maka dari itu, tak heran bila saat ini banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di bidang marketing.
Selain itu, pekerjaan di bidang ini pun juga semakin luas dan beragam jenisnya. Sebab, untuk menjalankan pemasaran dibutuhkan strategi yang tepat mulai dari menentukan ide atau konsep marketing, analisis pasar, membuat konten pemasaran, dan lain sebagainya.
Nah, apa saja sih pekerjaan yang dibutuhkan di bidang marketing ini? Yuk, langsung simak penjelasannya di bawah ini!
Mengapa Marketing Itu Penting Bagi Perusahaan?
Marketing merupakan serangkaian upaya mengenalkan produk atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan citra dan keuntungan bagi perusahaan. Mulai dari riset pasar, analisis kebutuhan konsumen, menentukan target pasar, sampai rencana atau strategi yang akan diterapkan oleh perusahaan.
Marketing ini merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis perusahaan. Tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk saja, namun dengan marketing perusahaan juga bisa meningkatkan brand awareness. Melalui pemasaran yang tepat, maka brand atau produk pun akan mudah dikenali oleh banyak orang. Dengan begitu, perusahaan mempunyai peluang untuk mendapatkan pelanggan.
Tidak hanya itu saja, marketing juga mampu meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung ke situs website perusahaan. Dengan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan dapat mendorong pelanggan mengunjungi website untuk melakukan berbagai aksi seperti membeli produk, membuat akun, mendaftar komunitas, berlangganan layanan, dan lainnya. Strategi ini bisa disebut dengan call to action atau landing page.
Karena peran marketing begitu krusial bagi perusahaan, maka mereka membutuhkan profesional untuk mengelola dan menangani berbagai aspek marketing, seperti segmentasi pasar, analisis pasar dan kompetitor, hingga promosi produk di berbagai platform.
Jenis Pekerjaan Bidang Marketing
Dengan semakin luasnya jangkauan marketing membuat perusahaan menawarkan banyak peluang bagi profesional muda untuk berkarir di bidang marketing. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba:
1. Marketing Assistant
Umumnya pekerjaan ini akan membantu para senior dalam tugas-tugas pemasaran mulai dari perencanaan hingga eksekusinya. Dilansir dari Indeed, marketing assistant mempunyai tanggung jawab untuk memastikan seluruh kampanye pemasaran yang sedang dilakukan berjalan dengan lancar. Tidak sampai disitu saja, marketing assistant juga harus menganalisis data untuk menentukan tren industri yang bisa digunakan pada kampanye berikutnya.
Marketing assistant akan melakukan riset pasar terlebih dahulu melalui survei, aplikasi online, dan data statistik lainnya untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan perusahaan kedepannya. Selain itu, posisi ini juga menggunakan data riset pasar tersebut untuk membuat laporan serta mengembangkan strategi untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk.
Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan tugas dan tanggung jawab dari marketing assistant yang harus dilakukan:
- Berkoordinasi dengan account executive dan marketing administrative mengenai kegiatan yang mereka lakukan.
- Membantu merealisasikan target penjualan.
- Melakukan riset pemasaran untuk mengidentifikasi kesempatan atau peluang baru.
- Melakukan pendataan metrik marketing dan hasil kampanye yang telah dilakukan.
- Membantu membuat dan mengusulkan ide strategi marketing, target penjualan, kegiatan promosi, hingga menentukan harga produk untuk mencapai target yang telah ditetapkan.
- Mengawasi aktivitas marketing dari para kompetitor.
Selanjutnya, jika kamu ingin berkarir sebagai marketing assistant kamu harus mempunyai skill dan kualifikasi sebagai berikut:
- Kemampuan komunikasi lisan dan tulis yang baik untuk menjalin hubungan atau berkoordinasi dengan tim marketing lain, presentasi, hingga mengirim email.
- Kemampuan riset pasar maupun kompetitor untuk membantu mengembangkan strategi marketing.
- Mempunyai dasar SEO atau SEM untuk membantu para senior dalam mengembangkan strategi pemasaran.
- Kemampuan analisis untuk menentukan keputusan atau bahan pembelajaran.
Untuk gaji seorang marketing assistant sendiri berbeda-beda tergantung dari perusahaan dan tugas yang dikerjakan. Namun, secara umum menurut Indeed rata-rata gaji seorang marketing assistant adalah Rp 4.601.558 per bulan. Dimana kota dengan gaji tertinggi untuk posisi ini yaitu di kota Karawang mencapai Rp 10.000.000 per bulannya.
2. Brand Ambassador
Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah brand ambassador. Pekerjaan ini juga dibutuhkan di bidang marketing sebagai wajah dari sebuah brand. Brand ambassador sendiri mempunyai tugas utama yakni meningkatkan brand awareness serta penjualan produk perusahaan. Posisi ini akan menggunakan strategi promosi untuk memperkuat hubungan serta mempengaruhi kepercayaan para pelanggan terhadap produk atau brand.
Brand ambassador akan menggunakan berbagai platform seperti media sosial untuk mengenalkan produk hingga mengajak audiens untuk melakukan berbagai aksi yang dapat membantu meningkatkan penjualan. Biasanya perusahaan akan bekerja sama dengan publik figur untuk menjadi brand ambassador perusahaan.
Setelah mengerti apa itu brand ambassador, kamu juga perlu mengetahui apa saja tugas serta tanggung jawab dari brand ambassador dalam membantu kegiatan marketing perusahaan. Berikut adalah beberapa kewajiban yang harus dikerjakan oleh seorang brand ambassador:
- Mengerti visi dan misi dari perusahaan.
- Mewakili brand dalam berbagai aktivitas marketing perusahaan secara positif.
- Membantu dalam pembuatan konten seperti menulis review dan caption, syuting produk, maupun pemotretan.
- Ikut berpartisipasi dalam event marketing perusahaan misalnya peluncuran produk baru.
- Membantu merencanakan konsep strategi kampanye bersama tim sales dan marketing lainnya.
- Membangun brand awareness lewat word-of-mouth marketing serta menciptakan opini positif tentang brand.
- Mempromosikan brand atau produk melalui akun media sosial pribadinya.
Dengan banyaknya tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan, maka seorang brand ambassador wajib mempunyai skill dan kualifikasi seperti berikut:
- Kreativitas yang tinggi untuk menciptakan ide atau konten baru untuk promosi brand.
- Menguasai berbagai platform media sosial dan mempunyai pengaruh di dalamnya.
- Mempunyai pengetahuan dasar tentang dunia marketing.
- Dapat membangun jaringan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.
- Kemampuan leadership yang baik untuk memimpin acara promosi produk baik secara online maupun offline.
- Kemampuan public speaking yang bagus untuk merepresentasikan produk di berbagai platform resmi perusahaan.
Dengan berkarir sebagai brand ambassador, kamu bisa mendapatkan penghasilan atau gaji sebesar Rp 3.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan. Tentu saja gaji kamu akan meningkat jika popularitas kamu sebagai brand ambassador semakin tinggi.
3. Marketing Manager
Untuk menjadi marketing manager, seseorang harus mempunyai pengalaman yang luas dalam membuat serta menerapkan strategi pemasaran. Seringkali posisi ini yang akan menetapkan target pemasaran maupun penjualan, mendelegasikan tugas, memantau perkembangan brand, serta memberikan feedback.
Secara garis besar, marketing manager akan selalu mengawasi pasar untuk menentukan kebutuhan konsumen serta memutuskan cara terbaik untuk memenuhinya. Berikut adalah beberapa tugas dan kewajiban dari seorang marketing manager yang harus kamu tahu:
- Membuat media promosi untuk mendorong bisnis perusahaan.
- Mengelola anggaran sekaligus mengevaluasi kinerja kampanye dan event pemasaran.
- Menguji peluang pemasaran baru.
- Mengarahkan strategi dan mengkoordinasikan berbagai platform marketing.
- Mengelola staf dan vendor dari pihak ketiga.
- Menemukan cara baru untuk mempromosikan produk baru.
Untuk menjadi seorang marketing manager yang profesional, kamu harus menguasai beberapa skill dan kualifikasi berikut ini:
- Ahli dalam merencanakan strategi pemasaran dan menganalisis perilaku konsumen
- Memahami konsep pemasaran.
- Kemampuan leadership yang baik untuk memimpin dan mengarahkan tim dalam mencapai target pemasaran.
- Kemampuan komunikasi yang baik untuk melakukan koordinasi dan kerjasama dengan tim maupun pihak ketiga.
Untuk gaji posisi ini terbilang cukup besar mengingat jenjang karirnya yang tinggi. Menurut Gajimu.com, kisaran gaji sebagian besar marketing manager adalah Rp 18.955.547 per bulannya. Di awal kerja biasanya mereka akan mendapatkan gaji sebesar Rp 3.651.676 – Rp 9.988.360 per bulan.
4. Product Marketing Manager
Seorang product marketing manager akan membantu meluncurkan produk baru serta mengatur pembaruan produk perusahaan. Umumnya, mereka akan terlibat dalam keputusan atau proses perilisan, harga, hingga kampanye pemasaran produk. Namun, posisi ini juga harus melakukan riset dan mempelajari kondisi pasar terlebih dahulu sebelum membuat produk.
Beberapa tugas dan tanggung jawab seorang product marketing manager adalah sebagai berikut:
- Menangani peluncuran serta pemasaran produk ke semua pasar.
- Melakukan riset dan menganalisis pasar termasuk tingkat persaingan produk.
- Mengumpulkan dan memproses semua feedback dari pelanggan.
- Menciptakan strategi branding dan positioning dari produk.
- Mengawasi dan mengevaluasi perkembangan dari produk.
Untuk bisa menjalankan berbagai tugas tersebut, product marketing manager harus menguasai skill dan keterampilan berikut:
- Marketing expertise untuk membuat outline produk beserta dengan fitur-fiturnya secara detail.
- Kemampuan sales untuk bisa memahami metode penjualan yang akan digunakan serta membangun segmentasi pasar untuk setiap produk.
- Market strategy expert mulai dari riset produk, strategi pemasaran, dan eksekusi promosi.
Jika kamu berkarir sebagai product marketing manager kamu bisa mendapatkan gaji sebesar Rp 4.923.468 – Rp. 8.070.664 per bulan. Menurut Indeed, di beberapa kota besar kisaran gaji untuk posisi ini cukup besar yakni untuk wilayah Jakarta sebesar Rp 6.903.424 per bulan dan wilayah Bandung sebesar Rp 5.595.029 per bulan.
5. Public Relation Specialist
Peran public relation specialist juga sangat penting bagi pemasaran perusahaan. Sebab, posisi ini dapat membantu mempromosikan citra maupun produk perusahaan kepada publik. Jadi bisa dikatakan bahwa public relation specialist ini akan menjadi jembatan komunikasi antara perusahaan dengan masyarakat.
Melalui public relation, perusahaan bisa membangun hubungan yang berkelanjutan dengan berbagai pihak atau kontributor penting. Dengan begitu, perusahaan akan lebih mudah melakukan berbagai aktivitas pemasaran sebab banyak pihak yang dapat membantu dan merealisasikan promosi produk hingga mendapatkan keuntungan.
Berikut adalah beberapa tugas dan tanggung jawab dari public relation specialist yang harus dilakukan:
- Merencanakan dan membuat press release, termasuk menyiapkan pernyataan atau pidato, serta membuat audio visual untuk materi yang akan disampaikan.
- Merencanakan konferensi pers atau acara publik.
- Membangun hubungan dengan orang-orang yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat.
- Mengukur opini publik melalui survei, jajak pendapat, dan media sosial.
- Mengelola reputasi perusahaan dengan membuat program manajemen krisis serta riset mengenai sentimen publik terhadap perusahaan.
Untuk menjadi seorang public relation specialist yang profesional, kamu harus mempunyai skill dan kualifikasi seperti berikut:
- Jurnalistik dan penulisan untuk membuat press release atau pidato.
- Kemampuan komunikasi verbal untuk menginformasikan dan meyakinkan publik maupun media mengenai brand atau produk perusahaan.
- Membangun relasi media untuk membantu menggiring opini publik untuk menciptakan sentimen positif bagi perusahaan.
- Kemampuan interpersonal untuk menjaga hubungan baik antara internal perusahaan dengan pihak luar.
Posisi public relation specialist biasanya mendapatkan gaji yang variatif, yakni berkisar antara Rp 6.200.000 – Rp 9.000.000 per bulan. Namun, untuk perusahaan besar dengan skala yang lebih luas biasanya public relation specialist akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
6. Communication manager
Peran seorang communications manager bisa dibilang mirip dengan public relation specialist. Sebab, posisi ini juga bertugas untuk menyusun siaran pers serta mendistribusikan buletin perusahaan. Bedanya, communication manager juga ikut terlibat dalam strategi komunikasi media sosial. Selain itu, communication manager juga harus memastikan bahwa semua informasi dan konten yang dibuat selaras dengan brand dan tujuan bisnis perusahaan.
Tugas dan tanggung jawab communication manager perusahaan yaitu:
- Menyusun strategi komunikasi untuk menyebarkan berbagai informasi mengenai produk di berbagai macam kanal seperti email, blog, press release, video profil perusahaan, dan lain sebagainya.
- Melakukan media monitoring untuk memantau reputasi perusahaan di kalangan media dan publik.
- Menjaga hubungan baik dengan jurnalis dan pemilik media.
- Menjadi juru bicara perusahaan.
Agar berbagai tugas di atas berjalan dengan baik, seorang communication manager wajib menguasai beberapa skill seperti di bawah ini:
- Penalaran deduktif untuk membantu menyelesaikan suatu permasalahan perusahaan.
- Kemampuan negosiasi untuk mendapatkan keputusan terbaik.
- Kemampuan komunikasi yang baik agar dapat menjelaskan informasi kepada publik dengan jelas dan mudah dipahami.
- Berpikir kritis untuk membantu memahami informasi baru sebagai dasar pengambilan keputusan atau penyelesaian masalah.
Untuk gaji posisi communication manager sendiri bisa mencapai Rp 9.238.887 per bulan. Di beberapa kota besar seperti Jakarta gaji communication manager terbilang cukup tinggi. Yakni Rp 5.557.403 per bulan. Angka ini bisa bertambah jika kamu mendapatkan posisi atau level yang lebih tinggi.
7. Content Marketing Specialist
Secara umum tugas seorang content marketing specialist tentu membuat dan merencanakan konten untuk pemasaran produk. Bentuk konten yang dibuat mencakup artikel blog, buletin, infografis, dan lain sebagainya. Content marketing specialist harus membuat konten yang dapat meningkatkan traffic website perusahaan, brand awareness, serta mengajak audiens untuk melakukan aksi.
Content marketing specialist harus melakukan riset tentang topik yang sedang tren, kemudian membuat strategi konten yang tepat, hingga mengevaluasi hasil dari konten yang telah dibuat. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat beberapa tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan oleh content marketing specialist di bawah ini:
- Melakukan riset dan analisis kebutuhan audiens untuk menjadi bahan referensi pembuatan konten.
- Merancang dan membuat konten bersama content creator yang sesuai dengan target market dan value perusahaan.
- Menyusun strategi promosi untuk meningkatkan engagement konten yang dibuat.
- Mengevaluasi hasil distribusi konten di berbagai platform yang digunakan oleh perusahaan.
Berbagai tugas tersebut dapat berjalan dengan baik bila seorang content marketing specialist mempunyai skill dan kemampuan sebagai berikut:
- Mengetahui dasar SEO dan wordpress.
- Kemampuan komunikasi secara verbal maupun nonverbal untuk membantu koordinasi konten dengan tim.
- Kemampuan menulis yang menarik dan persuasif sehingga mampu menarik perhatian audiens.
- Kemampuan storytelling yang dapat membantu dalam pembuatan konten video, podcast, artikel, dan sebagainya.
- Peka terhadap perkembangan tren di berbagai platform untuk menghasilkan ide konten.
Seorang content marketing specialist biasanya mendapatkan penghasilan atau gaji sebesar Rp 4.977.299 per bulan. Tentu jumlah ini bisa berbeda tergantung dari perusahaannya. Misalnya di perusahaan wilayah Jakarta memberikan gaji untuk seorang content marketing specialist sebesar Rp 4.926.633 per bulan.
8. SEO Specialist
Dari namanya saja sudah dapat diketahui bila posisi ini akan berfokus pada peningkatan traffic website perusahaan melalui mesin pencarian seperti Google. SEO specialist akan menentukan kata kunci teratas untuk membuat produk atau layanan perusahaan muncul di hasil pencarian paling atas.
Tidak hanya itu saja, SEO specialist juga harus menganalisis kompetitor untuk menentukan strategi yang tepat bagi website perusahaan. Tugas dari seorang SEO specialist bisa kamu lihat di bawah ini:
- Menyusun strategi SEO untuk meningkatkan performa rank website perusahaan.
- Mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang digunakan kompetitor.
- Memonitor perkembangan strategi yang dijalankan oleh perusahaan.
- Melakukan updating algoritma search engine untuk menjaga performa website.
- Memberikan masukan dan feedback mengenai perubahan struktur website, isi konten, dan lainnya.
Berikut adalah beberapa skill yang dibutuhkan oleh seorang SEO specialist:
- Mampu mengoperasikan SEO tools seperti Ahrefs, Google Analytics, Google Search Console, Ubersuggest, dan semacamnya.
- Memahami algoritma search engine untuk membantu mengimplementasikan SEO di website.
- Kemampuan analisis dan critical thinking yang baik untuk membuat startegi SEO.
- Memahami fungsi CMS (Content Management System) seperti WordPress, Drupal, Jooma, dan lain sebagainya.
Jika berkarir sebagai SEO specialist kamu bisa mendapatkan gaji yang terbilang cukup besar, yakni Rp 6.314.949 per bulan. Untuk posisi yang lebih tinggi atau senior biasanya akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi dari rata-rata.
Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan di bidang marketing yang bisa kamu coba sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.
Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan, Anda dapat mengunduh MyRobin Super App. Di sana Anda dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!
Yuk, temukan informasi lainnya seputar marketing di blog MyRobin sekarang juga!