Sales Manager: Tugas, Skill, Peran, Tipsnya

Sales Manager

Seorang Sales Manager akan memimpin tim penjualan dan memainkan peran strategis di banyak perusahaan. Sales Manager dapat membuat anggaran, mengembangkan rencana insentif untuk anggota tim penjualan, dan membuat rencana untuk memperluas wilayah baru. Jika Anda menyukai hal-hal terkait penjualan dan ingin menjadi pemimpin strategis di sebuah perusahaan, memahami posisi Sales Manager mungkin bisa menjadi cara Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang ideal. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Sales Manager, apa tugasnya, keterampilan apa yang dibutuhkan untuk menjadi Sales Manager, dan bagaimana cara supaya bisa menjadi Sales Manager yang sukses.

Apa itu Sales Manager?

Jika anda ingin menjadi  seorang Sales manager, tentunya anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sales manager itu sendiri. Sales Manager adalah pemimpin yang mengawasi tim penjualan. Sales Manager memberikan motivasi ke semua anggota tim, membantu menetapkan tujuan untuk tenaga penjualan dan terkadang juga ikut melakukan proses penjualan. Sales Manager mengevaluasi kinerja anggota tim dan berupaya meningkatkan kinerja penjualan. Sales Manager biasanya juga melakukan beberapa tugas administratif, seperti membuat laporan penjualan atau presentasi.

Baca juga tentang Sales: Pengertian, Istilah, dan Jenis Pekerjaannya

Apa Tugas Sales Manager?

Sales Manager bertanggung jawab atas kinerja tim penjualan mereka. Tugas mereka mungkin meliputi:

Memenuhi target penjualan

Sales Manager bertanggung jawab atas kinerja tim. Beberapa Sales Manager mungkin menetapkan tujuan untuk tim, tetapi target penjualan sering kali datang dari Senior Leader dalam sebuah perusahaan. Seorang Sales Manager juga dapat menetapkan tujuan individu bagi tenaga penjualan untuk mencapai tujuan penjualan secara keseluruhan. Sales Manager melaporkan kinerja timnya, bekerja dengan tenaga penjualan dan menentukan rencana serta juga memiliki inisiatif tinggi untuk mencapai tujuan penjualan.

Mengevaluasi Kinerja

Sales Manager mengevaluasi kinerja tenaga penjualan dalam kaitannya dengan tujuan penjualan. Jika tenaga penjualan tidak mencapai jumlah yang telah ditargetkan, Sales Manager menentukan mengapa itu terjadi. Terkadang, target penjualan tim tidak tercapai karena masalah di luar kendali mereka, seperti kondisi pasar atau masalah produk. Di sisi lain, mungkin ada masalah kinerja yang coba ditangani oleh Sales Manager.

Menciptakan Insentif

Sales Manager bekerja untuk menjaga motivasi kerja timnya agar tetap bersemangat mencapai target, dan bagian dari itu melibatkan pembuatan rencana insentif dan tujuan yang memotivasi tenaga penjualan untuk bekerja pada performa terbaiknya. Misalnya, seorang Sales Manager mungkin memberikan bonus bagi tenaga penjualan yang melampaui target mereka dalam jumlah tertentu. Mereka mungkin juga mengidentifikasi tenaga penjualan terbaik dan memberi mereka fasilitas seperti lebih banyak waktu istirahat atau bahkan memberikan paket perjalanan/liburan.

Membuat Strategi Penjualan

Sebagian besar perusahaan mengharapkan pendapatan terus berkembang, dan Sales Manager sering kali menentukan cara untuk mencapai perkembangan tersebut. Sales Manager mungkin membuat daftar target klien baru atau bekerja dengan pengembangan produk untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk dijual kepada klien yang sudah ada. Sales Manager mungkin juga mengidentifikasi wilayah baru dan membuat rencana ekspansi bisnis dalam hal penjualan.

Membangun dan Memelihara Tim

Seorang Sales Manager mengevaluasi staf dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Sales Manager mungkin membuat rekomendasi mengenai berapa banyak posisi penjualan yang dibutuhkan perusahaan. Manajer juga mungkin mencoba mengidentifikasi kebutuhan staf di antara departemen yang mendukung penjualan. Dalam hal ini, manajer mencoba memastikan tim penjualan memiliki sumber daya dan dukungan produk yang dibutuhkan untuk menciptakan peluang baru.

Melatih Tim penjualan

Seorang Sales Manager secara teratur bertemu dengan anggota timnya, memberikan dukungan dan bimbingan kepada mereka. Seorang Sales Manager akan menemani seorang tenaga penjualan dalam rapat dan melakukan presentasi bersama. Jika seorang tenaga penjualan berjuang untuk mencapai tujuan, manajer mungkin mencoba membantu mereka dan memberikan saran tentang teknik penjualan yang efektif, mengevaluasi gaya presentasi mereka dan meningkatkan cara tenaga penjual berbicara kepada klien. Jika seorang tenaga penjualan bekerja dengan baik, Sales Manager mungkin memastikan bahwa mereka sendiri merasa puas dengan pekerjaannya serta memfasilitasi yang mereka butuhkan.

Menyelesaikan Masalah

Seorang Sales Manager membantu memecahkan masalah yang melibatkan tinya. Misalnya, jika klien tidak senang karena suatu alasan, Sales Manager mungkin membantu anggota tim mereka mengatasi masalah dengan berbicara dengan klien dan berjanji untuk membantu mengatasi masalah klien tersebut. Jika tenaga penjualan membutuhkan bantuan atau memiliki masalah, Sales Manager dapat mendiskusikan masalah tersebut dengan manajer produksi dan mengusulkan solusi.

Skill yang harus dimiliki seorang Sales Manager?

Berikut adalah daftar skill yang mungkin membantu membuat seorang Sales Manager yang sukses:

Komunikasi

Sales Manager berkomunikasi dengan senior leader perusahaan mengenai pendapatan dan proyeksi penjualan. Mereka juga mengkomunikasikan tujuan dan sasaran dan memberikan feedback positif maupun kritik membangun kepada tim penjualan mereka. Sales Manager sering tampil dengan berbagai lintas fungsi, berkomunikasi lintas departemen dengan para leader perusahaan lainnya. Yang terakhir, seorang Sales Manager tentunya akan sering berkomunikasi langsung dengan klien. Oleh karena itu, seorang manajer penjualan perlu memiliki keterampilan yang baik dalam berkomunikasi.

Kepemimpinan

Seorang Sales Manager perlu menunjukkan kualitas kepemimpinan yang baik dengan membantu timnya agar berhasil serta memberikan bantuan dan dukungan bila diperlukan. Sales Manager yang sukses dapat memotivasi tim mereka dan memahami kebutuhan tim. Sales Manager bertindak demi kepentingan terbaik tim dan perusahaan untuk memberikan hasil terbaik.

Analisis Data

Seorang Sales Manager menganalisis data dan menafsirkan arti dari data tersebut. Sales Manager memeriksa angka penjualan untuk melihat apakah mengalami kenaikan atau malah turun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sales Manager sering mendapat manfaat dari kemampuan untuk memproyeksikan apakah angka penjualan sesuai untuk mencapai sasaran pendapatan dan mengevaluasi jumlah penjualan individu dari timnya. Sales Manager juga dapat menganalisis biaya penjualan ke perusahaan, margin produk, dan keberhasilan produk.

Kemampuan Presentasi

Sales Manager sering kali menyajikan informasi kepada tim, pemimpin perusahaan, serta klien. Keterampilan presentasi melibatkan berbicara di depan umum dan memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan ide utama kepada sekelompok orang. Selain berbicara di depan umum, Sales Manager mungkin perlu menggunakan alat presentasi, membuat slide yang menyampaikan informasi penting dalam presentasi digital. Memiliki kreativitas yang tinggi menjadi nilai tambah untuk seorang sales manager dalam hal menyajikan presentasi secara kreatif agar pesan yang ingin disampaikan lebih mudah diterima.

Membuat Anggaran

Sales Manager membuat anggaran untuk tim, memperkirakan penjualan, dan memproyeksikan pendapatan. Seorang Sales Manager umumnya harus memiliki pemahaman dasar keuangan dan tahu bagaimana bekerja dengan spreadsheet untuk membuat anggaran. Sales Manager juga membuat anggaran pengeluaran untuk anggota tim penjualan mereka yang terkadang bepergian atau bertemu dengan klien. Serta biaya lain yang mungkin dikeluarkan untuk kebutuhan sales.

Pentingnya Peran Seorang Sales Manager

Seorang Sales Manager memberikan wawasan penting tentang bagaimana klien bereaksi terhadap produk dan mengapa penjualan bisa naik atau turun. Sales Manager dapat membantu mengembangkan tenaga penjualan yang baik dan mempertahankan tenaga penjualan yang hebat. Manajemen yang tepat dapat berarti melatih karyawan baru dengan benar dan membuat tenaga penjualan yang berkinerja terbaik tetap senang. Sales Manager yang berkualitas seringkali merupakan tenaga penjualan yang hebat dan dapat menjadi sumber daya bagi tim penjualan untuk menyelesaikan kontrak penting dengan klien. Terakhir, Sales Manager memotivasi tim penjualan dan bekerja untuk mencapai tujuan perusahaan, termasuk menyoroti kebutuhan untuk menjual produk tertentu atau mendorong tim penjualan untuk menerima produk baru.

Tips untuk menjadi Sales Manager yang sukses

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menjadi Sales Manager yang sukses:

Mengatur Prioritas

Sales Manager yang sukses kemungkinan besar menetapkan prioritas untuk diri mereka sendiri dan tim. Beberapa klien lebih besar dan mungkin menyediakan bisnis yang berulang dan membutuhkan lebih banyak perhatian. Terkadang produk baru perlu menjadi fokus tim penjualan. Sales Manager yang dapat memprioritaskan dapat membantu tim mereka mencapai tujuan bersama.

Terorganisir

Manajer yang sukses sering menggabungkan tingkat struktur dan organisasi ke dalam cara mereka mendekati tanggung jawab mereka. Misalnya, menjadwalkan meeting berdua dengan anggota tim dapat membantu memastikan manajer memahami bagaimana perasaan mereka tentang pekerjaan mereka dan kekhawatiran apa yang mungkin mereka miliki. Selain itu, membuat laporan secara teratur, menganalisis angka penjualan, dan memahami kinerja pendapatan, semuanya memainkan faktor keberhasilan.

Strategis

Sales Manager harus mencoba menjadi strategis dalam pendekatan mereka. Misalnya, jika produk baru dirilis, mungkin sulit untuk membuat tenaga penjualan menerimanya karena mereka kurang terbiasa menjualnya. Sales Manager strategis dapat membuat insentif khusus untuk menjual produk tersebut guna memotivasi tim dan mempercepat waktu yang dibutuhkan mereka untuk merasa nyaman dengan produk baru tersebut.

Jujur

Sales Manager harus jujur ​​mengevaluasi kinerja tim mereka. Misalnya, jika seseorang berkinerja buruk, memberitahu anggota tim tersebut dan bekerja sama untuk meningkatkan dapat membantu anggota tim tersebut dan, pada gilirannya, hingga seluruh tim. Ini memberi orang kesempatan untuk membuat perubahan dan mengatasi masalah kinerja.

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!