Contoh Template Job Deskripsi Account Manager

template job deskripsi account manager

Berikut ini merupakan template job deskripsi Account Manager yang dapat anda gunakan untuk memposting lowongan pekerjaan agar mendapatkan kandidat yang anda cari. Silakan sesuaikan template berikut ini sesuai dengan kualifikasi yang anda butuhkan.

Apa itu Account Manager?

Akun Manager merupakan seseorang yang bertugas untuk membangun hubungan yang baik antara customer/client dengan perusahaan. Mereka juga menjadi kontak pertama dari customer atau client dalam kebutuhan transaksional.

Seorang Account Manager biasanya memiliki customer atau client yang rutin ditemui untuk mendiskusikan transaksi seperti kebutuhan, isu penagihan, dan menjawab pertanyaan dan kekhawatiran customer/client.

Mereka juga menawarkan produk atau layanan tambahan yang mungkin menjadi kebutuhan client/customer.

Template Job Deskripsi Account Manager

Kami mencari seorang Account Manager untuk membangun hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan customer/client.

Tugas seorang Account Manager adalah mendampingi customer/client yang telah dipilih, membangun bisnis baru melalui client yang telah ada, dan mencoba membangun Sales Opportunity.

Apa yang dilakukan oleh Account Manager?

Seorang Account Manager bertugas untuk membangun hubungan yang kuat dengan customer atau client, terhubung dengan orang-orang kunci dari perusahaan client/partner bisnis, menyiapkan laporan penjualan, menjawab pertanyaan client/customer dan menciptakan peluang penjualan baru melalui client lama.

Account Manager juga akan bekerja bersama tim lintas divisi, seperti Customer Service dan tim Product Development untuk meningkatkan Customer Experience. Selain itu jika dibutuhkan, posisi ini akan sesekali melakukan perjalanan bisnis.

Kami mencari kandidat yang familiar dengan CRM, memiliki bakat untuk berkomunikasi dengan client, dan memahami perilaku konsumen.

Tanggung Jawab seorang Account Manager

Seorang Account Manager memiliki tanggung jawab sebagai berikut:

  • Menjadi kontak utama dari semua masalah account management pelanggan
  • Membangun dan mempertahankan hubungan jangka panjang yang baik dengan customer/client
  • Menegosiasikan kontrak dan mencapai kesepakatan untuk memaksimalkan keuntungan perusahaan
  • Mengembangkan hubungan terpercaya dengan Key Account, Customer Stakeholder, dan Executive Sponsor
  • Memberikan solusi sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pelanggan
  • Mengkomunikasikan progress bulanan atau triwulanan kepada Stakeholder internal maupun eksternal
  • Mengembangkan bisnis baru dengan client yang sudah ada, dan mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan untuk meningkatkan sales agar mencapai target yang telah ditentukan
  • Memperkirakan dan melacak metrik-metrik Key Account
  • Mempersiapkan laporan status Account
  • Berkolaborasi dengan tim Sales untuk mengidentifikasi dan menumbuhkan opportunities di dalam suatu wilayah
  • Membantu menyelesaikan permintaan client yang menantang

Syarat dan Kualifikasi seorang Account Manager

Berikut merupakan syarat dan kualifikasi seorang Account Manager

  • Memiliki pengalaman bekerja sebagai Account Manager, atau pekerjaan lain yang relevan
  • Dapat mendemonstrasikan kemampuan untuk berkomunikasi, mempresentasikan, dan mempengaruhi Key Stakeholder pada semua level, termasuk C level hingga eksekutif
  • Memiliki pengalaman dengan software CRM seperti SalesForce, Zoho, HubSpot), dan Microsoft Office (terutama Microsoft Excel)
  • Berpengalaman dalam memberikan solusi yang berorientasi kepada client kepada customer
  • Memiliki kemampuan dalam menghandle beberapa proyek Account Management sekaligus tanpa melupakan detail-detail yang ada
  • Memiliki kemampuan mendengar, negosiasi, dan presentasi yang sangat baik
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik, verbal maupun tulisan
  • S1 Administrasi Bisnis, Sales, dan jurusan lain yang relevan

Perbedaan Account Manager dengan Relationship Manager

Baik Account Manager dengan Relationship Manager memiliki banyak kesamaan, seperti membangun dan menjaga hubungan jangka panjang yang baik antara perusahaan dengan customer atau client.

Perbedaan terbesar antara posisi ini adalah, seorang Relationship Manager berorientasi kepada client dan customer, mereka memastikan masalah dan kebutuhan client/customer terpenuhi dengan baik. Sedangkan Account Manager lebih berorientasi kepada penjualan, seperti misalnya perpanjangan kontrak, dan lain sebagainya.

Mudahnya seorang Relationship akan mengurus masalah dan kebutuhan client, dan apabila mereka membutuhkan barang atau layanan tambahan dari perusahaan maka Relationship Manager akan menghubungkan customer atau client tersebut dengan Account Manager.

Gaji seorang Account Manager

Jika anda membutuhkan referensi gaji untuk seorang Account Manager, kami menyediakan beberapa referensi yang dapat anda gunakan. Menurut Indeed, rata-rata gaji seorang Account Manager di Indonesia adalah 8,922,094 Rupiah. Di DKI Jakarta rata-rata gaji Account Manager adalah 10,201,848 Rupiah

Pertanyaan yang sering diajukan

Apa yang dilakukan oleh Account Manager?

Account Manager berinteraksi dengan client/customer untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran mereka.

Apa saja tugas dan tanggung jawab seorang Account Manager?

Account Manager bertugas untuk memastikan kebutuhan client dan customer terpenuhi. Mereka mengatasi komplain customer dan menemukan solusi untuk permasalahan mereka. Mereka juga menjaga hubungan baik dengan client atau customer demi usaha bisnis di masa depan.

Seperti apa seorang Account Manager yang baik?

Account Manager harus memiliki fokus yang baik terhadap customer untuk membangun hubungan kepercayaan yang baik dengan mereka. Mereka juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang kuat untuk memastikan account terkelola dengan baik.
Seorang Account Manager yang baik juga harus memiliki pengetahuan mendalam mengenai produk dan layanan yang dijual oleh perusahaan agar dapat memberikan solusi terbaik kepada customer/client.

Dengan siapa saja seorang Account Manager bekerja bersama?

Seorang Account Manager memfasilitasi komunikasi antara customer/client dengan tim sales. Mereka berkomunikasi dengan keduanya untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang diberikan sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan customer/client.

Apa perbedaan Account Manager dengan Relationship Manager?

Seorang Relationship Manager bertugas untuk mendampingi customer/client dan memastikan permasalahan dan kebutuhan mereka terpenuhi dengan baik. Jika client atau customer membutuhkan sesuatu terkait dengan produk atau layanan tambahan dari perusahaan, maka Relationship Manager akan menghubungkan mereka dengan Account Manager

Jika Anda membutuhkan referensi mengenai template Job Dekripsi lainnya, Anda dapat mengaksesnya di sini

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian