Cara Menjawab “Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?” ketika Interview Kerja

Mengapa Anda Ingin Bekerja di Perusahaan Kami

Pertanyaan mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami umum diajukan saat wawancara kerja. Walaupun merupakan pertanyaan dasar, tetapi tak sedikit kandidat terjebak saat menjawab, sehingga menimbulkan kesan buruk bagi HR. 

Oleh sebab itu, Anda perlu mempersiapkan dengan matang dengan berlatih. Simak pembahasan berikut untuk tahu deretan jawaban yang bisa dijadikan referensi. 

Tujuan pewawancara bertanya “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” 

Bagi Anda yang sering melakukan wawancara kerja, pasti pernah mendapat pertanyaan “Mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?” Namun, apa alasan pewawancara menanyakan pertanyaan tersebut?

Dilansir dari Career Side Kick, ada dua alasan kuat pertanyaan tersebut diajukan. Pertama HR ingin mengetahui seberapa dalam riset Anda pada posisi dan perusahaan yang dilamar. 

Kedua adalah untuk mengetahui apakah Anda sudah memikirkan rencana karier jangka panjang? 

Perusahaan lebih tertarik melanjutkan proses perekrutan dengan kandidat yang tahu tujuan karier mereka dan hanya melamar di beberapa posisi saja.

Sementara menurut Resource Big Interview, 3 alasan pewawancara bertanya “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” adalah 

  1. Mempelajari tujuan karier dan bagaimana posisi ini dapat membantu rencana Anda ke depannya.
  2. Memastikan kesungguhan Anda dengan pekerjaan yang dilamar dan untuk melihat apakah nantinya Anda akan termotivasi setelah diterima. 
  3. Melihat seberapa dalam pengetahuan Anda dengan perusahaan dan posisi yang dilamar.

Sebagian kandidat akan menjawab dengan jujur sesuai kebutuhan. Padahal, dalam wawancara ada tips menjawab yang baik, agar terkesan profesional. 

Cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Ketika diberi pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”, pastikan Anda telah melakukan riset dan berlatih. Ini demi menghindari jawaban “Karena saya butuh pekerjaan,” atau “Hanya untuk mengisi waktu luang.” 

Jawaban tersebut memiliki konotasi yang buruk dan bisa menjadi alasan, Anda tidak diterima bekerja di perusahaan yang dilamar. 

Menjawab “hanya untuk mengisi waktu luang” bisa menunjukkan bahwa Anda tidak benar-benar tertarik di posisi ini atau Anda bisa dianggap mudah bosan, serta dapat dengan mudah mengajukan pengunduran diri ketika diterima.

Sementara jawaban “karena saya butuh pekerjaan,” menggambarkan bahwa Anda tidak memiliki tujuan karier yang jelas, selain mendapatkan uang dan tidak mempunyai motivasi bekerja. 

Di bawah ini terangkum deretan cara menjawab pertanyaan tersebut.

1. Melakukan riset visi dan misi perusahaan

Menjawab “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” bisa dengan mudah, jika Anda riset mengenai visi atau misi company

Anda dapat riset tentang visi dan misi perusahaan melalui website resmi dan menghubungkannya dengan tujuan karier yang sudah direncanakan. 

Pengetahuan yang Anda miliki seputar latar belakang, sejarah, nilai hingga produk perusahaan, dapat menunjukkan seberapa antusias Anda terhadap posisi yang dilamar.

Apabila perusahaan tidak memiliki situs, cobalah mencari informasi lewat sosial media. 

2. Pelajari tanggung jawab posisi yang dilamar

Satu kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelamar terutama lulusan baru adalah menjawab apa adanya. Misal “Karena sangat butuh uang,” “Karena perusahaan open opportunity,” hingga “Karena ingin memperbanyak pengalaman di industri ini,” 

Jawaban di atas kurang tepat dan tidak akan membuat pewawancara terkesan. Alangkah baiknya, Anda pelajari tanggung jawab posisi yang dilamar. 

Mempelajari job desk terkait posisi yang dilamar dan memberikan alasan mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan tersebut, bisa menjadi alternatif jawaban. 

3. Hubungkan tujuan dengan branding produk

Apabila perusahaan yang dilamar sering mendapatkan penghargaan dan memiliki reputasi baik di kalangan konsumen, ini bisa dijadikan sebagai jawaban. 

Hubungkan branding produk atau perusahaan dengan minat Anda. Misal, Anda tertarik karena perusahaan m

4. Identifikasi nilai Anda

Hubungkan pengalaman kerja dengan posisi yang dilamar. Tunjukkan bagaimana pengalaman kerja Anda akan relevan dengan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka. 

Anda dapat menyebutkan keterampilan penunjang untuk posisi yang dilamar dengan tegas dan tenang. Hal ini memberikan kesan positif pada HRD tentang kepribadian Anda. 

5. Budaya perusahaan

Apabila Anda mengenal karyawan dari perusahaan yang dilamar, coba tanyakan bagaimana budaya kerja yang dimiliki oleh company tersebut. 

Menjawab dengan alasan budaya kerja juga bisa dipertimbangkan oleh HRD lho. 

Misal, Anda ingin bekerja di sana karena perusahaan memiliki budaya kerja yang suportif lingkungan kerja yang produktif, dan menjunjung aspek kolaborasi.

Bagaimana melakukan riset perusahaan 

Hampir semua perusahaan memiliki website resmi untuk memudahkan publik dan kandidat mengenal lebih dalam mengenai identitas company

Namun, jika tempat Anda melamar merupakan perusahaan kecil atau menengah, informasi mengenai visi dan misi bisa ditemukan lewat sosial media. 

Berikut media yang bisa digunakan untuk riset company sebelum melakukan sesi wawancara. 

1. Website resmi

Di era digital, perusahaan sudah mulai membuat website resmi untuk membantu audience, pelamar, maupun publik mengenal tentang sejarah hingga nilai-nilai yang dimiliki perusahaan. 

Cobalah meluangkan waktu untuk membaca latar belakang, visi, dan misi di bagian “tentang kami”. Di sana Anda akan menemukan banyak informasi yang relevan dan bisa digunakan untuk memudahkan sesi wawancara. 

2. Liputan media

Liputan media atau website berita merupakan alternatif bagi Anda mengetahui pencapaian dan penghargaan yang diraih perusahaan. Informasi ini dapat digunakan untuk menjawab “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”

3. Sosial media perusahaan

Alternatif berikutnya adalah sosial media perusahaan. Umumnya, informasi yang disajikan lebih ke budaya kerja dan pencapaian yang diraih. 

4. Koneksi Anda 

Platform LinkedIn merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk mencari tahu lebih dalam mengenai seluk-beluk perusahaan. Anda bisa menanyakan budaya dan lingkungan kerja, hingga tanggung jawab posisi yang dilamar. 

Jawaban referensi mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?

Apakah Anda masih kesulitan menjawab pertanyaan “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?” karena masih fresh graduate

Tetap tenang dan coba amati deretan referensi berikut. Modifikasi jawaban agar lebih sesuai dengan alasan Anda.  

1. “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami fresh graduate”

“Saya merupakan seorang fresh graduate. Saya tertarik bekerja bersama perusahaan ini karena saya percaya bahwa perusahaan memiliki nilai dan visi yang sejalan dengan tujuan karier saya ke depan. Selain itu, karena perusahaan ini memiliki keunggulan selalu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi customer” 

2. Jawaban mengapa Anda ingin bekerja sebagai staff administrasi? 

“Saya adalah lulusan Sarjana Akuntansi yang memiliki ketertarikan bekerja sebagai staff administrasi. Saya merupakan orang yang teliti, multitasking, dan terorganisir.” 

“Pengalaman kerja saya sebagai admin di brand kosmetik dengan job desk melakukan membuat laporan keuangan dan penjualan, dapat saya aplikasikan pada perusahaan.” 

3. “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami”?

“Saya mendengar rencana perusahaan bapak/ibu tengah membuka kantor baru di daerah-daerah untuk menjangkau konsumen baru. Dengan kemampuan dan pengalaman kerja di bidang pemasaran, saya yakin keterampilan tersebut bisa membawa keuntungan besar untuk perusahaan.”

4. Menjawab dengan mengaitkan visi dan misi perusahaan

“Reputasi Pearl Jewelry merupakan salah satu alasannya. Saya akan sangat bangga membangun karier bersama Pearl Jewelry, sebuah perusahaan perhiasan dengan sejarah kepemimpinan dan produk terbaik di industri ini. 

“Seorang koneksi saya yang bekerja selama 4 tahun bersama Pearl Jewelry, mengatakan bahwa budaya di sini, sangat mengapresiasi kinerja karyawan. Nilai ini pula yang membuat saya yakin dan merasa cocok dengan Pearl Jewelry.” 

5. Mengapresiasi produk perusahaan

“Saya telah menggunakan gadget buatan perusahaan Anda sejak lama dan saya terkesan dengan inovasi yang selalu dilakukan perusahaan. Saya menghargai dedikasi Anda terhadap edukasi dengan memberikan demo gratis pada pengguna untuk mempelajari produk. 

“Oleh karena itu, saya sangat tertarik untuk bisa menjadi bagian dari tim yang kreatif serta ikut terlibat dalam menyalurkan ide dan keterampilan saya untuk menciptakan inovasi lainnya.” 

6. Menghubungkan visi dengan latar pendidikan

“Setelah saya mempelajari tentang perusahaan ini, brand Anda memiliki misi untuk menciptakan produk kecantikan yang halal dan aman bagi konsumen.”

“Pendidikan saya sebagai sarjana kimia dan pengalaman kerja di perusahaan kecantikan halal diharapkan mampu mewujudkan visi perusahaan.” 

Jawaban “Mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami” yang dilarang

1. “Sebab saya butuh pemasukan untuk membiayai keluarga. Saya aktif melamar ke banyak perusahaan, tetapi tak kunjung mendapat offering letter.” 

2. “Tujuan saya melamar yang paling utama karena tempat kerja mudah diakses dengan transportasi umum dan dekat dengan alamat rumah tinggal.”

3. “Saya  melamar di perusahaan bapak/ibu karena salary dan benefit yang ditawarkan lebih banyak daripada competitor.”

4. “Benefit yang diberikan perusahaan menarik minat saya, selain fasilitas juga karena tersedia camilan gratis serta design interior kantor yang instagramable.”

5. “Karena saya ingin memanfaatkan liburan studi dan saya melihat iklan perusahaan ibu membuka kesempatan kerja.”

Deretan jawaban di atas masih kurang profesional dan terkesan mementingkan diri sendiri. Anda dapat menggunakan referensi yang lebih baik untuk mengesankan perekrut. 

Pertanyaan lain seputar wawancara kerja

Selain cara menjawab mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami, pertanyaan dasar berikut ini juga umum diajukan. Oleh sebab itu, mari cek contoh untuk dimodifikasi nantinya. 

1. Apa yang Anda harapkan dari perusahaan ini?

Tujuan pertanyaan ini diajukan adalah mengetahui ekspektasi kandidat terhadap perusahan. Selain itu, bisa membantu perusahaan mengenali dan memberikan fasilitas pada karyawan demi mewujudkan tujuan kariernya. 

“Harapan saya perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif, suportif, dan dapat membantu saya mengembangkan potensi di bidang ini. 

2. Apa komitmen Anda jika diterima?

“Jika saya diterima di perusahaan ini, saya akan memaksimalkan produksi konten tulisan di situs dengan keterampilan yang saya kuasai. Serta menjalankan tanggung jawab yang diberikan dengan semaksimal mungkin.”

3. Berapa gaji yang Anda inginkan?

Menjawab pertanyaan seputar gaji harus hati-hati karena bisa menimbulkan kesan negatif jika asal menjawab. Jangan sampai Anda dianggap sebagai orang yang money oriented. 

Cobalah riset besaran salary minimal untuk posisi di kota Anda dan jawab dengan contoh sebagai berikut. 

“Saya ingin mengajukan gaji dari rentang 11-12 juta berdasarkan pada pengalaman dan skill saya di bidang ini. Namun, saya sangat terbuka apabila Bapak/Ibu ingin berdiskusi mengenai kompensasi yang diberikan.” 

4. Jelaskan mengapa kamu orang yang tepat untuk posisi ini?

Cara menjawab pertanyaan terakhir yaitu kaitkan kemampuan, keterampilan, pengalaman kerja, dan pencapaian Anda dengan posisi yang dilamar, sebagai contoh. 

“Pendidikan dan pengalaman kerja di bidang digital marketing, memberikan saya ilmu membuat iklan persuasif di beberapa media, dan membuat caption sosial media yang eye catching. Saya akan memberikan yang terbaik, apabila diberikan kesempatan diterima di perusahaan ini.” 

Itulah deretan cara dan contoh menjawab “Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami,” beserta pertanyaan umum lainnya. 

Apabila belum berhasil diterima bekerja, Anda bisa mencoba menemukan berbagai pekerjaan di posisi dan perusahaan terpercaya lewat app.myrobin.id platform untuk komunitas pekerja.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Artikel lainnya

Saya ingin merekrut pekerja

Cara MUDAH dan CEPAT merekrut dan mengelola pekerja

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terima beres! rekrut hingga penggajian