Public Speaking di Dunia Kerja, Definisi dan Cara Meningkatkannya

Public Speaking di Dunia Kerja

Public speaking skill adalah kemampuan berbicara di depan umum yang sangat berguna apabila Anda kuasai di dunia kerja. 

Orang yang andal dalam public speaking cenderung mendapatkan kesempatan lebih besar daripada karyawan yang kurang mahir. 

Misalnya memimpin diskusi dan menjadi pembicara di acara gathering kantor. Oleh karena itu, Anda wajib melakukan upaya untuk meningkatkan keahlian tersebut lewat artikel ini.  

Pengertian public speaking yang tepat

Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi antara pembicara dengan penerima pesan, baik dalam lingkup yang kecil hingga besar. 

Kata public speaking jika diterjemahkan berarti berbicara di depan publik atau audience yang jumlahnya banyak. 

Menurut Cleverism, keterampilan public speaking merujuk pada bakat seseorang dalam menyampaikan pesan secara efektif pada audience. 

Memiliki kemampuan ini bukan hal mudah. Anda perlu berlatih agar bisa berbicara di depan banyak orang dengan percaya diri. 

Berdasarkan Corporate Finance Institute, public speaking yang baik memiliki tiga komponen utama meliputi gaya berbicara, tema, dan impact (pengaruh). 

Sebelum menemukan cara meningkatkan keahlian tersebut, cek jenis dan tujuan public speaking di bawah ini. 

Jenis-jenis public speaking

Keterampilan berbicara di depan publik merupakan skill yang akan membantu Anda dalam bekerja seperti mengungkapkan ide, pendapat, dan masukan dengan baik serta efektif. 

Namun, tahukah Anda kalau ada banyak tipe public speaking yang memiliki tujuan berbeda berdasarkan jenis pesan yang ingin disampaikan. 

Secara garis besar tipe-tipe berbicara publik yaitu informative, entertaining, dan persuade. Lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini. 

1. Informative speaking

Informative speaking biasanya berisi fakta atau informasi berguna bagi audience. Terkadang pembicara juga menampilkan presentasi agar apa yang disampaikan lebih jelas. 

Contoh informative speaking yaitu menjelaskan cara melakukan atau mencapai sesuatu. Ini bisa berisi informasi akademic, pengetahuan professional, ataupun melaporkan progres proyek.

Jenis satu ini juga sering dilakukan di kehidupan sehari-hari, seperti dosen yang menjelaskan tentang materi pada mahasiswanya atau atasan yang memberikan pelatihan bagi karyawannya. 

2. Entertaining speaking

Tipe public speaking dengan tujuan untuk menghibur. Contohnya pada acara pernikahan, makan malam, dan pertemuan. 

Pembicara biasanya mengangkat topik yang menarik dan lucu untuk menghibur atau meramaikan acara. Walaupun terkadang ada pula informasi penting yang terselip di dalamnya. 

3. Persuade

Pernahkah Anda menghadiri atau mendengarkan motivasi? Acara tersebut merupakan tipe berbicara di depan publik jenis persuasive. 

Tujuan public speaking persuasive adalah mendorong, memberikan opini berdasarkan sudut pandang pembicara, dan membujuk audience untuk melakukan suatu hal. 

Contoh topik yang diangkat motivator yakni tetap produktif di usia muda, mengembangkan karier dengan mudah, dan mengubah kebiasaan menunda-nunda. 

Informasi di dalamnya akan mengubah sudut pandang Anda akan suatu hal dan memberikan dorongan dalam diri  untuk melakukan perubahan. 

Keterampilan berbicara persuasif sangat berguna untuk membujuk audience melakukan sesuatu tanpa memaksa, seperti melakukan donasi dan melakukan vote politik kantor. 

Tujuan public speaking

Tujuan utama dari public speaking adalah menyampaikan pesan pada khalayak ramai, baik dalam perusahaan maupun di luar organisasi. 

Melalui skill public speaking seseorang dengan mudah berbicara pada banyak orang sekaligus meminimalisir kesalahpahaman atau misunderstanding. 

Apabila Anda berbicara di depan banyak orang, tetapi kurang ahli dalam public speaking skill maka audience bisa bosan atau meninggalkan acara.  

Seorang public speaker harus menguasai materi yang ingin disampaikan, percaya diri, dan mengatur nada bicaranya agar menarik audience. 

Fungsi public speaking

Public speaking menurut bahasa adalah berbicara di depan umum, sedangkan menurut istilah banyak pakar mendefinisikan sebagai kesenian berkomunikasi di depan banyak orang. 

Fungsi public speaking adalah meningkatkan kepercayaan diri dan nilai pada seseorang ketika berbicara di depan umum. 

Sementara, manfaat public speaking adalah memudahkan Anda dalam menyampaikan informasi dengan lancar, menumbuhkan kepemimpinan, dan menguasai perhatian audience. 

Cara Anda menyampaikan pesan jika andal dalam public speaking skill akan memudahkan dalam menggaet perhatian audience maupun tim. 

Pentingnya public speaking

Public speaking adalah kegiatan berbicara di hadapan umum. Biasanya seseorang mengembangkan kemampuan berbicara di depan publik butuh waktu dan usaha. 

Salah satunya melalui pelatihan khusus gratis maupun berbayar. Pilihan alternatif lainnya bergabung komunitas public speaking Indonesia. 

Selain untuk pekerjaan, Anda juga membutuhkan skill kemampuan berbicara di depan umum untuk diri sendiri dan bersosialisasi dengan orang lain. 

Melansir dari University of People, public speaking memiliki peran penting dalam kehidupan yakni memenangkan perhatian orang lain di tengah kerumunan, memotivasi teman dan anggota tim, serta memberikan informasi dengan jelas. 

Mengingat pentingnya keahlian berbicara di depan publik, banyak contoh public speaking di sekitar Anda seperti presentasi, ceramah, sambutan, dan MC. 

Manfaat public speaking

Public speaking merupakan keterampilan berbicara di hadapan banyak orang baik tim internal maupun audience asing. 

Ada pula yang mengatakan bahwa public speaking merupakan keahlian mengekspresikan pendapat melalui keterampilan berpidato.  

Manfaat utamanya adalah meningkatkan nilai Anda dalam hal menyampaikan informasi penting. Berikut manfaat lainnya. 

1. Berpengaruh pada peluang karier

Tahukah Anda kalau menguasai kemampuan public speaking bisa berdampak positif pada perkembangan karier Anda? 

Sebagai contoh jika Anda seorang sales maka punya skill public speaking akan memudahkan Anda mempromosikan produk dan jasa yang perusahaan jual pada konsumen. 

Begitu pula, ketika Anda wawancara jadi lebih mudah dan percaya diri. Di sisi lain, kemampuan berbicara di hadapan publik membuat Anda makin menonjol dibanding karyawan lain.

2. Memperluas koneksi

Orang yang cakap dalam public speaking memiliki relasi yang luas karena cara berbicaranya mampu menarik perhatian orang lain atau lawan bicara. Terutama jika mengembangkan skill berbicara persuasif. 

Pengaruh koneksi yang luas dan solid mampu berdampak pada jenjang karier dan memudahkan Anda dalam mendapat pekerjaan. 

3. Membangun kemampuan leadership

Kemampuan memimpin juga bisa Anda tingkatkan dengan mengembangkan keterampilan public speaking. Mahir dan percaya diri saat berbicara di hadapan umum akan menambah nilai dan citra Anda sebagai pemimpin yang baik di depan tim. Baca selengkapnya tentang Leadership: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya.

4. Memberikan kepuasan

Memiliki kemampuan berbicara di hadapan publik memberikan kepuasan bagi diri sendiri. Terlebih jika Anda berhasil memotivasi atau membujuk orang lain melakukan sesuatu. Seperti bersemangat kerja atau meningkatkan produktivitas lewat perubahan kebiasaan. 

5. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Berbicara di hadapan publik nyatanya juga melatih kemampuan berpikir kritis. Ini karena Anda bisa saja mendapat pertanyaan mendadak dari audience. Anda harus tetap bersikap tenang dan memikirkan solusinya. Pelajari lebih lanjut tentang Critical Thinking Adalah Kemampuan Penting yang Wajib Dimiliki Pekerja.

Cara melatih dan meningkatkan kemampuan public speaking

Cara melatih public speaking yang tepat adalah merencanakan bagaimana Anda mulai berlatih. Ada banyak metode melatih kemampuan berbicara di hadapan publik yakni meningkatkan kepercayaan diri. 

Kepercayaan diri merupakan kunci utama dalam mengembangkan skill public speaking. Cara-cara lainnya terangkum di bawah ini. 

1. Merencanakan dengan baik

Langkah pertama adalah merencanakan dengan baik apa yang akan Anda lakukan untuk tampil percaya diri saat berbicara di hadapan umum. 

Jika Anda ingin berlatih public speaking maka tulislah pesan apa yang ingin Anda sampaikan pada audience. Mulailah dari topik yang ringan supaya memudahkan. 

2. Berlatih public speaking 

Kunci kesuksesan adalah konsistensi dan latihan. Tanpa berlatih berbicara di depan umum Anda tidak akan pernah berhasil. Sama halnya ketika Anda belajar bahasa baru. 

Selain memahami dan mengetahui teorinya, Anda juga harus berlatih berbicara. Melalui metode ini kepercayaan diri Anda pun meningkat. 

3. Tingkatkan kepercayaan diri lewat perubahan mindset

Salah satu hambatan ketika berbicara di hadapan publik adalah gugup dan takut salah. Oleh karena itu, Anda wajib meningkatkan kepercayaan diri. 

Ubahlah mindset Anda, bayangkan audience adalah teman bukan juri yang akan menilai Anda saat tampil atau membawakan acara. 

Tips lancar public speaking di pekerjaan

Selain menerapkan cara-cara di atas, ada pula deretan tips lain yang dapat Anda aplikasikan sebagai upaya untuk memudahkan proses pengembangan sebagai berikut. 

1. Menjaga kontak mata

Saat berbicara cobalah menjaga kontak mata dengan audience dan jangan biarkan perhatian mereka teralihkan. Melalui kontak mata audience akan terhubung dengan materi Anda. 

2. Bergabung komunitas

Ada banyak komunitas public speaking yang bisa Anda coba ikuti. Selain melatih kemampuan berbicara di depan publik juga memberikan pengalaman bersosialisasi Anda. 

3. Memilih materi yang ringan

Memilih materi public speaking yang menarik dan ringan membantu Anda lebih mudah dalam menyampaikan informasi pada audience dengan detail. 

Di dalam jurnal public speaking terdapat metode dan kiat-kiat untuk meningkatkan kemampuan berbicara di hadapan publik. Kemampuan ini bukanlah bakat yang bisa didapat dari lahir, tetapi perlu terus Anda kembangkan. 

Kesimpulan

Public speaking merupakan keahlian berbicara di depan umum yang bisa semua orang miliki. Namun, memang butuh usaha ekstra untuk meningkatkannya. Kemampuan berbicara di depan publik mampu memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan perkembangan karier Anda. 

Nah, kalau sedang mencari pekerjaan Anda bisa kunjungi app.myrobin.id. Di sana tersedia banyak lowongan pekerjaan terpercaya dari perusahaan ternama. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!