New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Wajib Tahu! Ini Dia 6+ Tips Membuat Penutup Presentasi Yang Menarik

tips membuat penutup presentasi yang menarik

Melakukan presentasi biasanya sering dilakukan hampir semua orang untuk kepentingan tertentu atau suatu upaya yang bertujuan untuk menyampaikan beberapa topik yang akan dikomunikasikan melalui media slide atau penampilan saat presentasi dimulai. Dalam hal ini, diperlukan beberapa persiapan yang baik dalam melakukan presentasi hingga akhir penutupan yang dapat memberikan kesan yang menarik atau memukau. 

Lalu, bagaimanakah contoh penutup presentasi yang menarik sehingga dapat memukau para audiens yang telah memperhatikan? Yuk, kita bahas selengkapnya melalui artikel di bawah ini.

Baca Juga : 10+ Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi untuk Perkembangan Karir

Tips Mudah Membuat Penutup Presentasi Yang Menarik

Kali ini sobat MyRobin akan mengetahui serta memahami langsung bagaimana langkah-langkah atau cara membuat penutupan presentasi melalui tips yang akan kami jelaskan dibawah ini. Yuk, kita simak bersama-sama!

1. Persiapkan Ringkasan Materi Dengan Baik

Melalui presentasi ini, sobat MyRobin diharuskan sudah mempersiapkan beberapa ringkasan materi yang akan disampaikan melalui penampilan presentasi yang terbaik hingga akhir dari bagian presentasi yang telah dipaparkan sebelumnya oleh pemateri kepada audiens.

Disaat anda memasuki bagian akhir dari presentasi yang telah anda susun dan anda siapkan, berikan kesimpulan yang tidak terlalu panjang serta memiliki bobot kesan yang sangat memukau hingga para audiens dapat langsung mengerti bagaimana materi ini telah disampaikan sedemikian rupa oleh sobat MyRobin.

Dengan melakukan ringkasan ini pada sesi akhir dari sebuah presentasi, anda akan lebih mudah dengan menyampaikan beberapa point penting yang akan dikomunikasikan oleh anda sebagai pemateri.

2. Perhatikan Penggunaan CTA atau Call To Action

Persiapkan beberapa kalimat atau kata yang mengandung beberapa bagian penting dari komponen CTA atau Call To Action. Hal ini sangat amat berguna sebagaimana memberikan feedback atau umpan balik dari beberapa audiens yang telah mendengarkan serta mengikuti presentasi anda sedari awal hingga bagian akhir sebuah penutupan. 

Penggunaan CTA ini harus anda betul-betul anda pahami letak, waktu, serta kalimat yang dapat memaksimalkan point dari materi yang telah anda sampaikan sejak awal. Hal ini terbukti sangat efisien untuk memaksimalkan serta mensukseskan kegiatan presentasi pada  bagian akhir atau ujung dari sebuah presentasi. Para audiens yang telah mengikuti presentasi anda akan melakukan beberapa atau sebuah tindakan tertentu akibat pengaruh dari CTA yang telah anda gunakan.

Beberapa contoh kalimat atau kata yang dapat anda gunakan, sebagai berikut :

  1. Hanya dengan mengaktifkan aplikasi ini anda akan mendapatkan beberapa kemudahan dan segudang manfaat hanya dengan sekali genggam melalui smartphone anda tanpa perlu mengantri panjang. Ayo, download sekarang!
  1. 1 langkah atau bantuan sederhana bagi bapak dan ibu kepada organisasi atau perusahaan kami akan sangat bermakna besar bagi beberapa fakir miskin yang membutuhkan pertolongan diluar sana. Ayo, ulurkan tangan mulia-mu dengan menjadi donatur kami melalui aplikasi XX.

Itulah contoh sebagaimana tujuan dari CTA ini harus betul-betul memberikan kelengkapan informasi serta tujuan yang jelas atau spesifik, agar terciptanya suatu tindakan nyata dari beberapa audiens yang mendengar serta memperhatikan anda.

Baca Juga : 10 Soft Skill Penunjang Karir yang Harus Kamu Kuasai

3. Jangan Menggunakan Mode QnA Di Akhir 

Hal ini sering terjadi di beberapa orang pada saat memasuki bagian akhir dari sebuah presentasi yang telah mereka tampilkan. Biasakan untuk anda untuk menyelesaikan sesi pertanyaan pada sesi khusus untuk bertanya, hal ini agar audiens terfokus hingga memahami serta mengetahui beberapa hal yang belum mereka mengerti. 

Jadikanlah bagian akhir dari  sebuah presentasi anda menarik dari segi kesimpulan yang telah anda ringkas berdasarkan point-point yang telah anda paparkan di sesi awal penampilan atau melalui slide di dalam media pendukung lainnya.

4. Perhatikan Penggunaan Waktu

Memasuki bagian akhir tugas anda sebagai pemateri memanglah hal yang menyenangkan serta kebanyakan dari orang merasa ingin cepat-cepat selesai hingga terasa tidak fokus pada penyampaian kesimpulan yang telah diringkas. 

Oleh karena itu, diperlukan penggunaan waktu yang baik atau manajemen pembagian waktu di saat sesi akhir presentasi berlangsung. 

Sobat MyRobin juga perlu mengingat bahwa sesi penutupan presentasi yang menarik itu harus pas dari segi penyampaian hingga waktu, seperti tidak boleh kecepatan atau terlalu mengulur waktu hingga para audiens menjadi sangat bosan atau merasa monoton.

Baca Juga: Simak, Ini Tips Manajemen Waktu Agar Kerja Kamu Jadi Makin Produktif!

5. Ciptakan Suasana Humoris

Sebagai seorang pemapar materi pada saat presentasi berlangsung, anda harus memberikan beberapa tampilan yang menarik dan mengundang para audiens untuk dapat dengan nyaman mendengarkan setiap sesi materi yang disampaikan oleh anda. 

Maka, sobat MyRobin dapat memberikan sisi humoris di beberapa sisi hingga akhir penutupan sebuah presentasi. Dengan ini akan sangat membantu anda dalam mencairkan suasana para audiens hingga mereka akan merasa bahwa tidak ada tembok pembatas antar pemateri serta audiens pada saat presentasi berlangsung.

Manfaat lain yaitu, audiens saat presentasi berlangsung cenderung lebih santai tapi tetap fokus kepada bahasan yang ingin anda sampaikan hingga penghujung bagian akhir dari sebuah presentasi dan hal ini meminimalisir kekakuan sampai monotonnya suatu presentasi yang sobat MyRobin laksanakan.

Baca Juga: Pentingnya Feedback Positif dan Bagaimana Cara Menyampaikannya

6.  Tampilkan Media Gambar Hingga Meme Lucu

Penutupan presentasi yang menarik bisa anda lakukan dengan menyisipkan beberapa bagian gambar penutup yang menarik bagi para audiens, ini akan menciptakan kedekatan yang baik antar pemateri serta audiens yang telah memperhatikan sejak awal penampilan.

Penggunaan gambar hingga meme lucu akan sangat berguna atau bermanfaat bagi anda dalam menyisipkan kutipan akhir materi sesi yang telah disampaikan agar para audiens dapat dengan mudah mengingatnya. 

Nah, itu dia merupakan beberapa rahasia dari penutupan presentasi yang dapat memukau para audiens anda. Semoga dapat membantu sobat MyRobin dalam melakukan presentasi ke depan.

Jika Anda sedang mencari pekerjaan, MyRobin Super App adalah platform yang sangat sesuai untuk Anda dalam menemukan peluang pekerjaan terbaik di Indonesia. Di sana, Anda memiliki kesempatan untuk memilih dan mengajukan lamaran pekerjaan yang Anda inginkan loh. Jadi, tunggu apalagi? Segera unduh MyRobin Super App sekarang juga!

Selanjutnya,  jika anda tertarik dengan seputar tips dan trik terkait dunia para pekerja, bisnis, hingga segala informasi tentang HRD, anda dapat langsung mengunjungi blog kami disini.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID