New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

15 Hard Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2023

Hard Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2023

Jika saat ini kamu sedang mencari kerja, dan ingin segera mendapatkan pekerjaan impian, maka salah satu kuncinya adalah melatih  soft skill dan hard skill yang diprediksi akan dibutuhkan oleh berbagai industri tahun 2023.

Hard skill dapat diartikan sebagai kemampuan praktis dan spesifik yang dapat dicapai melalui pengalaman dan pelatihan formal, seperti mengoperasikan software, mengetik dengan cepat, dan lain sebagainya. Hard skill dapat ditemukan dan dicantumkan dalam riwayat pekerjaan dan pendidikan seseorang.

Memiliki hard skill yang mumpuni dapat mempermudah kamu melakukan pekerjaan, karena hard skill dapat menunjang pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Selain itu hard skill memiliki banyak fungsi lain, salah satunya adalah untuk menunjukan kualifikasi dan kredibilitas kamu dalam melakukan suatu pekerjaan.

Setiap tahun, standar perusahaan dan persaingan dalam melamar suatu posisi semakin kompetitif, karena itu berikut ini akan kami sajikan 15 hard skill yang diprediksi dapat membantu kamu dalam mendapatkan pekerjaan karena banyak dibutuhkan perusahaan di tahun 2023. Yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Memiliki Kemampuan Dalam Mengoperasikan Komputer

Hard skill yang pertama adalah kemampuan mengoperasikan komputer, seperti keahlian dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak pada komputer. Contohnya adalah menjalankan program, membuat dokumen, dan melakukan tugas-tugas komputasi lainnya.

Skill ini juga termasuk keterampilan dasar seperti mengetik, menavigasi antar aplikasi, dan menggunakan peralatan input seperti mouse dan keyboard.

Aplikasi atau program yang wajib dikuasai adalah Microsoft Office, seperti Word, Excel, Powerpoint, Outlook, dan lain sebagainya.

Nah kabar baiknya, untuk kamu yang berminat untuk mempelajari Microsoft Office lebih jauh lagi, MyRobin menyediakan pelatihan-pelatihannya nih yang bisa kamu cek di MyRobin Academy!

2. Memiliki Kemampuan Marketing dan Sales Promosi

Hard skill yang saat ini sedang banyak dibutuhkan perusahaan adalah marketing skills atau kemampuan marketing. Kemampuan ini mencakup banyak pengetahuan mengenai sales, periklanan, riset audiens, riset pasar dan penguasaan channel pemasaran baik offline dan online.

Selain itu kemampuan marketing dan sales tidak hanya terbatas pada itu, seorang sales atau marketing juga dituntut untuk dapat membuat laporan dan analisis, serta memahami statistik data dengan baik.

Tidak jarang juga seorang marketing dituntut untuk memiliki kemampuan desain di tingkat dasar dengan menggunakan canva.

Secara ringkasnya, berikut adalah beberapa marketing skill yang sebaiknya kamu kuasai:

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Search Engine Marketing (SEM)
  • Social Media Marketing
  • Campaign Management
  • Content Creation dan Storytelling
  • Cold Calling dan Warm Calling

3. Memiliki Kemampuan untuk Mendesain

Kemampuan mendesain merupakan keahlian untuk menciptakan dan menampilkan ide-ide melalui gambar atau media digital menggunakan software desain grafis seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dan InDesign, ataupun dengan menggunakan tangan kosong.

Kemampuan ini diperlukan dalam berbagai bidang seperti iklan, arsitektur, fashion, dan produk, serta dapat diperoleh melalui pelatihan dan pengalaman.

Berikut ini beberapa tools yang harus kamu kuasai:

  • Photoshop
  • Illustrator
  • Figma
  • InDesign
  • Corel Draw

4. Memiliki Kemampuan Teknik Menulis

Writing skill atau kemampuan teknik menulis adalah kemampuan seseorang untuk menyusun kata, frasa, dan kalimat secara efektif dan menyampaikan ide dan informasi melalui tulisan.

Skill ini juga mencakup kemampuan gramatikal, tata bahasa, penggunaan vocab yang tepat, serta kemampuan membuat alur dan struktur tulisan yang baik untuk menyampaikan ide dan pesan secara jelas dan persuasif.

Writing skill dapat menjadi value yang sangat kuat untuk kamu yang berminat menjadi penulis seperti jurnalis, content writer, script writer, dan lain sebagainya.

Kami juga menyediakan artikel rekomendasi pekerjaan untuk Anda yang suka menulis, yang dapat Anda baca di sini

 secara singkat, hard skill yang harus Anda miliki berkaitan dengan writing skill yaitu:

  • Email Writing
  • Storytelling
  • Copywriting
  • Presentation Writing
  • Business Writing Report

5. Memiliki Kemampuan Data Analytics

Data analytics adalah kemampuan memproses, menganalisis, dan memahami data untuk membuat kesimpulan dan mengambil tindakan yang tepat.

Ini termasuk kemampuan untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang berbeda, membersihkan dan menyusun data, menganalisis data dengan menggunakan metode statistik dan algoritma, serta mempresentasikan hasil analisis secara efektif.

Kemampuan data analytics juga meliputi kemampuan untuk memahami dan mengaplikasikan teknologi data dan software analitik seperti spreadsheets, database, dan visualisasi data.

Kemampuan ini sangat dibutuhkan perusahaan untuk mencari insight yang diperlukan untuk mengambil keputusan dan strategi bisnis.

Berikut adalah beberapa tools yang wajib kamu ketahui untuk mendukung pengerjaan data analytics atau analisis data:

  • – Tableau
  • – Domo
  • – Looker
  • – Sisense
  • – Talend
  • – SPSS

Selain itu tools-tools ini merupakan tools yang umumnya digunakan oleh perusahaan dalam menganalisis data.

Setelah membaca mengenai data analytics, mungkin kamu tertarik untuk membaca artikel terkait, yakni data science.

6. Memiliki Kemampuan Dalam Melakukan Riset

Research skill adalah kemampuan menemukan, menganalisis, dan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah melalui penelitian yang direncanakan dan dilaksanakan secara efektif dengan sumber informasi yang valid dan relevan.

Kemampuan ini dibutuhkan perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti misalnya menemukan posisi perusahaan dalam suatu pasar (market research), menganalisis kompetitor, menganalisis audiens, membuat buyer persona, dan lain sebagainya.

7. Memiliki Kemampuan Berbahasa Asing

Kemampuan berbahasa asing, atau language proficiency adalah kemampuan menggunakan bahasa asing secara efektif dan tepat dalam berbagai situasi dan budaya.

Memiliki kemampuan berbahasa asing, khususnya bahasa inggris memiliki banyak manfaat. Tidak hanya bermanfaat dalam dunia kerja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain itu, ketika kamu bekerja menggunakan tools sebagai penunjang dalam pekerjaan, maka kamu juga akan membutuhkan kemampuan berbahasa inggris. Jadi, sangat banyak manfaat menguasai bahasa asing kan?

Saat ini banyak kursus yang menyediakan layanan pengajaran bahasa asing, bahkan secara privat. Selain itu kamu juga bisa mempelajarinya sendiri lewat Youtube, Udemy, dan situs lainnya.

8. Memiliki Kemampuan Dalam Menggunakan Sosial Media

Kemampuan mengoperasikan dan memahami cara kerja dari sosial media menjadi salah satu kemampuan yang wajib dimiliki saat ini.

Kemampuan menggunakan sosial media sangat dibutuhkan di perusahaan pada divisi bagian marketing dan sales, dengan menggunakan sosial media sebagai salah satu strategi pemasaran yang digunakan oleh perusahaan. 

Selain itu kemampuan menggunakan sosial media juga memiliki manfaat lain seperti menjaga dan memelihara jaringan profesional, mendapatkan informasi untuk terus belajar, dan update dengan tren terkini, dan lain sebagainya.

Sosial media skill saat ini erat kaitannya dengan social media marketing. Baca lebih lanjut mengenai social media marketing di sini!

9. Memiliki Kemampuan Komunikasi yang Baik

Perusahaan membutuhkan pekerja dengan kemampuan komunikasi yang baik untuk berperan sebagai wakil perusahaan dalam sebuah acara atau event..  Kemampuan komunikasi sangat penting bagi kesuksesan karir karena mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dan bekerja sama dengan rekan kerja, pelanggan, dan atasan.

Selain itu ada beberapa manfaat lain dari memiliki kemampuan komunikasi yang baik, yaitu:

  • Mempermudah penyampaian ide dan tugas
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Membantu pemecahan masalah
  • Dan lain sebagainya

Beberapa skill penting yang dibutuhkan untuk mendukung kemampuan berkomunikasi yang baik antara lain:

  • Memiliki kemampuan dalam menguasai bahasa asing
  • Kemampuan writing yang baik
  • Kemampuan public relations
  • Kemampuan menyusun komunikasi digital bagi perusahaan

10. Memiliki Kemampuan Dalam Membuat Video

Video saat ini menjadi salah satu konten yang paling banyak dikonsumsi orang-orang. Dengan banyaknya pengguna yang menikmati video, akan menjadi sumber traffic bagi sosial media. Oleh karena itu kamu harus bisa membuat video yang menarik perhatian orang banyak.

Video juga dapat membantu mengkomunikasikan informasi dan pesan dengan cara yang visual dan interaktif, membuat informasi lebih menarik dan mudah dipahami.

Selain itu video juga dapat membantu memperkuat branding dan promosi produk/jasa, serta menyediakan platform kreatif untuk mengekspresikan ide dan pesan. Oleh karena itu, kemampuan menciptakan dan membuat video sangat penting bagi banyak profesi dan industri.

Berikut beberapa aplikasi populer untuk membuat video:

  1. Adobe Premiere Pro
  2. Final Cut Pro X
  3. iMovie
  4. DaVinci Resolve
  5. Filmora

11. Memiliki Keahlian dalam Bahasa Pemrograman

Banyak profesi dan industri, terutama dalam bidang teknologi, membutuhkan keahlian coding. Kemampuan untuk memahami dan menulis kode membantu memecahkan permasalahan teknis dan mempermudah kerja sama dengan tim teknis.

Selain itu, kemampuan ini juga membantu seseorang untuk menyesuaikan diri dan terus belajar, serta menawarkan kesempatan karir dan gaji atau salary yang lebih baik. Oleh karena itu, memiliki kemampuan coding dapat berkontribusi terhadap keberhasilan karir seseorang, terutama di era digital ini.  

Adapun skill bahasa pemrograman yang banyak dibutuhkan antara lain:

  • Java
  • C++
  • PHP
  • HTML 
  • CSS

12. Memiliki Kemampuan Pikiran yang Kreatif dan Inovatif

Dalam dunia kerja nantinya, kamu mungkin akan dihadapkan pada situasi yang menuntut kamu untuk mencari solusi tepat dan cepat dengan cara yang kreatif dan inovatif.

Pikiran kreatif dan inovatif membantu menghasilkan solusi yang unik dan efektif untuk mengatasi masalah dan tantangan baru.

Dalam bisnis, pikiran kreatif dan inovatif bisa membantu mengarahkan pertumbuhan dan peningkatan bisnis. Hal ini membuat individu lebih menonjol dan memiliki kelebihan dibandingkan orang lain, sehingga membantu mereka bersaing. Oleh karena itu, pikiran kreatif dan inovatif sangat penting untuk dimiliki.

Biasakan diri untuk berpikir out of the box demi mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi.

13. Memiliki Kemampuan Administrasi

Kemampuan administrasi adalah kemampuan untuk mengelola dan mengatur tugas, proyek, dan aktivitas dengan efektif dan efisien. Dengan memiliki kemampuan administrasi, akan membantu kamu dalam mengelola pekerjaan yang kamu lakukan bisa terselesaikan dengan baik, rapi, sistematis, maupun terorganisir.

Selain itu kemampuan administrasi sangat penting untuk banyak profesi, terutama bagi mereka yang bertanggung jawab atas pengelolaan tugas dan proyek.

Beberapa skill yang masuk ke dalam administrasi antara lain:

  • Pengelolaan data
  • Penyimpanan data
  • Perencanaan Kegiatan
  • Pembuatan Laporan

14. Memiliki Kemampuan Cloud Computing

Perkembangan zaman yang semakin maju, membuat perusahaan merubah cara mereka dalam menyimpan data dan beralih menggunakan server dan cloud computing.

Cloud computing adalah sistem pengkomputasian di mana data, aplikasi, dan infrastruktur teknologi informasi tersedia sebagai layanan via internet, tanpa memiliki perangkat keras sendiri untuk memberikan memberikan fleksibilitas, skalabilitas, dan biaya yang lebih rendah dengan membayar hanya untuk layanan yang digunakan dan mengubah sumber daya sesuai kebutuhan.

Beberapa keterampilan dalam cloud computing yang sangat dibutuhkan saat ini antara lain:

  • Microsoft Azure
  • Docker DevOps
  • Kubernetes
  • Cybersecurity

15. Memiliki Kemampuan dalam Membuat Network Structure dan Security

Kemampuan dalam membuat Network Structure dan Security semakin dibutuhkan karena  keamanan data menjadi prioritas utama perusahaan, agar data yang disimpan dapat terjaga dengan baik.

Beberapa keterampilan dalam network structure dan security antara lain:

  • Membuat algoritma enkripsi
  • Membuat Risk Management
  • Membuat firewall virtual yang berbasis host

Nah, itulah 15 hard skill yang sangat dibutuhkan dunia kerja saat ini. Kamu yang saat ini sedang mencari kerja, perlu untuk menguasai beberapa hard skill diatas, supaya membuatmu memiliki value di mata recruiter.

Jika Anda sedang mencari lowongan pekerjaan, Anda dapat mengunduh MyRobin Super App. Di sana Anda dapat memilih dan melamar pekerjaan yang Anda inginkan. Tunggu Apalagi? Unduh MyRobin Super App sekarang juga!

Buat kamu yang menyukai konten- konten pengembangan diri seperti ini, yuk kunjungi Blog MyRobin! Disana kamu akan menemukan berbagai konten lainnya yang akan membantu kamu dalam meningkatkan value dan kemampuan dirimu.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!