5 Contoh CV Operator Produksi Beserta Tips Membuatnya

Contoh CV Operator Produksi

Operator produksi merupakan salah satu karir yang diminati oleh banyak orang. Sebab, hampir seluruh perusahaan terutama bidang manufaktur membutuhkan posisi ini untuk membantu mereka mengawasi proses produksi. 

Dengan banyaknya peminat ini, membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai operator produksi pun menjadi tidak mudah dan cukup ketat. Apalagi saat ini sudah banyak lembaga non formal yang menyediakan pelatihan khusus untuk meningkatkan keahlian atau skill terkait operasi produksi. 

Sebenarnya tidak hanya kualifikasi dan kemampuan saja yang akan dinilai oleh para recruiter, namun juga bagaimana kamu menulis CV terkait pekerjaan tersebut. Maka dari itu, kamu harus mengetahui bagaimana cara membuat CV yang benar. Berikut adalah beberapa contoh CV seorang operator produksi yang bisa kamu jadikan inspirasi. Yuk, simak informasinya!

Sekilas tentang Operator Produksi?

Operator produksi adalah seseorang yang mempunyai tugas mengoperasikan mesin atau alat untuk membantu proses produksi suatu perusahaan, mulai dari penyiapan bahan, pembuatan produk, hingga tahap finishing. Biasanya, operator produksi ini lebih banyak bekerja di pabrik atau warehouse daripada kantor utama.

Seorang operator produksi harus melakukan pekerjaan sesuai dengan standar dan aturan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Tujuannya agar tidak terjadi kecelakaan atau cedera dalam bekerja serta kerugian bagi perusahaan. Dengan menerapkan ketentuan tersebut, proses produksi dalam berjalan dengan aman dan lancar, sehingga mampu mencapai hasil yang diinginkan.

Untuk menjadi operator produksi, biasanya seseorang harus menempuh pendidikan S1 jurusan tertentu seperti teknik mesin, teknik kimia, teknik industri, teknik elektro, atau jurusan terkait lainnya. Namun, beberapa perusahaan juga ada yang membuka peluang bagi lulusan SMA/SMK, tentunya dengan pengalaman kerja cukup lama di bidang operasi produksi. 

Tugas Operator Produksi

Secara umum, operator produksi mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:

  • Mengikuti briefing untuk membahas rencana kerja yang mencakup pembagian tugas, mesin jaga, target kerja, dan sebagainya.
  • Mengoperasikan mesin/alat/kendaraan yang digunakan dalam proses produksi. Biasanya operator produksi akan mengecek kecepatan mesin untuk menentukan kuantitas dari produk yang akan dibuat.
  • Melakukan semua kegiatan produksi sesuai dengan SOP agar media kerja seperti mesin dapat terpelihara dengan baik, meningkatkan efisiensi material produksi, hingga menjaga keamanan operator.
  • Membuat laporan kinerja mengenai kuantitas produksi yang dicapai, produk yang dibuat, jam lembur, dan keterangan tambahan lainnya.

Hal yang Harus Ada Pada CV Operator Produksi

Sebelum membuat CV, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan cantumkan ke dalamnya. Jika hal penting ini kamu abaikan, maka akan membuat penilaian recruiter kepada kamu akan berkurang dan potensi kamu diterima pun akan kecil. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu masukkan di CV:

1. Data diri

Data diri merupakan hal paling penting yang harus ada di dalam CV. Data diri ini tidak perlu detail, namun cukup tentang diri kamu secara singkat yang mencakup nama, email, nomor ponsel yang aktif, domisili (tuliskan kota dan negara saja), serta akun LinkedIn. 

Kamu tidak perlu menambahkan informasi lainnya mengenai diri kamu seperti alamat lengkap, tempat tanggal lahir, agama, status, dan lain sebagainya. Sebab, hal ini termasuk informasi sensitif yang tidak boleh dibagikan ke banyak orang agar tidak disalah gunakan. Maka dari itu sebelum melamar pekerjaan, pastikan perusahaan, kontak recruiter, serta job portal yang kamu gunakan untuk mencari pekerjaan jelas dan valid. Dengan begitu, kamu tidak sembarangan memberikan data diri kepada orang lain.

2. Deskripsi diri

Selanjutnya, tulislah deskripsi singkat sekitar 2-3 kalimat mengenai diri kamu. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan diri kepada recruiter. Jelaskan siapa diri kamu, pengalaman kerja, pencapaian yang pernah kamu dapatkan, dan kemampuan yang kamu miliki secara singkat, padat, dan jelas. 

Ingat, tonjolkan informasi yang paling kamu banggakan dan relate dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar sebagai operator produksi, berarti cantumkan pengalaman kamu sebagai operator produksi yang pernah mengoperasikan beberapa mesin tertentu, serta keberhasilanmu dalam mencapai target produksi. 

Jangan lupa juga tambahkan informasi mengenai kemampuan yang paling kamu kuasai dan sering diaplikasikan ketika bekerja. Buat kalimat yang semenarik mungkin agar para recruiter penasaran tentang diri kamu dan ingin mengenal kamu lebih jauh melalui wawancara. 

3. Pengalaman kerja

Bagian ini bisa dibilang sangat krusial dan akan menentukan lanjut tidaknya kamu ke tahap berikutnya, seperti tes kemampuan maupun interview. Kamu hanya perlu memasukkan pengalaman kerja yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar saja. Urutkan dari pengalaman kerja terbaru (paling atas) sampai yang terlama (paling bawah).

Tulis dalam bentuk poin-poin bukan paragraf, hal ini agar memudahkan recruiter ketika membacanya. Walaupun harus detail dan jelas, namun usahakan kalimatnya jangan terlalu panjang. Awali dengan kata kerja dan tambahkan angka untuk pencapaian kerja, misalnya berhasil meningkatkan produktivitas pabrik hingga 10% melebihi target atau mengangkut bahan baku sekitar 50 dus besar per hari. 

Selain itu, jangan terlalu banyak memasukkan pengalaman kerja. Cukup 2-3 pengalaman kerja terakhir dan cantumkan beberapa job desk utamanya saja. 

4. Riwayat pendidikan

Untuk penulisan riwayat pendidikan pada CV operator produksi, cukup tuliskan nama institusi tempat kamu studi, lama studi dari tahun masuk hingga lulus, jurusan yang kamu ambil, serta nilai akhir atau IPK keseluruhan. Jika memang diperlukan, kamu bisa mencantumkan judul skripsi/tesis. 

Kamu tidak perlu menuliskan riwayat pendidikan mulai dari TK sampai kuliah. Tuliskan 1-2 tingkat pendidikan tertinggi saja yang paling terbaru. Tambahkan pencapaian dan penghargaan, dengan begitu prestasi kamu akan terlihat lebih menonjol serta mudah ditemukan oleh recruiter. 

5. Keterampilan atau skill

Keterampilan atau skill yang harus kamu masukkan ke dalam CV tentu harus berhubungan dengan posisi yang kamu lamar, yakni operator produksi. Buat per poin-poin saja dan urutkan mulai dari yang paling kamu kuasai terlebih dahulu. Kamu juga bisa membagi antara soft skill dan hard skill agar mudah dipahami oleh recruiter. 

Hard skill yang bisa kamu masukkan ke dalam CV untuk posisi operator produksi yaitu, mampu mengoperasikan mesin atau alat produksi, menguasai software atau aplikasi komputer, melakukan pengendalian mutu, dan memahami K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja).

Sedangkan, untuk soft skill kamu bisa memasukkan karakteristik yang paling unggul seperti kemampuan riset dan analisis yang baik, komunikasi, problem solving, dan critical thinking. Jika ingin lebih ringkas lagi, gunakan kata kunci yang relevan seperti quality control analyst, maintenance, forklift, product planning, sales, dan lainnya. 

Contoh CV untuk Profesi Operator Produksi

Berikut ini merupakan beberapa contoh CV yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk melamar pekerjaan sebagai operator produksi. Perhatikan baik-baik apa saja yang harus kamu masukkan ke dalam CV. 

CV dalam bahasa inggris

Dewi Putri

Jakarta, ID | (+62) 8811000022 | dputri@yuhu.com

Summary

Energetic and efficient Production Operator with four years of experience using several equipment types to manage manufacturing and packaging needs, including managing heavy equipment, working with a variety of particular machines and working with safety specialists to ensure that these machines run smoothly and accurately.

Education

University of Bela Negara     Jul’14 — Aug’18

Metallurgical and Materials Engineering

GPA: 3.54/4.00

Experience

PT. Jaya Abadi, Production Operator       Sep’20 — Now

  • Regularly conducting maintenance for various machines, including diagnosing common operational problems and repairing them.
  • Working hand-in-hand with safety managers to assure a safe work environment for everyone involved.
  • Reposting any safety problems to upper officials to ensure that they understand and the issues that are plaguing a facility
  • Conducting regular inspections of machinery and fixing issues in a timely manner to ensure that they run smoothly, avoiding unnecessary delays.

PT. Mitra Pusaka, Production Operation Manager               Jan’18 – Aug’20

  • Managed a team of 30 production operators, including scheduling their work time and the various tasks they had completed.
  • Scheduled regular maintenance and tracked its progress to ensure that it was finished properly.
  • Ordered new parts and repair procedures as needed, ensuring all projects stayed within the timeline.

Certifications

  • BNSP

Skills

  • Maintenance
  • Assembly
  • Quality control
  • Problem solving
  • Communication
  • Planning
  • Data analyst

CV dalam Bahasa Indonesia

Putra Dewa

Bandung, ID | (+62) 89000000001 | putradewa@jimail.com

Profil

Saya adalah seorang operator produksi dengan pengalaman lebih dari 3 tahun di bidang terkait dan bersertifikasi resmi dari Kemnaker. Saya mempunyai kemampuan khusus dalam hal pengoperasian mesin dan quality check. Dengan kemampuan ini, saya berhasil meningkatkan produktivitas pabrik sebesar 15%.

Pengalaman Kerja

PT. Apa Saja, Tbk — Indonesia

Operator Produksi (Full-time)               Sep 2018 — sekarang

  • Mengoperasikan mesin produksi sesuai dengan SOP dan standar K3.
  • Melakukan pengecekan mesin secara berkala bersama tim.
  • Melakukan pengendalian mutu pada kualitas hasil produksi.
  • Meningkatkan produktivitas pabrik sebesar 20%, melebihi target sebelumnya.

PT. Jalan Terus —  Indonesia

Operator Warehouse (Magang)         Jan 2018 — Jul 2018

  • Memantau pengiriman barang yang akan dikirim ke klien agar tidak terjadi kesalahan pengiriman.
  • Melakukan pengangkutan bahan baku dan hasil produksi sekitar 15 kontainer per hari.

Pendidikan

Universitas Bakti Negara — Indonesia         Jul 2014 — Sep 2018

Jurusan Teknik Mesin; IPK: 3.78/4.00

SMK Anak Bangsa II — Indonesia         Jun 2011 — Jun 2014

Jurusan Teknik Otomotif; NA: 84/100

Kemampuan

Hard skill: Mengoperasikan mesin, reparasi mesin produksi, K3, quality control

Soft skill: Mampu bekerja di bawah tekanan, komunikasi, kerja sama, memecahkan masalah

Sertifikasi

  • BNSP
  • SKA
  1. CV untuk fresh graduate

Ali Ahmad

Semarang, Indonesia | P: +62 890909900 | aliahmad22@yuhu.com | linkedin.com/in/aliaahmadd

Tentang Saya

Saya merupakan lulusan S1 Teknik Mesin Universitas X yang mempunyai pengalaman magang selama 6 bulan di bagian quality control. Saya menguasai teknik pengontrolan kualitas pada mesin, menjalankan tugas sesuai SOP dan K3, dan mampu memperbaiki mesin. 

Pengalaman 

Quality Control Intern

PT. Jasa Titipan, Indonesia ▪ Januari 2021 – April 2021

  • Melakukan kontrol kualitas produksi sesuai standar ISO
  • Melakukan machine testing dan troubleshooting tiap bulan

Ketua Himpunan Teknik Mesin

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Gerigi Teknik Mesin ▪ Juni 2019 — Juni 2020

  • Menyelenggarakan pelatihan pengembangan skill mahasiswa teknik mesin
  • Mengadakan seminar siap kerja untuk mahasiswa teknik mesin
  • Berkolaborasi bersama dengan 7 HMJ Teknik Mesin universitas lain untuk sharing informasi terkait dunia mesin

Keterampilan

Technical Skill Soft Skill

  • Quality control       –  Komunikasi
  • Pengoperasian mesin                 – Kerja tim
  • Perawatan dan perbaikan mesin produksi       – Berpikir kritis
  • K3       – Problem solving

Penghargaan

  • Juara 2 Kompetisi Rekayasa Mesin (2019)
  • Juara Harapan 1 Lomba Rancang Bangun Mesin (2021)

Pendidikan

Juli 2017 – Desember 2021

Universitas X Indonesia

S1 Teknik Mesin

IPK: 3.89/4.00

Pelatihan & Workshop

  • Pelatihan online ISO | 2020
  • Training mesin (mechanical engineering) | 2021
  • Training operator produksi (OPT) | 2021
  1. CV operator produksi lainnya

AMEERA HUSEIN

Production Operator

Padang, Indonesia | (500) 333-0000 | ameerah@gemail.com

Description

Production operator with 10+ years of experience in hands-on work and maintenance with various pieces of machinery, managing safety, and interaction with multiple workers while ensuring production in the factory goes smoothly and without incident.

Experience

Livin By Dream, Production Operator Staff Sep’19 – Currently

  • Operating a forklift to move products for distribution, such as moving items from storage to the shipping dock.
  • Checking machine flow and spotting problems, such as backed up orders or machine failure
  • Analyzing and making adjustments to the production process to ensure maxim production capabilities and efficiency
  • Constantly looking for safety issues and immediately reporting them to the proper authorities, preventing unnecessary delays. 

View Code, Production Operator Specialist Feb’15 — Aug’19

  • Inspected specific production machines for compliance.
  • Improved working conditions and spearheaded team development to improve production by 25%.
  • Checked with other production specialists for common issues and maintained a record of problems, which allowed the company to prevent major issues, saving $25,000 – $40.000 a year. 

Fill The Blank Corp, Production Operation Manager     Oct’12 – Jan’15

  • Scheduled each production operator’s work week.
  • Volunteered to track obvious problems in the production process, saving an annual $50.000 in new equipment costs.
  • Discussed adjustments to production with managers on a weekly basis

Education

The Institute of Engineering                 Jul’08 – Jun’12

Production Management

GPA total: 3.9/4.0

Certification

  • Forklift

Skills

  • Assembly
  • SAP
  • Customer service
  • Research & planning
  • Office manager

Tips Membuat CV Operator Produksi

Setelah mengetahui apa saja hal penting yang harus kamu masukkan ke dalam CV serta melihat beberapa contohnya, sekarang kamu juga perlu mengetahui tips dalam membuat CV yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:

1. Gunakan format ATS

Applicant Tracking System (ATS) ini akan lebih memudahkan para recruiter dalam melakukan screening lamaran yang masuk. Jika kamu menggunakan format ini, maka akan lebih besar kemungkinan CV kamu masuk ke daftar terpilih. Apalagi jika kamu melamar ke perusahaan-perusahaan besar, sebab mereka kebanyakan menggunakan sistem ini untuk mendapatkan kandidat. 

Untuk membuat CV yang ATS friendly, kamu harus memasukkan keyword yang tepat dan relevan. Dengan begitu, recruiter akan lebih mudah dan cepat menemukan CV kamu karena keyword yang kamu masukkan sesuai dengan kualifikasi perusahaan. 

Misalnya, perusahaan mencari operator produksi yang ahli dalam quality control, nah jika kamu memasukkan kata “quality control” dalam CV, maka peluang CV kamu akan tersortir dan masuk daftar terpilih untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya menjadi lebih besar. 

Jika kamu bingung bagaimana cara membuatnya, ikuti saja contoh-contoh CV di atas. Beberapa contoh CV tersebut sudah berformat ATS, jadi kamu tinggal mengubah isinya sesuai dengan keadaanmu.

2. Lampirkan cover letter

Ketika kamu melamar pekerjaan sebagai operator produksi, jangan lupa untuk melampirkan cover letter juga. Sebab, cover letter ini bisa menjadi alat pancing untuk mendapatkan perhatian recruiter. Mereka akan melihat kamu sebagai seseorang yang memang serius untuk mengisi posisi operator produksi dan ingin diterima di perusahaan. 

Maka dari itu, buatlah cover letter yang jelas, menarik, dan singkat. Jangan terlalu panjang, Cukup ½ – 1 halaman saja dan tulis bahwa kamu memang kandidat yang cocok bagi perusahaan. Sebutkan pengalaman, pencapaian, hingga kemampuan kerja kamu kepada mereka lebih detail daripada yang ada di CV. 

Berikut ini adalah contoh cover letter untuk posisi operator produksi:

Yth. (Nama recruiter)

Manajer HRD (Nama Perusahaan)

Perkenalkan nama saya (Nama Lengkap). Tujuan saya menulis cover letter ini adalah untuk melamar posisi Operator Produksi di (Nama Perusahaan). Saya menemukan lowongan pekerjaan ini dari portal job MyRobin.id dan tertarik untuk bisa bergabung secepatnya dengan perusahaan Anda.

Setelah membaca deskripsi dan kualifikasi pekerjaan Operator Produksi, saya merasa pengalaman dan keterampilan yang saya miliki sesuai dengan yang Anda inginkan. Saya mempunyai pengalaman sebagai Staff Operator Produksi selama 2 tahun. Selain itu, saya juga pernah mengikuti berbagai pelatihan untuk meningkatkan skill instrumentasi (Pneumatic, PLC, DCS) dan mechanical troubleshooting selama 3 bulan.

Pada job portal, Anda mencantumkan bahwa Anda mencari seorang Operator Produksi yang mengerti tentang pengoperasian instrumentasi untuk pengolahan minyak bumi. Pada pekerjaan sebelumnya saya pernah mengerjakan tugas ini. Saya bertanggung jawab untuk mengontrol dan menjaga kestabilan proses pengolahan menggunakan control valve dan berhasil meningkatkan produktivitas hingga 30%. Dengan kemampuan instrumentasi dan analisis yang kuat, saya mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. 

Dengan pengalaman selama 2 tahun dan minat saya yang tinggi pada posisi Operator Produksi ini, saya yakin bahwa saya adalah kandidat yang tepat untuk perusahaan Anda. Saya juga melampirkan CV dan portofolio untuk membantu Anda mengetahui keterampilan saya lebih rinci. 

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Besar harapan saya untuk mendapatkan kabar dari Anda selanjutnya. 

Hormat saya,

(Tanda tangan)

(Nama lengkap)
Nah, itulah beberapa contoh CV yang bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan sebagai operator produksi. Untuk lowongan pekerjaan terkait operator produksi kamu tidak perlu khawatir, sekarang ada MyRobin.id yang menyediakan banyak loker buat kamu! Tunggu apalagi, yuk kunjungi langsung laman app.myrobin.id/loker sekarang dan temukan pekerjaan impianmu!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!