New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Synchronous Training: Definisi, Metode, dan Manfaatnya

synchronus training

Di dunia bisnis yang serba cepat saat ini, pengetahuan adalah kekuatan. Karyawan yang memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tepat lebih cenderung sukses dalam pekerjaan mereka dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Salah satu cara untuk meningkatkan retensi pengetahuan dan meningkatkan kinerja karyawan adalah melalui Synchronus training. Pelatihan sinkron adalah pendekatan pembelajaran yang interaktif dan real-time yang menyatukan orang-orang, baik secara fisik maupun virtual, untuk saling belajar, mendiskusikan konsep, dan mempraktikkan keterampilan baru.

Pelatihan sinkron menawarkan sejumlah manfaat dibandingkan dengan pelatihan asinkron, yang merupakan pendekatan pembelajaran yang lebih mandiri dan tidak real-time. Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang dilatih secara sinkron memiliki kemungkinan 55% lebih besar untuk mengingat informasi daripada mereka yang dilatih secara asinkron.

Dalam artikel ini MyRobin akan membahas lebih dalam tentang berbagai aspek pelatihan synchronous dan bagaimana pelatihan ini dapat meningkatkan kinerja tim karyawan.

Apa itu Synchronous Training

Synchronous training, juga dikenal sebagai pelatihan waktu nyata, pelatihan langsung, atau pelatihan interaktif, adalah pendekatan pembelajaran kolaboratif di mana peserta dan instruktur terlibat dalam proses pembelajaran pada waktu yang sama. Hal ini dapat terjadi secara langsung atau virtual, menggunakan alat bantu seperti platform konferensi video.

Berikut ini beberapa karakteristik utama dari synchronous training:

Interaksi secara real-time

Karakteristik ini merupakan ciri khas dari pelatihan synchronous. Peserta dapat mengajukan pertanyaan, menerima umpan balik langsung, dan terlibat dalam diskusi dengan instruktur dan satu sama lain saat pelatihan berlangsung.

Dinamis dan mudah beradaptasi

Instruktur dapat menyesuaikan sesi berdasarkan kemajuan dan kebutuhan para peserta, sehingga pengalaman belajar menjadi lebih personal dan efektif.

Peserta aktif

Pelatihan synchronous biasanya melibatkan aktivitas dan latihan yang mendorong para peserta untuk terlibat secara aktif dengan materi, sehingga menghasilkan pemahaman dan retensi pengetahuan yang lebih baik.

Pembelajaran sosial

Interaksi secara real-time mendorong pembangunan tim, kolaborasi, dan berbagi pengetahuan dan pengalaman di antara para peserta.

Contoh

Webinar langsung, workshop online, sesi pelatihan tatap muka, latihan role playing, ruang kelas virtual.

Manfaat dari Menggunakan Metode Synchronous Training

Synchronous training bukan hanya tentang menyampaikan informasi ke dalam kepala; namun juga tentang memicu pemikiran, kolaborasi, dan mendorong bisnis Anda melaju ke depan. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Kolaborasi dan Komunikasi yang Lebih Baik

Bayangkan tim Anda, yang tersebar di berbagai lokasi, berkumpul di ruang virtual untuk belajar, bertukar pikiran, dan memecahkan masalah secara real-time. Itulah kekuatan dari pelatihan synchronous.

Alat bantu seperti platform konferensi video yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti menggunakan whiteboard yang interaktif sehingga tim dapat berkolaborasi secara langsung pada dokumen, diagram, dan minds map.

Selanjutnya menggunakan breakout rooms yang memfasilitasi diskusi dan latihan kelompok yang lebih kecil, memanfaatkan polls dan quizzes yang mendorong partisipasi dan pemahaman secara real-time.

Fitur-fitur ini menghilangkan hambatan geografis dan mendorong kerja sama dan komunikasi yang lebih kuat. Peserta dapat saling melontarkan ide, belajar dari pengalaman satu sama lain, dan membangun rasa persatuan dan tujuan yang lebih kuat.

Pengalaman Belajar yang lebih baik

Lupakan kuliah satu arah yang pasif. Pelatihan sinkronisasi membuat tim Anda tetap aktif:

  • Umpan balik langsung: Pelatih dapat menjawab pertanyaan dan klarifikasi secara real-time, sehingga memastikan semua orang mendapatkan pemahaman yang sama.
  • Diskusi langsung: Debat yang menarik dan sesi pemecahan masalah memperdalam pemahaman dan memperkuat pengetahuan.
  • Elemen interaktif: Jajak pendapat, kuis, dan aktivitas ruang istirahat memecah kebosanan dan mendorong partisipasi aktif.

Lingkungan yang dinamis ini membuat semua orang tetap fokus, mendorong pemikiran kritis, dan menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang materi. Belajar menjadi pengalaman yang menstimulasi dan bukan tugas.

Efisiensi Biaya dan Waktu

Pikirkan waktu dan uang yang dihabiskan untuk melakukan perjalanan untuk pelatihan tatap muka. Pelatihan synchronous menghilangkan pengeluaran ini dengan menyatukan tim Anda secara virtual sehingga tidak perlu penerbangan, hotel, atau makanan. Tim Anda belajar dari kenyamanan kantor atau rumah mereka sendiri.

Selanjutnya sesi langsung yang ringkas dengan konten yang terfokus dapat mencapai hasil pembelajaran yang sama dengan program tatap muka yang lebih lama. 

Dan yang terakhir tidak ada waktu henti dalam perjalanan yang berarti lebih banyak waktu untuk menerapkan keterampilan dan pengetahuan baru.

Dengan pelatihan synchronous, Anda dapat memangkas biaya pelatihan secara signifikan sekaligus meningkatkan produktivitas tim, sehingga sama-sama menguntungkan bagi keuangan dan keuntungan Anda.

Komponen Utama dari Program Pelatihan Synchronous yang Sukses

Membangun program pelatihan sinkron yang sukses membutuhkan lebih dari sekadar memesan panggilan video. Ini adalah tentang menciptakan lingkungan belajar yang dinamis, menarik, dan efektif. Mari kita pelajari komponen-komponen utama yang membuat semua itu terjadi:

Kebutuhan Teknologi

Pengalaman pelatihan sinkron yang lancar dan menarik bergantung pada alat teknologi yang tepat. Inilah yang Anda butuhkan:

Yang pertama memilih platform konferensi video yang mudah digunakan dengan fitur-fitur seperti berbagi layar, ruang rapat, dan kemampuan merekam. Pilihan populer termasuk Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams.

Selanjutnya, pastikan peserta memiliki akses ke koneksi internet yang stabil, mikrofon, dan webcam untuk komunikasi audio dan video yang jernih. Dan yang terakhir pertimbangkan untuk menyertakan alat bantu interaktif seperti polling online, quiz, dan whiteboard untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi.

Rancangan dan Pelaksanaan Pelatihan

Konten adalah raja, tetapi presentasi adalah ratu! Fokus pada aspek-aspek ini:

  • Konten yang terstruktur: Membagi topik-topik yang kompleks menjadi modul-modul yang mudah dikelola dengan tujuan dan hasil pembelajaran yang jelas.
  • Penyampaian yang menarik: Mengganti ceramah yang monoton dengan elemen interaktif seperti studi kasus, simulasi, dan kegiatan role-playing.
  • Variasi adalah kuncinya: Menggabungkan elemen-elemen multimedia seperti video, infografis, dan presentasi interaktif untuk membuat peserta didik tetap terlibat.
  • Persiapan pra-pelatihan: Menyediakan bahan bacaan awal atau video pengantar singkat untuk mempersiapkan peserta sebelum sesi langsung.

Keterampilan dan Dukungan Fasilitator

Anggaplah fasilitator Anda sebagai kapten kapal pembelajaran. Keahlian dan dukungan mereka sangat penting dan mereka harus terampil dalam mengelola dinamika kelompok, mendorong diskusi, dan memberikan penjelasan yang jelas. Lalu memiliki pengetahuan tentang platform yang dipilih dan kemampuan untuk memecahkan masalah teknis sangatlah penting.

Selanjutnya memiliki minat yang besar terhadap topik dan kemampuan alami untuk terhubung dengan para peserta dapat membuat perbedaan besar dan yang terakhir menyediakan pelatihan untuk fasilitator Anda, menawarkan sumber daya, dan mengumpulkan umpan balik untuk meningkatkan kemampuan mereka dan membuat mereka tetap termotivasi.

Program pelatihan synchronous yang sukses adalah sebuah simfoni dari teknologi, konten, dan fasilitasi. Berinvestasilah pada setiap elemen, menyempurnakan pendekatan Anda berdasarkan umpan balik, dan saksikan pembelajaran dan kinerja tim Anda meningkat!

Dengan berfokus pada komponen-komponen utama ini, Anda dapat membuat program pelatihan sinkronisasi yang tidak hanya informatif, tetapi juga benar-benar transformatif untuk bisnis Anda.

Praktik Terbaik untuk Menerapkan Pelatihan Sinkronisasi

Sekarang setelah Anda memiliki pondasi, mari selami lebih dalam langkah-langkah praktis untuk meluncurkan program pelatihan sinkronisasi yang sukses dalam perusahaan Anda.

Perencanaan dan Persiapan

Yang pertama menentukan tujuan Anda, keterampilan apa yang Anda ingin tim Anda kembangkan? Ketidakseimbangan pengetahuan apa yang perlu Anda atasi? Tujuan yang jelas akan memandu perancangan dan konten program Anda.

Lalu mengidentifikasi target audiens Anda dengan menyesuaikan pelatihan dengan kebutuhan spesifik dan gaya belajar para peserta. Mempertimbangkan faktor-faktor seperti peran pekerjaan, tingkat pengalaman, dan pendekatan pembelajaran yang disukai.

Selanjutnya mengembangkan rencana yang komprehensif dengan membagi pelatihan ke dalam modul-modul dengan tujuan, topik, dan aktivitas yang jelas. Menjadwalkan sesi pada waktu yang sesuai bagi peserta Anda dan memperhitungkan waktu istirahat untuk menjaga keterlibatan mereka.

Lalu memilih platform yang tepat dengan memilih platform konferensi video yang dapat diandalkan dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan program Anda, seperti ruang breakout, jajak pendapat, dan kemampuan merekam.

Dan yang terakhir mempersiapkan fasilitator dan melatih fasilitator Anda tentang platform yang dipilih, konten pelatihan, dan teknik fasilitasi yang efektif. Sediakan materi dan sumber daya pendukung bagi mereka.

Keterlibatan dan Interaksi Peserta

Pertama, Menetapkan ekspektasi dan menginformasikan kepada peserta mengenai format pelatihan, persyaratan platform, dan tingkat partisipasi yang diharapkan, lalu mulailah dengan kuat dan manfaatkan icebreaker atau penyemangat untuk mencairkan suasana dan menciptakan suasana yang positif dan menarik.

Selanjutnya, memasukkan elemen-elemen interaktif dan memanfaatkan jajak pendapat, kuis, ruang istirahat, sesi tanya jawab langsung, dan aktivitas kolaboratif untuk membuat peserta tetap terlibat secara aktif.

Lalu, mendorong berbagi pengetahuan dan memfasilitasi diskusi, pasangkan peserta untuk belajar bersama, dan ciptakan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Yang terakhir menggunakan multimedia seperti memanfaatkan video, infografis, presentasi interaktif, dan studi kasus untuk memecah bagian yang padat teks dan memenuhi gaya belajar yang berbeda.

Evaluasi dan Peningkatan yang Berkesinambungan

Pertama denan mengumpulkan umpan balik seperti menggunakan survei, jajak pendapat, dan wawancara untuk mengumpulkan umpan balik dari para peserta mengenai isi, penyampaian, dan platform pelatihan.

Lalu mengukur hasil dan menilai efektivitas pelatihan dengan melacak hasil pembelajaran, pengembangan keterampilan, dan perubahan kinerja atau perilaku.

Selanjutnya menganalisis dan beradaptasi seperti menggunakan umpan balik dan data untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, menyempurnakan konten, dan mengadaptasi pendekatan Anda untuk sesi selanjutnya.

Dan yang terakhir tetap mengikuti perkembangan dan teruslah belajar mengenai tren-tren yang muncul dalam pelatihan sinkronisasi, mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi dan alat bantu baru, dan berinvestasi dalam pengembangan fasilitator anda secara berkesinambungan.

Ingatlah, pelatihan synchronous yang sukses adalah sebuah proses yang berkesinambungan. Dengan merencanakan secara cermat, melibatkan peserta secara aktif, dan terus mengevaluasi serta meningkatkannya, Anda bisa menciptakan program yang benar-benar memberdayakan tim Anda dan mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Kesimpulan

Dalam perjalanan ini, kita telah menjelajahi dunia pelatihan synchronous yang menarik dalam bisnis. Kita telah melihat bagaimana pelatihan ini mendorong kolaborasi dan komunikasi, memicu pengalaman belajar yang menarik, serta mengoptimalkan efisiensi biaya dan waktu. Kita telah mempelajari komponen-komponen utama, praktik-praktik terbaik, dan peran penting fasilitator dalam menyusun program yang benar-benar bermanfaat bagi tim Anda.

Jadi, manfaatkanlah kekuatan dari pelatihan synchronous. Berinvestasilah dalam pertumbuhan tim Anda, buka potensi mereka, dan saksikan bisnis Anda berkembang!

Ini bukan hanya tentang pelatihan, tetapi tentang membangun masa depan di mana pembelajaran adalah perjalanan bersama, di mana kolaborasi mendorong inovasi, dan di mana setiap individu diberdayakan untuk mencapai potensi penuh mereka. Mari kita mulai perjalanan itu bersama-sama dan manfaatkan setiap pengalaman belajar yang sinkron.

Demikian artikel mengenai Synchronus Training, jika Anda tertarik menggunakan outsourcing, Anda dapat memilih MyRobin sebagai penyedia jasa layanan outsourcing on-demand terpercaya. Kami dapat menyalurkan pekerja profesional dari berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan kurang dari 24 jam. Pelajari selengkapnya produk dan layanan MyRobin disini!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian

id_IDID