Cara Menjawab Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview yang Baik dan Tepat

Kelebihan dan Kekurangan Saat Interview

Bagi Anda yang sudah pernah melakukan wawancara, pasti sudah tak asing dengan pertanyaan “Apa Kelebihan dan Kekurangan Anda”. Walaupun pertanyaan kelebihan dan kekurangan saat interview terbilang sederhana, namun banyak orang yang masih bingung terkait cara menjawabnya.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi karena disini akan dijelaskan terkait contoh kelebihan dan kekurangan diri yang mengutip dari brainly beserta cara menjawabnya.

10 Kelebihan Diri Sendiri

Saat menjawab kelebihan diri sendiri, pastikan relevan dengan pekerjaan yang akan dilamar maupun dapat dipakai dalam dunia kerja secara luas. Berikut ini merupakan kelebihan diri sendiri yang bisa Anda gunakan saat wawancara kerja.

  1. Memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaan
  2. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  3. Memiliki karakteristik orang yang menyenangkan atau membawa energi positif
  4. Memiliki kemampuan interpersonal
  5. Selalu ingin mempelajari semua hal baru
  6. Mempunyai passion pada bidang pekerjaan yang Anda lamar
  7. Mampu diajak bekerjasama atau bekerja secara tim
  8. Sosok yang fleksibel, sehingga dapat ditempatkan pada posisi pekerjaan manapun
  9. Mempunyai kepercayaan diri yang baik
  10. Kreatif

10 Kelemahan Diri dalam Pekerjaan

Perlu diketahui bahwa mengakui bahwa Anda memiliki kelemahan nyatanya tidak mudah. Namun, Anda tetap harus menjawab hal ini dengan jujur saat melakukan wawancara kerja. Apabila Anda ingin perusahaan idaman mempertimbangkan lamaran Anda, maka berikanlah solusi untuk mengurangi kekurangan yang Anda miliki tersebut.

Di bawah ini merupakan beberapa kelemahan diri yang dapat Anda bahas saat wawancara kerja.

  1. Tidak terlalu menguasai bahasa asing
  2. Pengalaman masih minim atau fresh graduate
  3. Kurang percaya diri
  4. Memiliki kepribadian yang kurang terorganisir, namun Anda dapat menyebutkan bahwa baru-baru sekarang sedang berusaha untuk bisa lebih terorganisir dalam pekerjaan.
  5. Sulit mendelegasikan pekerjaan, namun Anda terus memberikan kepercayaan yang lebih tinggi kepada orang-orang.
  6. Tidak sabaran
  7. Selalu mudah kecewa terhadap diri sendiri
  8. Tidak memiliki kemampuan pada bidang yang dipilih, namun jelaskan pengalaman atau alasan Anda tertarik untuk melamar pekerjaan pada bidang tersebut.
  9. Keras kepala
  10. Sulit mengambil keputusan.

Tips Menjawab Kelemahan Diri yang Positif

Saat HRD bertanya terkait “Bagaimana cara Anda mengatasi kelemahan diri?”, maka jawablah dengan tenang dan tetap berpikiran positif.

Sebenarnya alasan recruiter bertanya terkait hal ini adalah untuk mengetahui cara Anda menyelesaikan suatu masalah. Tak hanya itu, recruiter juga ingin mencari tahu tentang potensi yang Anda miliki untuk menjadi pribadi lebih baik, melalui kesadaran diri sendiri.

Pasalnya, perusahaan lebih menyukai kandidat yang dapat berusaha untuk menjadi sosok yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga, kandidat bisa mendapatkan kepercayaan untuk membawa perubahan positif terhadap perusahaan.

Tips untuk menjawab kelemahan diri secara positif adalah Anda bisa membuat daftar kelemahan diri yang relatif minor dan dapat diperbaiki sebelum wawancara.

Misalnya, ketika Anda mendapatkan pertanyaan terkait kelemahan apa yang Anda miliki, kemudian menjawab “Saya selalu gugup di depan umum”, maka jawaban ini masih bisa diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan terus belajar serta berlatih, yaitu mengikuti kelas public speaking.

Cara Menjawab Kekurangan dan Kelebihan Saat Interview

Seperti yang diketahui sebelumnya bahwa pertanyaan terkait kekurangan dan kelebihan diri merupakan suatu pertanyaan simpel. Namun, jika Anda salah menjawabnya, kemungkinan besar perusahaan akan menolak lamaran kerja Anda.

Oleh sebab itu, berikut ini ada beberapa cara menjawab kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda praktekkan saat interview, yaitu:

  1. Jawablah setiap pertanyaan dengan jujur dan tidak berlebihan.
  2. Tunjukkan bahwa Anda memiliki keinginan yang kuat dan tetap berpikiran secara positif.
  3. Sebelum melakukan interview, pastikan Anda berlatih memberikan jawaban di rumah terlebih dahulu.
  4. Pastikan untuk selalu menguatkan terkait kelebihan diri sendiri dengan cerita serta bukti yang mendukung.

Jawaban dari Pertanyaan “Sebutkan 3 Kelebihan dan Kekurangan yang Anda Miliki”

Jika recruiter atau HRD memberikan pertanyaan “Sebutkan 3 kelebihan dan kekurangan Anda”, maka Anda bisa menjawab seperti berikut.

3 Contoh Jawaban Kelebihan Diri Sendiri

Berikut ini merupakan jawaban kelebihan yang bisa Anda lakukan saat proses interview, yaitu:

  1. Saya merupakan orang yang teliti dan ulet. Saat mengerjakan suatu proyek, saya selalu melacak kembali perkembangannya secara detail. Sebab, saya memiliki pemahaman yang komprehensif terkait komponen-komponen tersebut. Selain itu, Saya dapat membuat prioritas secara tepat, sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu.
  2. Saya dapat bekerja dengan baik, bahkan saat berada di bawah tekanan serta deadline ketat. Sampai saat ini, kelebihan yang saya miliki dapat memenuhi target penjualan hanya dalam waktu singkat. Dari pengalaman pekerjaan terakhir saya, perusahaan meningkatkan target penjualan menjadi 3x lipat dengan waktu 6 bulan. Saya berhasil mencapai target penjualan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
  3. Saya berpengalaman sebagai Digital Marketing Manager, sehingga kelebihan yang saya miliki adalah kemampuan analisis. Selama lebih dari 3 tahun bekerja, kemampuan analisis yang saya miliki pun semakin terasah. Saya dapat membaca data, menganalisis serta menentukan strategi digital marketing yang tepat untuk ke depannya.

3 Contoh Jawaban Kekurangan Diri Sendiri

Untuk menjawab pertanyaan terkait kekurangan diri yang baik dan tepat, maka bisa simak contoh berikut.

  1. Saya suka menunda-nunda pekerjaan karena saya berpikir bahwa itu bukanlah hal buruk. Namun, ketika saya bekerja untuk perusahaan XYZ beberapa tahun lalu, saya berada dalam kelompok dimana menunda-nunda pekerjaan dapat membuat tekanan untuk semua orang. Sehingga, saya belajar untuk intropeksi diri dan mulai bertanggung jawab terhadap tim serta menghilangkan kebiasaan menunda-nunda secara perlahan.
  2. Saya merupakan sosok yang tidak terlalu percaya kepada orang lain. Saat pertama kali bekerja, kelemahan ini membuat saya lebih banyak mengambil pekerjaan yang dilakukan secara individu. Akhirnya, saya merasa kewalahan dan menyadari bahwa kelemahan ini mesti diubah. Sehingga, sekarang saya mulai mencoba untuk bekerja secara tim dan mempercayai rekan kerja saya.
  3. Saya menjadi orang yang memiliki sikap terlalu jujur. Sebenarnya, hal ini merupakan sikap yang baik, namun disisi lain, saya selalu memberikan pendapat terlalu jujur. Saya menjadi orang yang selalu berbicara, tanpa memperdulikan perasaan lawan bicara. Kini, saya sudah mulai berusaha untuk mengubah sifat ini dan berbicara dengan baik saat mengemukakan kritikan.

Meningkatkan Percaya Diri Saat Interview

Saat menghadapi wawancara kerja, banyak orang merasa gugup dan kurang percaya diri. Namun, ada beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda saat wawancara kerja seperti:

Persiapkan Diri Anda dengan Baik

Langkah pertama untuk mengatasi gugup saat wawancara adalah mencari tahu tentang perusahaan tempat Anda melamar. Pelajari semuanya mulai dari informasi umum perusahaan sampai dengan posisi yang Anda inginkan. Lakukan riset tentang pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diajukan dalam wawancara dan buatlah jawaban yang baik dan menarik. Cobalah untuk mengidentifikasi produk, budaya, tujuan atau misi jangka panjang perusahaan, serta kompetitor atau brand yang bekerja sama dengan perusahaan. Tujuannya agar saat pewawancara bertanya tentang perusahaan tersebut, Anda sudah memiliki sedikit gambaran tentang perusahaan. Jadi jangan hanya mencari tahu tentang perusahaan, namun siapkan juga jawaban yang berhubungan dengan kepribadian Anda. Pastikan Anda telah menyiapkan jawaban yang relevan dan dapat menarik perhatian recruiter. 

Buat Catatan Pertanyaan yang Mungkin Ditanyakan

Mengantisipasi pertanyaan apa saja yang mungkin muncul dan ditanyakan. Anda dapat mencari dan mempersiapkan jawaban atas pertanyaan wawancara umum. Usahakan juga untuk mencari pertanyaan yang menjebak agar nantinya Anda bisa memberikan jawaban yang baik untuk pertanyaan tersebut. Jika hal ini sudah Anda lakukan, Anda pasti akan lebih siap saat wawancara dan mampu memberikan kesan yang baik kepada pewawancara. 

Latihanlah Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Wawancara.

Latihanlah menjawab pertanyaan-pertanyaan wawancara dengan cara berbicara di depan cermin dan anggaplah bayangan Anda adalah si pewawancara. Tatap matanya ketika Anda berbicara untuk memberi kesan bahwa Anda serius dengan pekerjaan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa meminta teman atau keluarga untuk berperan sebagai pihak yang melakukan wawancara dan latihanlah dengan jawaban yang telah dipersiapkan sebelumnya. Ini akan membuat Anda lebih siap saat wawancara dan terlatih untuk terlihat lebih natural. 

Berpakaianlah dengan Rapi dan Sesuai dengan Budaya Perusahaan

Gunakan pakaian yang sesuai yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Anda dapat mengetahui pakaian apa yang biasa dikenakan oleh karyawan perusahaan sehingga Anda tahu apa pakaian yang cocok dikenakan. 

Berdoa

Untuk mengatasi kegelisahan saat wawancara adalah dengan berdoa. Mintalah Tuhan untuk memberi Anda kekuatan dan ketenangan agar tidak gugup selama interview. Saat Anda berdoa, Anda bisa jauh lebih tenang. Dengan berdoa, juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan membuat Anda percaya bahwa akan diberikan kelancaran dan kemudahan saat wawancara berlangsung. 

Fokus Pada Apa yang Ingin Anda Sampaikan

Cobalah untuk tetap fokus pada pesan Anda saat menjawab pertanyaan. Jangan terlalu khawatir dengan tanggapan pihak wawancara, tapi lebih fokus pada pesan Anda.

Datang Lebih Awal dan Usahakan Tidak Terlambat

Sebaiknya Anda hadir 15-30 menit lebih awal saat ada jadwal wawancara agar Anda tidak terburu-buru. Perusahaan akan lebih menghargai jika Anda tidak terlambat, dan Anda akan mendapatkan poin tambahan bahkan sebelum Anda memulai wawancara.

Jangan lupa untuk Berterima Kasih pada Akhir Wawancara

Ingatlah untuk memberikan ucapan terima kasih pada akhir wawancara dan tunjukkan rasa apresiasi Anda atas kesempatan yang telah diberikan.

Kenapa HRD Menanyakan Kelebihan dan Kekurangan Diri dalam Organisasi?

Setelah mengetahui jawaban terkait kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda bicarakan saat interview, pasti Anda merasa bingung kenapa pihak HRD menanyakan hal tersebut. Sebenarnya, pertanyaan ini akan membuat pihak HRD mampu mengukur kualitas yang dimiliki oleh para kandidat.

Saat mengetahui kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh para kandidat, maka perusahaan dapat memberikan implementasi terkait cara terbaik untuk berkomunikasi. Sekaligus melakukan kerjasama dengan Anda, apabila Anda berhasil diterima bekerja.

Singkatnya, perusahaan ingin mengetahui apakah kelebihan Anda sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan atau tidak. Selain itu, apakah kekurangan diri Anda dapat ditoleransi oleh perusahaan atau tidak.

Itulah beberapa contoh serta cara menjawab kelebihan dan kekurangan saat interview yang bisa Anda ketahui. Sebelum sesi wawancara tiba, Anda masih bisa memperbaiki diri sendiri dan berlatih secara maksimal. Sehingga, Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan percaya diri serta penuh semangat.

Temukan informasi seputar karir, pekerjaan, informasi-informasi menarik lainnya di Blog MyRobin. Jika Anda ingin melamar pekerjaan, kunjungi App MyRobin, terdapat berbagai lowongan kerja terbaru, temukan pekerjaan impian Anda sekarang juga!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!