Jurusan Sastra Tidak Harus Jadi Sastrawan! Berikut 20 Prospek Kerja Jurusan Sastra

Prospek Kerja Jurusan Sastra

Setelah lulus kuliah, langkah selanjutnya adalah mencari pekerjaan sesuai dengan jurusan yang Anda tekuni di perkuliahan. Dengan gelar sarjana humaniora, Anda memiliki berbagai macam pekerjaan yang dapat Anda pilih setelah lulus di semua sektor lapangan kerja.

Dengan gelar ini, Anda kemungkinan besar akan menjadi ahli dalam keterampilan yang sangat dicari seperti melakukan penelitian, kemampuan membaca teks, menganalisa kata-kata tertulis dan berkomunikasi secara efektif, dan penting untuk mempelajari pilihan karir Anda sehingga Anda dapat menemukan yang paling sesuai dengan keterampilan Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas pekerjaan potensial bagi lulusan yang telah mendapatkan gelar sarjana sastra untuk membantu Anda mengeksplorasi pilihan Anda.

Jenis pekerjaan apa yang harus dicari oleh jurusan sastra bahasa?

Setelah bertahun-tahun membaca sastra, menganalisis teks untuk mencari makna dan menarik kesimpulan dalam tulisan Anda sendiri, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara terbaik untuk menerapkan pengetahuan Anda di tempat kerja. Meskipun pekerjaan yang Anda lakukan setelah lulus mungkin tidak terlihat persis sama dengan saat Anda belajar, Anda pasti akan menggunakan skill yang telah Anda pelajari dalam pekerjaan Anda di masa depan.

Selama mengikuti program sastra, Anda mungkin akan menjadi ahli dalam segala hal tentang penulisan dan retorika. Sebagian besar mahasiswa jurusan sastra juga berpengalaman dalam hal mengekspresikan pemikiran mereka dan berkomunikasi secara efektif. Membaca secara analitis, berpikir kritis dan berkomunikasi dengan jelas adalah kemahiran dasar yang dapat membantu Anda mengejar pekerjaan di berbagai bidang, seperti publishing, media dan jurnalisme, akademisi, hukum dan marketing dan public relation.

20 Karir yang Dapat Anda Kejar dengan Gelar Sarjana Sastra

Jika Anda lelah dengan pertanyaan-pertanyaan lama yang sama dari kerabat Anda (misalnya: “Apakah Anda akan menjadi guru?” dan “Apa yang sebenarnya bisa Anda lakukan dengan gelar sarjana sastra?”) dan Anda masih belum yakin dengan profesi apa yang akan Anda pilih setelah lulus kuliah, Berikut adalah 20 karir yang dapat Anda kejar dengan gelar sarjana sastra!

Guru

Meskipun mengajar jelas bukan satu-satunya pilihan karir bagi lulusan sastra bahasa, ini adalah jalur yang layak dan paling banyak dipilih oleh banyak orang. Namun, mengajar tidak hanya satu sektor; misalnya, Anda dapat bekerja dengan anak-anak sebagai guru sekolah dasar atau dengan remaja sebagai guru sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah atas. Atau, Anda dapat mengajar bahasa yang ada pelajari untuk orang-orang yang ingin mempelajari bahasa tersebut atau berkeliling dunia sambil mengajar.

Jurnalis

Jurnalis melaporkan berita, seperti politik nasional dan peristiwa lokal, dan memainkan peran penting dalam membantu masyarakat untuk tetap mendapatkan informasi. Para profesional ini meneliti, menyelidiki, dan mengumpulkan informasi yang dapat mereka gunakan dalam berita mereka.

Selain itu, jurnalis juga bertanggung jawab untuk melakukan wawancara, menjaga relasi yang penting, dan memverifikasi pernyataan dan fakta. Memiliki latar belakang di jurusan sastra dapat membantu Anda menjalankan tanggung jawab utama, termasuk menulis dan menyajikan cerita dalam format yang kohesif.

Freelance Writer

Freelance writer menghasilkan tulisan untuk majalah, koran, broadcast news, jurnal, dan buku. Mereka memiliki kebebasan untuk berpindah dari satu projek ke projek lainnya dan dapat berperan sebagai kreator di berbagai bidang. Pekerjaan ini sangat menarik bagi mahasiswa jurusan sastra bahasa yang telah banyak berlatih menulis narasi yang menarik dan teks informasi yang sukses.

Asisten editorial

Asisten editorial bekerja dalam posisi editorial dan administratif. Mereka memberikan bantuan langsung kepada editor koran, majalah, dan publikasi lain dengan menerima telepon, menjalankan tugas, melakukan penelitian, dan melakukan tugas-tugas lain sesuai kebutuhan. Lebih lanjut, asisten editorial melayani publikasi dengan memverifikasi fakta, mengoreksi tata bahasa dan tanda baca, berkomunikasi dengan penulis dan memilih konten untuk publikasi. Perhatian terhadap detail dan keterampilan komunikasi yang efektif dari jurusan sastra bahasa akan berguna dalam pekerjaan ini.

Interpreter (Penerjemah)

Interpreter(Penerjemah) memfasilitasi komunikasi antara dua pihak atau lebih yang berbicara dalam bahasa yang berbeda. Mereka melakukan ini dengan menerjemahkan dan mengkomunikasikan kembali kedua belah pihak dalam percakapan tertentu.

Penerjemah dapat bekerja di berbagai macam perusahaan, termasuk sekolah, pemerintah, perusahaan swasta, dan rumah sakit. Meskipun penerjemah harus menguasai lebih dari satu bahasa, mahasiswa jurusan sastra bahasa yang menguasai dua bahasa atau tiga bahasa dapat menggunakan kemampuan komunikasi yang sangat baik dalam pekerjaan ini.

Social media manager

Social media manager bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengimplementasikan strategi digital marketing yang efektif di berbagai channel sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Mereka menulis dan berbagi cerita yang menarik di platform untuk meningkatkan engagement dari user dan subscriber. Seorang social media manager dapat bekerja di berbagai bidang yang berbeda, termasuk bisnis, pendidikan dan sektor nonprofit. Jurusan sastra bahasa dapat dengan mudah menerapkan kemampuan menulis mereka dalam posisi ini.

Copy editor

Copy editor merevisi materi tertulis agar lebih mudah dibaca, dan mereka dapat bekerja di berbagai bidang, seperti jurnalisme, marketing, akademisi, dan advertising. Dengan menggunakan pengetahuan mereka tentang tata bahasa dan gaya penulisan, editor bertanggung jawab untuk mengoreksi teks untuk menjamin naskah yang bebas dari kesalahan. Mereka dapat mengedit buku, website, jurnal, artikel, dan lainnya.

Paralegal

Paralegal adalah pendukung pengacara dengan menyusun dokumen, mengelola file, membuat sistem administrasi, melakukan penelitian dan memanggil saksi hukum. Sering disebut sebagai asisten hukum, paralegal melakukan penelitian, menulis dokumen hukum dan berkolaborasi dengan rekan-rekan mereka untuk memperlancar kasus hukum klien.

Lexicographer

Sebagai lulusan sastra bahasa, Anda akan memahami dampak yang dapat ditimbulkan oleh satu kata terhadap sebuah teks, pidato atau percakapan. Leksikografer meneliti kata-kata baru dan bertanggung jawab untuk memelihara dan menyusun kamus.

Seiring berjalannya waktu, ekspresi baru menjadi bagian dari pembicaraan umum, Lexicography memastikan bahwa asal-usul, penggunaan, dan makna kata-kata ini didokumentasikan.

Di antara tugas-tugas mereka yang lain, Lexicographer adalah orang-orang yang mendefinisikan kata-kata baru, memastikan bahwa deskripsi mereka akurat dan aktual. Keseharian seorang Lexicographer adalah bekerja di kantor, meneliti, mengedit, dan mengoreksi materi.

Advertising account executive

Advertising account executive berfungsi sebagai penghubung antara klien dan tim kreatif. Mereka adalah komunikator hebat yang memainkan peran penting dalam menciptakan kampanye marketing yang sukses.

Account executive menyampaikan pesan di antara para kolaborator dan bekerja untuk memastikan tujuan klien tercapai. Meskipun pekerjaan di sektor bisnis mungkin bukan pilihan yang jelas untuk jurusan liberal arts, jurusan sastra bahasa biasanya memiliki skill komunikasi lisan dan tulisan yang diperlukan untuk posisi ini.

Konsultan pendidikan

Konsultan pendidikan adalah penasihat akademik yang bekerja di lingkungan K-12. Mereka memberikan bimbingan kepada siswa dan orang tua tentang kurikulum akademik sekolah, sumber daya yang direkomendasikan, dan peluang pendidikan.

Pekerjaan ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin terlibat dalam dunia pendidikan tanpa harus bertanggung jawab di dalam kelas. Seperti halnya jurusan sastra bahasa, konsultan pendidikan harus terorganisir, komunikator yang berorientasi pada detail dan memiliki hasrat untuk mendukung pendidikan yang berkelanjutan.

Technical writer

Technical writer membuat dan menyederhanakan dokumen teknis, seperti instruksi, manual, panduan, dan artikel jurnal, untuk membantu para profesional non-teknis dengan mudah memahami materi tertulis. Seorang technical writer menggunakan keahlian analitis untuk mengambil materi yang rumit dan penuh dengan istilah-istilah dan menerjemahkannya ke dalam bahasa yang lebih mudah dipahami. Mereka biasanya bekerja di bidang teknologi atau teknik di mana mereka dapat membantu mengelola arus informasi.

Penerbit

Penerbit bekerja untuk perusahaan penerbitan yang memproduksi buku, majalah, koran, dan bahkan kartu ucapan. Penerbit menerapkan kebijakan, menyetujui akuisisi projek, memantau pengeluaran, dan membuat keputusan bisnis yang lebih besar. Mereka bekerja berdampingan dengan tim kreatif untuk memasarkan materi yang diterbitkan. Mahasiswa jurusan sastra mungkin akan senang bekerja di bidang ini karena berhubungan langsung dengan produksi teks tertulis, dan sastra pada khususnya.

Pustakawan

Pustakawan adalah seorang profesional yang membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka butuhkan di perpustakaan atau di internet. Pustakawan bekerja di sekolah, perguruan tinggi dan lembaga penelitian lainnya, di mana mereka memelihara sistem perpustakaan dan mengelola buku dan media lainnya. Mahasiswa jurusan sastra yang memiliki kemampuan organisasi, interpersonal dan analitis yang baik dapat bekerja sebagai pustakawan.

Public relations

Public Relations adalah para profesional yang merencanakan dan mengarahkan pembuatan informasi yang dapat mempertahankan atau meningkatkan citra publik suatu perusahaan. Tanggung jawab utama mereka termasuk merancang dan mengkaji berbagai materi komunikasi, merencanakan strategi, memantau kemajuan klien dan melakukan analisis brand. Sebagai profesional hubungan masyarakat, mahasiswa jurusan sastra dapat mengasah kemampuan kreatif dan komunikatif mereka.

Content manager

Content manager mengawasi perkembangan, pembuatan, dan distribusi strategis isi konten pesan untuk berbagai audiens. Mereka bekerja dengan klien dan materi iklan untuk membantu mencapai tujuan penyampaian pesan spesifik suatu organisasi. Content manager biasanya bekerja di ranah digital, namun mereka juga dapat bekerja di media cetak. Karena content manager harus berorientasi pada detail dan memahami cara kerja penceritaan, mahasiswa jurusan sastra dengan bakat kreatif dapat menjadi kandidat yang cocok untuk pekerjaan ini.

Copywriter

Copywriter bekerja di berbagai bidang untuk membuat teks yang original dan menarik perhatian berdasarkan instruksi klien. Ini adalah pekerjaan kreatif yang dapat dinikmati oleh mahasiswa jurusan sastra karena tanggung jawabnya dalam menulis, membaca, dan memeriksa. Copywriter sering bekerja di bidang periklanan, menulis slogan, musik pendek, naskah, blog, dan banyak lagi.

Manajemen arsip

Manajemen arsip bekerja di berbagai bidang untuk mengembangkan departemen arsip perusahaan dan mengamankan sistem manajemen informasi. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola penyimpanan, pencadangan, pemeliharaan, reproduksi, dan penempatan semua catatan. Karena kemampuan mengorganisir mereka, mahasiswa jurusan sastra dapat menjadi kandidat yang baik untuk pekerjaan ini.

Admin

Administrator sangat penting di setiap perusahaan, posisi ini membutuhkan kemampuan manajemen, kepemimpinan, dan komunikasi yang sangat baik. Tugas Anda akan melibatkan menjawab panggilan telepon dan email, berhubungan dengan klien dan staf lainnya, mengatur janji temu, serta mengelola anggaran departemen. Jika Anda senang bekerja di lingkungan kantor yang serba cepat, tetapi juga aspek interpersonal yang terlibat dalam posisi yang berhadapan langsung, ini bisa menjadi jalur karir yang tepat.

Marketing Manager

Marketing manager menangani pengelolaan kesadaran brand dan promosi. Mereka dapat bekerja di berbagai bidang, tetapi biasanya bekerja di sektor bisnis untuk menarik lebih banyak pelanggan dan mendorong mereka untuk terlibat dengan suatu brand. Banyak marketing manager bekerja dalam posisi sebagai supervisor yang mengelola staf lainnya. Mahasiswa jurusan sastra yang memiliki pengalaman menulis, memecahkan masalah, dan berkolaborasi dalam projek kreatif dapat bekerja sebagai marketing manager.

Apakah Anda sudah mengetahui jalur karir yang ingin Anda lakukan atau Anda masih ragu-ragu? jangan khawatir, Anda masih punya waktu. Anda bisa mencoba berbagai macam profesi di berbagai industri, mendapatkan skill baru dan membangun pengalaman kerja sebelum memulai perjalanan karir yang lebih matang.

Berikut ini adalah tips kecil: gunakan waktu ini untuk memperluas koneksi profesional Anda, mengembangkan portofolio Anda, menjelajahi area yang benar-benar Anda suka dan juga meningkatkan skill anda dengan MyRobin Academy. Manakah dari prospek karir-karir tersebut yang Anda minati?
Temukan informasi relevan seputar bisnis, karir, dan HRD, dan informasi-informasi menarik lainnya di Blog MyRobin.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!