12 Perbedaan Boss dan Leader yang Wajib Anda Ketahui, Mana yang Paling Dibutuhkan untuk Pengembangan Tim?

perbedaan boss dan leader

Perbedaan boss dan leader sering terlihat dari cara keduanya berbicara maupun bersikap pada bawahan. Di dalam perusahaan dua istilah tersebut selalu dianggap sama. 

Padahal, secara definisi leader adalah orang yang memimpin dan membimbing orang lain untuk bisa menampilkan performa terbaik dengan tujuan mencapai goals organisasi. 

Lalu apa itu bos? Menurut Key Differences, boss adalah orang yang memberikan perintah pada pegawainya untuk menjalankan pekerjaan atau tugas yang mereka minta. 

Ikuti pembahasan di sini untuk tahu apa saja perbedaan boss dan leader, agar memudahkan Anda menjadi sosok pimpinan yang baik bagi semua karyawan.

Perbedaan boss dan leader

Kesalahan pemahaman mengenai perbedaan pemimpin dan manajer tidak jauh berbeda dengan boss vs leader

Lantaran memiliki anak buah, tak sedikit yang menganggap dua istilah tersebut sama saja. Tidak semua boss bisa menjadi leader karena butuh skill kepemimpinan tinggi. 

Seorang leader bukan hanya memerintah, tetapi juga menginspirasi dan menjadi role model timnya karena memiliki kharisma dan kepribadian yang baik. 

Berbanding terbalik dengan boss yang cenderung mendapatkan stigma negatif di kalangan karyawan karena terkesan otoriter dan mengintimidasi.

Mengutip survei dari laman ST Bonaventure University, hanya 32% pekerja yang bahagia di tempat kerja, sedangkan sisanya merasa tertekan karena memiliki bos yang kurang skill kepemimpinan. 

Oleh sebab itu, penting mengetahui perbedaan antara dua istilah tersebut untuk mengetahui, apakah selama ini Anda seorang pemimpin atau boss di mata karyawan? 

1. Definisi boss dan leader

Leader adalah seorang pemimpin yang tugasnya membimbing, menjadi contoh, dan mendorong anggota tim untuk bekerja sama demi mencapai tujuan perusahaan. 

Pengertian boss adalah seseorang yang punya jabatan tinggi atau bahkan pemilik usaha yang mengambil kendali, memberi arahan, dan perintah pada pegawainya. 

Boss yang menguasai keahlian leadership, bisa mendorong perkembangan timnya sehingga membawa dampak positif bagi bisnis. 

2. Sudut pandang boss dan leader berbeda!

Kepemimpinan adalah proses ketika seseorang membimbing dan mengarahkan sekelompok orang untuk melakukan pekerjaan tertentu. Orang yang memimpin disebut dengan leader

Perbedaan paling mencolok dari boss dan leader yaitu cara pandang. Pemimpin fokus pada timnya, sedangkan boss cenderung mementingkan diri sendiri. 

Boss lebih fokus pada peningkatan kemahiran di karier sendiri karena mereka identik memiliki ambisi dan ego yang tinggi. 

Di samping itu, seorang leader sangat mementingkan anggotanya dan sering melibatkan mereka untuk ikut menangani proyek, sehingga meningkatkan kompetensi diri. 

Ketika berhasil maka itu adalah pencapaian bersama bukan hasil kerja keras sendiri. Karakter leader menghargai dan tidak asal klaim pencapaian anggotanya. 

3. Cara keduanya bersikap saat ada masalah

Boss adalah orang yang memegang kendali sekaligus yang memberitahu apa yang perlu karyawan lakukan. Ini meliputi tugas dan tanggung jawabnya. 

Setelah boss memberikan tanggung jawab atau perencanaan, seorang karyawan lah yang mengeksekusi rencana tersebut. 

Perbedaan boss dan leader akan terlihat ketika seorang karyawan membuat kesalahan. Tak jarang ada boss yang langsung menyalahkan pegawai daripada introspeksi diri.

Seorang leader akan bersikap tenang dan tidak mencari siapa yang bertanggung jawab atas kesalahan tersebut, tetapi mencoba belajar memperbaiki bersama dengan tim. 

4. Leader menginspirasi tim, boss mengintimidasi 

Jika pernah menjadi karyawan, seberapa sering Anda memberikan pendapat dan didengar oleh boss? Rasanya cukup jarang bukan?

Boss lebih sering mendominasi sebuah diskusi grup, bahkan tidak memberikan kesempatan bagi karyawan untuk ikut berpartisipasi menyuarakan ide saat membuat keputusan.

Parahnya, keputusan seringkali merugikan pihak karyawan. Alhasil, terjadi konflik antara atasan dengan bawahan.

Karakter leader yaitu terbuka dengan ide baru yang anggotanya sampaikan dan mempertimbangkan pendapat tersebut jika memang potensial. 

Dari segi tampilan, boss juga tampak mengintimidasi dan galak agar dihormati karyawan, sedangkan leader lebih humble dan berbaur dengan tim. 

Leader menciptakan lingkungan dan atmosfer yang aman dan nyaman bagi karyawan, sehingga memengaruhi suasana hati dan hasil kinerja. 

5. Boss sering memerintah, leader berkolaborasi

Leader adalah sosok yang menginspirasi dan pembimbing yang terbuka untuk melakukan kolaborasi. Keterlibatan anggota adalah hal yang mereka junjung.

Apabila anggota aktif dan terhubung dengan pekerjaan, bisa berdampak pada hasil tugas yang dibebankan. 

Di sisi lain, seorang boss suka memerintah dan menerapkan standar kerja yang tinggi bahkan tidak realistis. Alhasil, menyebabkan karyawan tertekan dan penurunan kinerja. 

Jacob Villa pendiri Authority School mengutip dari Fast Capital 360, mengatakan bahwa hubungan boss dan karyawan sekadar perintah dan kepatuhan. 

Atasan alias boss gemar memberikan perintah dan jarang melibatkan karyawan dalam sebuah diskusi. 

6. Pemimpin mendorong kontribusi

Salah satu tugas leader mendorong kontribusi. Baginya jika anggota tim terlibat dan aktif dalam setiap proyek itu bisa menjadi kesuksesan tersendiri untuk pemimpin. 

Sebaliknya, boss tidak banyak memberikan pengembangan keterampilan dan membatasi karyawan, terlibat di sebuah proyek atau proses pengambilan keputusan.

Pemimpin berusahaa memberdayakan dan mendorong karyawan untuk memberikan performa dan menjadi versi terbaik dari diri mereka lewat berbagai kesempatan. 

7. Bos paling cepat memberikan solusi

Perbedaan boss dan leader terlihat ketika bawahan meminta solusi. Leader memberikan ruang bagi bawahan untuk menangani masalahnya sendiri. 

Sehingga mengembangkan kemampuan problem solving, dibanding boss yang langsung memberikan solusi dari permasalahan karyawannya

8. Komunikasi boss seringkali satu arah

Dari 7 perbedaan bos dan pemimpin, cara berkomunikasi dengan karyawan paling terlihat bedanya. Seorang atasan melakukan komunikasi satu arah dan leader 2 arah. 

Salah satu pendiri Revenue Geeks mengatakan boss sangat dominan dalam komunikasi dan memberikan sedikit ruang untuk lain berbicara.

Berbanding terbalik dengan leader yang menerapkan komunikasi 2 arah, mereka mendengar lebih dulu kemudian baru berbicara.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Karir serta Manfaatnya

9. Boss micromanage, leader membimbing

Boss ingin pekerjaan karyawan selesai tepat waktu, agar cepat mencapai tujuan. Tak jarang mereka jadi mengawasi berlebihan, supaya tugas-tugas selesai dengan baik, sesuai harapan, dan deadline

Pengawasan berlebihan bisa jadi boomerang karena karyawan justru merasa tertekan dan risiko melakukan banyak kesalahan lebih tinggi. 

Ditambah lagi menurunkan kepercayaan diri karena beranggapan, bahwa boss meragukan kemampuan mereka. 

Perbedaan ketua dan pemimpin berikutnya adalah leader seorang mentor yang membimbing dan memberikan kepercayaan diri ke karyawan untuk menyelesaikan tugas sesuai kemampuannya.

Baca Juga: Leadership: Pengertian, Jenis, Manfaat, hingga Cara Meningkatkannya

10. Leader berorientasi pada orang, boss profit oriented

Leadership artinya kepemimpinan dan contohnya yakni membantu orang lain berkembang dengan menjadi mentor dan pembimbing.

Tujuan boss adalah mencapai target atau keuntungan bisnis. Caranya dengan membuat karyawan bekerja maksimal. 

Boss rela mengajarkan pegawai baru dengan cara yang efisien agar pekerjaannya bisa cepat selesai.

Sementara itu, leader berorientasi pada orang dan berusaha mencari tahu serta membantu mengembangkan keterampilan anggota.

Baca Juga: Tips Manajemen karyawan Secara Efektif dan Efisien

11. Bos menuntut hasil sedangkan leader fokus pada proses

Seorang CEO of SEOsolution mengatakan bahwa boss cenderung ingin hasil yang instan. Tak jarang memberikan beban kerja tambahan ke karyawan untuk mencapai goals tersebut. 

Kebalikan dengan boss, leader sangat menikmati proses berkembang bersama anggota, mencoba berbagai cara alternatif yang berpotensi memberikan hasil.

12. Pemimpin menciptakan inovasi

Pemimpin yang jadi pimpinan perusahaan berani ambil risiko untuk menciptakan peluang dan inovasi yang bisa membawa hasil atau dampak signifikan pada perkembangan bisnis.

Berbeda dengan bos dan manajer yang menghindari risiko dan tidak cepat beradaptasi terhadap perubahan. 

Melalui pemaparan tentang perbedaan boss dan leader di atas, Anda termasuk atasan atau seorang pemimpin? Jika ternyata Anda adalah boss, masih ada kesempatan untuk beralih menjadi leader yang bisa membimbing dan menginspirasi karyawan. Baca artikel menarik lainnya di Blog Myrobin.

Rekrut dan kelola pekerja TANPA RIBET

Didukung dengan teknologi modern yang terintegrasi. Rekrut tenaga kerja profesional dan berkualitas

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terima beres! rekrut hingga penggajian