Search
Close this search box.

Market Research: Definisi, Tujuan, dan Tugas Seorang Market Researcher

Market research atau riset pasar

Market research atau riset pasar merupakan kegiatan meneliti pasar untuk mengetahui, apakah konsumen akan tertarik pada produk dan layanan yang perusahaan luncurkan atau tidak. 

Seseorang yang bertanggung jawab melakukan penelitian ini adalah market researcher. Perannya sangat penting dalam membantu bisnis menentukan target pasar dan audience yang tepat. 

Profesi sebagai peneliti pasar banyak jadi incaran perusahaan. Nah, bagi Anda yang ingin berkarier sebagai market researcher wajib ikuti pembahasan di sini seputar tugas dan cara melakukan penelitian pasar. 

Definisi market research

Definisi market research adalah proses untuk mengetahui kelayakan produk dan layanan, lewat penelitian secara langsung dengan pelanggan. 

Tujuan penelitian pasar yakni melihat bagaimana target pelanggan bereaksi terhadap produk yang perusahaan luncurkan. 

Market research juga bisa dikatakan sebagai proses pengumpulan informasi terkait target pasar dan pelanggan untuk memverifikasi keberhasilan produk maupun layanan baru. 

Hasil dari penelitian ini digunakan untuk membuat keputusan yang tepat. Misalkan, target pelanggan merespon dengan baik produk tersebut dan melakukan pembelian.

Maka Anda dapat melanjutkan kegiatan pemasaran. Namun, jika ternyata pelanggan memberikan feedback negatif, perusahaan bisa melakukan penyesuaian produk sesuai kebutuhan target konsumen. 

Tujuan market research 

Setelah mengetahui apa itu market research, mungkin Anda masih bertanya-tanya tujuan riset pasar bagi bisnis jangka panjang. 

Secara garis besar, kegiatan ini bertujuan agar perusahaan memahami apa yang pelanggan butuhkan, sehingga produk yang diciptakan bisa dibeli untuk memenuhi kebutuhan customer sekaligus memenangkan market dari pesaing.  

Menurut Small Business Administration, sangat penting mengenali siapa target pasar dan audiens Anda, sehingga meminimalkan risiko bahkan saat bisnis sedang tumbuh dan laku di pasaran. Temukan tujuan market research lainnya di bawah ini.

1. Mengidentifikasi pasar

Market research memudahkan Anda mengidentifikasi peluang ketika ingin menjangkau pelanggan dan memasuki pasar baru, menentukan platform periklanan yang sesuai, dan menemukan celah di market serta kesempatan untuk bersaing dengan kompetitor. 

2. Menurunkan risiko

Melalui data atau informasi yang telah Anda dapatkan dari riset pasar, Anda akan mengetahui apa yang pelanggan inginkan dan bagaimana cara menjangkau mereka lewat berbagai media pemasaran.

Anda dapat menggunakan sumber daya Anda untuk menjangkau audience secara efektif dan mengidentifikasi pasar mana yang cocok bagi perusahaan memperluas layanan baru. 

3. Membantu perusahaan mengembangkan produk

Perusahaan melakukan analisis pasar untuk mengetahui apakah produk atau layanannya memang pelanggan butuhkan dan minati atau tidak. 

Produk dan layanan yang sesuai dengan preferensi pelanggan saat mereka konsumsi akan memberikan kepuasan. Sementara produk yang tidak memenuhi syarat bisa menjadi bahan evaluasi bagi perusahaan untuk mengembangkan produknya. 

Tipe market research 

Menurut market research journal, penelitian pasar akan memberikan informasi umum tentang kebutuhan customer Anda, memulai start dari kompetitor, menemukan masalah potensial, dan pertumbuhan di masa depan. 

Dalam praktiknya ada 4 tipe market research yaitu riset pasar primer, sekunder, kualitatif, dan kuantitatif. 

1. Riset pasar primer

Proses riset untuk mendapatkan data kualitatif dan kuantitatif. Biasanya ada dua informasi yang bisa Anda kumpulkan yaitu eksplorasi dan spesifik. 

Penelitian eksplorasi contohnya wawancara dan survei untuk mengetahui masalah umum yang ingin Anda eksplor lebih dalam. 

Sementara penelitian spesifik digunakan untuk mengidentifikasi masalah khusus yang sebelumnya sering jadi perhatian. 

2. Riset pasar sekunder

Riset sekunder umumnya mendapatkan informasi dari sumber luar seperti lembaga pemerintah, media, publikasi, dan badan survei lainnya. 

Sumber informasi bisa berupa publik seperti perpustakaan dan lembaga pemerintah. Data yang Anda kumpulkan lewat publik biasanya gratis dan umum dipilih market researcher.

Sementara sumber komersial merupakan informasi yang didapat melalui media, televisi, dan jurnal berbayar, sedangkan institusi pendidikan berasal dari proyek penelitian universitas. 

3. Kualitatif

Penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan informasi berupa non-numerik. Biasanya dilakukan melalui survei, pengisian kuesioner, dan polling. 

Jika dahulu menggunakan kertas, kini Anda dapat memanfaatkan platform survei online untuk menyusun dan merancang pertanyaan untuk mendapat pendapat mereka. 

4. Kuantitatif

Penelitian yang bertujuan untuk mendapat informasi berupa angka-angka. Riset ini bisa Anda lakukan lewat survei untuk memvalidasi data-data yang sudah Anda temukan sebelumnya. 

Tugas market researcher

Jika tadi kita sudah membahas terkait pengertian dan tujuan market research. Selanjutnya siapa yang melakukan riset pasar itu? Tanggung jawab apa saja yang ada di dalamnya?

Market researcher bertugas menganalisis pasar dan melihat potensi bagi perusahaan untuk memasuki pasar tersebut. 

Nantinya Anda bertanggung jawab membantu perusahaan mencari tahu produk apa yang ingin dijual, siapa target audiens mereka, dan bagaimana mempromosikannya. 

Lebih lanjut tugas seorang market researcher yaitu:

  • Menyiapkan budgeting dan brief untuk riset pasar.
  • Menjalankan analisis data kualitatif dan kuantitatif terkait dengan produk maupun pemasaran.
  • Mengawasi jalannya penelitian.
  • Melakukan penelitian etnografi.
  • Membantu perusahaan mengambil keputusan.
  • Memberikan laporan dan menyajikan hasil penelitian.
  • Berkontribusi menyusun rencana pemasaran. 

Tugas peneliti pasar juga tergantung posisi dan tempat bekerja. Seseorang yang bekerja di agensi market research kemungkinan juga bertanggung jawab melakukan pertemuan dengan klien. 

Market research methods

Market research data bisa Anda dapatkan melalui metode kualitatif dan kuantitatif. Berikut deretan metode penelitian pasar yang bisa Anda coba untuk mengumpulkan informasi. 

1. Wawancara

Teknik ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dengan mewawancarai pembeli atau orang potensial. Anda dapat melakukannya secara langsung maupun virtual. 

Anda bisa mengajukan serangkaian pertanyaan untuk mendapatkan informasi dan tanggapan dari responden. Kemudian membangun persona pelanggan. 

Informasi yang mungkin Anda dapatkan meliputi Usia pelanggan, jabatan, hingga kebutuhan mereka, sehingga dapat digunakan untuk membuat strategi pemasaran. 

2. Fokus grup

Fokus grup merupakan penelitian di mana perusahaan mengumpulkan orang-orang dalam skala kecil untuk dimintai tanggapan saat ingin menguji produk, umpan balik dan menjawab pertanyaan spesifik. 

3. Etnografi

Salah satu cara melakukan market research di Indonesia yaitu melalui etnografi. Penelitian di mana mengharuskan perusahaan atau market researcher menyesuaikan diri dengan lingkungan responden. 

Tujuannya untuk mengamati dan mendeskripsikan struktur sosial dan budaya masyarakat. Penelitian menggabungkan wawancara dan observasi secara langsung. 

Jenis riset pasar lainnya yang bisa Anda terapkan yaitu:

  • Survei dan kuesioner.
  • Riset loyalitas dan kepuasan pelanggan.
  • Penelitian dengan observasi.
  • Riset segmentasi pasar dan harga.
  • Analisis kompetitif. 

Cara melakukan market research 

Cara melakukan market research perlu melalui beberapa langkah diantaranya:

1. Tentukan masalah yang ingin Anda identifikasi

Kegiatan meneliti pasar membutuhkan waktu dan biaya, supaya penelitian tetap fokus tentukan masalah apa yang ingin Anda identifikasi. 

Dengan menentukan topik yang akan Anda teliti turut membantu dalam menyusun pertanyaan untuk riset dan mendapatkan jawaban yang sesuai dari responden. 

2. Siapkan anggaran dan pertanyaan yang diperlukan

Tahap kedua adalah menyiapkan anggaran. Berapa banyak biaya yang bisa perusahaan keluarkan untuk melakukan penelitian? Biasanya, metode dan cara Anda mengumpulkan informasi akan berpengaruh pada besaran biaya. 

Contohnya, jika melakukan survei Anda mungkin perlu membayar responden atas waktu yang telah mereka sediakan. Dibanding memanfaatkan sumber publik atau institusi pendidikan. 

3. Pilih cara pengambilan sampel

Tentukan bagaimana cara Anda memilih responden untuk penelitian ini? Apakah mengambil sampel acak dari kelompok yang semuanya memiliki faktor dan gaya hidup yang sama atau hanya menggunakan tanggapan dari pelanggan Anda?

Selain menentukan sampel, tetapkan pula cara Anda melakukan penelitian apakah lewat kualitatif atau kuantitatif. Ada banyak market research template yang bisa Anda manfaatkan. 

4. Analisis data dan membuat laporan

Tahap berikutnya adalah menganalisis data setelah informasi potensial sudah tersedia. Market research report yang disusun lengkap akan memudahkan perusahaan mengambil keputusan terkait kegiatan peluncuran dan pemasaran yang telah direncanakan. 

Contoh market research 

Contoh riset pasar yaitu ketika perusahaan ingin membawa bisnis atau produk ke pasar yang telah ada. Namun, belum mengetahui dengan pasti bagaimana pelanggan akan bereaksi terhadap produk tersebut. 

Melalui riset pasar, perusahaan menguji produk sekaligus mendapatkan informasi lebih lengkap tentang apa yang konsumen butuhkan saat ini. 

Sehingga, produk atau layanan tersebut bisa sesuai dan memenuhi kebutuhan konsumen. 

Perusahaan yang menyediakan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen cenderung memiliki usia atau siklus hidup yang panjang dan berpotensi unggul daripada kompetitor. 

Cara menjadi market researcher

Tersedia banyak lowongan market research di tanah air, jika Anda memang ingin berkarier di profesi ini. Umumnya, profesi sebagai peneliti pasar menuntut pendidikan formal minimal sarjana. 

Keterampilan yang Anda butuhkan yaitu analisis data, membuat laporan yang baik, manajemen, statistik, matematika, dan komunikasi yang mumpuni. 

Seorang market research juga memerlukan sertifikasi analisis marketing untuk menunjang pekerjaan nantinya. 

Jika Anda sedang mencari pekerjaan market research, Anda bisa mengunjungi app.myrobin.id tersedia berbagai lowongan pekerjaan dari perusahaan ternama di Indonesia. Daftar sekarang!

Peluang bekerja di perusahaan ternama

Membangun jaringan karir, mengembangkan skill, serta dapatkan berbagai kemudahan dan manfaat lainnya

Bagikan artikel ini:
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Pinterest
Artikel terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cepat kerja, banyak untungnya pula!

id_IDID