Kenali Perbedaan Introvert dan Ekstrovert

Ketahui perbedaan kepribadian introvert dan ekstrovert

Saat membicarakan tipe kepribadian seseorang, apa yang Anda pikirkan tentang perbedaan introvert dan ekstrovert? Kebanyakan orang akan membedakan dua kepribadian dari gestur tubuh saja. Misalnya, seorang introvert lebih sering diam di depan banyak orang, dan seorang ekstrovert yang banyak bicara di depan umum. 

Sebagai makhluk yang kompleks, manusia memiliki kepribadian yang unik. Mungkin Anda kesulitan menentukan kepribadian Anda, cenderung ke arah introvert atau ekstrovert.  Seseorang yang berkepribadian introvert cenderung menyukai kesendirian atau pertemanan dengan kelompok kecil, sedangkan ekstrovert cenderung mudah bergaul dengan banyak orang. Karena itu, Anda perlu membedakan dua kepribadian ini. 

Sebelum membahas perbedaan introvert dan ekstrovert, kalau Anda masih bingung pengertian dan ciri-ciri dari kedua kepribadian ini, Anda bisa membaca penjelasannya disini Mengenal Pribadi Introvert dan ekstrovert.

Perbedaan Ekstrovert dan Introvert

Ekstrovert dan introvert mengacu pada proses seseorang mendapatkan energinya. Ekstrovert mendapatkan energi dari sosialisasi dan kolaborasi, sedangkan introvert mendapat energi saat  dalam lingkungan lebih kecil. Untuk memahami perbedaan dua kepribadian ini, perhatikanlah bagan di bawah ini.

PerbandinganIntrovertEkstrovert
Lingkungan SosialKelompok orang yang lebih kecil.Kelompok orang yang lebih besar.
Cara Menghabiskan Waktu Kegiatan menyendiri (membaca, mendengarkan podcast, melakukan perjalanan ke museum atau kedai kopi sendirian, melamun, atau menulis).Kegiatan sosial (makan malam atau pesta kelompok, pergi ke acara atau tempat bersama teman-teman, bertemu orang baru, atau mencoba hal baru).
Pilihan Lingkungan KerjaDamai, tenang, dengan banyak waktu sendirian untuk menyelesaikan tugas secara mandiri.Sosial, hidup dengan banyak kolaborasi dan kesempatan untuk berinteraksi dengan rekan kerja.
Tingkat Kecemasan Cemas di sekitar orang asing, merasa lelah setelah terlalu banyak berinteraksi sosial.Tidak merasa mudah cemas berada di sekitar orang asing, senang bertemu dan mengenal orang baru.
PerilakuPemalu atau pendiam.Ramah, mudah bersosialisasi.
Cara KomunikasiBerpikir sebelum berbicara, lebih suka menulis.Berbicara dengan lancar dan percaya diri.
Cara Mengelola Informasi Sangat introspektif, meluangkan waktu untuk memahami semua faktorBerpikir keras, membentuk ide dan pendapat saat mereka berdiskusi
Tabel Perbedaan Ekstrovert dan Introvert

Bagan perbandingan ekstrovert dan introvert

Karakteristik Ekstrovert dan Introvert 

Untuk membedakan kepribadian introvert dan ekstrovert tidak hanya dari luarnya saja. Anda perlu memahami bagaimana dua kepribadian ini merespon situasi sosial dari kehidupan sehari-hari mereka. Berikut adalah uraian yang menjelaskan perbedaan ekstrovert dan introvert. 

1. Cara Memanfaatkan Waktu

Perbedaan karakteristik introvert dan ekstrovert terlihat dari cara mereka menghabiskan waktu luang. Introvert biasanya menghabiskan waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang memungkinkan mereka untuk menemukan kedamaian atau dalam kesendirian. Kegiatan tersebut bisa berbeda-beda tergantung minat seseorang. Namun, secara umum, aktivitas seperti membaca, menulis, mendengarkan musik atau podcast, atau permainan dan aktivitas pemain tunggal adalah pilihan yang sangat menyenangkan bagi  seorang introvert. 

Sebaliknya, ekstrovert cenderung menghabiskan waktu mereka dengan orang lain. Mereka biasanya suka menghadiri acara sosial besar, pergi ke luar kota, atau berpartisipasi dalam permainan dan aktivitas yang melibatkan banyak orang.

2. Lingkungan Sosial 

Ekstrovert cenderung menerima energi saat berada dalam kelompok besar. Ini karena mereka bisa mengekspresikan emosi mereka saat bertemu banyak orang. Selain itu, mereka lebih senang bersosialisasi dan berkolaborasi dengan kelompok besar daripada dengan kelompok kecil. 

Sebaliknya, dalam lingkungan profesional dan sosial, introvert lebih menyukai kelompok kecil yang mereka kenali dengan baik. Saat mereka bertemu dengan banyak orang, dan mencoba orolan ringan, tenaga mereka akan terkuras.

3. Pilihan Lingkungan Kerja

Pekerjaan yang paling ideal untuk introvert biasanya mencakup lingkungan kerja yang tenang dan menyendiri. Mereka menyukai lingkungan yang bebas dari gangguan eksternal dan dapat berkonsentrasi dengan tugas mereka. 

Sebaliknya, pekerjaan terbaik untuk ekstrovert akan mencakup pengaturan tim yang aktif dan sangat kolaboratif, di mana mereka dapat berbicara melalui ide dan masalah mereka dan bersosialisasi dengan rekan kerja mereka.

4. Tingkat Kecemasan 

Kecemasan sosial dapat terjadi pada orang yang ekstrovert dan introvert, dan perasaan cemas tidak selalu merupakan karakteristik seorang introvert. Karena itu, orang ekstrovert cenderung lebih terbuka dan menyambut interaksi sosial dengan orang asing. Sementara, seorang introvert cenderung mengalami perasaan buruk saat berada di lingkungan sosial. Mereka sering merasa tidak nyaman atau merasa cemas.

5. Perilaku

Dalam lingkungan sosial, introvert dikenal sebagai seorang yang pendiam dan pemalu dalam bersikap. Padahal, introvert sebenarnya tidak seperti yang dilihat orang, mereka hanya lebih suka membangun hubungan yang bermakna dengan lebih sedikit orang yang mereka anggap baik.

Berbeda halnya dengan ekstrovert, mereka lebih berani dan antusias saat bersosialisasi. Bahkan, saat berinteraksi dengan sekelompok orang, seorang ekstrovert bisa menjadi pusat perhatian Dalam lingkungan sosial, ekstrovert biasanya pintar mengambil kesempatan untuk memperkenalkan diri kepada orang baru.

6. Cara Komunikasi

Saat berkomunikasi dengan orang lain, ekstrovert lebih suka berkomunikasi secara verbal dan tatap muka. Mereka suka memproses informasi dengan cepat dan mengungkapkan pikiran mereka. Seorang ekstrovert lebih mudah berbincang-bincang dengan orang, sekalipun jarang ditemui. Ini karena mereka bisa berbasa-basi, dan ramah.

Sedangkan, introvert lebih suka percakapan langsung dan bermakna. Ini karena introvert memiliki banyak pemikiran di balik kata-kata mereka.  Bagi introvert, bertemu dengan sedikit orang lebih nyaman. Mereka bisa berkomunikasi dengan baik, tanpa harus menguras banyak tenaga.

7. Cara Mengelola Informasi 

Ekstrovert memproses informasi secara verbal, sering memikirkan masalah dan ide. Mereka bergerak cepat dan mungkin melompat dari satu topik ke topik lainnya saat memproses; beri mereka waktu untuk mencapai    kesimpulan dan mengungkapkan hal-hal secara akurat. 

Di sisi lain, introvert membutuhkan waktu untuk memproses informasi mereka sendiri sebelum menyuarakan pendapat mereka. Meskipun mereka mungkin tampak pendiam atau pemalu, introvert pada dasarnya hanya introspektif dan akan fokus pada ekspresi batin, perasaan, dan pikiran mereka terlebih dahulu.

Setelah mempelajari perbedaan introvert dan ekstrovert, Anda dapat mengetahui perbedaan karakter antar keduanya. Pada intinya, seorang ektrovert lebih mudah berbaur dengan banyak orang, karena dengan cara ini mereka bisa lebih bahagia, sekaligus mengisi tenaga mereka. Tidak hanya itu, seorang ekstrovert bisa memecahkan suasana canggung dengan keceriaan atau candaan mereka. Mungkin Anda pernah menemukan teman yang selalu menjadi pusat perhatian orang, karena keceriaan dan keramaiannya bisa mengisi suasana ruangan menjadi lebih meriah. 

Berbeda halnya dengan kepribadian introvert, mereka memang tidak banyak bicara di depan banyak orang, tapi saat bertemu orang yang tepat, mereka bisa mengeluarkan keceriaan mereka, seperti seorang ekstrovert.  Namun, introvert terlihat aktif hanya dalam lingkup yang kecil saja. Kalau ekstrovert bisa memecahkan suasana, seorang introvert lebih senang suasana tenang saat bekerja. Ini karena mereka lebih berkonsentrasi saat suasana tenang dan tidak banyak bercakap-cakap dengan banyak orang. 

Dari berbagai perbedaan tadi, Anda bisa menemukan kepribadian Anda, seorang introvert atau ekstrovert. Penting bagi Anda untuk mengetahui jenis kepribadian Anda, mengapa? Karena kepribadian Anda bisa menentukan karir di masa depan. Untuk mengetahui pekerjaan yang cocok dengan diri Anda. Di blog MyRobin, Anda bisa menemukan pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert maupun ekstrovert. Yuk simak artikelnya , dan dapatkan pekerjaan sesuai kepribadian Anda!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!