5+ Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa Paling Mudah Dikerjakan

Pekerjaaan Sampingan untuk Mahasiswa

Biasanya, para mahasiswa memiliki banyak waktu luang selain melakukan kegiatan perkuliahan. Salah satunya adalah dengan melakukan pekerjaan sampingan untuk mahasiswa. Tentunya, mahasiswa dapat mengambil jenis pekerjaan yang tidak akan mengganggu proses studinya.

Perlu diketahui bahwa jam kegiatan belajar kuliah dengan waktu SMA sangatlah berbeda. Di bangku kuliah, jam belajar akan disesuaikan dengan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang diambil.

Hal ini membuat jam kuliah terkesan lebih fleksibel, dibandingkan dengan jam SMA yang lebih full day. Oleh sebab itu, mahasiswa memiliki banyak waktu luang untuk melakukan kegiatan lain, salah satunya pekerjaan sampingan.

Rekomendasi Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Ada banyak usaha sampingan yang bisa dilakukan untuk mahasiswa. Sebagian dari pekerjaan sampingan itu bisa Anda lakukan tanpa modal dan mengandalkan skill atau kemampuan yang dimiliki. Tentu saja, dari pekerjaan tersebut, Anda akan mendapatkan cuan yang cocok untuk menambah uang jajan.

Berikut ini merupakan beberapa pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan untuk mahasiswa tanpa ada modal sekalipun, yaitu:

Guru Privat atau Bimbel

Bagi Anda yang kuliah di jurusan pendidikan, maka bisa mencoba untuk mengajar sebagai guru privat maupun bimbel. Pasalnya, pekerjaan sampingan menjadi guru privat atau bimbel dapat diatur jadwalnya sesuai dengan kegiatan perkuliahan.

Tentunya, ada beberapa cara yang harus Anda lakukan untuk menjadi seorang guru privat maupun bimbel. Salah satunya adalah mendaftar melalui lembaga bimbel atau membuka bimbel privat sendiri.

Biasanya, para siswa membutuhkan guru bimbel untuk mata pelajaran umum maupun olimpiade. Selain para mahasiswa jurusan pendidikan, bagi Anda yang memiliki skill mengajar dan menguasai mata pelajaran tertentu juga bisa menjadi guru bimbel, lho.

Penerjemah

Pekerjaan sampingan untuk para mahasiswa yang bisa dilakukan tanpa modal berikutnya adalah menjadi seorang penerjemah. Pekerjaan ini cocok sekali bagi Anda yang menguasai bahasa asing, misalnya bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab dan lainnya.

Umumnya, kebanyakan orang membutuhkan penerjemah untuk menerjemahkan dokumen sampai teks abstrak penelitian. Tentunya, gaji yang akan Anda dapatkan pun lumayan besar, bahkan bisa disimpan sebagai tabungan.

Nah, untuk membuka usaha sampingan sebagai penerjemah ini, Anda bisa bergabung dengan beragam situs freelancer, kemudian sertakan portofolio yang Anda miliki.

Penulis Freelance

Penulis lepas alias freelance ini cocok dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang memiliki skill pada bidang tulis menulis. Menariknya, pekerjaan ini akan membuat wawasan semakin bertambah, serta tidak mengganggu kegiatan kuliah sedikit pun.

Para mahasiswa yang ingin menjadi penulis lepas dapat bekerja untuk perusahaan rintisan maupun media massa yang membutuhkan penulis konten. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengirimkan tulisan ke berbagai media saja, baik dalam bentuk artikel, esay, opini, karya sastra dan lainnya.

Selain itu, jika ingin menjadi penulis konten freelance, Anda bisa melamar kepada perusahaan yang membuka lowongan. Kirimkan saja lamaran Anda dan jangan lupa berikan portofolio yang dapat membuat perusahaan terkesan. Kemudian bersedia untuk merekrut Anda sebagai penulis lepas.

Content Creator

Usaha sampingan yang cocok untuk para mahasiswa berikutnya adalah menjadi content creator. Tentunya, pekerjaan ini cocok sekali untuk Anda yang aktif di dunia digital, yaitu media sosial.

Saat menjadi seorang content creator, Anda dapat membuat konten yang sedang banyak diminati saat ini. Bila ingin bekerja dengan perusahaan, maka Anda dapat melamar pekerjaan ke perusahaan yang sedang membuka content creator lepas.

Dropshipper

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa Anda lakukan tanpa modal adalah menjadi seorang dropshipper. Pekerjaan ini cocok sekali buat Anda yang menyukai dunia bisnis. Apalagi, pekerjaan sebagai dropshipper dapat Anda lakukan tanpa modal sepeserpun.

Saat bekerja sebagai dropshipper, Anda hanya perlu menjual barang dari produsen, baik secara online maupun offline. Namun, pastikan bahwa Anda dapat memasarkannya dengan baik, supaya penghasilan yang Anda dapatkan pun bisa sesuai keinginan.

Admin Media Sosial

Saat ini, ada banyak sekali bisnis yang dilakukan secara digital atau melalui media sosial. Sebab, di zaman serba modern ini, kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial.

Supaya bisnis dapat berjalan lancar, tentunya perusahaan akan membutuhkan seorang admin untuk mengelola media sosial tersebut. Sehingga, Anda bisa melamar sebagai admin media sosial untuk mendapatkan uang tambahan.

Adapun pekerjaan yang Anda lakukan cukup mudah, yaitu mengunggah konten secara rutin, menjawab segala pertanyaan pelanggan dan lainnya.

Fotographer

Pekerjaan sampingan sebagai fotographer tentu akan membuat Anda mendapatkan banyak cuan. Sebab, pekerjaan ini akan selalu dibutuhkan untuk bisa mengabadikan momen-momen berharga.

Tentunya, Anda dapat memasang harga sendiri untuk setiap orang yang akan menggunakan jasa fotographer Anda. Apabila hasil foto Anda menarik dan bagus, maka akan banyak orang yang tertarik dan menjadi langganan, lho.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan untuk mahasiswa yang bisa Anda pilih sesuai minat dan kemampuan yang dimiliki. Tentu saja, setiap pekerjaan memiliki penghasilan berbeda-beda yang cocok untuk uang tambahan sehari-hari.

Mau cari lowongan kerja untuk sampingan? kamu bisa daftar di app.myrobin.id situs penyedia kerja dan jejaring sosial karir terpercaya di Indonesia.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!