New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

7+ Tips Merekrut Supervisor Gudang Berkualitas!

Tips Merekrut Supervisor Gudang berkualitas

Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan supervisor gudang untuk mengontrol pekerjaan staf-staf gudang. Biasanya posisi tersebut banyak dibutuhkan oleh perusahaan jenis manufaktur, logistik, dan lain sebagainya. Posisi ini cukup penting dan krusial dalam proses alur gudang, mulai dari pengawasan, pengecekan, pelaporan, hingga evaluasi. Oleh karena itu, jika Anda ingin merekrut supervisor gudang, maka gunakan strategi yang tepat agar bisa memperoleh kandidat yang berkualitas bagi perusahaan. Nah, bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya lebih lanjut di sini!

Pengertian Supervisor Gudang

Okey, sebelum masuk ke pembahasan utama, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu siapa itu supervisor gudang. Dilansir dari Resources for Employers, supervisor gudang adalah profesional yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasional gudang beserta dengan para staf di dalamnya. Posisi ini akan menangani pencatatan dan pemeliharaan inventaris, melatih staf gudang baru, serta memastikan kinerja mereka memadai. 

Karena supervisor, karyawan dengan posisi ini tentu mempunyai peran untuk memimpin tim dan mampu mengambil keputusan secara tepat dalam berbagai situasi. Oleh karena itu, seorang supervisor gudang harus memiliki pengalaman serta pengetahuan yang luas terkait proses operasi gudang. 

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Gudang

Secara umum, tugas dan tanggung jawab seorang supervisor gudang adalah sebagai berikut:

  • Mengukur dan melaporkan efektivitas operasional gudang serta anggota tim.
  • Mengatur dan memelihara inventaris hingga area penyimpanan.
  • Memastikan keakuratan transaksi pengiriman dan inventaris.
  • Menjawab pertanyaan atau memecahkan masalah pelanggan.
  • Mencatat item atau barang, mendokumentasikan informasi penting, dan melaporkan status gudang.
  • Memastikan semua pekerjaan gudang berjalan lancar dan efisien.
  • Mengatur pengiriman barang.
  • Memastikan keselamatan dan keamanan barang yang tersimpan di dalam gudang.
  • Mengawasi serta mengontrol barang yang masuk dan keluar sesuai dengan SOP.
  • Melakukan perhitungan harian dari barang fisik.
  • Berkomunikasi atau berkoordinasi dengan stakeholders yang berhubungan dengan stok barang.

Skill yang Harus Dimiliki Supervisor Gudang

Sebelum merekrut supervisor gudang, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja skill atau kemampuan yang perlu dikuasai oleh posisi ini. Berikut ini adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh supervisor gudang:

Leadership

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, supervisor gudang harus melatih anggota tim dan memastikan kinerja mereka berjalan dengan baik. Dalam hal ini, seorang supervisor gudang harus mempunyai kemampuan leadership yang baik. Dengan begitu, ia dapat memberikan arahan secara jelas dan memotivasi anggota timnya, sehingga mereka bisa bekerja dengan maksimal serta mencapai target yang telah ditentukan. 

Organizational

Supervisor gudang bertanggung jawab untuk memantau dan mengelola pekerjaan para anggota timnya. Oleh karena itu, penting bagi supervisor gudang untuk mempunyai kemampuan berorganisasi agar kegiatan dalam gudang berjalan dengan lancar. Kemampuan ini akan membantu supervisor gudang dalam beberapa tugas seperti mengelola inventaris dan stok barang di gudang, membuat laporan, dan mendokumentasikan kegiatan secara akurat. 

Time management

Tugas dan tanggung jawab seorang supervisor gudang sangatlah banyak. Tidak hanya fokus pada kegiatan dalam gudang, namun juga kinerja para staf gudang lainnya. Sehingga, supervisor gudang harus mempunyai kemampuan manajemen waktu yang baik, agar dapat mengatur jadwal hariannya dengan lebih efisien. Dengan begitu, seluruh tugas-tugasnya dapat terlaksana dan berjalan efektif. 

Manajemen keselamatan kerja

Salah satu peran dari supervisor gudang adalah memastikan keselamatan dan keamanan anggota tim dalam lingkungan kerja. Supervisor gudang harus mampu menguasai tentang manajemen keselamatan kerja, tidak hanya secara teori namun juga praktik. Sehingga, dalam bekerja ia dapat memastikan anggota timnya bekerja dalam keadaan aman tanpa adanya cedera fisik. 

Analisis data

Tidak hanya mengawasi anggota tim, namun supervisor gudang juga harus bisa menganalisis data, baik itu terkait kinerja tim maupun operasional gudang. Kemampuan ini sangatlah penting, karena dapat membantu mereka dalam mengidentifikasi masalah serta menemukan solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas gudang. Di samping itu, kemampuan analisis data juga akan membantu supervisor gudang dalam mengambil keputusan penting ketika bekerja. 

Komunikasi

Penting bagi supervisor gudang untuk mampu berkomunikasi dengan baik. Pasalnya, dalam bekerja, supervisor gudang akan berkoordinasi dengan banyak pihak seperti staf gudang, manager gudang, kurir, dan banyak stakeholder lainnya. Tanpa kemampuan ini, supervisor gudang akan kesulitan dalam menyampaikan maupun menerima informasi. Apalagi salah satu tugasnya adalah memberikan instruksi kerja kepada anggota tim, jika tidak menguasai kemampuan komunikasi maka kinerja mereka pun akan berantakan. 

Tips Merekrut Supervisor Gudang

Setelah mengetahui tugas dan skill dari supervisor gudang, selanjutnya Anda bisa mengetahui bagaimana cara atau tips untuk merekrut supervisor gudang yang berkualitas. Berikut ini adalah beberapa caranya yang bisa Anda ikuti:

Gunakan platform online

Untuk mendapatkan calon supervisor gudang yang berkualitas, Anda harus membuat iklan lowongan kerja terlebih dahulu dan mempostingnya di berbagai platform online seperti LinkedIn, Jobstreet, Indeed, dan sebagainya. Platform-platform ini lebih efektif digunakan karena banyak jobseeker yang mencari lowongan pekerjaan. Semakin banyak platform yang Anda gunakan, maka akan semakin luas jangkauan Anda dalam mendapatkan supervisor gudang. 

Pastikan kesesuaian kualifikasi

Tips berikutnya yaitu Anda harus memastikan bahwa kualifikasi calon kandidat supervisor gudang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam hal ini termasuk pengalaman kerja, kemampuan teknikal maupun sosial, latar belakang pendidikan, dan sebagainya. Sehingga, peluang Anda mendapatkan calon supervisor gudang yang berkualitas pun menjadi lebih besar.

Rekomendasi karyawan

Salah satu cara untuk merekrut supervisor gudang adalah dengan meminta rekomendasi dari karyawan di perusahaan Anda. Biasanya, mereka mempunyai kenalan, entah itu keluarga, teman, atau kerabat yang cocok dengan kriteria. Selain itu, rekomendasi dari karyawan tentu akan lebih bisa dipercaya. Untuk cara yang satu ini, Anda bisa memberikan rewards bagi karyawan yang dapat memberikan rekomendasi calon kandidat paling sesuai dengan kualifikasi. 

Tawarkan berbagai benefit

Jika ingin mendapatkan supervisor gudang yang berkualitas, coba tawarkan berbagai benefit dan fasilitas kerja untuk mereka. Misalnya, gaji yang kompetitif, jaminan sosial, asuransi kesehatan, safety wear, pengembangan karir, dan lain sebagainya. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk melamar dan menjadi bagian dari perusahaan Anda. 

Lakukan tes kompetensi 

Cara berikutnya yaitu dengan melakukan tes kompetensi bagi kandidat. Tujuannya adalah agar Anda dapat mengetahui kemampuan dan pengetahuan mereka terkait pekerjaannya. Anda bisa memberikan tes tulis atau diskusi grup untuk menilai apakah calon kandidat tersebut cocok dengan kualifikasi yang telah ditentukan.

Manfaatkan layanan outsourcing MyRobin

Untuk memudahkan Anda dalam merekrut supervisor gudang, gunakan layanan outsourcing MyRobin. MyRobin dapat membantu Anda menemukan kandidat yang berkualitas melalui proses rekrutmen end-to-end. Pelajari lebih lanjut disini!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian