Search
Close this search box.

Self-Management Skills: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memaksimalkannya

self-management skills

Hari-hari ini, para pekerja dituntut memiliki berbagai keterampilan untuk menunjang produktivitas. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja adalah self-management skills.

Self-management skills atau keterampilan manajemen diri dapat meningkatkan kinerja dan secara efektif mencapai tujuan. Sebagai pekerja, kamu perlu mengetahui apa itu self-management dan cara memaksimalkannya. Untuk itu, MyRobin mengulas self-management skills dalam artikel berikut.

Pengertian Self-Management Skills

Self-management skills adalah kemampuan yang memungkinkan orang mengendalikan pikiran, perasaan, dan tindakan mereka. Kemampuan ini berguna untuk mengatur diri sendiri dan mencapai tujuan dengan efektif. Ini termasuk kemampuan untuk mengelola waktu, mengatasi stress, mengelola emosi, dan mengelola diri dalam situasi yang sulit.

Kemampuan mengelola diri yang baik penting untuk kesuksesan di bidang apa pun, baik di dunia kerja maupun dalam kehidupan pribadi. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan mereka dengan lebih cepat dan efisien, serta menjaga kesehatan mental dan fisik yang baik.

Manfaat Self-Management

Self-management cukup penting dalam kehidupan personal maupun profesional. Seseorang dengan self-management yang baik juga dapat membuat keputusan rasional dan bereaksi dengan baik di berbagai situasi.

Memiliki keterampilan mengelola diri juga dapat membantu seseorang untuk fokus dan tidak mudah terdistraksi. Nah, kalau kamu dapat fokus selama bekerja, maka kamu dapat merampungkan pekerjaan dengan tepat waktu.

Ringkasnya, memiliki self-management dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Meningkatkan kinerja dan produktivitas
  • Hubungan yang lebih baik dengan rekan kerja
  • Menjaga kesehatan mental dan fisik
  • Dapat memecahkan masalah dengan lebih baik

Contoh Self-Management

Untuk lebih mudahnya, berikut MyRobin berikan beberapa contoh self-management skills:

1. Penetapan Tujuan

Penetapan tujuan atau juga dikenal sebagai goal setting adalah kemampuan untuk menentukan apa yang ingin dicapai dengan cara yang jelas dan terdefinisi dengan baik. Di dunia kerja, kemampuan ini dapat membantu kamu untuk memutuskan apa yang penting dan membuat rencana tindakan guna mencapai tujuan. Hal ini bisa berguna untuk menjaga produktivitas di tempat kerja karena memungkinkan untuk mengatur waktu dan tindakanmu.

2. Manajemen Waktu

Keterampilan manajemen waktu yang baik dapat membuat kamu memprioritaskan tugas, menghindari gangguan, dan mempertahankan fokus. Nah, manajemen waktu yang efektif juga dapat membantu kamu menetapkan dan memenuhi tenggat waktu, mengerjakan satu hal pada satu waktu, serta mendelegasikan tanggung jawab dengan tepat.

3. Keterampilan Organisasi

Keterampilan organisasi dapat membantu kamu membangun kerapian dan meningkatkan fungsionalitas. Kalau kamu terorganisir dengan baik, kamu dapat merencanakan, memprioritaskan, dan melaksanakan aktivitas penting, membantu kamu mengelola sendiri tanggung jawab di tempat kerja.

4. Mengelola Stres

Mengelola stres merupakan keterampilan yang dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari menjaga pola makan, olahraga, hingga secara proaktif terlibat dalam aktivitas, seperti meditasi atau membuat jurnal tentang pengalaman. 

Di dunia kerja, mengelola stres dapat membantu kamu tetap tenang menghadapi beban kerja. Selain itu, mengelola stres dapat membantu kamu mengelola emosi dan mempertahankan sikap profesional di tempat kerja.

5. Motivasi Diri

Motivasi diri merupakan keterampilan untuk mengambil inisiatif dan menyelesaikan tanggung jawab yang harus diselesaikan. Ketika kamu memotivasi diri, kamu dapat mengantisipasi dan merencanakan tindakan profesional yang diperlukan untuk mencapai tugas yang lebih signifikan atau untuk menyelesaikan masalah.

Cara Memaksimalkan Self-Management

Salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan self-management adalah dengan membuat rencana dan menetapkan tujuan yang realistis. Hal ini dapat membantu seseorang untuk fokus pada apa yang penting dan menghindari distraksi. Selain itu, belajar untuk mengatasi stress dan mengelola emosi juga penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

Latihan mindfulness juga dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan self-management. Mindfulness adalah keterampilan untuk fokus pada saat sekarang dan memperhatikan perasaan dan pikiran tanpa menilai atau mengevaluasi mereka. Hal ini dapat membantu seseorang untuk mengatasi stress dan mengelola emosi dengan lebih baik.

Baca Juga: Yuk! Kenali Toxic Culture Di Lingkungan Kerja, Apa Tempat Kamu Salah Satunya?

Selain itu, berkomunikasi dengan baik dan membangun hubungan yang positif dengan orang lain juga dapat membantu dalam self-management. Mampu bekerja dengan orang lain, mendengarkan dan mengevaluasi perspektif mereka, serta menyelesaikan konflik dengan cara yang efektif adalah keterampilan yang penting untuk mengelola diri dalam situasi yang sulit.

Untuk memaksimalkan keterampilan mengelola diri, kamu dapat melakukan beberapa cara berikut ini:

1. Ukur Kemampuan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengukur kemampuan pribadi. Kamu dapat memulai dengan menentukan kemampuan yang dikuasai, lalu fokuskan cara untuk memaksimalkan kemampuan di bidang tertentu. Memahami kemampuan diri dapat membantu kamu untuk mengelola jalur karier dengan cara yang memaksimalkan keterampilan.

2. Prioritaskan Tanggung Jawab

Menetapkan prioritas pada pekerjaan yang paling penting dapat membantu kamu di dunia kerja. Sebaiknya, hindari gangguan yang dapat mendistraksimu ketika bekerja.

3. Tetapkan Deadline Pribadi

Menetapkan deadline atau tenggat waktu untuk setiap pekerjaan dapat membantumu memaksimalkan keterampilan mengelola diri. Hal ini diperlukan untuk membuatmu tidak tergesa-gesa dan bisa meluangkan waktu lebih untuk mengevaluasi pekerjaanmu tersebut.

4. Melatih Kesabaran

Mempertahankan rasa tenang dapat membuatmu berpikir jernih dan objektif. Kamu dapat memperhatikan orang lain, lalu mencoba berempati dengan kebutuhan dan pengalaman mereka untuk membantu mereka dengan lebih efektif.

5. Menjaga Kesehatan dan Kebugaran

Tubuh yang sehat dan bugar dapat membuatmu fokus. Hal ini bermanfaat untukmu ketika mengelola diri. Maka dari itu, kamu perlu mempertahankan pola makan yang sehat, olahraga secara teratur, jaga kebersihan, dan secara aktif menurunkan tingkat stres. Dengan demikian, kamu dapat secara sadar mengelola dan mengontrol diri di berbagai situasi.

Secara keseluruhan, self-management skills adalah keterampilan penting yang dapat membantu seseorang untuk mencapai tujuan mereka dan menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bahagia. Dengan latihan dan komitmen, seseorang dapat meningkatkan kemampuan self-management mereka dan mencapai kesuksesan dalam bidang apa pun.

Demikian ulasan seputar self-management skills. Jika kamu ingin tahu informasi lain seputar keterampilan di dunia kerja, yuk, baca artikel-artikel di Blog MyRobin!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID