Frontliner adalah Garda Terdepan Perusahaan, Apa saja Tugasnya? 

Seorang Frontliner Menyapa Pelanggan

Frontliner adalah profesi yang berperan penting bagi keberhasilan bisnis maupun perusahaan dalam mempertahankan pelanggan atau menarik customer baru. 

Seorang frontliner bekerja di bidang customer service dan sering merepresentasikan citra perusahaan ke publik. 

Baik dan buruknya pelayanan frontliner bisa mempengaruhi pandangan pelanggan terhadap sebuah perusahaan. 

Nah, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian, tugas, jenis hingga skillset wajib dimiliki seorang garda terdepan, agar pelanggan puas dengan pelayanan yang diberikan.

Apa itu frontliner? 

Pernahkah Anda mengunjungi bank, kantor pelayanan publik atau toko kecantikan, lalu ada pegawai yang tersenyum dan menyambut dengan ramah? 

Mereka itu bisa dikatakan sebagai frontliner karena merupakan orang pertama yang berinteraksi langsung dengan pelanggan. 

Dilansir dari Indeed, frontliner adalah bagian dari customer service yang lebih sering berinteraksi langsung dengan customer

Posisi ini ada di berbagai sektor usaha meliputi perbankan, rumah sakit, institusi pendidikan, hotel, retail hingga penjualan. 

Tugas utama dari staf frontliner adalah menciptakan lingkungan yang nyaman bagi customer, memberikan pelayanan serta solusi atas kendala yang dialami.

Pekerjaan sebagai frontliner cocok bagi Anda yang suka memecahkan masalah, menyukai interaksi dengan orang lain dan punya empati yang tinggi. 

Ini karena dalam menjalankan tugasnya, garis terdepan tidak terlepas dari deretan kemampuan tersebut. 

Frontliner yang baik dan andal turut berkontribusi meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan bahkan juga bisa menarik customer baru. 

Jenis frontliner di bidang customer service

Lowongan pekerjaan sebagai frontliner kerap ditemui di berbagai perusahaan dan jadi incaran lulusan baru yang ingin segera bekerja. 

Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa garda terdepan ini hanya ada di industri tertentu, seperti kantor atau bank. 

Padahal hampir di semua perusahaan terdapat staff frontliner. Tanggung jawab mereka diantaranya berkomunikasi dan membantu menyelesaikan masalah pelanggan berkaitan dengan produk atau jasa yang dibeli. 

Pada perusahaan besar, biasanya bagian ini dipecah menjadi 2 untuk memudahkan pekerjaan dan lebih efektif. Berikut penjelasan lengkap jenis garda terdepan. 

1. Teller

Posisi pertama paling sering Anda jumpai di sektor perbankan. Teller juga dikatakan sebagai frontliner karena erat kaitannya dengan pelayanan pelanggan. 

Tugas teller umumnya membantu pelanggan dalam transaksi keuangan, seperti menarik dan mengirim uang, memberikan bukti transaksi, dan mengelola invoice

Seorang teller dituntut untuk teliti terhadap pekerjaannya dan harus bisa mengoperasikan alat keuangan dengan baik, demi meminimalisir kesalahan hitung dan input. 

2. Customer support 

Selanjutnya adalah customer support, salah satu frontliner yang bertugas menerima keluhan, kritik, dan pertanyaan seputar produk atau jasa yang diajukan customer

Mereka hadir untuk menemukan solusi yang tepat atas kendala yang dialami oleh pelanggan. Di samping itu berperan memberikan informasi dan penerima tamu di perusahaan. 

Jadi frontliner adalah profesi yang berkaitan erat dengan pelayanan pelanggan dan tugasnya adalah memenuhi kebutuhan customer atau klien. 

Tugas frontliner di berbagai industri

Tanggung jawab setiap garda terdepan berbeda-beda, sesuai di mana mereka bekerja. Namun, melansir dari Indeed, tugas frontliner secara umum yaitu 

  • berinteraksi dengan pelanggan,
  • memastikan customer merasa puas dengan produk dan pelayanan yang diberikan,
  • memberikan pelayanan prima pada pelanggan,
  • mendengarkan keluhan dan membantu mencari solusi terbaik,
  • menyambut customer dengan ramah,
  • menyelesaikan kendala yang dialami berkaitan produk dan jasa,
  • menjawab pertanyaan yang diajukan,
  • menghubungkan pelanggan dengan pihak lain dalam rangka penyelesaian masalah,
  • menjalin komunikasi secara daring dan luring, serta
  • menjelaskan produk dan jasa yang dimiliki perusahaan. 

Adapun jobdesk garda depan di tiap sektor tergantung dengan kebutuhan industri itu sendiri. Simak penjelasan di bawah ini untuk tahu lebih jelasnya.  

1. Frontliner penjualan

Tugas utama frontliner penjualan adalah melayani pelanggan dengan ramah dan menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan. Tujuannya adalah untuk menarik dan membujuk pelanggan agar melakukan transaksi. 

Seorang frontliner penjualan bertanggung jawab mengedukasi customer mengenai kegunaan atau manfaat sebuah produk. Berdasarkan Indeed, profesi yang termasuk garda terdepan adalah kasir. 

Selain menyambut pelanggan dengan ramah, mereka juga terlibat dalam menangani transaksi serta memberikan solusi pada customer sesuai dengan kebutuhannya. 

2. Front desk agent

Frontliner hotel adalah pegawai yang bertugas membantu customer masuk dan keluar kamar, membuat reservasi, menangani keluhan dari tamu, dan menawarkan rekomendasi kamar atau tempat untuk memberikan pengalaman terbaik saat menginap. 

3. Frontliner bank

Tugas frontliner bank dibedakan sesuai jenisnya yaitu customer support dan teller. Secara umum mereka bertugas menangani kebutuhan pelanggan.

Sebagai contoh tugas teller frontliner bank Mandiri adalah membantu nasabah melakukan transaksi dan menawarkan produk perbankan pada customer

Sementara tugas customer support sebagai frontliner BCA adalah melayani nasabah berkaitan dengan proses administrasi, memberikan penawaran produk perbankan, dan menjawab keluhan atau masalah yang dihadapi nasabah.

Keahlian yang dibutuhkan frontliner 

Sebelum bergegas mengirim surat lamaran, ketahui dulu keahlian apa yang harus dimiliki frontliner andal untuk menunjang pekerjaan nantinya. 

1. Kemampuan komunikasi yang baik

Selama menjalankan tugas, frontliner akan dihadapkan dengan banyak pelanggan dan berbagai keluhan. Skill utama wajib dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Seorang frontliner dengan skill komunikasi lisan maupun tertulis yang baik, diharapkan dapat membantu memberikan solusi yang jelas pada customer

Selain itu, gesture tubuh dan mimik wajah juga patut diperhatikan, agar memberikan kenyamanan dan kesan ramah bagi customer

2. Problem solving

Bekerja sebagai customer support artinya Anda akan dihadapkan dengan keluhan dan masalah pelanggan. Tugas Anda adalah memberikan solusi terbaik yang sesuai dengan kendala yang sedang dialami. 

Selain problem solving, frontliner harus memiliki kemampuan manajemen emosi yang baik. Ini karena Anda akan menjumpai berbagai karakter dan sifat pelanggan mulai dari yang lemah lembut hingga mudah emosi.

3. Empati 

Empati membuat seseorang lebih terhubung dengan orang lain. Keahlian berikutnya dapat membantu frontliner memahami dan memberikan solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. 

4. Manajemen waktu yang baik

Ketika mengalami kendala terkait produk atau jasa, pelanggan ingin dibantu secepat mungkin. Oleh karena itu, kemampuan manajemen yang baik sangat dibutuhkan frontliner

Apabila frontliner kurang cakap dalam mengelola waktu, pelanggan bisa tidak puas dan bisa membagikan pengalaman buruk ini pada orang lain. Akibatnya, citra bisnis dan perusahaan jadi kurang baik di mata masyarakat. 

Berapa gaji frontliner? 

Posisi frontliner ditujukan bagi lulusan baru dengan pengalaman minim. Biasanya untuk naik jabatan dibutuhkan waktu 2-5 tahun dengan salary bervariasi. 

Gaji frontliner full time ditaksir sekitar Rp3.700.000 per bulan, sedangkan untuk frontliner magang adalah Rp1,7 juta-Rp2,5 jutaan. Ini tergantung kebijakan perusahaan tempat Anda melamar. 

Lowongan kerja sebagai garda terdepan khususnya di perbankan cukup banyak, Anda bisa terapkan tips di bawah ini untuk menemukan peran yang sesuai dengan keahlian. 

Tips menemukan pekerjaan sebagai frontliner

Sebagai lulusan baru dengan pengalaman minim, frontliner menjadi pekerjaan yang diincar karena memang ditujukan untuk entry level. Selain itu, prospek karier jangka panjangnya lebih jelas. 

1. Pilih di mana Anda ingin bekerja

Tahap pertama adalah tentukan di mana Anda ingin bekerja sebagai frontliner. Apakah di industri kesehatan, pemerintahan, perbankan, atau di pemasaran. 

Peran garda depan sangat luas, sehingga Anda harus memikirkan di sektor apa ingin berkarier. Selain gaji, pertimbangkan benefit yang bisa diberikan oleh perusahaan. 

2. Kunjungi website perusahaan

Cara termudah apabila Anda sedang mencari lowongan frontliner magang BRI adalah membuka situs perusahaan. Melalui website resmi tersedia informasi detail mengenai 

job desk, jenis pekerjaan, salary, hingga persyaratan yang diminta. 

3. Cari melalui platform kerja

Jika perusahaan yang dilamar tidak memiliki situs resmi, alternatif berikutnya menggunakan platform atau situs pihak ketiga. 

Anda bisa akses lowongan pekerjaan dari berbagai industri dan kirim lamaran ke perusahaan terpercaya melalui app.myrobin. 

4. Pahami jobdesk dan persyaratan

Setelah menemukan lowongan pekerjaan, pahami tanggung jawab yang diberikan serta kualifikasi apa saja yang harus Anda dipenuhi. Kemudian, mulai perbaiki CV dan kirim lamaran. 

5. Mulai mengirim lamaran

Langkah terakhir adalah mengirim lamaran via E-mail atau ke kantornya langsung. Kirim berkas di jam kerja dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Meliputi surat lamaran, cover letter, CV, dan transkrip nilai.

Contoh frontliner di berbagai sektor industri

Staff garda terdepan bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, termasuk rumah sakit, bank, pendidikan, ritel hingga pemerintahan. Berikut contoh industri dan peran frontliner wajib Anda tahu. 

1. Health and social care (Kesehatan)

Peran yang termasuk sebagai garda terdepan di industri kesehatan adalah dokter, perawat, paramedis, apoteker, pekerja sosial dan rumah sakit. Mereka bertugas menangani dan menjawab kebutuhan klien dari segi medis. 

2. Foods and goods (Layanan Makanan & Minuman)

Frontliner di industri food and goods di dalamnya termasuk distributor, supplier, sales, staf, juru masak, waitres, dan pegawai. 

Mereka bertanggung jawab melayani customer dari segi pemenuhan kebutuhan akan barang dan makanan. 

Sales frontliner adalah contoh garda terdepan di bidang ritel dan pemasaran yang fokus menjawab kebutuhan pelanggan terhadap barang yang diproduksi perusahaan.

3. Utilities and communication service (Layanan Pelanggan)

Selanjutnya adalah utilitas dan layanan komunikasi contoh pekerja layanan pos, kurir, telecommunication, dan karyawan industri minyak, gas, listrik, serta pembuangan limbah. 

4. Financial service (Layanan Keuangan)

Frontliner bank adalah contoh financial service yang melayani kegiatan transaksi. Misalnya teller di perbankan untuk membantu pembukaan rekening atau berkaitan dengan uang. 

5. Local and national government (Instansi Pemerintah)

Contoh garda terdepan di sektor pemerintahan meliputi karyawan yang menangani pembayaran dan pekerja di kantor pelayanan publik. 

6. Education and childfree (Pendidikan)

Pernahkah terlintas di benak Anda bahwa guru, staf tata usaha, pengajar, dan spesialis penitipan anak termasuk posisi frontliner

Melansir dari Growth Engineering,deretan profesi di atas juga bisa dikatakan sebagai garda depan karena turut berkaitan dengan pelayanan klien atau pelanggan. 

7. Public safety (Keamanan)

Terakhir dari industri keamanan publik dan paling dekat dengan kita adalah security. Petugas keamanan juga disebut sebagai garda depan dalam memberikan pelayanan pada pelanggan. 

Salah satu contoh saat pertama kali masuk ke BCA Anda akan disambut dan dibantu oleh security sebelum menemui teller.

Frontliner adalah profesi yang nggak bisa dianggap sepele. Tugas dan fungsinya yang krusial bagi bisnis untuk mendapatkan citra positif di mata pelanggan. 

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!