Apa Itu SPG? Kenali Tugas, Jenis, dan Fungsinya

Apa Itu SPG ? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya

Apa Itu SPG? Berikut Tugas, Macam hingga Besaran Gajinya – SPG merupakan kepanjangan dari sales promotion girls yang berarti para wanita yang bertugas sebagai tenaga pemasaran suatu produk atau jasa. Karena tugasnya pada bagian pemasaran, SPG bisa dibilang sebagai ujung tombak suatu perusahaan dalam mengenalkan produknya. Mereka lah yang berhadapan langsung dengan calon pembeli dengan usahanya untuk meyakinkan agar terjadi penjualan.

Secara umum dan menurut apa yang terlihat dari luar, SPG memang bertugas memperkenalkan produk. Namun ada beberapa hal lain yang berhubungan dengan profesi tersebut dan tidak banyak diketahui orang. Hal tersebut mencakup tugas dan kewajibannya terhadap perusahaan, jenis-jenis SPG yang ternyata berbeda satu sama lain hingga besaran gaji yang diterimanya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai profesi tersebut.

Pengertian Sales Promotion Girl

Sales Promotion Girl atau biasa disingkat SPG adalah suatu pekerjaan dalam bidang penjualan dan pemasaran untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu. Sesuai dengan namanya profesi ini dilakukan oleh wanita dengan penampilan yang menarik. Sedangkan, Sales Promotion Boy secara tugas dan tanggung jawab sama namun dikerjakan oleh seorang pria.

SPG biasanya direkrut sebagai karyawan kontrak dalam jangka waktu tertentu, misalnya pada saat adanya event tertentu. Selain mempromosikan produk SPG juga biasanya diberi target penjualan sehingga kandidat yang ingin bekerja sebagai SPG harus memiliki skill sales yang kuat.

Sales Promotion Girl merupakan salah satu strategi pemasaran dengan tujuan menarik pelanggan secara langsung. Selain harus memiliki penampilan yang menari seorang SPG harus mampu enjelaskan semua hal yang berkaitan dengan produk serta manfaatnya. Oleh karena itu, pengetahuan tentang produk sangatlah penting bagi seorang Sales promotion girl.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Penyedia Outsourcing SPG Terpercaya

Tugas Umum Sales Promotion Girl (SPG)

Tugas Umum SPG
Tugas Umum SPG

Pengertian mengenai apa itu SPG sudah dijelaskan sebelumnya. Akan tetapi agar semakin memahami tentang definisi sales promotion girls, maka penting untuk mengetahui tugas-tugasnya. Tugas seorang SPG bisa dikatakan seputar memperkenalkan produk dan berusaha untuk menarik minat orang lain sampai melakukan pembelian. Secara lebih detail, tugas umum SPG dijelaskan di bawah ini.

Menarik Perhatian Calon Pembeli

SPG sangat mudah ditemui di berbagai pusat perbelanjaan dan secara khusus selalu menjadi yang pertama dilihat dari sebuah stan produk. SPG memang harus berada di posisi paling depan karena tugas utamanya adalah menarik perhatian calon pembeli. Tak heran jika salah satu kriteria menjadi SPG adalah berpenampilan menarik, ramah dan murah senyum. Kriteria semacam itulah yang diharapkan mampu menarik perhatian calon pembeli agar melihat produk yang ditawarkan.

Menjelaskan Deskripsi Produk

Setelah berhasil mengajak calon pembeli untuk mampir ke stan, tugas SPG selanjutnya adalah memberikan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan. Penjelasan produk harus sangat rinci yang meliputi keunggulan serta kelebihannya dibanding produk sejenis lainnya di pasaran. Dari sini terlihat bahwa pengertian apa itu SPG juga menuntut profesi ini untuk menguasai produk dengan baik guna bisa menjelaskan kepada calon pembeli.

Memberikan Penawaran

Umumnya produk yang ditawarkan oleh SPG berbeda dengan produk yang dipajang di toko meskipun berasal dari merk yang sama. Perbedaan itu biasanya terletak pada harga atau penawaran lain. Di sinilah seorang SPG harus bisa menyampaikan penawaran tersebut dengan cara yang berbeda agar terjadi penjualan saat itu juga. Tugas menyampaikan penawaran ini menuntut seorang SPG harus menguasai ilmu komunikasi dan tata bahasa.

Menjawab Pertanyaan Calon Pembeli

Apabila calon pembeli mulai mengajukan pertanyaan, maka itu merupakan pertanda bahwa ia mulai tertarik. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh SPG sampai benar-benar terjadi penjualan. Jadi seorang SPG dilarang melayani calon pembeli dengan asal-asalan apalagi tidak mau menjawab pertanyaan. Apa itu SPG dan tugas wajibnya adalah menjawab semua pertanyaan calon pembeli yang berhubungan dengan produk dan penawaran yang disediakan.

Melakukan Pencatatan Penjualan

Saat terjadi penjualan, bukan berarti tugas SPG dinyatakan selesai. Ia masih harus melakukan pencatatan setiap berhasil melakukan penjualan. Pencatatan ini akan mencakup jenis produk yang terjual, banyaknya jumlah produk sampai total keseluruhan harganya. Biasanya format pencatatan sudah disediakan oleh perusahaan. SPG nantinya juga masih harus melaporkan pencatatan tersebut kepada atasannya.

Membangun Kepercayaan Calon Pembeli

Apabila gagal menjaring pembeli melalui penawaran yang diberikan, SPG bisa tetap membangun kepercayaan dari calon pembeli. Caranya dengan tetap mengapresiasi keputusan calon pembeli yang tidak melakukan transaksi dan kemudian memberikan kontak yang bisa dihubungi. Harapannya agar calon pembeli itu suatu saat tidak kesulitan jika membutuhkan barang tersebut. Dengan tetap ramah, SPG telah berhasil membangun kepercayaan calon pembeli.

Melaksanakan Tugas sesuai Prosedur

Apa itu SPG dan bagaimana tugasnya sebenarnya sangat bergantung pada perusahaan. Perusahaan selalu sudah memiliki prosedur tentang tugas apa yang perlu dilakukan seorang SPG. Beberapa poin di atas merupakan prosedur secara umum dan setiap perusahaan bisa saja mempunyai strandar prosedur yang berbeda. Seorang SPG perlu memahami hal tersebut agar tidak keliru dalam menjalankan tugasnya.

Macam-macam Sales Promotion Girl (SPG)

Secara umum, SPG masuk dalam karyawan pemasaran. Terdapat beberapa macam dan masing-masing sales promotion girls memiliki perbedaan. Perbedaan dari setiap macam SPG dilihat dari tugasnya dan dari cara perusahaan dalam mempekerjakan mereka. Ada juga jenis sales promotion girls yang dibedakan berdasarkan lama bekerja dan gaji yang diberikan. Untuk tahu lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

SPG Reguler

Jenis yang pertama dari apa itu SPG adalah jenis reguler. Sales promotion girls yang masuk dalam jenis ini bisa juga disebut sebagai pegawai tetap yang diangkat melalui proses seleksi yang diadakan perusahaan tertentu. Dengan status tersebut, SPG reguler bekerja dengan melakukan tugas secara hampir menyeluruh. Tugas itu mencakup memajang produk di toko, mendata produk yang terjual hingga membersihkan toko.

Karena merupakan pekerja tetap di perusahaan, maka SPG reguler mengikuti aturan yang berlaku di tempat kerjanya itu. Ia akan memperoleh gaji pokok setiap bulan dan bonus lain sesuai ketetapan perusahaan. Selain itu, fasilitas berupa jam istirahat serta hari libur juga berhak didapatkannya. Termasuk urusan jam kerja, biasanya SPG reguler mengikuti waktu kerja standar yaitu mulai pagi hingga sore.

SPG Event

Apa itu SPG event? Profesi ini termasuk dalam profesional karena ada pelatihan khusus sebelum para pekerja itu memulai tugasnya. Berbeda dengan SPG reguler yang bekerja sesuai jam dan hari kerja pada umumnya, SPG event ditugaskan hanya pada acara tertentu. Sehingga jika tidak ada event, para sales promotion girls itu tidak melaksanakan tugasnya. Biasanya event diadakan di pusat perbelanjaan atau tempat khusus untuk merilis produk tertentu.

SPG event bekerja hanya dalam hitungan hari sesuai yang dibutuhkan perusahaan. Maka gaji yang diterima juga berdasarkan berapa hari mereka bekerja. Tugasnya sama dengan SPG reguler yaitu mengenalkan produk yang biasanya melalui brosur. Perusahaan akan memberikan target berapa banyak brosur yang harus dibagikan dalam satu hari. Jika berhasil menjaring pembeli, SPG ini akan mendapatkan bonus tersendiri di luar gajinya.

SPG Reguler Event

Jenis yang ketiga ini merupakan gabungan dari SPG reguler dan event. Definisi dari apa itu SPG reguler event adalah sales promotion girls yang bekerja pada hari tertentu dalam satu minggu, biasanya di akhir pekan. Meskipun hanya bekerja di beberapa hari dalam seminggu, profesi ini termasuk dalam pekerja tetap perusahaan. Keberadaannya membantu SPG reguler dalam melakukan tugasnya di event tertentu.

Tugas SGP reguler event masih seputar pemasaran dengan cara memperkenalkan produk, menarik minat beli dari pengunjung serta memaksimalkan penjualan. Sistem kerja para SPG reguler event ini paling sering menganut sistem shift. Artinya akan ada pergantian tugas setiap beberapa jam sekali. Umumnya setiap SPG akan bekerja selama 6-7 jam per hari dengan gaji yang dihitung per jam.

Beauty Advisor

SPG yang bekerja di toko kosmetik atau toko perawatan pribadi dan membantu pelanggan dalam memilih produk kecantikan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Mereka juga memberikan saran dan tips tentang perawatan kulit, rambut, dan makeup.

Demonstrator

Pernahkan melihat seorang SPG yang sedang mendemonstrasikan produknya kepada calon pelanggan? Ya, mereka biasanya memperlihatkan atau mendemonstrasikan produk di toko atau acara dan memberikan informasi tentang cara penggunaannya, manfaatnya, dan mengapa pelanggan harus membelinya. Terkadang menggunakan sample atau contoh produk untuk menunjukkan fungsinya.

Event Staff

SPG yang bekerja di acara seperti konser, pameran, atau festival biasanya lebih dari satu orang SPG. Mereka membantu mengatur dan menjalankan acara, termasuk mempromosikan produk atau jasa perusahaan, memberikan informasi tentang acara, dan membantu pelanggan.

Merchandiser

SPG yang bekerja di toko-toko untuk memeriksa dan mengatur stok produk dan membuatnya terlihat menarik di rak. Ia juga bertanggung jawab untuk memperbarui harga dan menjaga kebersihan toko.

Mystery Shopper

Mystery Shopper adalah seseorang yang melakukan survei anonim atas nama perusahaan untuk mengevaluasi kinerja SPG dan kualitas layanan pelanggan di toko. Dalam konteks SPG, tugas Mystery Shopper adalah melakukan kunjungan ke toko dan berinteraksi dengan SPG seperti pelanggan biasa.

Kemudian, mereka memberikan laporan tentang pengalaman mereka, termasuk bagaimana SPG memperlakukan mereka, kemampuan SPG dalam menjelaskan produk, serta pengalaman keseluruhan mereka selama berbelanja. Ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari tim SPG dan dapat memberikan dasar untuk membuat perubahan yang diperlukan dalam hal pelatihan dan pengembangan SPG, strategi penjualan, dan perbaikan layanan pelanggan secara keseluruhan.

Basic Skill SPG

Keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang Sales Promotion Girl (SPG), mencakup:

Kemampuan Komunikasi yang Baik

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik adalah salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang SPG. Skill ini sangat penting karena SPG harus mampu berkomunikasi dengan calon pelanggan secara efektif untuk menjelaskan produk atau layanan yang mereka promosikan. 

Keterampilan Presentasi

SPG harus mampu membuat presentasi yang menarik tentang produk atau layanan yang mereka promosikan. Presentasi yang baik akan membantu menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Kemampuan Menjual

Sebagai seorang SPG, penting untuk memahami kebutuhan dan keinginan calon pelanggan agar dapat memberikan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk melakukan hal ini, seorang SPG harus memperhatikan dengan seksama calon pelanggan saat berkomunikasi dan mendengarkan dengan baik apa yang diungkapkan oleh calon pelanggan. 

Pengetahuan Produk

Untuk bisa memberikan solusi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan calon pelanggan hendaknya seorang SPG juga perlu memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk atau layanan yang dipromosikan. Melalui pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan keinginan calon pelanggan, SPG dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan dan menjalin hubungan yang positif dengan pelanggan, di mana pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan produk atau layanan yang dipromosikan.

Kemampuan bekerja dalam tim

SPG seringkali bekerja dalam tim dengan anggota tim lain seperti supervisor, rekan kerja, dan anggota tim pemasaran lainnya. Dalam hal ini, kemampuan untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik membantu tim bekerja lebih efektif demi mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Keterampilan Interpersonal

SPG harus mampu membangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan dan anggota tim lainnya. Keterampilan interpersonal yang baik akan membantu meningkatkan kepercayaan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Wewenang Sales Promotion Girl (SPG)

Dalam pelaksanaannya Sales Promotion Girl memiliki beberapa wewenang sebagai berikut:

  1. Memberikan saran terkait pembaharuan produk atau layanan yang dijual agar lebih relevan dengan pasar
  2. Menerima masukan, umpan balik, serta kritik dan saran terkait performa penjualan
  3. Meminta informasi yang lengkap terkait produk atau layanan yang akan dijual
  4. Meminta segala fasilitas penunjang dalam memasarkan produk atau layanan

Kualifikasi Menjadi Sales Promotion Girl (SPG)

Pengertian apa itu SPG dan lowongannya profesi termasuk peluang kerja yang sangat banyak ditemui di berbagai daerah terutama kota-kota besar. Peminat terhadap profesi ini juga cukup tinggi mengingat tidak ada kualifikasi khusus yang harus dikuasai. Kebanyakan syarat menjadi SPG hanya seputar penampilan fisik yang menarik dan enak dipandang. Sementara kemampuan lain bisa dipelajari seiring lamanya bekerja.

Kebanyakan lowongan sebagai SPG diminati oleh wanita muda baik yang masih menempuh pendidikan formal maupun yang sudah lulus. Mereka berminat terhadap profesi ini karena mudah dijalankan serta menjanjikan gaji yang lumayan. Perusahaan yang mencari profesi ini akan memasang syarat dan kriteria umum seperti berikut ini juga beberapa poin lain yang bisa berbeda antar perusahaan.

  1. Berjenis kelamin perempuan
  2. Usia maksimal 24 tahun dan masih single
  3. Pendidikan minimal SMA atau yang sederajat
  4. Memiliki tinggi minimal 160 cm
  5. Memiliki berat badan maksimal 55 kg
  6. Berpenampilan menarik

Beberapa poin yang disebutkan di atas merupakan syarat umum seorang SPG yang dibutuhkan perusahaan. Untuk mencapai tujuannya, perusahaan juga menyertakan syarat khusus yang berkaitan dengan kemampuan SPG dalam memasarkan produk. Syarat ini bisa saja ditulis dalam lowongan kerja dan bisa saja tidak tertera karena perusahaan akan memberikan pelatihan khusus setelah SPG diterima bekerja. Inilah syarat khusus yang biasanya disertakan.

  1. Mampu berkomunikasi dengan baik
  2. Bisa mempengaruhi calon pembeli untuk tertarik terhadap produk
  3. Mampu memberikan penjelasan yang dibutuhkan calon pembeli
  4. Ramah dan mudah tersenyum
  5. Mampu menjaga profesionalitas dalam pekerjaan
  6. Bisa memenuhi target perusahaan

Fungsi Sales Promotion Girl (SPG)

Mengenai informasi apa itu SPG juga akan selalu berhubungan dengan fungsi keberadaannya. Tidak mungkin sebuah perusahaan mempekerjakan banyak SPG tanpa tujuan tertentu. Tugas sales promotion girls dengan segala kewajibannya diharapkan akan bisa membawa dampak positif yang signifikan pada perusahaan. Seperti inilah fungsi dari adanya SPG di berbagai perusahaan.

Sebagai Salah Satu Media Promosi

Banyak upaya yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasanya. Cara yang paling umum dilakukan adalah melalui iklan, baik di media elektronik, cetak maupun media sosial. Keberadaan SPG membantu memaksimalkan upaya promosi tersebut. SPG yang akan bertemu langsung dengan calon pembeli bisa melakukan promosi dengan lebih akurat dan terukur.

Mengetahui Kebutuhan Pasar

Pertanyaan mengenai apa itu SPG akan turut terjawab melalui penjelasan dari fungsinya. Fungsi yang selanjutnya adalah agar perusahaan bisa lebih memahami kebutuhan pasar. SPG yang berhadapan langsung dengan calon konsumen bisa mengorek banyak informasi penting. Dari hal tersebut akan mudah diketahui apa yang sebenarnya diinginkan konsumen, apa yang menjadi masalah konsumen hingga produk atau jasa seperti apa yang akan menyelesaikan masalah mereka.

Memaksimalkan Penjualan

Poin yang terakhir ini merupakan fungsi utama dari SPG. Perusahaan tentu saja menginginkan keuntungan yang besar dari produk atau jasa yang terjual. Upaya penjualan itu dilakukan oleh SPG sehingga profesi ini bisa dibilang sebagai kunci perusahaan dalam memaksimalkan keuntungan. Semakin mahir SPG dalam berpromosi, maka diharapkan penjualan akan semakin tinggi.

Keuntungan Menggunakan SPG

Menggunakan SPG (Sales Promotion Girl) dalam sebuah kampanye pemasaran atau penjualan produk memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

Memperluas Jangkauan Pasar

Dengan bantuan SPG, perusahaan dapat memperluas jangkauan pasar dan mencapai calon pelanggan yang sulit dijangkau melalui saluran pemasaran tradisional. SPG dapat mengunjungi tempat-tempat strategis seperti mal, pusat perbelanjaan, atau acara-acara tertentu untuk mempromosikan produk.

Menarik Perhatian Calon Pelanggan

SPG dapat menarik perhatian calon pelanggan dengan memberikan sampel produk, menjelaskan keunggulan produk, dan memberikan informasi tentang produk dengan cara yang menarik dan persuasif.

Meningkatkan Penjualan

Dengan menggunakan SPG, perusahaan dapat meningkatkan penjualan produk. SPG dapat membantu calon pelanggan memahami produk dengan baik dan meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut.

Membangun Citra Positif Perusahaan

SPG dapat membantu perusahaan untuk membangun citra positif di mata calon pelanggan. SPG yang ramah, penampilan menarik, dan memberikan pelayanan yang baik dapat membuat calon pelanggan merasa senang atau puas dengan produk dan perusahaan yang mereka wakili.

Membantu Melakukan Riset Pasar

SPG dapat membantu perusahaan melakukan riset pasar dengan mengumpulkan informasi dari calon pelanggan. Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh masukan dan umpan balik dari calon pelanggan untuk mengembangkan produk yang lebih baik dan meningkatkan kualitas pelayanan.

Industri yang banyak menggunakan SPG dan Contoh Perusahaannya

Industri Makanan dan Minuman

Banyak perusahaan makanan dan minuman menggunakan SPG untuk mempromosikan produk mereka di toko-toko atau acara. Sering kita temui SPG yang memberikan sampel makanan atau minum di supermarket sebagai promosi produk. Contohnya adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, PT Mayora Indah Tbk, PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT Unilever Indonesia Tbk.

Industri Kosmetik dan Perawatan Pribadi

Perusahaan-perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi sering menggunakan SPG sebagai Beauty Advisor untuk membantu pelanggan memilih produk dan memberikan saran tentang perawatan kulit, rambut, dan makeup. Contohnya adalah PT L’Oreal Indonesia, PT Martha Tilaar Group, dan PT Unilever Indonesia Tbk.

Industri Retail

Perusahaan-perusahaan retail menggunakan SPG di toko-toko mereka untuk mempromosikan produk dan memberikan informasi tentang penawaran khusus atau program loyalitas. Contohnya adalah PT Matahari Department Store Tbk, PT Carrefour Indonesia, dan PT Electronic City Indonesia Tbk.

Industri Otomotif

Perusahaan otomotif menggunakan SPG di acara seperti pameran otomotif atau showroom untuk mempromosikan produk mereka dan membantu pelanggan dalam memilih mobil atau motor yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Contohnya adalah PT Astra Honda Motor dan PT Toyota Astra Motor.

Industri Teknologi dan Elektronik

Perusahaan-perusahaan teknologi dan elektronik menggunakan SPG di toko-toko mereka untuk mempromosikan produk dan memberikan informasi tentang spesifikasi produk. Contohnya adalah PT Samsung Electronics Indonesia, PT Sony Indonesia, dan PT Panasonic Gobel Indonesia.

Kisaran Gaji Sales Promotion Girl (SPG)

Jika kita berbicara tentang besaran gaji yang didapat oleh seorang SPG tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor seperti perusahaan yang mempekerjakan, lokasi pekerjaan, hinggan sistem kontrak yang dijalani. Pada umumnya seorang sales promotion girl akan mendapatkan gaji rata-rata mulai dari 500.000 hingga 5.000.000 rupiah.

Selain gaji pokok yang diterima biasanya seorang SPG juga akan mendapatkan bonus dari setiap produk atau layanan yang berhasil dijual. Besaran bonus ini biasanya ditentukan oleh perusahaan yang mempekerjakan atau sesuai dengan kesepakatan bersama. Selain itu, terkadang SPG juga akan mendapatkan uang tunjangan seperti transportasi dan uang makan.

Tantangan yang dihadapi oleh SPG

Sebagai profesi yang berhubungan langsung dengan calon pelanggan, SPG (Sales Promotion Girl) juga menghadapi beberapa tantangan di antaranya:

Tekanan untuk Mencapai Target Penjualan

SPG seringkali diberikan target penjualan yang tinggi. Tekanan untuk mencapai target tersebut dapat memicu stres dan merusak performa kerja jika tidak diatasi dengan baik.

Menghadapi Calon Pelanggan yang Sulit

SPG juga sering menghadapi calon pelanggan yang tidak tertarik atau bahkan menolak mereka. Menghadapi calon pelanggan yang sulit terkadang menurunkan motivasi dan kepercayaan diri SPG.

Kondisi Fisik yang Melelahkan

SPG harus siap bekerja dalam jangka waktu yang lama dan di tempat-tempat yang berbeda. Hal ini dapat menyebabkan kondisi fisik yang melelahkan dan bahkan mengganggu kesehatan jika tidak diimbangi dengan istirahat yang cukup.

Tidak Mendapatkan Pengakuan yang Baik

Meskipun tugas SPG sangat penting dalam menjalankan kampanye pemasaran atau penjualan produk, namun SPG seringkali tidak mendapatkan pengakuan yang cukup dari perusahaan dan masyarakat. 

Tidak Mendapatkan Perlindungan yang Cukup

SPG seringkali bekerja di tempat-tempat yang rawan terjadinya pelecehan atau tindakan tidak menyenangkan dari calon pelanggan. Tindakan semacam ini sangat merugikan dan membuat SPG merasa tidak aman dan tidak nyaman saat bekerja.

Dalam hal ini, perusahaan perlu bertanggung jawab dalam memberikan pelatihan yang memadai kepada SPG tentang bagaimana cara menghadapi situasi yang tidak nyaman atau bahkan berbahaya. Selain itu, perusahaan juga memberikan dukungan psikologis yang memadai bagi SPG yang mengalami pelecehan atau tindakan tidak menyenangkan. Melalui pendidikan dan sosialisasi, diharapkan bahwa tindakan pelecehan atau tidak menyenangkan terhadap SPG dapat dicegah dan diminimalisir.

Prospek SPG di masa depan

Pekerjaan SPG di masa depan mungkin akan mengalami perubahan peran. Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren digital, pekerjaan SPG mungkin lebih berfokus pada pelayanan pelanggan dan pengalaman pengunjung toko. SPG mungkin juga harus memiliki pengetahuan yang lebih dalam tentang produk, teknologi, dan kemampuan interpersonal yang kuat untuk dapat menjual produk dan memberikan pelayanan pelanggan yang berkualitas.

Karena perubahan di pasar kerja dapat terjadi dengan cepat dan tidak terduga maka, penting bagi SPG untuk selalu mengikuti perkembangan dan tren terbaru di industri mereka dan terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk mempertahankan daya saing di pasar kerja.

Hal yang perlu dihindari oleh seorang Sales Promotion Girl (SPG)

Berikut ini adalah kesalahan yang perlu dihindari atau larangan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh seorang SPG

  • Terlalu Bertele-tele dan keluar topik pembahasan
  • Tidak berfokus pada solusi
  • Tidak secara proaktif mencari prospek
  • Bersikap cuek dan tidak ramah
  • Menjanikan sesuatu yang tidak relevan
  • Tidak sopan dan berperilaku tidak baik
  • Berdebat dengan calon pelanggan
  • Menjual produk atau layanan kepada orang yang tidak tepat
  • Berkerumun dan mengobrol sesama SPG
  • Berfokus pada harga produk dan bukan pada nilai produk

Seperti itulah definisi mengenai apa itu SPG termasuk tugas dan kewajibannya dalam pekerjaan. Telah dijelaskan pula jenis dan macam SPG berdasarkan waktu kerja dan besar gajinya. Terakir, penjelasan mengenai fungsi keberadaan SPG akan semakin menambah pengetahuan mengenai profesi tersebut.

Temukan informasi seputar karir, pekerjaan, informasi-informasi menarik lainnya di Blog MyRobin. Jika Anda ingin melamar pekerjaan, kunjungi App MyRobin, terdapat berbagai lowongan kerja terbaru, temukan pekerjaan impian Anda sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!