Cara Cepat Naik Jabatan di 2023, Ikuti 6 Tips Di sini agar Anda Dipilih Atasan

cara cepat naik jabatan

Tersisa 2 bulan lagi menuju 2023, apa harapan Anda di tahun depan? Apakah punya karier cemerlang? Mendapat pekerjaan baru? Pindah kantor? Atau mendapat promosi jabatan? Salah satu impian pekerja di perusahaan adalah dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Namun, bagaimana cara cepat naik jabatan terutama bagi Anda yang pemalu?

Menurut Edwin B. Flipo (Dalam Zulkifli Rusby 201:130) promosi berarti perpindahan dari suatu jabatan ke jabatan yang lain yang mempunyai status dan tanggung jawab yang lebih tinggi. Umumnya, perpindahan ini juga diikuti dengan peningkatan gaji, upah dan lainnya walaupun tidak selalu demikian.

Nah, agar Anda dipandang layak untuk mendapat promosi dari atasan. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di sini.

Apa itu promosi jabatan?

Drs. H.Malayu S.P Hasibuan melansir dari repository Universitas Islam Riau, mendefinisikan promosi sebagai perpisahan yang memperbesar authority dan responsibility karyawan ke jabatan yang lebih tinggi dalam satu organisasi sehingga kewajiban, hak, status, dan penghasilan semakin besar. 

Artinya, orang yang mendapat promosi tidak lagi menjabat di posisi sebelumnya, ia berpindah  ke tingkatan selanjutnya dengan tanggung jawab dan tugas baru. Menurut Mulia 1994, program promosi merupakan cara meningkatkan moral karyawan saat bekerja sehingga memberikan dampak peningkatan produktivitas. 

Pengertian promosi kerja berdasarkan Indeed, yaitu situasi di mana pemberi kerja memindahkan pekerja  ke tingkatan hierarki atas organisasi. Program ini mengizinkan karyawan berkembang ke posisi yang jauh lebih tinggi. 

Contohnya, senior product menerima promosi untuk memegang jabatan sebagai product manager. Di posisi ini, artinya Anda akan memimpin tim dan mengerjakan tugas yang mungkin berbeda secara signifikan, dan menantang ketimbang di level sebelumnya. 

Pada beberapa institusi dan perusahaan, mendapat promosi dari atasan merupakan impian besar. Pasalnya, selain gaji bertambah, ini juga menaikkan harga diri alias gengsi seseorang. Nah, cari tahu alasan lain seseorang berambisi naik jabatan, lewat pembahasan berikut.

Kenapa orang ingin naik jabatan?

Kompetisi di lingkungan sehari-hari tidak ada habisnya. Saat lulus, Anda pasti pernah ditanya kapan bekerja? Dan jika sudah mendapat pekerjaan, muncul pertanyaan lain seperti sudah jadi apa selama berkarier? Parahnya, jika teman sebaya telah berada di level manager, sebagian kalangan justru membandingkan Anda.

Hal ini akhirnya menimbulkan tekanan yang mendorong seseorang berambisi untuk bekerja keras, agar mendapatkan promosi sehingga dirinya tidak lagi dibandingkan. Kesempatan ini juga menjadi ajang pembuktian diri seberapa baik performa kerja dan keterampilan Anda.

Melalui beberapa sumber, berikut alasan karyawan ingin dapat promosi berdasarkan 3 situasi, yaitu:

1. Apresiasi

Apabila Anda pindah ke kantor baru, lalu senior di sana sedang bingung memikirkan bagaimana cara mendapat promosi jabatan maka jangan heran. Program promosi juga dibuat sebagai apresiasi bagi karyawan yang bertalenta dan berdedikasi penuh pada perusahaan. 

Kontribusi yang telah diberikan pantas mendapat penghargaan, salah satunya dengan pemberian jabatan baru. Dalam proses ini, perusahaan melakukan evaluasi performa dan kepribadian karyawan yang masuk kategori. Evaluasi bisa berlangsung selama 3 bulan untuk menentukan siapa yang berhak mendapat promosi.

2. Ingin menghadapi tantangan baru

Orang yang selalu ingin belajar dan maju, tidak akan puas dengan posisi saat ini. Orang tersebut akan berusaha mendapatkan promosi untuk menantang dirinya menghadapi tugas dan masalah baru, sehingga kemampuannya makin terasah dan berkembang. 

Terutama bagi karyawan senior yang telah menjalani perannya selama 5 tahun ke atas. Alasan jenuh juga termasuk faktor mengapa orang ingin diberikan promosi. Pekerjaan rutinitas tidak lagi menciptakan ‘spark’ dalam diri dan semangat mulai memudar. 

Oleh karena itu, program promosi sangat berguna bagi karyawan untuk terus mengasah skill dan mencapai kemajuan dalam karier.

3. Meningkatkan harga diri

Sebagaimana dijelaskan di awal, dengan menerima promosi jabatan seseorang turut menaikkan harga diri atau gengsi. Ini pembuktian pada diri sendiri dan orang lain, bahwa ia telah berhasil, memiliki peran penting, dan reputasi di suatu perusahaan.

Tipe promosi jabatan yang umum diterapkan

Sebagai pekerja, Anda wajib mengetahui tipe-tipe promosi yang diterapkan perusahaan sehingga langkah yang nanti dilakukan lebih jelas dan tertarget, diantaranya:

  • Promosi horizontal, artinya karyawan mendapatkan promosi di departemen yang sama. Contohnya, staff marketing junior menjadi senior. 
  • Vertical promotion, yaitu perpindahan jabatan di mana karyawan kini memegang tanggung jawab posisi atas yang menuntut perubahan skill dan pengalaman. Misalkan, level supervisor menjadi manager. 
  • Dry promotion, tipe promosi yang memberikan karyawan posisi dan tanggung jawab lebih tinggi tanpa menaikkan upah. 

Jenis metode penentuan job promotion

Perusahaan menerapkan metode untuk menentukan bagaimana job promotion dilakukan, sebagai informasi tambahan simak pembahasan berikut.

1. Promosi berdasarkan senioritas

Promosi jabatan berdasarkan senioritas, artinya seseorang yang telah lama bekerja di perusahaan itulah yang akan dipindahkan ke posisi lebih tinggi. Misalnya, rekan kerja Anda sudah bergabung selama 10 tahun di perusahaan rintisan sebagai tim product. 

Atasan bisa memindahkannya rekan Anda ke posisi product manager karena dinilai sudah senior dan punya pengetahuan luas tentang produk serta perusahaan, daripada Anda yang punya pengalaman 4 tahun.

2. Promosi berdasarkan performa kerja

Promosi jabatan berdasarkan performa kerja dilakukan dengan mengevaluasi kinerja setiap karyawan dan memberikan promosi hanya pada pekerja yang punya hasil bagus. Alhasil, tiap karyawan punya kesempatan yang sama, berlomba-lomba tampil terbaik demi promosi. 

Meskipun rekan kerja sudah berpengalaman lebih dari 6 tahun di perusahaan, tetapi belum tentu ia yang mendapatkan posisi lebih tinggi. Apabila hasil menunjukkan Anda yang terbaik, atasan tidak dapat menutup mata.

Cara agar cepat naik jabatan?

Cara cepat naik jabatan di perusahaan tidak sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa kiat agar dinilai pantas memegang posisi tinggi oleh atasan. Namun, jika di tempat Anda bekerja tidak ada program promosi, Anda dapat menanyakannya pada bagian human resources. 

Deretan cara naik pangkat atau jabatan di bawah ini dapat Anda aplikasikan di dunia kerja hingga atasan terkesan. 

1. Mengambil inisiatif

Cara cepat naik jabatan di pabrik yang boleh Anda coba adalah mengambil inisiatif. Perusahaan melihat sikap karyawannya, sehingga berinisiatif terhadap pekerjaan atau masalah yang ada, bisa mendekatkan Anda pada promosi jabatan. 

Orang yang berada di level atas punya problem solving yang baik, mampu mengatasi masalah yang muncul, dan mengambil langkah atas dorongan dalam diri yang tentunya tidak melanggar kebijakan di suatu perusahaan. 

Misalnya, ketika ada peralatan yang rusak Anda bisa melapor ke atasan supaya segera diperbaiki, tidak menunggu tim pemeliharaan yang menemukan inspeksi bulanan. Di samping membuat atasan terkesan, Anda juga menjaga keselamatan di area operasional.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Percaya Diri agar Berani Inisiatif di Dunia Kerja

2. Berani menerima tanggung jawab

Mengambil tanggung jawab di luar pekerjaan utama dapat menunjukkan bahwa Anda mampu membantu perusahaan mencapai tujuannya. Ini turut membangun citra Anda sebagai orang pekerja keras dan ingin berkontribusi pada kemajuan bisnis perusahaan.

3. Tunjukkan bahwa Anda cocok untuk naik tingkat

Cara agar cepat naik jabatan di PT atau perusahaan rintisan adalah menunjukkan kalau Anda memang layak mendapat promosi. Salah satunya, produktif selama bekerja, selalu termotivasi dalam menjalankan tugas, menyelesaikan pekerjaan dengan baik, sesuai target, dan penuh tanggung jawab. Performa yang maksimal masuk dalam penilaian atasan, lho.

Personal branding juga dapat menjadi nilai plus untuk akselerasi karir Anda loh, pelajari selengkapnya tentang personal branding di sini

4. Pahami posisi

Cara agar cepat naik jabatan di Indomaret maupun perusahaan ritel adalah pahami posisi yang sedang atasan promosikan. Misalkan, ada promosi untuk posisi manager. Lakukan riset sederhana skill dan pengalaman apa yang dibutuhkan untuk menempati posisi tersebut. Kemudian, pelajari persyaratannya jika ada serta lakukan langkah kecil agar Anda qualified.

5. Komunikasikan dengan atasan

Bagaimana agar cepat naik jabatan adalah mengomunikasikannya dengan atasan. Jelaskan pada atasan kalau Anda layak menerima promosi ke posisi atas. Pada tahap ini, Anda perlu menjelaskan detail kontribusi apa yang bisa diberikan pada perusahaan.

Pelajari cara meningkatkan skill komunikasi dalam karir serta manfaatnya di sini

6. Hindari egois dan arogan

Nah, kalau cara cepat naik jabatan PNS biasanya individu tersebut harus memiliki nilai pembeda dengan karyawan lain dan memenuhi kualifikasi tertentu seperti tepat waktu dan telah memenuhi angka kredit, dan berdedikasi dalam pekerjaan.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Meningkatkan Kemampuan Teamwork untuk Karir

Anda tidak boleh egois dan arogan dengan menganggap orang lain lebih rendah dan memperlakukan rekan junior dengan seenaknya. Sikap Anda juga masuk penilaian atasan. 
Itulah informasi seputar cara cepat naik jabatan di perusahaan. Menjadi karyawan terbaik hingga dipromosikan memang suatu pencapaian. Namun, tetap ingat untuk menjalani kehidupan di luar pekerjaan. Baca artikel menarik lainnya di Blog MyRobin!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!