New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Corporate Communication: Fungsi, Tugas, dan Skillset yang Wajib Dimiliki 

corporate communication

Corporate communication merupakan serangkaian upaya yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan pihak internal dan eksternal perusahaan. 

Kegiatan ini bertujuan membangun dan mempertahankan citra perusahaan, menjalin hubungan dengan audiens, hingga untuk kebutuhan pemasaran. 

Apakah PR atau humas termasuk dalam corporate communication? Yuk, simak penjelasan tugas dan peran komunikasi perusahaan di sini. 

Definisi corporate communication

Corporate communication adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk berkomunikasi dengan audiensnya baik internal maupun eksternal, meliputi karyawan, konsumen, media, masyarakat, hingga stakeholder. 

Tugas corporate communication adalah merancang dan menjalankan strategi demi memenuhi kebutuhan komunikasi perusahaan, salah satunya menangani krisis yang berisiko merusak reputasi. 

Misal, ketika terjadi kebakaran pabrik yang menewaskan beberapa karyawan atau kelalaian perusahaan yang menyebabkan lingkungan sekitar rusak. 

Profesional komunikasi perlu menentukan pendekatan yang tepat untuk menyampaikan pesan, sehingga bisa memperbaiki citra perusahaan. 

Tujuan komunikasi perusahaan bisa bervariasi, tetapi utamanya menjangkau audience dan membangun hubungan yang kuat. 

Mengapa peran corporate communication penting?

Peran dan fungsi corporate communication sangat penting bagi perusahaan, sebab mereka lah yang membantu perusahaan berkomunikasi dengan target audiensnya. 

Apabila strategi yang dijalankan efektif, brand dapat menyampaikan narasi yang berpeluang mendatangkan prospect, revenue, hingga kesetiaan pelanggan. 

Peran corporate communication membantu memenuhi berbagai tujuan bisnis serta meningkatkan peluang, agar bisa bertahan di persaingan pasar. 

Tujuan corporate communication bisa mencakup mempromosikan brand, meraih dukungan eksternal dan internal, mengurangi penyimpangan identitas perusahaan serta berkolaborasi dengan pemangku kepentingan lain. 

Komunikasi perusahaan disampaikan melalui email, website copy, interview, press release, laporan, memo, press conference ataupun iklan. 

Sementara itu, dalam struktur organisasi seorang petugas komunikasi perusahaan, umumnya diawasi oleh chief executive officer. 

Fungsi corporate communication

Strategy corporate communication terdiri dari berbagai tujuan. Perusahaan besar bisa merekrut staff berbeda sesuai tujuan strategi, demi mendapat perspektif tiap target audiens yang efektif. Pahami beberapa fungsi corporate communication berikut: 

1. Komunikasi pelanggan dan pemasaran

Customer communication merujuk pada bagaimana perusahaan berinteraksi dengan konsumen, sedangkan pemasaran disini mengacu pada teknik komunikasi yang ditujukan demi meningkat ketertarikan pada penawaran. 

Tujuan utama dari komunikasi pelanggan adalah mempelajari permintaan individu. Dengan begitu perusahaan dapat mempertahankan konsumen dan mendatangkan keuntungan.

Fungsi komunikasi perusahaan sebagai pemasaran meningkatkan keterlibatan. Sehari-hari, tim pemasaran membuat kampanye promosi, mengelola sosial media, dan branding. 

Komponen dalam komunikasi pelanggan terbagi menjadi 3 yaitu:

1. Identitas perusahaan 

Identitas korporat meliputi citra organisasi yang berbeda dan digambarkan melalui komunikasi internal maupun eksternal. Tim komunikasi perusahaan menggunakan identitas korporat untuk menyusun strategi yang mampu membentuk basis pelanggan. 

2. Branding perusahaan 

Fungsi ini merujuk pada upaya membantu perusahaan mengembangkan reputasi yang membuat perusahaan terkenal. Proses branding membutuhkan pengembangan pesan dengan cara membangun hubungan yang baik, misalnya menciptakan kesan positif pada produk atau layanan perusahaan. 

3. Promosi 

Berdasarkan Indeed, komponen ini melibatkan teknik komunikasi dengan menghadapi pelanggan yang membuat target sadar akan produk atau layanan, menarik mereka ke suatu brand, kemudian membujuk mereka untuk terlibat dengan produk tersebut. 

2. Crisis communication 

Fungsi komunikasi ini merujuk pada pesan yang dibuat untuk menangani peristiwa atau krisis tertentu yang berisiko merusak nama baik perusahaan apabila dibiarkan. Seperti kegagalan instalasi pengeboran minyak yang menyebabkan area sekitar rusak. 

Nantinya, tim komunikasi krisis lah yang membuat pesan berita peristiwa, mengadakan melakukan konferensi dengan media dan menjadi juru bicara perusahaan. 

3. Internal communication

Komunikasi internal mencakup proses berkomunikasi dengan karyawan, eksekutif, pemimpin dan pemangku kepentingan alias stakeholder. 

Fungsi komunikasi internal dinilai penting karena proses ini membantu bisnis menyederhanakan proses dan mencapai tujuan lebih efektif. 

Umumnya, bagian human resources (HR) melakukan komunikasi internal untuk memanajemen setiap karyawan. 

Sebagai specialist komunikasi internal, human resources menggunakan memo dan email untuk menginformasikan kegiatan saat ini, menyoroti inisiatif, mengumpulkan karyawan, mengadakan pelatihan, serta memanajemen publikasi internal. 

Tujuan komunikasi  internal adalah memastikan karyawan mendapatkan informasi dan mengurangi kesenjangan komunikasi yang berpotensi menurunkan efisiensi. 

Adapun komponen yang membentuk komunikasi internal sebagai berikut: 

1. Budaya perusahaan

Budaya organisasi meliputi kemampuan perusahaan membentuk pemahaman bersama diantara staf tentang tujuan mereka, kepuasan kerja, dan keterhubungan satu sama lain. 

2. Komunikasi karyawan

Komunikasi karyawan mencakup mendistribusikan informasi berkaitan dengan kegiatan perusahaan, mendiskusikan manajemen operasi, hingga mengedukasi staf. 

3. Komunikasi stakeholder

Komunikasi stakeholder adalah upaya perusahaan berkomunikasi dengan investor saat ini maupun di masa mendatang. Tujuan komunikasi ini membangun hubungan yang berpeluang mendatangkan prospek serta meningkatkan reputasi perusahaan. 

4. Media and public relation 

Fungsi media dan hubungan masyarakat membantu perusahaan menggambarkan dirinya dan terlibat dengan publik lebih luas. Spesialis komunikasi ini berperan sebagai juru bicara yang memonitori komunikasi resmi ke luar organisasi. 

Kegiatan komunikasi yang Anda lakukan mencakup mengadakan konferensi pers, menjawab pertanyaan media, mengirimkan siaran pers, dan menyusun paket media dengan materi yang relevan. 

1. Organizational identity

Identitas organisasi terdiri dari fitur yang jadi pembeda realitas organisasi untuk tujuan strategis dan keberadaan jangka panjang. Spesialis komunikasi ini memerlukan citra internal dan eksternal yang tidak dikuratori yang dikendalikan melalui komunikasi korporat. 

2. Corporate reputation

Reputasi merupakan keseluruhan nilai yang diberikan pada perusahaan oleh internal maupun eksternal. Spesialis komunikasi seperti Humas juga menangani komunikasi yang berdampak untuk citra perusahaan.  

3. Corporate responsibility

Tanggung jawab perusahaan berkaitan dengan bagaimana perusahaan mengkomunikasikan keberlanjutan, partisipasi sosial, keberagaman, kesetaraan sosial, serta tanggung jawab lingkungan. 

Tugas corporate communication direktur

Direktur komunikasi korporat merupakan individu yang memimpin tim spesialis komunikasi. Umumnya, mereka bertanggung jawab memonitor aktivitas komunikasi internal dan eksternal, memastikan strategi dan visi korporat terwakili dengan baik. 

Tugas corporate communication adalah merancang dan menjalankan strategi komunikasi untuk berbagai kepentingan korporat. 

Di beberapa korporat posisi ini cukup vital dan memegang tanggung jawab berbeda, diantaranya: 

  • Mengelola divisi komunikasi
  • Menjalankan aktivitas merekrut dan melatih tim spesialis komunikasi yang baru
  • Melakukan evaluasi berkala dari kegiatan komunikasi
  • Mengawasi branding melalui publikasi industri dan media sosial
  • Memonitor pembuatan dan pengembangan situs korporat serta memastikan semua informasi yang diunggah relevan dan bisa diakses pers dan publik
  • Membangun hubungan yang positif dengan rekan media
  • Merencanakan anggaran dan mengimplementasikan komunikasi korporat
  • Menciptakan strategi komunikasi untuk membangun branding perusahaan
  • Berperan sebagai penghubung antara korporat dengan publik
  • Berkomitmen mengembangkan cara-cara baru untuk meningkatkan departemen komunikasi

Skill wajib corporate communication direktur

Tim atau direktur komunikasi perlu menguasai sejumlah skill demi menunjang perannya di perusahaan. Anda dapat fokus mengembangkan keahlian di bawah ini. 

1. Writing skill 

Tugas tim komunikasi lebih banyak membuat pesan tertulis untuk kepentingan korporat. Misalnya, menulis artikel, unggahan sosial media, salinan situs web, press release, memo, dan email. Oleh karena itu, kemampuan menulis yang kuat dan efektif sangat dibutuhkan. 

Selain memiliki wawasan luas tentang diksi dan penulisan, corporate communication officer harus detail, sehingga tidak ada kesalahan dalam setiap tulisan yang dibuat. Pelajari Strategi Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis

2. Critical thinking

Kemampuan berpikir kritis diperlukan untuk mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang tepat. Profesional komunikasi harus bisa memilih pendekatan yang tepat untuk menyampaikan pesan pada audiens. 

3. Public speaking

Peran communication corporate menuntut Anda untuk bisa berkomunikasi dengan baik di depan umum, demi kepentingan korporat. Mengasah keahlian public speaking akan membantu Anda ketika menjadi perwakilan perusahaan. Keahlian ini mencakup kemampuan merepresentasikan topik dengan jelas, ringkas, dan efektif. 

4. Technical skill 

Technical skill adalah keterampilan yang berkaitan dengan peran komunikasi korporat. Sehari-hari Anda akan menggunakan teknologi untuk memudahkan komunikasi. 

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari penggunaan tools, agar meningkatkan efisiensi kerja. Misalnya, tools realitas virtual, bot obrolan, dan asisten pribadi artifisial. 

5. Research skill 

Tim komunikasi memerlukan skill riset yang baik. Ini karena selama bekerja, Anda akan membuat konten untuk kepentingan korporat. Konten yang dibuat selain menarik dan relevan juga harus kredibel. Oleh karena itu, Anda butuh kemampuan riset untuk mencari sumber informasi terpercaya. 

6. Empati 

Membuat konten yang relevan butuh empati. Anda harus terhubung dengan audiens secara personal sehingga dapat memahami perasaan dan kebutuhan mereka. Dengan begitu, konten yang dibuat mampu menarik target audiens. 

7. Manajemen skill 

Kemampuan manajemen membantu direktur tim komunikasi mengkoordinasikan tim ketika menjalankan strategi komunikasi yang baru. 

8. Kemampuan jurnalistik 

Kemampuan jurnalistik merujuk pada keahlian membuat konten berkualitas tinggi. Sementara interpersonal skill merujuk pada bagaimana Anda menjalin hubungan dengan pihak lain. Contohnya media atau audiens. 

Cara menjadi corporate communication officer

Data dari Workforce melansir Haiilo menunjukkan sekitar 60% perusahaan tidak memiliki strategi komunikasi jangka panjang untuk internal. 

Hal ini menjadi kesempatan bagi Anda untuk melamar di posisi tersebut dan membantu korporat mencapai tujuan komunikasinya. 

Langkah menjadi corporate communication specialist, manager, ataupun director bisa dilalui dengan cara di bawah ini: 

1. Mendapatkan gelar sarjana 

Rata-rata specialist komunikasi memiliki gelar sarjana dan berasal dari jurusan ilmu komunikasi, jurnalistik, humas, dan bahasa. Namun, untuk posisi manajer atau direktur Anda perlu mungkin perlu melanjutkan pendidikan program magister atau doktoral. 

2. Memiliki pengalaman kerja serupa 

Langkah selanjutnya mencari pekerjaan di bidang komunikasi tingkat pemula alias entry level. Di awal mencari kerja, Anda mungkin akan kesulitan maka dari itu pertimbangkan mencari lowongan magang lebih dulu. 

Melalui program magang, Anda akan mengumpulkan wawasan sekaligus praktis menjalankan fungsi komunikasi korporat. 

3. Mengembangkan skill yang dibutuhkan

Cara selanjutnya adalah mengasah skill yang dibutuhkan peran komunikasi korporat. Penting menguasai banyak soft skill dan hard skill, sehingga Anda berpeluang lolos seleksi administrasi. 

4. Mengikuti pelatihan dan sertifikasi

Peran spesialis komunikasi cukup vital di korporat. Dengan mengikuti pelatihan yang relevan akan mengasah keterampilan Anda, sehingga makin mahir di bidang tersebut. Sertifikasi dari badan terpercaya akan meningkatkan peluang diterima kerja. 

5. Mencari lowongan pekerjaan tim komunikasi

Terakhir adalah mencari lowongan kerja di bidang komunikasi korporat. Anda perlu memperbarui CV yang menyoroti keahlian Anda serta mencantumkan pengalaman bekerja. Dengan begitu, perekrut dapat menilai apakah Anda cocok untuk peran tersebut.

Jenjang karier corporate communication 

Komunikasi korporat bisa jadi pilihan karier bagi Anda yang suka bersosialisasi dan memiliki kemampuan menulis yang baik. Selain perannya yang menarik, pekerjaan ini juga menawarkan gaji dan jenjang karier yang jelas. 

1. Entry level

Posisi entry level biasanya dibuka untuk lulusan baru dengan pengalaman 0-1 tahun. Biasanya posisi yang terbuka adalah sebagai tim komunikasi. Selama bekerja Anda akan menangani urusan komunikasi perusahaan mencakup kepentingan internal, media, maupun stakeholder. 

2. Corporate communication senior

Seorang komunikasi korporat senior biasanya menangani pembuatan press release, mempertahankan hubungan baik dengan semua pihak, menganalisis dan melaporkan keberhasilan kampanye, serta mengawasi kerja tim komunikasi. 

3. Corporate communication direktur

Posisi direktur komunikasi korporat merupakan jabatan tertinggi. Peran ini lebih banyak mendelegasikan tugas sederhana pada tim komunikasi, sedangkan director mengawasi jalannya strategi komunikasi keseluruhan. 

Tugas corporate communication director diantaranya memonitor branding dan komunikasi perusahaan, mengawasi setiap publikasi yang dibuat dan memastikan informasi kredibel. 

Gaji corporate communication

Komunikasi korporat sangat penting, tidak hanya untuk kepentingan branding saja. Namun, juga berguna bagi urusan internal. 

Contohnya, fungsi komunikasi internal mampu memperjelas visi dan tujuan perusahaan pada karyawan. Dengan begitu mereka dapat menyelaraskan tujuannya dengan korporat. 

Komunikasi juga mampu memotivasi tim, meningkatkan produktivitas, dan keterlibatan karyawan. Nah, jadi berapa gaji corporate communication officer? 

Melansir beberapa sumber, gaji tim komunikasi korporat dalam sebulan sekitar Rp6 jutaan. Sementara level senior bisa mencapai Rp50 jutaan. 

Nominal di atas bisa berbeda-beda, tergantung ukuran korporat, UMR setempat, dan pengalaman yang Anda miliki. 

Itulah definisi corporate communication dan cara menjadi direktur komunikasi korporat. Posisi ini cukup menjanjikan dan bisa menjadi pilihan karier Anda. Yuk, kunjungi blog MyRobin untuk dapatkan artikel terupdate tiap harinya!

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Terima beres! rekrut hingga penggajian