logo myrobin

Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda

Menetapkan Tujuan Untuk Meningkatkan Karir Anda

Menetapkan tujuan yang spesifik dan terukur dapat memberikan jalan untuk meningkatkan karir anda dan mencapai prestasi tertentu. anda dapat menggunakan penetapan tujuan ketika diberi tugas atau proyek tertentu, atau untuk maju secara pribadi dalam beberapa cara. Anda dapat menetapkan tujuan untuk promosi, kreativitas, pendidikan, dan banyak cara lain untuk meningkatkan kehidupan dan karier anda.

Mari kita lihat mengapa menetapkan tujuan dapat membantu meningkatkan karir anda, jenis tujuan apa yang dapat anda tetapkan dan bagaimana cara menetapkan tujuan.

Mengapa menetapkan tujuan itu penting

Menetapkan tujuan itu penting karena memberi anda kerangka kerja untuk mencapai misi tertentu. Ingin melakukan atau menyelesaikan hal-hal tertentu dalam hidup adalah awal yang baik. Penetapan tujuan memberikan jalan bagi anda untuk benar-benar melakukannya. Ada dua jenis tujuan yang harus anda pertimbangkan untuk ditetapkan: jangka pendek dan jangka panjang.

Apa itu tujuan jangka pendek?

Tujuan jangka pendek adalah tujuan yang lebih cepat yang anda tetapkan untuk diri sendiri untuk mencapai tujuan jangka panjang anda yang lebih besar. anda dapat menganggap tujuan jangka pendek sebagai tonggak atau batu loncatan. Tujuan jangka pendek biasanya ada dalam jangka waktu yang singkat, mulai dari hari atau bulan hingga satu atau dua tahun. Contoh tujuan jangka pendek mungkin termasuk menyelesaikan tugas atau proyek kecil, mendapatkan pengalaman atau mengikuti kelas. Anda akan menggunakan apa yang anda capai dalam jangka pendek untuk menyelesaikan tujuan jangka panjang anda.

Baca juga :   14 Prospek Kerja Manajemen yang Banyak Diminati

Apa itu tujuan jangka panjang?

Tujuan jangka panjang biasanya merupakan tujuan besar yang ingin anda capai selama beberapa tahun. anda akan menggunakan beberapa tonggak untuk mencapai tujuan jangka panjang, menetapkan tujuan jangka pendek untuk dicapai di sepanjang jalan. Tujuan jangka panjang mungkin termasuk mendapatkan pekerjaan dalam karir tertentu, dipromosikan ke tingkat tertentu atau menyelesaikan proyek yang panjang dan rumit.

Menetapkan tujuan pribadi

Menetapkan tujuan untuk kehidupan pribadi anda akan membantu anda mencapai pencapaian pribadi. anda mungkin menetapkan tujuan pribadi untuk memajukan beberapa kategori dalam hidup anda untuk hal-hal seperti hobi, kesehatan, atau pendidikan. Menetapkan tujuan pribadi dapat membantu anda mencapai kesuksesan dalam karir anda juga.

Memajukan minat anda dengan membangun pengalaman dalam hobi yang anda sukai atau keterampilan yang ingin anda tingkatkan dapat dengan mudah ditransfer ke kehidupan profesional anda. Ini seringkali merupakan hal yang baik untuk disertakan dalam resume anda jika relevan dengan pekerjaan yang anda lamar. Menghabiskan waktu untuk memperbaiki hal-hal yang anda inginkan dalam kehidupan pribadi anda juga dapat membantu anda lebih fokus dan energik di tempat kerja dengan memperhatikan work-life balance anda.

Berikut adalah beberapa contoh tujuan pribadi:

  • Tingkatkan hobi seperti memainkan alat musik atau berolahraga
  • Meningkatkan keterampilan seperti desain grafis atau berbicara di depan umum
  • Meningkatkan pengetahuan anda tentang topik atau bidang studi tertentu
  • Berfokus pada membangun atau meningkatkan hubungan
  • Tujuan keuangan seperti menabung untuk pembelian tertentu
  • Tujuan fisik seperti latihan untuk maraton atau menyelesaikan tantangan kebugaran tertentu

Menetapkan tujuan profesional

Menetapkan tujuan profesional dapat membantu anda menyelesaikan tugas atau proyek tertentu dan mencapai tujuan karir pribadi apa pun yang mungkin anda miliki. Jika perusahaan atau manajer anda tidak memiliki kerangka kerja khusus bagi anda untuk menetapkan tujuan dalam pekerjaan anda, anda dapat mempertimbangkan untuk menetapkan tujuan karir anda sendiri. anda juga dapat menetapkan tujuan anda sendiri jika anda wiraswasta. Tujuan karir anda harus mengatasi situasi anda saat ini dan ambisi karir jangka panjang anda yang lebih besar.

Baca juga :   Tingkatkan Kualitas dalam Proses Perekrutan untuk Perusahaan / Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa contoh tujuan profesional:

  • Dipromosikan ke posisi tertentu
  • Menyelesaikan proyek besar
  • Memecahkan masalah yang kompleks
  • Meningkatkan soft skill atau technical skill tertentu
  • Berhasil beralih karier atau industri
  • Mendapatkan penghargaan atau pengakuan tertentu

Bagaimana cara menetapkan tujuan?

Bagaimana cara menetapkan tujuan?
Bagaimana cara menetapkan tujuan?

Meskipun ada beberapa cara berbeda untuk menetapkan tujuan, ada beberapa langkah yang dapat anda agar mendapatkan hasil terbaik. Tujuan anda harus memiliki lima elemen kunci agar dapat dicapai. Kelima elemen ini membentuk apa yang dikenal sebagai kerangka kerja “tujuan SMART ”. SMART singkatan dari specific, measurable, achievable, relevant and time-based. Mari kita lihat lebih dekat cara menetapkan sasaran SMART:

1. Buatlah tujuan anda sejelas dan sedetail mungkin

Misalnya, alih-alih “Saya ingin menjadi lebih baik dalam berbicara di depan umum”, anda dapat mengatakan, “Saya ingin berhasil memberikan presentasi 10-15 menit kepada audiens yang terdiri dari 50 orang atau lebih.”

2. Tentukan bagaimana anda akan mengukur kesuksesan

Misalnya, jika anda ingin beralih dari pekerjaan di bidang sales ke pekerjaan di bidang marketing, anda dapat menetapkan pencapaian di sepanjang jalan yang membahas cara mengembangkan keterampilan dan pengalaman yang dicari oleh perusahaan pemasaran. Untuk melakukan ini, anda dapat menetapkan pengukuran anda sebagai pembelajaran dan fokus pada satu keterampilan per bulan.

3. Periksa apakah tujuan anda dapat dicapai

Menetapkan tujuan yang dapat anda capai dalam jangka waktu yang wajar akan membantu anda tetap termotivasi dan fokus. anda harus bekerja untuk memahami cakupan penuh dari tujuan anda sebelumnya untuk memastikan hal itu mungkin untuk dicapai.

Misalnya, jika anda berada di pekerjaan pengembang profesional pertama dan tujuan anda adalah menjadi Senior Net Developer, anda mungkin perlu menetapkan tujuan jangka pendek yang lebih kecil sebelum mencapai tujuan yang lebih besar ini. Jika anda menemukan bahwa suatu tujuan tidak dapat dicapai karena anda tidak memiliki pengalaman yang cukup, salah satu tujuan baru anda adalah untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Baca juga :   Apa itu Sales Operations, Fungsi, Serta Jenjang Karir yang Dimiliki

4. Pastikan tujuan anda relevan

Anda harus menetapkan tujuan yang selaras dengan nilai-nilai anda dan berkontribusi terhadap tujuan jangka panjang anda. Setiap tujuan yang anda tetapkan harus relevan dan bermakna bagi anda, membawa anda lebih dekat ke tempat yang anda inginkan. Untuk memastikan anda menetapkan tujuan yang relevan, anda mungkin bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana mencapai tujuan ini dapat membantu saya?”, “Apakah mencapai tujuan ini berkontribusi terhadap tujuan jangka panjang saya yang lebih besar? Mengapa tujuan ini penting bagi saya?”

5. Tetapkan tanggal awal dan akhir

Menetapkan jadwal untuk mencapai tujuan anda dapat membantu anda tetap termotivasi dan sesuai jadwal. Sebelum menetapkan tanggal akhir tujuan, pastikan untuk meneliti semua pencapaian dan kemungkinan hambatan yang mungkin anda temui di sepanjang jalan. Misalnya, jika tujuan anda adalah untuk dipromosikan ke tingkat berikutnya di perusahaan anda, anda mungkin memberi diri anda waktu enam bulan. Jika anda belum mencapai tujuan anda, anda dapat memberi diri anda waktu yang diperpanjang atau mempertimbangkan kembali apakah tujuan anda dapat dicapai dan realistis.

Menetapkan tujuan pribadi dan profesional akan membantu memberikan struktur dan jalan menuju kesuksesan. Banyak pemberi kerja menghargai kandidat yang memiliki catatan dalam menetapkan dan mencapai tujuan. Ini menunjukkan bahwa anda bisa menjadi karyawan yang fokus dan berorientasi pada tujuan. Majikan sering bertanya tentang tujuan dalam wawancara, jadi anda harus bersiap untuk membicarakan tujuan anda dan apa yang anda lakukan untuk mencapainya selama proses perekrutan.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Artikel terkait

Sales Manager: Tugas, Skill, Peran, Tipsnya

Sales Manager adalah sosok penting yang berperan dalam pertumbuhan perusahaan. Kenali apa itu sales manager, tugasnya, keterampilan yang harus dimiliki dan tips untuk menjadi sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja