logo myrobin

30+ Pertanyaan Interview Warehouse serta contoh Jawabannya

Berikut ini beberapa pertanyaan interview warehouse yang sering diajukan diikuti dengan contoh cara jawabya
Pertanyaan Interview Warehouse

Pertanyaan Interview Warehouse – Para pekerja warehouse menangani berbagai tugas penting yang berfokus pada penyelesaian proses inventaris gudang secara akurat dan tepat waktu, memenuhi pesanan pengiriman, dan mengatur stok yang masuk. 

Selain tugas pekerjaan utama ini, pekerja gudang dapat melakukan tugas fisik seperti mengoperasikan forklift atau mengangkat barang berat di sekitar gudang. Jika Anda akan melamar sebagai pekerja warehouse, maka anda juga perlu mempersiapkan terkait interview kerja. Ada beberapa pertanyaan tentang latar belakang, keterampilan, dan kemampuan fisik Anda yang diharapkan. 

Dalam artikel ini, kami membahas pertanyaan wawancara gudang umum dan mendalam dengan beberapa contoh untuk membantu Anda mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Pertanyaan Interview Warehouse secara umum

Selama beberapa menit pertama dalam interview, Anda dapat berekspektasi bahwa penginterview akan mengajukan beberapa pertanyaan dasar untuk tahap perkenalan.

Pertanyaan-pertanyaan umum ini juga memungkinkan penginterview untuk mendapatkan gambaran tentang bagaimana kepribadian Anda akan cocok dengan budaya perusahaan. Berikut beberapa contohnya:

  • Beritahu saya sedikit tentang diri Anda.
  • Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?
  • Bagaimana keterampilan Anda akan membantu Anda berhasil dalam posisi ini?
  • Apa yang paling menarik minat Anda tentang pekerjaan ini?
  • Bagaimana Anda tetap termotivasi dalam pekerjaan?
  • Apa pencapaian terbesar Anda?
  • Di mana Anda melihat diri Anda dalam lima tahun kedepan?
  • Apa satu tujuan yang sedang Anda usahakan?
  • Apa yang Anda rencanakan untuk dicapai selama 30 hari pertama Anda bekerja?
  • Apa yang Anda anggap sebagai kelemahan terbesar Anda? Bagaimana Anda mengambil langkah untuk menyikapinya?

Pertanyaan tentang latar belakang dan pengalaman

Pewawancara juga ingin tahu tentang latar belakang dan pengalaman Anda bekerja di bagian warehouse. Beberapa contoh pertanyaan interview warehouse ini meliputi:

  • Berapa lama Anda bekerja di bagian warehouse dan logistik?
  • Menurut Anda, apa tanggung jawab terpenting dari seorang staf gudang?
  • Apa pengalaman Anda dengan penetapan harga, perakitan, dan pelabelan inventaris?
  • Apakah Anda lebih suka bekerja secara mandiri atau sebagai tim?
  • Seberapa berpengalaman Anda dengan alat berat dan mesin di gudang?
  • Pernahkah Anda harus menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pengiriman yang hilang atau dicuri?
  • Bisakah Anda menggambarkan pengalaman kepemimpinan Anda?
  • Jelaskan saat ketika Anda tidak setuju dengan supervisor warehouse. Bagaimana Anda menanganinya?
  • Pernahkah Anda melakukan kesalahan saat bekerja? Bagaimana Anda menyelesaikannya?
  • Bisakah Anda menggambarkan pengalaman layanan pelanggan Anda?

Pertanyaan tingkat lanjut

Pertanyaan khusus peran seperti pertanyaan mendalam dan operasional membantu pewawancara menilai keterampilan, kemahiran, dan kualifikasi Anda untuk pekerjaan tersebut. Contoh berikut dapat memberi Anda gambaran tentang apa yang diharapkan:

  • Apa metode yang paling tepat untuk mengangkat kontainer berat?
  • Pengalaman apa yang Anda miliki saat mengemudi dan mengoperasikan forklift?
  • Bagaimana Anda menentukan jenis peralatan yang akan digunakan saat menumpuk dan menyortir wadah besar?
  • Bagaimana proses Anda untuk mematuhi kebijakan dan peraturan keselamatan?
  • Apa metode Anda untuk menyortir dan menyimpan inventaris?
  • Bagaimana Anda memprioritaskan pekerjaan Anda?
  • Jelaskan lingkungan kerja ideal menurut anda.
  • Seberapa baik Anda menangani jam kerja yang panjang sambil berdiri dan mengangkat?
  • Apa yang Anda lakukan untuk tetap mengetahui peraturan, kebijakan, dan undang-undang keselamatan terkini?
  • Pernahkah Anda menyaksikan seorang anggota staf dengan sengaja melakukan pelanggaran keselamatan? Bagaimana Anda menanganinya?
Baca juga :   Apa itu Hospitality dan Apa saja Tugasnya

Pertanyaan interview warehouse dengan contoh jawaban

Gunakan contoh pertanyaan serta jawaban interview untuk peran warehouse secara umum maupun spesifik, berikut untuk mempersiapkan tanggapan Anda sendiri:

Apa yang paling menarik minat Anda bekerja di perusahaan kami?

Pewawancara ingin tahu bahwa Anda termotivasi untuk berhasil dan benar-benar tertarik dengan perusahaan mereka. Gunakan deskripsi pekerjaan dan penelitian Anda tentang perusahaan untuk menjelaskan apa yang paling menggairahkan Anda tentang posisi dan organisasi.

Contoh: “Saya menghargai layanan pelanggan yang luar biasa dan memastikan pengiriman semua pesanan tepat waktu. Saya melihat bahwa perusahaan Anda menghargai membangun hubungan yang langgeng dengan kliennya, yang saya kagumi dan hormati. Kesadaran akan kepuasan pelanggan ini selaras dengan standar profesional saya, dan saya sangat bersemangat dan berantusias untuk bekerja di perusahaan yang memahami pentingnya hal ini.

Apakah Anda memiliki sertifikasi atau pelatihan khusus?

Sertifikasi dan pelatihan profesional khusus untuk manajemen gudang, pengiriman dan penanganan dapat membantu Anda lebih menonjol dari kandidat lain dan membuat penginterview terkesan. Jika Anda memiliki sertifikasi profesional, keterampilan teknis, atau kredensial lainnya, beritahu pada penginterview.

Contoh: “Saat ini saya sedang bekerja untuk mendapatkan gelar associate saya. Namun, saya sudah menjadi operator forklift bersertifikat. Saya juga memegang sertifikat kelulusan pelatihan OSHA yang saya ikuti tiga bulan lalu, yang memberi saya keterampilan yang saya butuhkan untuk bekerja di manajemen gudang bahan beresiko tinggi.

Bagaimana proses Anda untuk mengatur dan memastikan keakuratan pengiriman?

Pertanyaan ini memungkinkan pewawancara untuk mengukur kemampuan Anda untuk mengatur waktu Anda, memprioritaskan tugas Anda dan memastikan organisasi yang akurat dari pengiriman masuk dan keluar. Gunakan contoh dari pengalaman Anda untuk menyoroti kemampuan Anda untuk membedakan antara tugas yang sangat mendesak dan prioritas tinggi, mengatur waktu Anda dan menjaga inventaris dan catatan terorganisir.

Contoh: “Saya biasanya mengandalkan perangkat lunak manajemen gudang untuk menemukan, mencetak, mengemas, dan memberi label pesanan untuk pengiriman dengan cepat dan efisien. Selain WMS (Warehouse Management System), saya memastikan tim saya dan saya menyadari peran kami dalam menyelesaikan pesanan, menerima pengiriman, dan mengatur inventaris untuk mencapai tujuan harian dan membuat pelanggan puas.

Apa yang Anda lakukan untuk tetap fit secara fisik?

Apa pun perannya, bekerja di lingkungan gudang membutuhkan fisik yang kuat dan fit. Pewawancara dapat menanyakan jenis pertanyaan ini untuk memastikan bahwa Anda dapat berdiri selama berjam-jam, mengangkat barang berat dan melakukan tugas fisik lainnya di sekitar tempat kerja. Diskusikan ketahanan fisik Anda dan bagaimana Anda menggunakannya untuk mencapai tujuan dan menghindari cedera dalam pekerjaan.

Baca juga :   Berikut Ini Pertanyaan Interview Saat Melamar Sales yang Wajib Anda Kuasai

Contoh: “Saya menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga secara teratur di waktu senggang saya. Di tempat kerja, saya terbiasa beberapa jam berdiri dan bergerak di sekitar gudang. Selain sehat secara fisik, saya selalu memastikan saya dan tim saya dalam keadaan sehat. mengikuti prosedur keselamatan standar, termasuk teknik mengangkat barang yang tepat.

Jelaskan beberapa tugas yang Anda selesaikan dalam peran Anda sebelumnya.

Pertanyaan ini memberi pewawancara pemahaman tentang tanggung jawab utama dari peranan di pekerjaan sebelumnya serta keterampilan yang Anda terapkan pada pekerjaan itu. Berikan contoh tugas yang menjadi tanggung jawab Anda secara langsung, dan sebutkan bagaimana Anda melampaui tugas pekerjaan normal Anda untuk berkontribusi pada kesuksesan perusahaan Anda.

Contoh: “Dalam perusahaan terakhir saya, saya terutama bertanggung jawab atas pengemasan, pelabelan, dan pengorganisasian inventaris untuk pengiriman. Namun, ketika saya pertama kali memulai peran itu, proses yang saya dan tim saya gunakan untuk menyelesaikan pemrosesan pesanan agak terlalu rumit. Setelah itu berkolaborasi dengan rekan tim saya, kami menerapkan matriks kode warna untuk membantu kami mengkategorikan pesanan yang diprioritaskan dan pengiriman standar. Ini membantu kami merampingkan tugas pekerjaan utama kami dan meningkatkan waktu pengiriman perusahaan.

Bisakah Anda menjelaskan feedback positif terbaru yang Anda dapatkan dari seorang supervisor?

Pewawancara mungkin mengajukan pertanyaan seperti ini kepada Anda untuk menentukan bagaimana manajer masa lalu Anda memandang kinerja Anda dan bagaimana Anda menerapkan umpan balik untuk berkembang dalam profesi Anda. Gunakan contoh umpan balik positif masa lalu yang mendorong Anda untuk melampaui harapan dan terus meningkatkan karir Anda.

Contoh: “Umpan balik mendalam yang diberikan oleh pemberi kerja terakhir saya tentang kemampuan saya untuk mengatur pengiriman dan mendukung tim saya dalam menyelesaikan tugas tepat waktu. Teknik manajemen waktu saya membantu saya menyelesaikan tujuan mingguan saya, terkadang lebih awal. Umpan balik ini membuat saya menawarkan dukungan tambahan untuk rekan tim saya yang membutuhkan bantuan dalam mengatur dan mengatur jadwal pengiriman, yang sangat membantu ketika memenuhi tenggat waktu di bawah tekanan.

Apa yang ingin Anda capai sebagai karyawan gudang untuk perusahaan kami?

Pertanyaan ini dapat memberi pewawancara wawasan tentang motivasi dan kemauan Anda untuk memberi manfaat bagi perusahaan sebagai associate gudang. Sorot keterampilan organisasi Anda dan perhatian terhadap detail dalam jawaban Anda dengan contoh bagaimana keterampilan ini membantu Anda mencapai tujuan untuk perusahaan Anda sebelumnya.

Contoh: “Di perusahaan saya sebelumnya, saya mengembangkan proses yang lebih efisien untuk menyortir dan mengatur pengiriman prioritas. Ini meningkatkan keseluruhan waktu pengiriman dan penanganan setengah hari, yang mengarah ke waktu pengiriman yang lebih cepat untuk semua pelanggan. Sebagai rekan gudang untuk perusahaan Anda , Saya berencana untuk menerapkan strategi serupa untuk memastikan pelanggan menerima pesanan dengan cepat.”

Bagaimana proses Anda dalam menangani konflik di tempat kerja?

Terkadang konflik dapat muncul di tempat kerja, apa pun industri pekerjaannya. Pewawancara mungkin ingin mendapatkan ide tentang bagaimana Anda menghadapi tantangan dan bekerja dengan rekan satu tim untuk memecahkan masalah. Gunakan contoh dari pekerjaan Anda sebelumnya jika Anda pernah menghadapi situasi yang menantang, atau jelaskan bagaimana Anda akan menangani konflik jika konflik itu muncul. Pastikan untuk menyoroti keterampilan interpersonal dan komunikasi Anda dalam jawaban Anda.

Baca juga :   Pertanyaan Interview Kompetensi Dasar

Contoh: “Saya beruntung tidak pernah memiliki perselisihan atau masalah di tempat kerja. Namun, jika konflik muncul di tim saya, saya akan melakukan pendekatan masalah secara langsung dan berkomunikasi dengan semua yang terlibat untuk memahami perspektif semua orang. Tergantung pada masalahnya, saya akan berusaha menyelesaikannya di antara rekan satu tim saya. Untuk masalah etika atau pelanggaran, saya akan mendekati supervisor saya untuk memberi tahu mereka tentang masalah tersebut dan menawarkan untuk membantu menemukan solusi.

Apakah Anda memiliki pengalaman menggunakan sistem manajemen gudang (WMS)?

Teknologi adalah alat yang efektif untuk mengatur inventaris dan data gudang, dan pewawancara mungkin ingin tahu bahwa Anda memiliki keahlian dengan perangkat lunak inventaris. Jika Anda memiliki pengalaman menggunakan program semacam ini, diskusikan kemahiran dan keterampilan Anda dengan contoh-contoh dari apa yang telah Anda pelajari.

Contoh: “Saya memahami peran penting perangkat lunak manajemen gudang dalam mempertahankan alur kerja yang produktif dan memenuhi tujuan. Di posisi terakhir saya, saya memperoleh pengalaman menggunakan 3PL Central WMS, yang merupakan sistem manajemen gudang berbasis cloud yang memungkinkan saya untuk berkolaborasi dengan perusahaan logistik pihak ketiga dan mengelola beberapa inventaris, pelanggan, serta jadwal pengiriman dan penagihan. Program ini membantu saya menyortir dan mengatur data ini dengan cepat dan efisien, dan saya senang mempelajari sistem tambahan.

Bagaimana Anda memberitahu pelanggan tentang pengiriman yang hilang atau dicuri?

Keterampilan layanan pelanggan penting dalam peran sebagai associate gudang. Soroti keterampilan komunikasi Anda serta kemampuan Anda untuk berempati dengan klien dan memecahkan masalah.

Contoh: “Dalam pekerjaan terakhir saya, saya memiliki pelanggan yang menelepon barang hilang yang belum mereka terima. Setelah membantu pelanggan menemukan nomor pesanan pada tanda terima digital mereka, saya menemukan informasi pengiriman dan mengirimkannya melalui email ke pelanggan. Bersama-sama, pelanggan dan saya melihat informasi pengiriman secara online dan menemukan penundaan dalam proses pengangkut. Setelah menjelaskan kepada pelanggan bahwa barang akan datang terlambat, saya mengakhiri percakapan dengan nada positif.

Mengapa Anda merasa keterampilan layanan pelanggan penting bagi karyawan gudang?

Pertanyaan ini memberi pewawancara pemahaman tentang keterampilan layanan pelanggan Anda. Dalam jawaban Anda, jelaskan secara singkat mengapa keterampilan ini penting dan bagaimana keterampilan layanan pelanggan Anda telah membantu Anda berhasil dalam pekerjaan.

Contoh: “Keterampilan layanan pelanggan diperlukan sebagai rekan gudang karena mereka memastikan hubungan positif dengan klien. Dalam peran terakhir saya, saya menikmati berkomunikasi dan membangun hubungan baik dengan pelanggan baru dan yang kembali untuk memastikan kepuasan mereka. Hal ini menyebabkan ulasan tinggi yang berkelanjutan dari kami tim dukungan pelanggan organisasi.”

Jelaskan beberapa tantangan yang Anda hadapi dalam memenuhi pesanan pengiriman. Bagaimana pendekatan yang anda lakukan?

Pewawancara mungkin ingin tahu apakah Anda pernah bekerja di bawah tekanan atau memecahkan masalah di tempat kerja. Gunakan jawaban Anda untuk menyoroti pemikiran kritis dan keterampilan pemecahan masalah Anda dengan contoh bagaimana Anda menyelesaikan tugas-tugas kompleks dan mencapai tujuan Anda.

Contoh: “Perusahaan terakhir saya adalah sebuah perusahaan rintisan, dan bisnis tersebut masih mengerjakan proses pengirimannya. Akibatnya, ia mengirim banyak pesanan ke pelanggan yang salah. Hal ini menyebabkan penundaan di seluruh gudang, termasuk pengemasan dan persiapan pengiriman. Saya meningkatkan ini proses dan peningkatan efisiensi dengan menciptakan metode pelacakan terpisah untuk pengembalian dan pengiriman baru.

Artikel terkait
Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda