10 Soft Skill Penunjang Karir yang Harus Kamu Kuasai

Soft SKill Penunjang Karir

Perlu kamu ketahui bahwa dalam mencari pekerjaan tidak hanya hard skill atau kemampuan teknikal saja yang perlu kamu miliki. Namun, saat ini banyak perusahaan yang melihat calon kandidat dari soft skill juga. Nah, apa saja soft skill yang harus dikuasai agar dapat menunjang karir? 

Apa Itu Soft Skill?

Soft Skill merupakan suatu kemampuan pribadi seseorang yang merujuk pada kecerdasan, emosional, hingga komunikasi antar sesama. Tanpa soft skill mungkin kamu tetap bisa mengerjakan pekerjaan, namun belum tentu kamu mampu bertahan dan berhasil. Mengapa? Baca penjelasan lebih lanjut mengenai soft skill dalam artikel Soft Skill: Apa itu dan Bagaimana Cara Meningkatkannya.

Hal ini karena dalam bekerja pasti membutuhkan interaksi atau hubungan dengan orang lain. Sehingga diperlukan keterampilan komunikasi dan sosialisasi yang baik agar pekerjaan berjalan dengan efektif. Misalnya, kamu adalah seorang graphic designer yang jago membuat desain. Namun, sebelum mengerjakan tentu kamu akan berdiskusi dengan anggota tim lainnya seperti copywriter, creative director, atau social media manager mengenai konten yang akan dibuat. 

Maka dari itu, tak heran bila banyak rekruter yang mempertimbangkan soft skill calon kandidat sebagai syarat bekerja di perusahaan. Karena soft skill ini akan berdampak pada perkembangan perusahaan maupun karir karyawan sendiri. Baca juga tentang Soft Skill dan Hard Skill: Pengertian, Perbedaan dan Contohnya.

Tidak hanya komunikasi saja, namun ada banyak soft skill lain yang bisa kamu kuasai dan tingkatkan agar karir kamu dapat berkembang. Apa saja?

Contoh Soft Skill yang Dapat Menunjang Karir

Berikut adalah contoh soft skill yang bisa kamu kembangkan agar mampu bersaing di dunia kerja:

Komunikasi

Menambah penjelasan di atas, komunikasi ini merupakan salah satu soft skill yang wajib untuk kamu kuasai. Ketika bekerja kamu tidak akan selalu sendirian, pasti akan melibatkan banyak orang. Maka dari itu, skill komunikasi penting untuk dimiliki.

Jika ingin kemampuan komunikasi kamu berkembang, kamu bisa melatihnya dengan menjadi pendengar yang baik. Ketika rekan kerja sedang mengajak kamu berbicara cobalah untuk mendengarkannya dengan seksama.

Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu mengembangkan kemampuan menyampaikan pesan atau pendapat. Karena dalam diskusi harus ada komunikasi dua arah atau lebih.

Adaptasi

Ketika berada di tempat baru kamu akan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan cepat. Maka dari itu, kamu harus mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Dengan soft skill adaptasi yang baik, kamu akan lebih mudah dan cepat mengikuti dinamika pekerjaan.

Untuk bisa mengikuti dinamika tempat kerja baru dengan cepat, kamu bisa mempelajari berbagai hal seperti SOP, product knowledge, hingga budaya perusahaan terlebih dahulu. Sehingga, ketika sudah terjun dalam pekerjaan kamu bisa lebih mudah menyesuaikan diri.

Kerja sama (teamwork)

Ketika bekerja terkadang kamu perlu kerja sama antar tim. Apalagi jika mendapat tugas atau proyek yang harus diselesaikan oleh satu divisi atau tim. Maka dari itu, kamu harus melatih kemampuan teamwork agar bisa mengimbangi kerja tim.

Tidak hanya itu saja, beberapa perusahaan juga sering melakukan kolaborasi dengan perusahaan atau brand lain. Sehingga, penting bagi kamu untuk mengembangkan soft skill ini agar pekerjaan berjalan lancar dan tidak menyusahkan anggota tim lainnya.

Kepemimpinan (leadership)

Kemampuan leadership tidak hanya untuk seorang manajer atau bos perusahaan saja lho. Namun, karyawan pun juga harus memiliki kemampuan ini. Apalagi jika kamu mendapat tugas untuk mengatur tim dalam suatu proyek atau acara perusahaan. Maka dari itu, kamu perlu meningkatkan kemampuan leadership ini.

Selain itu, dalam berkarir tentu kamu tidak akan berada di level jabatan yang sama selamanya. Akan tetapi, kamu pasti akan mengalami perubahan posisi seperti dari entry level naik ke mid-senior level dan seterusnya. Jadi, kamu harus siap menjadi seorang leader atau pemimpin kapan pun itu.

Jika ingin kemampuan leadership ini berkembang, maka kamu perlu melatih keberanian kamu untuk berbicara di depan umum, mencoba menjadi team leader dalam proyek kecil, hingga menantang diri untuk melakukan hal-hal positif lainnya.

Baca juga tentang Leadership: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya.

Manajemen waktu

Kemampuan manajemen waktu ini wajib untuk kamu miliki. Jika kamu tidak bisa mengatur waktu dengan baik maka akan berpengaruh pada pekerjaan. Cobalah untuk tepat waktu dalam hal apapun seperti tidak terlambat datang bekerja atau mengumpulkan tugas sesuai dengan deadline. Dengan begitu, kamu akan menjadi pribadi yang lebih profesional, disiplin, bertanggung jawab, dan menghargai orang lain.

Namun, jika kamu kesulitan dalam mengatur waktu cobalah untuk membuat jadwal harian atau to do list. Hal ini akan membantu kamu menjadi lebih teratur, produktif, dan terhindar dari kesalahan maupun pekerjaan yang menumpuk.

Kreatif dan inovatif

Dalam bekerja kamu akan dituntut untuk menjadi orang yang kreatif serta inovatif. Jika kamu memiliki kedua hal ini maka kamu akan lebih mudah menemukan solusi untuk suatu masalah atau pekerjaan.

Dengan kemampuan ini juga kamu bisa menciptakan dan menerapkan ide atau inspirasi baru yang berguna untuk perusahaan maupun karir. Sedikit tips untuk kamu, setiap menemukan ide baru kapanpun dan dimanapun segera catat di jurnal atau notes. Sehingga, ketika meeting atau diskusi kamu sudah siap memberikan ide baru  tersebut untuk tim.

Berpikir kritis

Salah satu soft skill yang harus kamu miliki agar karir semakin berkembang adalah berpikir kritis. Dengan berpikir kritis, kamu dapat lebih mudah memahami sudut pandang orang lain, mampu menyelesaikan masalah sendiri, dan mudah menemukan peluang baru. Tentu saja, hal ini akan sangat berguna untuk perkembangan karirmu.

Kemampuan ini bisa kamu dapatkan dan kembangkan dengan banyak membaca agar wawasan semakin luas, atau berdiskusi bersama tim untuk menambah sudut pandang baru.

Public speaking

Untuk mendapatkan kemampuan public speaking ini tidak mudah. Butuh banyak latihan dan improvisasi. Apalagi jika kamu memiliki sifat pemalu atau termasuk orang yang introvert. Jadi, cobalah untuk melatih kemampuan ini secara rutin karena dalam bekerja kamu akan sering berbicara di depan umum.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kemampuan public speaking meningkat adalah dengan latihan berbicara di depan cermin dengan intonasi yang tepat. Selain itu, kamu juga harus memperbanyak kosakata dan berlatih mendeskripsikan sesuatu tanpa skrip. Semakin sering kamu melatihnya maka semakin lancar pula kamu ketika berbicara di depan umum. 

Networking

Penting bagi kamu untuk membangun koneksi dengan profesional lain. Semakin luas relasimu maka semakin besar peluang dan kesempatan yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya mencakup orang-orang di perusahaanmu saja, namun kamu juga bisa membangun relasi dimanapun dan kapanpun.

Untuk bisa mendapatkan networking yang luas, jangan menutup diri. Cobalah untuk lebih terbuka dan berani mengenal orang lain. Ada banyak cara untuk membangun relasi yaitu dengan menghadiri suatu event atau workshop, mengikuti (connect) akun LinkedIn seseorang yang satu bidang dengan kamu, atau berkolaborasi bersama pada sebuah project.

Ketahui lebih lanjut tentang Cara Membangun Networking di Dunia Kerja.

Etos kerja

Setiap pekerja harus memiliki etos kerja yang tinggi. Dengan begitu, mereka bisa lebih fokus, tepat waktu, dan teratur dalam pekerjaannya. Maka dari itu, kamu harus memiliki etos kerja yang kuat agar dapat produktif dan efisien ketika bekerja. Tentunya hal ini dapat menunjang perkembangan karir dan perusahaan.Itulah 10 contoh soft skill yang bisa membantu mengembangkan karirmu. Cobalah untuk melatihnya dan menerapkannya di setiap pekerjaanmu. Ingin tahu hal-hal penting lainnya yang dibutuhkan dalam bekerja? Tenang saja, kamu bisa menemukannya di myrobin.id/blog! Yuk, kepoin blognya sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cepat kerja, banyak untungnya pula!