logo myrobin

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Ekstrovert 

Pekerjaan yang Cocok untuk Ekstrovert 

Anda sering mendengar jenis kepribadian introvert dan ekstrovert? Ya, dua kepribadian ini sering diperbincangkan oleh kebanyakan orang. Namun, apakah Anda tahu kalau kepribadian Anda menentukan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Bila Anda seorang introvert, Anda lebih cocok bekerja di bidang kepenulisan, atau pekerjaan lain yang tidak melibatkan banyak orang. Sementara, seorang ekstrovert biasanya lebih nyaman kalau pekerjaannya melibatkan fisik atau bertemu dengan banyak orang. 

Mungkin Anda akan berpikir, apakah mempertimbangkan karir itu penting? Jawabannya, penting! Karakteristik individu dapat mempengaruhi kesuksesan Anda di masa depan. Anda pasti tidak ingin kalau pekerjaannya Anda akan memberatkan diri sendiri. Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari pekerjaan yang cocok untuk seorang ekstrovert. Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini. 

Mengenal Ekstrovert 

Sebelum mengenal pekerjaan yang cocok untuk seorang ekstrovert, baiknya Anda kenali terlebih dahulu apa itu ekstrovert. Kepribadian ini memiliki karakter yang ramah, ekspresif, mudah bergaul, dan mudah berkembang di lingkungan pribadi maupun profesional. Berbeda halnya dengan introvert, yang lebih menyukai ketenangan, sosok ekstrovert lebih senang bertemu dengan banyak orang untuk berinteraksi. 

Dapat dikatakan, kepribadian ini sangat unik, kalau introvert mengisi energi mereka dengan menyendiri, seorang ekstrovert justru perlu bertemu dengan banyak orang. Dari perbedaan ini, Anda bisa menemukan pekerjaan yang cocok untuk Anda, dan yang kurang cocok. 

Mengutip dari laman The Muse,  Warrick mengatakan, seorang ekstrovert memiliki kemungkinan sukses jangka panjang yang lebih tinggi, kinerja yang unggul, dan peran yang lebih kompleks. Ini karena, karakter ekstrovert mampu beradaptasi dengan cepat, tidak membatasi pergaulan, dan mereka mampu mengembangkan ide-ide yang ideal. Simak lebih lanjut terkait pengertian Ekstrovert, ciri-ciri, hingga tipenya.

Berdasarkan publikasi jurnal Applied Psychology, ekstrovert memiliki empat keunggulan yang konsisten dibandingkan orang lain di tempat kerja. Berikut ini beberapa kelebihan ekstrovert:

  • Termotivasi oleh Penghargaan : Ekstrovert lebih tertarik pada imbalan potensial untuk kinerja mereka, seperti status yang lebih tinggi. Mereka lebih percaya diri untuk mencapai tujuan mereka.
  • Bersikap positif : Ekstrovert cenderung memiliki emosi positif untuk menutupi rasa lelah dan ketidakseimbangan kehidupan kerja. Mereka mampu memberikan energi positif untuk orang sekitar mereka. Karena itu, karakter ini cenderung disukai banyak orang. 
  • Memiliki Komunikasi yang Baik : Ekstrovert terampil dalam komunikasi verbal dan nonverbal. Mereka mampu melakukan negosiasi dengan baik, seperti membujuk orang dalam berbisnis, maupun saat interview kerja. Karena itu, tipe ekstrovert lebih cenderung menjadi pemimpin.
  • Proaktif  : Ekstrovert sering  menerima peringkat yang lebih tinggi di berbagai bidang pekerjaan. Ini karena sikap proaktif yang membentuk karir mereka sendiri. Biasanya, mereka mampu membicarakan strategi dengan baik. 
Baca juga :   Perbedaan PHK dan Pengunduran Diri

Pekerjaan untuk Ekstrovert 

Setelah mengenal karakter seorang ekstrovert, waktunya Anda mempertimbangkan karir yang cocok untuk kepribadian Anda. Mungkin Anda sering mendengar anggapan kalau ekstrovert lebih mudah mencari pekerjaan daripada introvert. Alasannya, seorang ekstrovert lebih terbuka dan mudah bergaul dengan orang baru. Padahal, baik introvert maupun ekstrovert memiliki kecocokannya masing-masing. Nah, berikut ini adalah pekerjaan ekstrovert yang sering dicari orang, dan bisa Anda jadikan referensi sebelum mencari pekerjaan.

  1. Event Planner 
  2. Guru
  3. Recruiter
  4. Customer Success Manager (CSM) 
  5. Perawat 
  6. Public Relation 
  7. Human Resource (HR) Manager
  8. Event Planner 

1. Even Planner

Event Planner  adalah pekerjaan yang mengkoordinasikan jalannya acara-acara besar, seperti pesta pernikahan atau ulang tahun. Pekerjaan ini  sama halnya dengan wedding organizer atau event organizer. Sebagai seorang pengatur acara, mereka memiliki beberapa tugas diantaranya,  memikirkan ide acara, mengatur jalannya acara dengan baik,  memilih katering, mencari musisi, memilih tempat dan menyesuaikan anggaran klien mereka. 

Bila Anda tipe orang yang memiliki banyak ide out of the box, pekerjaan ini cocok untuk Anda. Ini karena seorang perencana dituntut kreatif menyusun rancangan acara. Tidak hanya itu, mereka juga bertanggung jawab untuk memastikan logistik makanan untuk para tamu undangan. Karena itu, menjadi seorang event planner harus bisa menjadi penghubung antara klien yang mengadakan acara dan berbagai vendor. Mereka juga bertugas mengelola staf acara, dan memberikan dukungan di tempat selama acara untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Untuk melakukan acara yang sukses, Event Planner  harus bertemu dengan banyak orang untuk melakukan negosiasi maupun koordinasi. Tak heran bila pekerjaan ini cocok untuk seorang ekstrovert yang menyukai pesta atau pertemuan besar.  

2. Guru 

Siapa yang tidak kenal dengan profesi ini? Bila Anda menyukai anak-anak, atau memiliki sikap ramah, mungkin profesi guru cocok untuk Anda. Ya, setiap  Anda akan bertemu dengan banyak orang. Bila Anda menjadi guru Paud – TK, Anda akan megajak anak-anak untuk bernyanyi dan bermain. Bila Anda menjadi guru SD-SMA Anda akan menemukan lebih banyak tantangan untuk membuat rencana pembelajaran dan mendidik siswa Anda. 

Baca juga :   10 Budaya kerja Bantu Tingkatkan Produktivitas Karyawan

Setiap hari, guru selalu menyiapkan rencana pelajaran dan mendidik siswanya. Mereka dapat mengajar berbagai mata pelajaran seperti bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang membutuhkan praktik bercerita. Guru juga mengembangkan rencana pelajaran, memberikan games, dan memberikan dukungan langsung kepada siswa.

Guru menghabiskan sebagian besar hari mereka di kelas mengajar, yang melibatkan berbicara dan berinteraksi dengan siswa. Tetapi guru juga harus mengelola hubungan dengan administrator sekolah, orang tua, dan pendidik lainnya.  Di luar jam sekolah, guru mendampingi kegiatan ekstrakurikuler yang terkait dengan mata pelajaran mereka, misalnya ekstra musik, ekstra jurnalistik, maupun ekstra olahraga.  

Sehingga untuk menjadi seorang guru dibutuhkan komunikasi yang baik, jiwa kepemimpinan, rasa percaya diri, maupun sikap ramah. Karakter ini cocok untuk seorang ekstrovert yang senang bertemu dengan banyak orang untuk mengisi energi. 

3. Recruiter 

Tugas seorang recruiter adalah mencari kandidat atau calon pegawai yang dibutuhkan perusahaan. Mereka bertanggungjawab dari proses perekrutan hingga karyawan diterima kerja. Mereka juga bertugas untuk menyeleksi kandidat yang potensial, mempersiapkan kandidat untuk proses wawancara, hingga melakukan negosiasi gaji dengan kandidat. Tak heran, kalau profesi ini  membutuhkan interaksi sosial dengan calon karyawan maupun dengan user atau manajer yang membutuhkan karyawan baru. 

Bayangkan, bila Anda menjadi seorang recruiter, Anda akan bertemu banyak orang dengan berbagai latar belakang dan karakter. Saat menjadi recruiter, Anda dituntut untuk menjaga attitude atau sikap positif di depan kandidat. Karena itu, pekerjaan ini cocok untuk Anda yang suka berbicara di depan orang baru dan bagi orang-orang yang menganggap diri mereka ekstrovert.

4. Customer Success Manager (CSM) 

Customer Success Manager adalah profesi  yang bertanggung jawab untuk memastikan kepuasan pelanggan. Mereka fokus untuk membangun hubungan klien jangka panjang dan pendek, selama mereka bekerja dengan bisnis Anda. Tidak hanya itu, posisi ini menjadi kontak utama yang melayani pelanggan. 

Seorang CSM harus siap jika pelanggan memiliki masalah, pertanyaan, atau masalah yang perlu ditangani. Untuk menyelesaikan masalah, seorang CSM harus memiliki kemampuan melayani dengan ramah, proaktif, mampu bernegosiasi, maupun memberi rekomendasi. 

Perlu Anda ketahui juga,  profesi ini mempunyai peran yang penting, dan hampir semua perusahaan membutuhkan peran ini. Jadi, kalau Anda senang melakukan interaksi sosial, melalui telepon atau bertemu secara langsung,  profesi ini cocok untuk jiwa ekstrovert Anda.

Baca juga :   Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda

5. Perawat 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan perawat ini. Ya, seorang perawat bertugas memberi perawatan medis untuk pasien, baik itu di rumah sakit, klinik dokter, ruang operasi, atau layanan home visit. Perawat memberikan perawatan sesuai dengan spesialisasi yang dimiliki, misalnya perawatan darurat, pediatri, atau persalinan. 

Tidak hanya itu, perawat juga bertugas untuk memberikan obat-obatan, dan memperhatikan keadaan pasien. 

Setiap hari karyawan selalu berinteraksi dengan banyak orang. Mereka selalu berkoordinasi dengan dokter, memberikan perawatan langsung kepada pasien, atau berinteraksi dengan kerabat pasien. Untuk menjadi seorang perawat tidak hanya membutuhkan  pelatihan dan keterampilan medis saja, mereka juga harus mampu menjaga energi mereka untuk menjaga interaksi dengan orang lain. Karena itu, profesi ini cocok untuk seorang ekstrovert yang senang bertemu banyak orang, dengan kemampuan komunikasinya. 

6. Public Relation (PR)

Public relation  adalah profesi yang mengharuskan seseorang berbicara dengan banyak orang. Profesi ini bisa disebut sebagai humas perusahaan yang menjalin hubungan dengan masyarakat maupun rekan bisnis perusahaan. Seorang PR membantu perusahaan untuk menyampaikan citra positif perusahaan. 

Tugas seorang PR biasanya menyebarkan berita atau peristiwa penting perusahaan, melalui kunjungan, konferensi pers, atau posting di media sosial. Karena pekerjaan ini membutuhkan kemampuan komunikasi yang baik, pekerjaan ini cocok untuk seorang ekstrovert. Ya, bila Anda menjalin relasi dengan orang lain, pekerjaan ini cocok untuk Anda. 

7. Human Resource (HR) Manager

HR Manajer adalah pemimpin yang bertanggung jawab untuk semua hal yang berhubungan dengan organisasi perusahaan. Biasanya, HR manager bertanggungjawab untuk mengatur penempatan anggota tim baru, mengelola tunjangan karyawan, dan menciptakan ide-ide untuk menjaga karyawan.

Karena sifat peran mereka, HR manager  harus berinteraksi dengan berbagai macam orang di seluruh organisasi, mulai dari karyawan baru hingga CEO perusahaan. Posisi ini membutuhkan komunikasi yang tinggi untuk terhubung dengan berbagai kepribadian. Karena itu, posisi ini cocok untuk seorang ekstrovert yang bisa menjalin hubungan baik dengan orang lain, maupun beramah tamah. 

Setelah memahami beberapa pekerjaan untuk ekstrovert, apakah Anda sudah menentukan karir Anda? Kalau masih ragu, Anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengkonsultasikan karir Anda melalui komunitas My Robin. Di sana Anda bisa berdiskusi tentang karir bersama para pencari kerja lainnya. Yuk, gabung sekarang di sini!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!