Public Relation: Keterampilan, Strategi, Peran, dan Pekerjaan

Public Relations

Penting bagi sebuah perusahaan atau organisasi untuk memaksimalkan fungsi Public Relation. Karena hal ini akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang perusahaan kedepannya. Public Relation dalam suatu perusahaan sebenarnya dapat diartikan sebagai komunikasi timbal balik atau komunikasi dua arah antara perusahaan dengan pelanggan atau masyarakat. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan dapat menjadi besar dan dikenal masyarakat adalah perusahaan yang mampu secara aktif membangun interaksi dengan masyarakat. Pada artikel kali ini, Anda akan mempelajari tentang definisi, peran, strategi, dan keterampilan public relation bagi kemajuan perusahaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Public Relation (PR)?

Public Relation: Keterampilan, Strategi, Peran, dan Pekerjaan | MyRobin
Apa itu Public Relation (PR)?

Secara umum, public relation merupakan proses interaksi antara perusahaan dengan masyarakat dan sebagai upaya menciptakan opini positif publik sebagai input bagi kedua belah pihak. PR ini merupakan profesi profesional dalam bidang komunikasi dan memiliki tugas untuk mendorong tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi secara tepat dan terencana dan terus menerus.

Coulsin-Thomas mengemukakan pendapatnya tentang PR sebagai sebuah proses atau aktivitas terencana yang memiliki tujuan untuk menjalin komunikasi antara organisasi dan pihak luar organisasi. 

Menurut Maria (pakar public relation) mengatakan bahwa public relation adalah kelangsungan hidup suatu organisasi atau perusahaan.

Peran Seorang PR 

Mungkin Anda sudah tidak aneh lagi ya, kalau jurusan PR selalu diidam-idamkan oleh lulusan SMA yang melanjutkan ke perguruan tinggi. Salah satu alasan mengapa public relations banyak diincar orang, karena penghasilannya yang menjanjikan.  Pantas juga kalau praktisi PR dituntut punya kreativitas sehingga bisa menciptakan ide, solusi, dan menjalin komunikasi dengan klien maupun media. PR menawarkan banyak kesempatan bagi para lulusan baru atau berpengalaman profesional. Nah, berikut ini beberapa peran yang perlu Anda lakukan saat menjadi seorang PR!

  1. Membangun komunikasi dengan internal perusahaan : Menjaga komunikasi berarti menjaga keharmonisan di dalam internal perusahaan. Ketika terjadi masalah yang besar di dalam internal dan sifatnya rahasia maka PR bekerja agar masalah tersebut jangan sampai bocor ke publik, mengingat jika publik mengetahuinya dapat berdampak buruk.
  2. Membangun Komunikasi dengan eksternal perusahaan : PR bermanfaat untuk membangun komunikasi di eksternal perusahaan. Hubungan yang baik tersebut sangat perlu untuk dilakukan secara berkala. Misalnya saat pemerintah akan mengeluarkan kebijakan, sebagai sektor industri tentu PR bisa memberikan masukan.
  3. Membangun citra baik perusahaan : Penyampaian yang baik dari PR akan berdampak pada audiens. Jika dalam hal ini audience masyarakat, maka produk dari perusahaan bisa berdampak langsung. Itulah sebabnya, seorang PR harus bisa menyampaikan secara benar dan tepat dengan bahaya yang baik.
  4. Sebagai tim riset perusahaan : Mengapa demikian? Sebuah perusahaan tentunya akan memiliki strategi dalam mencapai tujuannya. PR bisa memberikan masukan mengenai strategi apa yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut. 

Mengapa Public Relation Penting Bagi Perusahaan?

Di era berkembangnya teknologi dan informasi, public relation menjadi salah satu elemen penting yang wajib dimiliki sebuah perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut termasuk kedalam perusahaan sedang atau besar. Oleh karenanya, dengan citra perusahaan yang baik maka akan tumbuh kepercayaan publik terhadap sebuah produk atau layanan, tentu ini akan sangat menguntungkan bagi sebuah perusahaan.

PR bertugas untuk membangung hubungan dengan pihak luar perusahaan terutama masyarakat. PR merupakan perpanjangan tangan dari perusahaan untuk menyampaikan, mensosialisasikan, dan membuat program-program untuk membangun citra perusahaan yang baik. Proses ini memiliki tujuan untuk saling menguntungkan, menanamkan keinginan baik, menjaga kepercayaan sehingga muncul citra yang baik dari publik terhadap perusahaan. 

Strategi Public Relation

Setiap perusahaan pasti selalu menginginkan kemajuan dalam setiap usahanya. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari meningkatkan kualitas produk, promosi sampai menambah produk baru. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan strategi Public Relations untuk meningkatkan kesadaran merek, membangun kepercayaan dengan masyarakat dan meningkatkan reputasi perusahaan. 

Memahami berbagai jenis strategi public relation yang tersedia akan membantu anda mendapatkan hasil yang lebih baik. Strategi Public relations adalah upaya menciptakan metode-metode untuk membantu perusahaan mengatur hubungan masyarakat untuk menarik target audiens dan mengidentifikasi cara untuk mencapai tujuan perusahaan. 

Strategi yang baik dapat membantu perusahaan meningkatkan reputasi sekaligus sebagai cara mengatasi situasi permasalahan perusahaan.  Berikut ini tiga strategi yang dapat PR profesional lakukan, yaitu

  • Media Perusahaan : Ini termasuk outlet perusahaan memiliki dan mengoperasikan, seperti blog, situs sosial media atau saluran video.
  • Media yang diterima : Ini mengacu pada konten pihak ketiga menciptakan sebuah merek atau perusahaan tanpa dibayar untuk melakukannya, seperti ulasan online, posting media sosial atau dari mulut ke mulut rekomendasi.
  • Media berbayar : ini adalah strategi perusahaan membayar media untuk untuk meningkatkan jangkauan atau paparan, seperti iklan, posting disponsori atau influencer konten.

Keterampilan Public Relation

Setelah Anda mengetahui definisi, fungsi dan peran public relations bagi perusahaan, dan strategi yang perlu dilakukan, Berikut ini keterampilan dasar yang perlu Anda pelajari dan miliki untuk jadi seorang PR yang handal.

1. Lancar Berkomunikasi

Pekerjaan apapun tidak bisa lepas dari komunikas. Komunikasi diperlukan untuk menyampaikan ide, gagasan, informasi, dan koordinasi dengan seluruh pihak yang berhubungan dengan perusahaan baik eksternal maupun internal.

Kemampuan komunikasi yang harus dimiliki seorang praktisi PR nggak terbatas berbicara saja, tapi mencakup banyak seperti komunikasi verbal, non-verbal, bernegosiasi, melakukan presentasi, persuasi, dan mendengarkan. Selain itu, Anda harus mampu membuat press release, editing, dan memahami tata bahasa.

2. Membangun Hubungan

Sebuah perusahaan atau organisasi pastinya harus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Ada pihak eksternal seperti konsumen, komunitas, investor, klien, media, pemerintah, dan lainnya. Dan tentunya juga pihak internal perusahaan itu sendiri.

Seorang PR harus bisa membangun dan membina hubungan baik dan saling menguntungkan dengan pihak-pihak tersebut. Karena pihak internal dan eksternal ini sama-sama penting bagi perusahaan.  Membangun hubungan ini membutuhkan keterampilan interpersonal, termasuk aktif mendengarkan, kesabaran, kecerdasan emosional dan kepemimpinan yang besar.

3. Manajemen Waktu 

Public relations punya banyak aktivitas. Bisa di dalam kantor atau di lapangan. Menemui banyak pihak yang bekerja sama dengan perusahaan, atau menghandle beberapa project perusahaan. Karena itu, manajemen waktu yang baik sangat penting.

PR profesional biasanya menangani beberapa klien pada suatu waktu dengan berbagai proyek dan harus memenuhi tenggat waktu. Perusahaan membutuhkan kemampuan untuk memprioritaskan, tetap terorganisir, membayar perhatian ke rincian dan bekerja dengan baik di bawah tekanan. Agar semua pekerjaan terselesaikan dengan baik, Anda bisa menerapkan cara sesederhana seperti menyusun to-do list di malam hari, melakukan time blocking, dan menyusun urutan prioritas.

4. Menulis dengan Baik dan Benar

Informasi yang disampaikan oleh PR tentang perusahaan, nggak selalu berbentuk lisan, bisa juga berbentuk tulisan.  Peran PR adalah memastikan informasi tersebut sampai kepada audiens dengan baik. Artinya tidak menimbulkan miskomunikasi atau salah persepsi. Jadi audiens bisa menerima informasi sesuai dengan apa yang ingin perusahaan sampaikan.

Untuk membuat tulisan yang demikian, kemampuan untuk menulis harus dimiliki seorang PR. Bentuk tulisannya bisa beragam, seperti siaran pers, artikel blog, konten untuk sosial media, buletin, atau tulisan publikasi lainnya.

5. Kemampuan Riset

PR bekerja dengan banyak klien dari berbagai macam kebutuhan, sehingga harus dapat melakukan riset terkait kebutuhan klien dengan cepat dan tepat. Seorang PR harus bisa melakukan riset tentang tata cara berpikir deduktif, induktif, penelitian pustaka, dan wawancara.

Hasil riset menjadi salah satu menentukan strategi perusahaan selanjutnya. Anda bisa melakukan riset dengan menggunakan platform media sosial dan program perangkat lunak serta akurat mengukur efektivitas hasil riset.

6. Kreativitas

Perusahaan membutuhkan solusi kreatif yang unik semisal perusahaan mengatasi hambatan, sehingga membutuhkan profesional untuk tahu kapan untuk mengambil risiko dan berpikir dengan pola pikir inovatif. Keahlian ini juga termasuk pemecahan masalah, curah pendapat, pemecahan masalah dan keterampilan kerjasama.

Kebutuhan akan pentingnya kreativitas dalam dunia PR didorong oleh banyak hal, mulai dari perkembangan teknologi komunikasi yang kian canggih dengan hadirnya internet dan media digital, tuntutan publik akan pentingnya visual dan cerita yang menarik dalam sebuah produk komunikasi, hingga kebutuhan untuk meraih perhatian khalayak sehingga sebuah program dilirik dan mampu mengubah persepsi dan perilaku publik.

Pekerjaan Public Relation

Jika kamu ingin berkarir pada profesi ini, maka ilmu yang harus Anda kuasai adalah: Ilmu Komunikasi, Studi Media Massa, dan Hubungan Masyarakat. Secara umum, karir di bidang PR bisa dimulai dari staf, sementara posisi tertinggi yang bisa diduduki adalah senior PR manager. Pada dasarnya Public Relations adalah humas atau  ambassador dari suatu perusahaan untuk memperkenalkan brand perusahaan kepada khalayak luas. Lalu, apa pekerjaan public relation?  Anda bisa bekerja di beberapa bidang ini, simak baik-baik ya!

Spesialis Media Sosial 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan pekerjaan ini. Sekarang, ada banyak perusahaan yang membuka lowongan ini. Ini karena seiring berkembangnya jaman, perusahaan perlu mengenalkan usahanya kepada publik. Salah satunya melalui media sosial. Seorang spesialis media sosial bertugas mengembangkan dan melaksanakan strategi media sosial dengan membuat konten online dan jadwal sosialisasi pada perusahaan atau klien melalui media sosial perusahaan.

Public Affairs

Seorang public affairs bertugas memberi layanan di berbagai platform dan media, seperti situs-situs berita. Mereka juga bertugas menanggapi media dan publik. Mereka bertugas untuk menuliskan siaran pers yang mempromosikan produk atau berita tertentu terkait dengan perusahaan di mana mereka bekerja. Lalu, menjalin hubungan baik dengan jurnalis dan memberi informasi terkait perusahaan atau brand. Karena itu, mereka harus mempelajari tujuan organisasi, kebijakan promosi, dan kebutuhan untuk membangun opini masyarakat dalam mempromosikan produk, ide, dan layanan. 

Copywriter 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan profesi ini. Ya, saat ini pekerjaan copywriter sangat dibutuhkan di berbagai bisnis maupun perusahaan. Ini karena, perusahaan membutuhkan pemasaran produk atau jasa melalui iklan atau tulisan. Seorang copywriter bertugas menulis pemasaran dan publikasi melalui media sosial, maupun konten tulisan berupa siaran pers dan postingan di website.

Community Relations 

membantu mengembangkan hubungan perusahaan dengan komunitasnya. Mereka membuat kegiatan dan program penjangkauan masyarakat, mewakili klien atau perusahaan mereka di depan umum dan menilai kebutuhan publik.

Humas 

Seorang humas menghasilkan liputan media untuk klien mereka. Mereka mengelola kampanye dan akun media sosial perusahaan mereka. Humas juga mengeluarkan siaran pers dan mengelola hubungan sehari-hari dengan media. Mereka juga memberikan dukungan kepada departemen hubungan masyarakat perusahaan. Beberapa tugas mereka termasuk menjawab telepon, menyusun siaran pers, membantu pengembangan kampanye pemasaran dan meninjau konten media sosial perusahaan atau klien mereka.

Employee Relation 

Seorang employee relation sama halnya HRD, mereka bertugas untuk membuat karyawan perusahaan puas dan termotivasi di tempat kerja. Mereka sering mengatur acara karyawan, menyelesaikan perselisihan, membantu komunikasi internal dan membantu manajer membangun hubungan kerja yang baik dengan tim mereka. 

Kesimpulan

Public relation adalah sebagai suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dan secara sengaja untuk membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara perusahaan dan masyarakat secara umum. Tujuan utamanya adalah untuk membangun serta memelihara reputasi positif untuk perusahaan, merek, produk, ataupun jasa serta membina dan memelihara hubungan strategis dengan publik, mitra, calon pelanggan, investor, karyawan, dan juga pemangku kepentingan.

Di era berkembangnya teknologi dan informasi, public relation menjadi salah satu elemen penting yang wajib dimiliki sebuah perusahaan. Yang mana nantinya bisa membantu dalam menghasilkan hasil yang positif yang diharapkan bisa mencerminkan perusahaan ataupun organisasi sebagai pihak yang sukses, jujur, dan relevan. 

Jika Anda ingin mengenal berbagai jenis profesi, Anda bisa menemukan artikel lain di blog My Robin.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!