Kerja Part Time: Pengertian, Kelebihan, dan Bedanya dengan Full Time

Tertarik untuk bekerja part time? pahami dulu pengertian kelebihan seta bedanya dengan kerja full time. Kerja part time lebih fleksibel…
Kerja Part Time
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Pekerjaan paruh waktu atau kerja part time adalah pekerjaan yang biasanya mengharuskan seseorang untuk bekerja lebih sedikit jam per minggu kerjanya daripada pekerjaan penuh waktu. Namun, tidak ada jumlah jam per minggu yang secara hukum dianggap sebagai pekerjaan penuh waktu atau paruh waktu, jadi terserah kepada perusahaan atau employer untuk memutuskan posisi mana yang diklasifikasikan dengan cara apa pun.

 Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk melamar atau menerima pekerjaan paruh waktu, ada baiknya Anda memikirkan aspek-aspek positif serta manfaatnya untuk pribadi anda sendiri.

Pengertian: Apa itu Kerja Part Time?

Kerja part time merupakan jenis pekerjaan dimana pekerja biasanya memerlukan jam kerja yang lebih sedikit dibandingkan dengan pegawai tetap atau full time. Pekerjaan part time biasanya diambil untuk tujuan menambah pengalaman, pendapatan tambahan, atau hanya sekedar mengisi waktu.

Sistem pemberian gaji untuk pekerja part time biasanya menggunakan hitungan jam. Tak jarang pekerja part time memiliki pilihan untuk bekerja menggantikan rekan kerja yang cuti agar mendapatkan penghasilan lebih. 

Perusahaan biasanya membuka lowongan kerja part time untuk membantu karyawan full time dalam hal operasional. Seringkali juga perusahaan merekrut pekerja part time saat transaksi mengalami kenaikan yang signifikan pada peristiwa tertentu. Misalnya toko busana muslim merekrut penjaga toko paruh waktu saat bulan ramadhan. Karena biasanya tingkat transaksi di bulan tersebut mengalami kenaikan.

Kerja part time biasanya lebih fleksibel dan tidak terlalu terikat dengan perusahaan. Anda bisa bekerja di beberapa tempat sekaligus bahkan jika memungkinkan. Part time job adalah salah satu pekerjaan yang banyak diminati oleh kalangan mahasiswa. Karena mungkin ada waktu dimana mereka tidak ada jadwal untuk kuliah. Jadi beberapa memutuskan untuk menjadi pekerja part time.

Baca juga :   Tahun Baru 2020, jadwal libur nasional, dan tips merencanakan liburan

Nah, di atas adalah salah satu kelebihan dari kerja part time. Berikut ini beberapa kelebihan yang mungkin bisa anda dapatkan ketika menjadi pekerja paruh waktu.

Kelebihan Bekerja Part Time

Memiliki Waktu lebih untuk keluarga

Bekerja di pekerjaan paruh waktu memungkinkan Anda memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga. Ini akan tergantung pada tempat kerja, karena beberapa mungkin mengakomodasi jadwal yang lebih fleksibel daripada yang lain.

Misalnya, dengan bekerja paruh waktu anda bisa meluangkan waktu untuk mengantar anak ke sekolah. 

Bekerja paruh waktu dapat memungkinkan Anda untuk mengambil cuti pada hari-hari di mana anggota keluarga harus melakukan medical checkup. Atau setidaknya bisa meminta rekan kerja untuk bertukar jadwal bekerja.

Lebih banyak waktu untuk pendidikan

Jika Anda memiliki pekerjaan paruh waktu, Anda mungkin lebih mudah menyelesaikan pendidikan sambil terus bekerja daripada jika Anda bekerja penuh waktu. Fleksibilitas jadwal paruh waktu dapat membantu Anda mengoordinasikan jadwal kerja Anda dengan sesi kelas. Anda mungkin juga memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan menyelesaikan tugas.

Lebih banyak waktu untuk Hobi

Dengan pekerjaan paruh waktu, Anda mungkin memiliki lebih banyak waktu luang selama seminggu untuk membangun keterampilan lain. Misalnya, Anda dapat menghadiri kelas musik, pameran kerajinan, atau pertunjukan teater komunitas. Karena Anda mungkin memiliki beberapa hari libur, Anda mungkin mengejar hobi yang membutuhkan komitmen sepanjang hari dengan lebih banyak fleksibilitas daripada jika Anda memiliki pekerjaan penuh waktu.

Melatih manajemen waktu yang baik

Beberapa orang mungkin menerima pekerjaan paruh waktu di samping kewajiban lain, seperti siswa yang mengambil kelas atau orang tua dan sukarelawan yang bekerja di waktu luang mereka. Orang-orang ini sering ingin menyeimbangkan persyaratan pekerjaan mereka dengan kewajiban luar mereka. 

Oleh karena itu, mereka dapat mengembangkan atau membangun keterampilan manajemen waktu yang ada. Keterampilan ini dapat membantu karyawan menggunakan waktu mereka secara efektif dan menyelesaikan tanggung jawab di tempat kerja.

Mendapatkan Penghasilan

Ya tentu saja, dan mungkin tujuan anda bekerja part time adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda mungkin bertujuan untuk menabung dengan tujuan tertentu sehingga anda bekerja part time.

Karena sifatnya fleksibel, anda juga bisa mengajukan tambahan jam di hari tertentu. Agar mendapatkan lebih banyak jam kerja sehingga mendapatkan lebih banyak pendapatan.

Baca juga :   9 Jurus Sakti Meningkatkan Penjualan untuk Menjadi Sales yang Sukses

Mendapatkan Network (Jaringan)

Ketika anda mendapat pekerjaan part time anda akan bertemu dengan karyawan lainnya, entah itu pekerja part time seperti anda atau pegawai senior yang bekerja full time. Rekan kerja inilah yang akan memberi peluang di masa depan.

Misalnya, ketika anda sudah lulus kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan setidaknya anda bisa bertanya ke rekan kerja anda dulu apakah di tempat kerjanya saat ini membuka lowongan pekerjaan

Mendapatkan Pengalaman Kerja

Beberapa perusahaan mempekerjakan orang dengan sedikit pengalaman untuk posisi part time. Pemberi kerja dapat melakukan ini karena ada risiko yang lebih kecil dalam mempekerjakan seseorang per jam daripada berkomitmen pada kontrak bergaji untuk pekerjaan penuh waktu. 

Posisi paruh waktu juga sering kali mencakup tanggung jawab yang lebih sedikit. Anda bisa mendapatkan pekerjaan paruh waktu untuk mendapatkan pengalaman di bidang pekerjaan Anda dan menggunakan pengalaman itu untuk melamar pekerjaan full time di masa depan.

Memiliki Kesempatan Pengembangan Karir

Sebagai karyawan part time, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda mampu melakukan tugas pekerjaan Anda sambil mengenal supervisor Anda. Menjadi sukses dan bertemu orang-orang di posisi yang lebih tinggi dapat mengarah pada promosi kerja ke posisi full time di kemudian hari. 

Dan juga, misalkan sebuah perusahaan tidak memiliki pekerjaan full time yang tersedia tetapi masih ingin menawarkan posisi kepada Anda. Dalam hal ini, mereka mungkin membuat posisi paruh waktu sementara untuk Anda sembari mereka menunggu pekerjaan full time tersedia.

Kesempatan Mendapatkan Hadiah atau Bonus

Jika anda bekerja sebagai sales part time ataupun hal yang berkaitan dengan penjualan. Perusahaan biasanya akan memberikan bonus atau insentif berdasarkan kinerja anda. 

Hal ini memungkinkan anda berkesempatan untuk meraih bonus yang telah ditetapkan perusahaan. Atau anda mungkin bisa mendapatkan tip dari seorang pelanggan yang merasa puas telah dilayani oleh anda.

Misalnya, seorang karyawan mendapatkan bonus penjualan berupa uang sebesar 1 juta rupiah. Contoh lain, seorang pelayan mendapatkan tip 100 ribu dari pelanggan karena telah menyajikan hidangan dengan baik.

Baca juga :   4 Cara Cerdas Mencari Lowongan Pekerjaan Secara Online

Mendapatkan tunjangan tambahan

Beberapa perusahaan memberikan tunjangan tambahan dengan harapan karyawannya tetap bersemangat dalam bekerja. Atau mungkin suatu perusahaan akan memberikan apresiasi berupa beasiswa kepada karyawan paruh waktu yang masih mahasiswa apabila mereka berprestasi. 

Perbedaan Kerja Part Time dengan Full Time

Jika di atas sudah disebutkan bahwa kerja part time memiliki waktu kerja lebih sedikit dibanding karyawan full time. Berikut ini beberapa perbedaan kerja part time dengan full time.

Jam Kerja & Jadwal Kerja

Di Indonesia rata-rata pekerja full time bekerja selama 8-9 jam per hari. Berbeda dengan pekerja part time yang bekerja mungkin hanya 6 jam tiap harinya dan biasanya dengan sistem shift.

Karyawan tetap atau full time biasanya memiliki jam kerja mingguan yang sudah pasti. Berbeda halnya dengan part time, di beberapa perusahaan pekerja part time bisa mengatur jadwal mereka sesuai kebutuhan mereka.

Gaji

Dengan perbedaan jumlah jam kerja tentu saja akan berdampak pada besaran gaji yang diterima. Karyawan full time tentu akan mendapatkan upah yang lebih besar dibandingkan dengan pekerja part time. 

Selain itu, sistem perhitungannya pun biasanya berbeda. Jika pekerja part time biasanya dihitung berdasarkan jam kerjanya. Sedangkan pekerja full time biasanya sudah ditentukan gaji pokok per bulannya sesuai kesepakatan di awal kerja.

Benefit Tambahan

Seorang karyawan full time biasanya akan mendapat benefit tambahan yang lebih banyak dibandingkan dengan karyawan part time. Selain tunjangan tambahan atau jaminan lainnya banyak faktor yang mempengaruhi benefit ini. Semua kembali ke kebijakan perusahaan masing-masing.

Selain itu, karyawan tetap berkesempatan lebih mendapatkan pelatihan atau seminar khusus untuk mengembangkan skill mereka.

Fungsi

Karyawan full time bekerja untuk menangani pekerjaan inti dari sebuah bisnis. Pekerjaan yang sifatnya krusial dan penting akan dilimpahkan kepada karyawan tetap. Sedangkan karyawan part time sifatnya hanya membantu pekerjaan utama.

Terkadang pekerja part time hanya dibutuhkan saat ada event tertentu, seperti bazar, pameran, dll.

Demikian penjelasan tentang apa itu kerja part time, keuntungannya, serta perbedaanya dengan full time. Jika anda tertarik untuk bekerja part time atau full time anda bisa mengunjungi app.myrobin.id, berbagai macam lowongan pekerjaan tersedia disana.

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin melamar kerja

Saya ingin merekrut pekerja

Saya ingin merekrut pekerja

Bagikan artikel ini:
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Saya ingin melamar kerja
Saya ingin mencari kerja
Saya ingin merekrut pekerja
Saya ingin merekrut pekerja
Logo MyRobin

Selamat Datang di MyRobin.id

Apa yang sedang Anda cari?

job-search (2)

Saya Ingin Melamar Kerja

Buat akun untuk mencari lowongan yang tepat untuk anda