New Logo MyRobin
Search
Close this search box.

Anda Gugup Saat Wawancara? Atasi dengan Cara Ini

gugup saat wawancara

Wawancara kerja sering kali menjadi momen yang menegangkan, di mana calon karyawan harus menampilkan kemampuan, pengalaman, dan kepribadian mereka secara optimal. 

Namun, tidak jarang rasa gugup turut menjadi sahabat tak diundang yang mewarnai pengalaman tersebut. Bagi banyak orang, gugup bisa menjadi penghambat potensi terbaik mereka. 

Oleh karena itu, penting untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengatasi rasa gugup tersebut. Simak bagaimana mengatasi rasa gugup sebelum wawancara di sini!

Mengapa Rasa Gugup Bisa Datang Saat Wawancara Kerja?

Rasa gugup saat wawancara kerja bisa timbul karena berbagai alasan. Beberapa faktor umum yang dapat menyebabkan gugup meliputi:

Tekanan dan Harapan Tinggi

Wawancara kerja sering kali dianggap sebagai momen krusial dalam proses penerimaan kerja. Harapan diri sendiri atau harapan orang lain dapat menciptakan tekanan tambahan.

Ketidakpastian

Tidak tahu persis apa yang akan ditanyakan atau bagaimana situasi wawancara berlangsung dapat menciptakan rasa ketidakpastian dan kecemasan.

Minat Tinggi pada Pekerjaan

Jika Anda sangat menginginkan pekerjaan tersebut, tingkat stres dan gugup bisa meningkat karena keinginan untuk memberikan kesan baik yang berlebihan.

Perasaan Tidak Percaya Diri

Rasa kurang percaya diri atau meragukan kemampuan sendiri dapat memicu gugup saat wawancara.

Reaksi Fisiologis Alami

Respons tubuh terhadap stres, seperti peningkatan denyut jantung, keringat dingin, atau gemetaran, dapat meningkatkan rasa gugup.

Pengalaman Sebelumnya

Pengalaman negatif dalam wawancara sebelumnya atau pengalaman buruk dalam situasi serupa dapat meningkatkan tingkat kecemasan.

Baca Juga: Perkenalan Diri saat Interview: Ini Persiapan, Contoh, dan Tips biar Nggak Gugup!

Cara Mengatasi Rasa Gugup saat Wawancara Kerja

1. Persiapkan Diri dengan Matang

Melakukan persiapan yang matang dapat mengurangi tingkat kecemasan. Dapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai perusahaan dan jabatan yang Anda lamar. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum wawancara dan kenali diri Anda dengan baik, termasuk kelebihan dan kelemahan Anda.

2. Latihan Wawancara

Lakukan latihan wawancara dengan teman atau anggota keluarga. Praktikkan jawaban Anda dan perhatikan ekspresi wajah serta postur tubuh Anda. Rekam sesi latihan untuk melakukan evaluasi diri.

3. Pahami Pertanyaan Wawancara Umum

Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti kelebihan dan kelemahan Anda, alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut, dan bagaimana Anda dapat memberikan kontribusi.

4. Mengelola Rasa Gugup dengan Teknik Pernafasan

Gunakan teknik pernapasan dalam untuk meredakan stres. Ketika merasa gugup, hirup udara perlahan dan hembuskan secara perlahan. Fokus pada pernapasan dapat membantu menenangkan sistem saraf.

5. Visualisasi Positif

Bayangkan diri Anda sukses dalam wawancara. Visualisasikan suasana yang positif dan bayangkan respon positif dari pewawancara. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri.

6. Pilihan Pakaian dan Penampilan yang Tepat

Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan. Pastikan penampilan Anda rapi dan profesional. Dengan memilih pakaian yang sesuai, maka akan membuat Anda lebih merasa percaya diri saat wawancara kerja.

7. Bertanya Pertanyaan

Persiapkan pertanyaan untuk pewawancara. Hal ini tidak hanya menunjukkan minat Anda terhadap perusahaan, tetapi juga dapat mengalihkan fokus dari rasa gugup Anda.

8. Berlatih dengan Pertanyaan yang Menantang

Latihan dengan pertanyaan sulit atau membuat Anda tidak nyaman. Hal ini membantu Anda menjadi lebih siap menghadapi berbagai situasi yang mungkin muncul selama wawancara.

9. Berbicara dengan Jelas dan Tenang

Berbicara dengan tempo yang moderat, jelas, dan tenang dapat memberikan kesan positif pada pewawancara. Hindari berbicara terlalu cepat atau terlalu lambat.

10. Fokus pada Pesan Utama

Fokus pada pesan utama yang ingin Anda sampaikan tentang diri Anda selama wawancara. Jangan terlalu terpengaruh oleh perasaan gugup sehingga mengaburkan pesan inti Anda.

11. Datang Lebih Awal

Datang lebih awal sebelum wawancara kerja merupakan taktik sederhana namun efektif untuk mengatasi rasa gugup. Kehadiran lebih awal memberikan kesempatan untuk Anda mengevaluasi suasana dan menyiapkan diri.

Selain itu, dengan datang lebih awal, Anda akan menunjukkan keseriusan kerja dan menciptakan kondisi yang lebih tenang dan postif sebelum memulai interaksi formal dengan pewawancara.

Itulah tips yang bisa Anda lakukan sebelum melakukan wawancara kerja agar tidak gugup. Yuk cari berbagai lowongan pekerjaan yang bisa Anda temukan di app MyRobin dan jangan lewatkan kesempatan karir untuk Anda!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID