Search
Close this search box.

Relationship Manager: Tugas, Skill, dan Syaratnya

relationship manager

Relationship manager merupakan pekerjaan yang cukup penting bagi semua bisnis. Mereka bertanggung jawab membangun reputasi dan hubungan baik dengan klien atau pelanggan. 

Bagi Anda tertarik berkarir sebagai relationship manager, wajib simak artikel berikut. Mulai dari skill, syarat, hingga gaji terbaru akan dibahas tuntas. 

Memahami peran relationship manager

Apa itu relationship manager? Relationship manager adalah profesi yang tugasnya berkomunikasi dan menjalin hubungan bisnis dengan klien. Pekerjaan ini dibutuhkan hampir setiap industri, terutama di bidang pelayanan seperti bank. 

Manajer hubungan bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan. Mereka akan berinteraksi dengan vendor atau mitra untuk membahas soal kerjasama yang terjalin. 

Seorang manajer hubungan juga membantu kliennya menyelesaikan persoalan. Mereka berusaha memahami masalah dan mengembangkan rencana strategis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. 

Di beberapa perusahaan peran manajer hubungan bisa memiliki nama lain. Misalnya di bank, relationship manager kredit adalah orang yang mengelola hubungan dengan nasabah kredit. 

Tugas relationship manager

Profesi manajer hubungan bukan hanya mengelola hubungan dengan nasabah. Lalu relationship manager tugasnya apa saja? Berikut daftar tanggung jawabnya: 

  • Memahami komplain klien
  • Memecahkan masalah klien
  • Melakukan negosiasi terkait kontrak
  • Membangun proses retensi klien
  • Menangani masalah klien berkaitan dengan staff perusahaan
  • Melakukan analisis kompetitif untuk melakukan pendekatan dengan konsumen
  • Present value propositions
  • Menjalin hubungan dengan konsumen potensial 
  • Mengembangkan strategi untuk mengatasi kebutuhan pelanggan
  • Menganalisis data untuk pengembangan strategi atau promosi pada pelanggan
  • Berpikir out of the box untuk menemukan solusi atas masalah
  • Bekerja sama dengan tim penjualan untuk mengomunikasikan cara mereka agar dapat menjual produk atau layanan pada target nasabah
  • Menjalankan riset mendalam tentang bisnis perusahaan
  • Mempertahankan hubungan positif dengan klien

Tipe relationship manager

Profesi manajer hubungan memiliki dua jenis yaitu business relationship manager dan customer relationship manager. Anda dapat menekuni salah satunya. 

1. Business relationship manager

Tipe manajer hubungan ini lebih sering berkomunikasi dengan stakeholder dan membantu operasi perusahaan, agar berjalan lancar. Fokus mereka adalah mempertahankan hubungan bisnis perusahaan dengan vendor, pemasok, maupun mitra. 

Pekerjaan manajer hubungan bisnis meliputi menangani anggaran, melacak pembelian, menanalissi data dan trens, menyusun kontrak, hingga berpartisipasi dalam negosiasi. Pada kasus tertentu, manajer hubungan bisa saja menjalin hubungan dengan komunitas setempat. 

2. Customer relationship manager

Manajer hubungan klien berfokus mengelola hubungan dengan konsumen, nasabah, dan klien. Customer relationship manager harus bersikap jujur dan terbuka untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. 

Tugas manajer hubungan ini adalah menjawab pertanyaan konsumen, memberikan informasi terkini terkait perusahaan, dan membantu mereka mengambil keputusan. 

Skill wajib relationship manager

Tugas relationship manager lebih banyak berkomunikasi dengan pihak internal dan eksternal. Oleh karena itu, penting memiliki skill penunjang diantaranya:

1. Komunikasi 

Keahlian komunikasi sudah menjadi skill dasar semua pekerja. Terutama Anda yang berada di level manajer. Kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan ketika mengarahkan tim, menjalin dan mempertahankan hubungan dengan klien. 

Skill komunikasi mencakup verbal dan non verbal. Untuk melatih kemampuan berkomunikasi Anda mengikuti pelatihan atau memperbanyak interaksi dengan klien. Semakin sering komunikasi terjalin kemampuan Anda akan meningkatkan. 

2. Negosiasi 

Skill komunikasi yang baik akan berguna apabila diimbangi dengan keahlian negosiasi. Kemampuan negosiasi merujuk pada kemampuan untuk mempengaruhi proses pengambilan keputusan orang lain dan menemukan kompromi saling menguntungkan bagi dua belah pihak. Nantinya, keahlian ini berguna untuk menentukan perincian kontrak atau harga layanan. 

3. Riset dan analisis 

Kemampuan riset mencakup mengumpulkan, memahami,  menafsirkan, dan menginterpretasikan informasi. Fungsi skill ini membantu manajer hubungan menemukan dan melakukan pendekatan yang tepat dengan klien.

Sementara keahlian analisis membantu manajer mempelajari perilaku klien untuk menjamin kepuasan pelanggan dalam hubungan bisnis. Keahlian ini memerlukan pemikiran kritis. 

4. Berpikir kreatif 

Manajer hubungan harus bisa mencari solusi atas berbagai masalah klien. Untuk itu, Anda perlu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Kemampuan ini juga berguna untuk mengembangkan ide produk, layanan atau materi pemasaran yang unik. Kreativitas mencakup kegiatan menulis dan merancang. 

5. Pelayanan 

Manajer hubungan perlu mengembangkan skill interpersonal skill dan customer service. Ini karena selama bekerja Anda akan berinteraksi dengan banyak klien. 

6. Strategi dan planning

Keterampilan strategi dan perencanaan memudahkan manajer menentukan tujuan untuk klien maupun dirinya sendiri. Diperlukan pula kemampuan berpikir analisis, kritis, dan kepemimpinan. 

7. Problem solving

Kemampuan memecahkan masalah sangat penting bagi manajer. Ini karena posisi Anda akan selalu dihadapkan dengan masalah yang tidak terduga. Di samping itu, manajer harus terbiasa berada di bawah tekanan dan menyelesaikan masalah dengan tepat. 

8. Literasi komputer

Kemampuan menggunakan komputer tingkat menengah sudah menjadi kewajiban bagi manajer hubungan. Pasalnya, selama bekerja Anda akan mengatur jadwal, berkomunikasi dengan tim, mengirim email, mengirimkan materi, mengadakan meeting online, dan melacak interaksi pelanggan menggunakan komputer. 

9. Pengetahuan tentang industri

Manajer hubungan bisa Anda temukan di berbagai industri. Mulai dari pemerintahan, kesehatan, teknologi, layanan masyarakat, perbankan, hingga konstruksi. Penting untuk mengetahui tentang industri bisnis sehingga Anda bisa menjalankan peran dengan baik. 

10. Organisasi 

Keterampilan organisasi membantu Anda memanajemen hubungan dengan pemangku kepentingan dan anggota tim. Anda mungkin saja memegang banyak tugas dalam waktu bersamaan. Kemampuan mengorganisir tugas bisa membantu Anda menjamin tugas selesai tepat waktu. 

Cara menjadi relationship manager

Peran manajer hubungan bisa jadi pilihan karir yang tepat. Di bawah ini cara agar Anda bisa melamar sebagai relationship manager. 

1. Menempuh pendidikan tinggi 

Posisi manajer memerlukan wawasan luas dan pengalaman tinggi. Untuk itu, perusahaan mensyaratkan pelamar memiliki latar pendidikan sarjana atau magister. Anda bisa melanjutkan pendidikan tinggi, agar lolos tahap administrasi. Jurusan yang bisa Anda pertimbangkan adalah periklanan, ilmu komunikasi, management, bisnis, atau pemasaran. 

2. Mengembangkan skill utama

Latar pendidikan bukanlah syarat utama. Tanpa adanya keahlian, sulit bagi Anda menjabat posisi manajer hubungan. Oleh sebab itu, pelajari skill yang dibutuhkan dan mulai kembangkan. Keahlian wajib relationship manager adalah negosiasi, komunikasi, dan pelayanan. Menguasai skill teknis akan menambah nilai Anda di mata perekrut

3. Memiliki pengalaman di bidang customer service

Melamar posisi manajer mensyaratkan Anda memiliki pengalaman. Untuk cobalah melamar di posisi entry level lebih dulu, terutama yang berkaitan dengan layanan pelanggan. Dengan pengalaman ini Anda akan mempelajari bagaimana berinteraksi dengan klien, menyelesaikan masalah, dan memberikan solusi sesuai persoalan tersebut. Semakin banyak pengalaman, Anda akan terbiasa menghadapi situasi tidak terduga. 

4. Mempelajari tools CRM

Selama bekerja Anda akan dibantu dengan tools customer relationship management (CRM). Alat ini akan membantu Anda terorganisir, menyediakan fitur automasi, memberikan data analitik, dan meningkatkan kemampuan komunikasi. Pelajari dan kuasai tools ini agar membantu Anda lolos tahap interview user. 

5. Pertimbangkan mengikuti program sertifikasi

Ada puluhan kandidat berkualitas di luar sana. Anda harus bisa bersaing dengan mereka. Salah satu caranya menyoroti skill dan pengalaman kerja di dalam CV. Selain itu, pertimbangkan mengikuti program sertifikasi berkaitan dengan peran manajer hubungan. 

6. Mempelajari pertanyaan interview posisi manajer hubungan

Persiapkan karir Anda sepenuhnya. Pelajari pertanyaan yang umum diajukan perekrut. Misalnya, tentang kelebihan, kekurangan, pengalaman, dan motivasi kerja. Wawancara dengan user lebih banyak mengulas tentang teknikal. Contohnya, seberapa mahir Anda menggunakan tools CRM atau adakah teknologi lain yang Anda gunakan selama menjadi manajer hubungan. 

Gaji relationship manager

Gaji relationship manager bervariasi tergantung industri dan skala perusahaan. Faktor lain yang mempengaruhi pendapatan adalah UMP setempat, latar pendidikan, pengalaman, dan keahlian yang Anda miliki. 

Tentunya kandidat yang telah berpengalaman sangat lama sebagai manajer hubungan, bisa mendapat gaji lebih tinggi daripada lulusan baru. Namun, hal ini tidak selalu berlaku di beberapa perusahaan. 

Menurut Grabjobs, gaji relationship manager per tahun sekitar Rp122 juta, sedangkan per bulan karyawan bisa mendapat Rp 10 – Rp 12 juta. Untuk level senior, gaji per tahun bisa mencapai 114 jutaan. 

Di samping gaji pokok, perusahaan juga memberikan benefit lain berupa tunjangan, asuransi kesehatan, dan asuransi ketenagakerjaan. 

Melansir situs Indeed, berikut deretan gaji relationship manager di beberapa kota di Indonesia: 

  • Jakarta: Rp6,7 juta
  • Surakarta:Rp3,7 juta
  • Bandung: Rp9,3 juta
  • Samarinda: Rp4,4 juta
  • Denpasar: Rp4,1 juta
  • Surabaya: Rp4,8 juta

Relationship manager vs marketing

Kalau Anda belum familiar dengan manajer hubungan, pasti bertanya-tanya apakah peran tersebut sama dengan marketing? Di beberapa perusahaan, manajer hubungan masuk dalam tim pemasaran. Tugas Anda adalah membangun dan mempertahankan hubungan bisnis dengan klien, nasabah, hingga vendor. 

Tools relationship manager CRM

Customer relationship management adalah tools sehari-hari manajer hubungan. Jadi, jangan heran kalau saat interview, Anda akan ditanya kemampuan menggunakan alat ini. 

Teknologi ini mengelola semua hubungan dan interaksi perusahaan dengan pelanggan, vendor, supplier, hingga mitra. Tujuan tools CRM adalah meningkatkan hubungan bisnis, merampingkan proses, mempertahankan hubungan yang sudah terjalin, serta meningkatkan profitabilitas. Ada 3 tipe CRM yang umum digunakan yaitu:

  • CRM human management and AI
  • CRM software
  • CRM cloud solution

1. CRM human management and AI

CRM jenis ini berguna untuk memperkuat kegiatan CRM dengan mempercepat siklus penjualan, menurunkan anggaran, meningkatkan tingkat resolusi, mengoptimalkan harga dan logistik distribusi, serta mencegah kerugian melalui deteksi penipuan. 

2. CRM software

CRM perangkat lunak memungkinkan Anda mengumpulkan informasi tentang pelanggan di satu tempat dan memberi bisnis akses ke data, seperti riwayat pembeli hingga data kontak. Data yang ada membantu Anda mendekati pelanggan, mengidentifikasi kebutuhannya, dan mempelajari perubahan perilakunya. Kegunaan CRM software adalah membuat interaksi jadi produktif dan efisien. 

3. CRM cloud solution

CRM ini menyediakan data real-time pada tim penjualan selama perangkat terhubung ke internet. Tipe CRM ini mempersingkat proses dan menghilangkan prose instalasi yang rumit. 

Relationship manager bisa jadi karier menjanjikan bagi Anda, terutama yang terbiasa berinteraksi dengan banyak orang. Permudah pencarian kerja Anda dengan app.myrobin.id. Di sana tersedia berbagai lowongan kerja terpercaya dari perusahaan ternama. Lamar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID